Connect with us

Lampung Selatan

Belasan Kali Beraksi, Komplotan Jambret Jalinsum Dicomot Polisi

Published

on

Hanuang.com – Polsek Penengahan, Lampung Selatan (Lamsel) kembali melakukan ungkap kasus pencurian dengan pemberatan (Curat).

Yakni kasus jambret yang dialami korban atas nama Tia Muninggar (24) warga Bakauheni, yang terjadi di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Desa Sukabaru, Kecamatan Penengahan, Jum’at, (26/02/21) lalu.

Diketahui kejadian berawal saat korban tengah mengendarai sepeda motor kearah Kalianda bersama rekannya, sepeda motor korban dipepet oleh sepeda motor yang dikendarai dua orang tidak dikenal dari arah sebelah kiri.

Kemudian, salah satu pelaku yang posisi dibonceng langsung menarik tas selempang yang dikenakan oleh korban hingga tali tas terputus. Lalu, kedua pria tersebut berhasil mengambil tas korban dan langsung melarikan diri.

Didalam tas selempang milik korban, berisikan satu buah Handphone merk Vivo type Y91 warna merah, uang tunai Rp.60.000 dan surat-surat penting lainya. Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sekitar Rp. 2.760.000 dan melaporkan kejadian penjambretan itu ke Polsek Penengahan, guna tindakan hukum lebih lanjut.

Berdasarkan laporan korban, tim Unit Reskrim Polsek Penengahan kemudian melakukan penyelidikan atas kasus tersebut. Alhasil, pada Sabtu (6/3/2021) polisi berhasil mengungkap pelaku jambret.

Hal tersebut dikatakan Kapolsek Penengahan Iptu Setiyo Budi. Ia menyebutkan, polisi berhasil menangkap empat pelaku yang berkaitan dengan kasus tersebut.

Masing-masing yakni, IG (20) warga Desa Penengahan, SP (21) warga Desa Tetaan, AA (20) warga Desa Penengahan dan IS (19) warga Desa Suka Baru, Kecamatan Penengahan.

Kapolsek Penengahan Iptu Setiyo Budi menjelaskan, polisi berhasil mengendus tersangka bermula ditemukannya sepeda motor merk Vega R warna silver yang digunakan oleh pelaku dan di tinggalkan oleh pelaku di Desa Pisang, Kecamatan Penengahan lantaran kehabisan bensin.

“Ternyata motor tersebut milik salah satu pelaku (IG_red). Lalu, anggota Reskrim Polsek Penengahan langsung melakukan penangkapan dirumah pelaku di Desa Pisang,” Ujar Iptu Setiyo Budi.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, berdasarkan keterangan pelaku, dirinya melakukan tindak pidana Curat tersebut bersama rekannya. Kemudian polisi juga melakukan penangkapan terhadapnya.

“Dari keterangan dua orang pelaku tersebut, 1 unit Handphone Vivo Y91 milik korban dijual ke pelaku lainnya seharga Rp. 650.000. Lalu dilakukan juga penangkapan terhadap pelaku tersebut di rumahnya di Desa Sukabaru.

Dari pengakuan sang penadah, Hp tersebut ternyata sudah dijual lagi, ke pelaku lainnya. Kemudian polisi juga melakukan penangkapan terhadap pelaku di kediamannya. Keempat pelaku, langsung dibawa ke Mapolsek Penengahan,” tuturnya.

Dari keterangan para pelaku, mereka telah melakukan tindak pidana curat dan curas terhadap pengendara sepeda motor di Jalinsum sebanyak 13 kali dalam kurung waktu 2019-2021.

Adapun rinciannya sebagai berikut :

  1. 5 kali dilakukan di Jalinsum, tanjakan Desa Buring.
  2. Satu kali di Jalinsum Dusun Penegolan
  3. Satu kali di depan Menara Siger Desa Bakauheni
  4. Satu kali di depan Timbangan Desa Suka Baru
  5. Dua kali di depan Rumah Makan Taniran
  6. Satu kali di Jalinsum Dusun Banjar Masin
  7. Satu kali di depan Rumah Makan Simpang Raya
  8. Satu kali di Jalinsum Desa Hatta
  9. Satu kali di Jalinsum depan Kantor Camat Bakauheni. (*)

 1,356 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Taman Wisata Malang Sari dan Gunung Batu Srikaton Dapat Apresiasi Dari Bupati Lamsel

Published

on

By

Hanuang.com – Bupati Lampung Selatan (Lamsel), H. Nanang Ermanto, mengapresiasi dan memberikan motivasi kepada Aparat Desa serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa Malang Sari, Kecamatan Tanjung Sari, Lamsel, Sabtu, (17/04/21).

Hal itu disampaikan saat dirinya mengunjungi Taman Wisata Desa Malang Sari dan Wisata Gunung Batu yang terletak di Desa Srikaton, Tanjung Sari.

“Meski saat ini dalam kondisi Covid-19-19, akan tetapi kita tak boleh putus asa dengan keadaan, teruslah berinovasi mempunyai semangat, bagaimana ketahanan pangan, ekonomi masyarakat menjadi Desa maju, nah ini terutama dari aparat desanya, ini sudah bagus ini” ujarnya.

“Saya mengajak rakan-rekan, ada pak Kadis Pertanian, DLH, Perijinan, dan Asisten Ekobang, serta Kabag Organisasi ke Malang Sari untuk meninjau, sengaja saya tidak memberitahu, tapi saya disini disambut dengan pakaian merah-merah” tambahnya.

Nanang juga berharap kepada aparatur desa agar berkreaktif dan berinovasi untuk terus mengembangkan desanya dengan potensi yang dimiliki.

“Saya berharap desa wisata ini jangan hanya dimiliki oleh satu desa saja, tapi seluruh desa dapat kreaktif dan berinovasi mengembangkan desanya menjadi desa wisata dan desa yang maju” tutupnya. (*)

 908 total views,  908 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Ramadhan Penuh Berkah, Lapas Kalianda Bagikan Sembako Kepada Warga Desa Negeri Pandan

Published

on

By

Hanuang.com – Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kalianda melakukan Bhakti Sosial membagi-bagikan Sembako di Desa Negeri Pandan, Kalianda, Jumat (16/4). Kegiatan Bhakti Sosial dilakukan dalam Memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke – 57.

Dalam kegiatan, Kepala Lapas Kalianda, Dr. Tetra Destorie yang turut melaksanakan Bhakti Sosial mengatakan bahwa Sembako yang dibagikan merupakan Sumbangan yang dikumpulkan dari Petugas Lapas Kalianda.

“Dalam memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke 57, ini, sumbangan yang diberikan merupakan sumbangan dari Seluruh Petugas Lapas Kalianda. Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang menerima,” ucap Kepala Lapas Kalianda.

Dengan melakukan Derma di Bulan Ramadhan, dirinya meyakini bahwa, Ia bersama rekan-rekan Petugas Lapas Kalianda yang beragama Islam akan mendapat pahala berlipat ganda.

“Saya percaya, apabila kita melakukan kebaikan dengan melakukan Derma di Bulan Ramadhan Niscaya pahala kita akan berlipat ganda,” tutup Dr. Tetra Destorie. (Humas)

 529 total views,  529 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Dankodiklat TNI AD Sambangi Provinsi Sai Bumi Ruwa Jurai

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421/LS, Letkol Inf. Enrico SN, menyambut kedatangan Dankodiklat TNI AD, Letjen TNI AM. Putranto beserta rombongan di bandara Internasional Raden Intan II Branti Natar Lamsel, Sabtu, (17/04/21).

Kedatangan Dankodiklat TNI AD beserta rombongan ke wilayah Provinsi Lampung adalah dalam rangka melakukan kunjungan kerja peninjauan medan Latma Garuda Shield 15/2021, antara TNI AD dengan AD Amerika Serikat, yang akan dipusatkan di Pusat latihan tempur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan.

Tim peninjauan medan dari Kodiklat TNI AD langsung dipimpin oleh Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, serta didampingi oleh Dirlat Kodiklatad Brigjen TNl Haryanto, Pabanopslat Sdirlat Kodiklatad Kolonel Inf. Suparlan Purwo Utomo, Asrendam Jaya Kolonel Inf. Erwin, Danbrigif PR-17/K/1 Kostrad Kolonel Inf.Marwan Supriyanto, Kasmin Dankodiklatad Mayor Arh. Ahmad Yani serta Kasiops Brigif PR-17/K/1 Kostrad Kapten Inf. Maulana.

Beberapa orang pejabat yang ikut menyambut kedatangan rombongan Dankodiklat TNI AD di VIP Room Bandara raden intan II diantaranya Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf. Dwi Endrosasongko, Kasiops Rem 043/Gatam Kolonel Inf. Selamet Winarto, Dandim 0421/LS Letkol Inf. Enrico Setiyo Nugroho, serta Danramil 421-06/Natar Kapten Inf. Yudi Ardi.

Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putanto, beserta rombongan, selanjutnya meninggalkan VIP Room Bandara Internasional Raden Inten ll Lampung menuju Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan guna melaksanakan serangkaian kunjungan kerjanya. (*)

 661 total views,  661 views today

Continue Reading

Trending Topic