Hanuang.com

Home

Bupati Lamsel Apresiasi Kecamatan Candipuro Sebagai Desa Berprestasi

Hanuang.com – Bupati Lampung Selatan bersama para pejabat terkait menyelenggarakan kegiatan pembinaan aparatur desa didesa Sinar Pasmah, Kecamatan Candipuro, Selasa (15/02/2022).

Penyelenggaraan pembinaan aparatur desa tersebut mengedepankan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan aturan dari pemerintah.

Kegiatan pembinaan ini termasuk dalam rangkaian acara musyawarah rencana pembangunan kecamatan (Musrembangcam) dikecamatan Candipuro, Desa Sinar Pasmah.

Hadir mendampingi,Inspektur Kabupaten Anton Carmana, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Erdiyansyah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Mulyadi Saleh.Serta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Heri Bastian, Kepala Dinas Perikanan Dwi Jatmiko, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Yansen Mulia, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Maturidi serta Plt. Camat Candipuro Achmad Solatan Nurohman.

Pada Kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan mengatakan kepada seluruh Kepala Desa di Kecamatan Candipuro harus tahu apa saja potensi yang ada didesanya sehingga dengan adanya potensi desa tersebut dapat membantu pembangunan desa menjadi lebih maju.

“Jadi para kepala desa ini harus melakukan pemetaan bersama kaur desanya untuk mengetahui apa saja potensi yang ada desanya,”ucapnya.

Bupati menambahkan, dengan adanya potensi desa tersebut para kepala desa dan kaur desa serta masyarakat setempat harus saling bekerjasama sama bergotong royong untuk mencapai tujuan bersama.

“Para kepala desa dan kaur desa serta masyarakat harus bersinergi, jangan saling ego mau maju sendiri dan mau bagus sendiri, karena ini organisasi harus saling bekerjasama dan gotong-royong demi pembangunan lebih baik untuk desanya,”tambahnya.

Ditempat sama Inspektur Kabupaten, Anton Carmana memaparkan, pihaknya sering sering menemukan temuan mengenai pajak yang sering terjadi yakni pajak yang sudah dipungut namun tidak disetorkan.

“Maka dari itu, saya meminta kepada seluruh Kepada desa dan aparatur desa untuk tidak bermasalah dengan temuan terutama pajak karena akibat akan sangat fatal,”ucapnya.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Erdiansyah juga memaparkan mengenai potensi desa yang sangat hebat yang ada dikecamatan Candipuro, seperti desa titi wangi dan desa rawa selapan adalah desa yang paling sering mengikuti lomba desa.

“Dan diketahui Kecamatan Way Sulan juga kecamatan yang pertama kali di Lampung Selatan yang memenuhi verifikasi ODF (Open Defecation Free ) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan,” terangnya.

Tidak hanya itu, desa yang pertama kali di Lampung Selatan yang mendapat penghargaan sebagai desa smart village di Lampung juga ada di Kecamatan Candipuro yakni didesa Cinta Mulya.

“Salah satu pilot projects di Lampung Selatan sebagai desa digital dan desa inklusi atau bisnis keuangan,”ungkapnya.

Dan yang tidak kalah membanggakan, Desa bumi Agung Kecamatan Candipuro saat ini sedang mengikuti lomba desa wisata tingkat nasional dengan menampilkan alun-alun yang disulap dengan kreativitas warga desa sehingga menjadi sangat menarik.

“Jadi ayo kita sama-sama bantu dukung like YouTube desa wisata milik desa bumi agung yang mengikuti lomba promosi desa wisata ke tingkat nasional dengan mendownload aplikasi desa wisata Nusantara di play store,”tambah Erdy.

Bak gayung bersambut, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan Mulyadi Saleh sangat mendukung program desa wisata kecamatan Candipuro dengan segala prestasi yang diraih dan sangat membanggakan.

“Kami Disparbud sangat mendukung semua desa di Lampung Selatan yang mengembangkan desa wisata karena sesuai dengan program yang sedang kami galakan yakni Gerot Wisata bila desa-desa tersebut ingin dilakukan pembinaan kapanpun kami siap membina,”tutupnya. (lmhr)

Share

BERITA TERBARU