Hanuang.com

Home

Bupati Lamsel Beri Binaan Aparatur Desa Pada Musrenbang Kecamatan Sragi 2022

Hanuang.com – Untuk meningkatkan pengetahuan tugas dan fungsi kepala desa dan aparatur desa, Bupati Lampung Selatan melakukan pembinaan aparatur desa yang diikuti seluruh kepala desa dan aparatur desa Bandar Agung.Pembinaan aparatur desa tersebut diselenggarakan di Aula Balai desa Bandar Agung, Kecamatan Sragi, Kamis (17/02/2022).

Penyelenggaraan pembinaan aparatur desa tersebut tetap mematuhi aturan protokol kesehatan karena saat ini Lampung Selatan masuki level 2.

Kegiatan pembinaan desa tersebut masuk dalam rangkaian acara musyawarah rencana pembangunan kecamatan (Musrembangcam) dikecamatan Sragi, desa Bandar Agung .

Turut mendampingi,Inspektur Kabupaten Anton Carmana, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Maturidi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Mulyadi Saleh, Plt. Kepala Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aryan Sahuriyan.

Serta Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Erdiansyah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Heri Bastian, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Edi Firnandi , Camat Sragi Ahmad Zahri.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan untuk kepala desa lebih aktif lagi untuk menggali potensi desa yang berada di Kecamatan Sragi terlebih potensi yang ada di desa Bandar Agung.

“Kalau dilihat dari letak lokasi, posisi kecamatan Sragi ini cukup dekat dengan Kecamatan Bakauheni yang nantinya akan dibangun Bakauheni harbour city maka dari itu jangan sampai kecamatan Sragi hanya menjadi penonton dan tidak mengembangkan potensi wisata ataupun UMKM,” ungkapnya.

Lanjutnya Bupati mengatakan, Desa yang memiliki potensi baik itu potensi wisata dan UMKM nantinya akan membantu perkembangan ekonomi desa serta dapat menyejahterakan masyarakat yang akan turut aktif didalamnya.

“Jadi saya minta, kades, kaur desa serta BPD harus punya kerjasama dan gotong-royong yang baik untuk pengembangan ekonomi desa memberdayakan masyarakat desa dengan kreativitas yang dimiliki,”pesannya.

Tidak lupa, Nanang Ermanto mengingatkan untuk setiap kepala desa memberikan arahan untuk warganya untuk tetap menaati protokol kesehatan sesuai dengan aturan pemerintah.”tetap patuhi protokol kesehatan, jangan sampai virus omicron ini nantinya membatasi kegiatan kita lagi, jadi tetap gunakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak,”imbuhnya.

Ditempat yang sama Plt. Kepala Bappeda Ariyan Sahuriyan mengatakan, Kecamatan Sragi mendapatkan peningkatan anggaran pembangunan yakni sebesar 25,9 milyar.

“Ini merupakan kebijakan pak bupati, terhadap daerah dan masyarakat di Sragi agar dengan adanya pembangunan dapat membantu menyejahterakan masyarakat,”tuturnya.

Aryan juga mengatakan terkait dengan pengurangan pengeluaran masyarakat sudah dialokasi dalam bentuk jaminan sosial maupun bantuan sosial dan untuk tahun 2022 bantuan langsung tunai 40% yang harus di alokasikan untuk dapat terima oleh masyarakat.

“Dalam catatan Bappeda ada 9.349 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang masuk dalam data dtks kecamatan Sragi dan masih ada 4.540 KPM yang belum mendapatkan sentuhan intervensi,”terangnya.

Aryan berharap, Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dikucurkan 40% ditahun ini bisa menyentuh langsung kepada KPM yang belum terintervensi tersebut agar angka kemiskinan kita di Lampung Selatan semakin menurun.

Dan pada kesempatan itu juga, Mulyadi Saleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan memberikan saran untuk menambah potensi wisata di kecamatan Sragi yang dapat dikelola untuk menarik wisatawan untuk datang.

“Untuk kepala desa, untuk dapat memfungsikan sungai sekampung sampai dusun kuala agar dapat menginventarisir desa kuala sekampung untuk menjadi pasar apung dan dapat menjadi objek wisata pilihan,” tutupnya. (lmhr)

Share

BERITA TERBARU