Hanuang.com

Home

Berbagi Ilmu di Dunia Peternakan, Air Rebusan Kedelai Jadi Bahan Untuk Penggemukan Sapi

Hanuang.com – Babinsa Koramil Katibung, Koptu Hendrik menjalin komunikasi dengan mitra seorang peternak sapi milik Selamet di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Rabu, (12/01/22).

Selamet memliki usaha ternak pembesaran sapi yang dirintis mulai dari tahun 2015 dengan luas bangunan kandang 5×20 M.

Dengan mengandalkan air rebusan kedelai yang didapat dari limbah pembuatan tahu sapi sapi tersebut bisa tumbuh sehat dan gemuk, sebagai pakan sapi pada umumnya.

Koptu Hendrik Sebagai seorang Babinsa tentunya tidak boleh tebang pilih atau membatasi diri dalam bergaul dengan masyarakat, namun harus bersikap sebaliknya karena Babinsa dituntut untuk bisa bergaul dengan siapa saja dalam rangka menggali informasi apa saja yang berguna untuk bisa dilaporkan kepada pimpinan.

“Saling bertukar informasi ini dapat dijadikan pengetahuan” ujar Babinsa.

Selamet menuturkan, selain memberikan rebusan kedelai, Ia juga memberikan pakan rumput gajah yang ditanam sendiri untuk hewan Ternak.

“Proses penggemukan butuh waktu sekitar 6 bulan. Setelah itu sapi saya jual kembali dengan melihat kondisi sapi yang sudah gemuk sehingga harga sapi akan lebih tinggi” bebernya. (Ari)

Share

BERITA TERBARU