Connect with us

Lampung Selatan

Alami Peningkatan Ekonomi, 2 Peserta PKH Kalianda Mengundurkan Diri

Published

on

Hanuang.com – Program Keluarga Harapan (PKH) yakni merupakan suatu program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan.

Adapun kedua peserta PKH yang mengundurkan diri tersebut yakni Sukaesih dan Karyati, warga Kelurahan Kalianda, Lampung Selatan (Lamsel).

Kedua peserta tersebut mengucapkan rasa terima kasihnya atas bantuan PKH yang diberikan selama ini.

“Kami sangat bersyukur telah mendapatkan bantuan PKH. Kami juga merasakan bagaimana pendamping selalu memberikan nasihat agar penerima manfaat mampu menjadi keluarga yang mandiri” tuturnya.

“Masih banyak orang lain yang sangat membutuhkan, sedangkan ekonomi kami saat ini sudah cukup sehingga lebih memutuskan untuk mengundurkan diri dari PKH” tambahnya.

Koordinator PKH Kalianda, Ahmad Salasi, mengatakan bahwa Graduasi Mandiri atau keluar dari kepersertaan PKH secara sukarela, merupakan bentuk kesadaran diri dari Keluarga Penerima Manfaat yang sudah sejahtera.

“Ya hal tersebut dikarenakan Keluarga Penerima manfaat sudah mengalami peningkatan ekonomi” ungkapnya, Rabu, (20/02/19).

Mundurnya kedua peserta tersebut mendapatkan acungan jempol dari Kadis Sosial Lamsel, Dulkahar, yang memberikan apresiasi adanya peserta PKH yang dengan sadar mau mengundurkan diri dari kepersertaan PKH karena sudah mampu dari sisi ekonomi.

“Saya sangat apresiasi, saya juga berharap ini dapat menjadi contoh bagi yang lain, kalau yang sudah mampu silahkan mengundurkan diri dari peserta PKH” ungkapnya.

Sedangkan menurut Koordinator PKH Kabupaten, Hanafiah Darsudin, berharap kepada supervisor dapat mengawal efektifitas PKH sebagai episentrum program-program penanggulangan kemiskinan.

“Jadi dalam PKH tidak hanya sekedar bagi-bagi bansos. Tapi ada proses yang mengarah kepada perubahan sikap dan perilaku. Tugas Peksos Supervisor adalah mendorong peningkatan produktivitas penerima manfaat, secara simultan bertanggung jawab memastikan akses ke program bansos, harus kreatif dan produktif, untuk meningkatkan taraf kesejahteraan mereka” tutupnya.

Berikut peran Peksos Supervisor :

  • Memastikan Proses Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) atau Family Development System (FDS) dapat berlangsung dengan baik. Diketahui bahwa Indikator keberhasilan P2K2 adalah terjadi perubahan sikap dan perilaku KPM PKH yang akan mengarah pada kemandirian.
  • Manajemen Kasus, yakni prosedur untuk mengkoordinasikan seluruh pihak, layanan dan atau profesi dalam membantu KPM.
  • Penanganan Pengaduan, misalnya terjadi keterlambatan pencairan bansos karena persoalan teknis, seorang Peksos Supervisor harus membantu memberikan sosialisasi kepada masyarakat bahwa bantuan akan dirapel dipencairan selanjutnya.
  • Media Informasi dan Promosi, yakni mengumpulkan dan menyampaikan kisah sukses KPM PKH kepada publik melalui tulisan, video testimoni KPM, maupun foto-foto yang dapat disampaikan melalui media sosial dan media massa.

Penulis : Muhammad Arya Malikul Mulki

Sumber : Koordinator PKH Kalianda, Ahmad Salasi

 3,122 total views,  6 views today

Lampung Selatan

Winarni Percantik Kebun Edukasi Dengan Tanaman Bunga

Published

on

By

Hanuang.com – Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) lakukan penanaman bunga di Kebun Edukasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamsel, Jum’at (22/1/2021).

Hj. Winarni Nanang Ermanto selaku Ketua TP PKK Lamsel dengan didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lamsel, Yani Thamrin dan Sekretaris Yayasan Jantung Indonesia Cabang Lamsel, Rosdiana Ariswandi melakukan Penanaman Bunga di Kebun Edukasi Pemkab Lamsel.

Guna mempercantik Kebun Edukasi Pemkab Lamsel, Hj. Winarni Nanang Ermanto bersama Yani Thamrin, Rosdiana dan jajaran, usai melakukan senam bersama di Gedung Olahraga Wai Handak (GWH) melakukan Penanaman Bunga Perdana di Kebun Edukasi Pemkab Lamsel yang terletak di samping Rumah Dinas Bupati.

Pada kesempatan itu Winarni Nanang Ermanto berharap kebun edukasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh pelajar dan masyarakat sebagai tempat rekreasi dan belajar bercocok tanam dengan baik.

“Selain mendukung Program Kerja Bupati Lampung Selatan dengan mempercantik Kebun Edukasi, Tim Penggerak PKK, DWP dan YJI juga berencana untuk membuat kebun Tanaman Obat Keluarga (TOGA)”, kata Winarni.

“Mudah-mudahan apa yang kami lakukan dapat menjadi contoh baik bagi TP PKK, DWP dan YJI yang berada di Kecamatan-kecamatan”, ujar Winarni. (Kmf)

 943 total views,  943 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati, Koramil Sidomulyo Ajak Warga Bersihkan Sampah

Published

on

By

Hanuang.com – Sertu Zulkarnaen, anggota babinsa koramil 421-07/Sidomulyo, bersama Kades Seloretno, Ahmad Subari dan juga masyarakat melakukan gotong-royong pembersihan sampah yang ada disekitar poros jalan Dusun Way Pelus, Desa Seloretno, Kecamatan Way Panji, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Jum’at, (22/01/2021).

Gotong-royong pembersihan sampah yang dikerjakan saat ini, adalah untuk mengantisipasi tibanya musim penghujan agar tidak menimbulkan wabah-wabah penyakit yang dapat berdampak buruk bagi kehidupan sosial masyarakat serta menjaga lingkungan agar tetap bersih indah dan rapi.

“Kami sengaja mengajak Babinsa, Kadus Way Pelus dan juga masyarakat untuk bersama-sama melakukan kegiatan gotong-royong ini, dimana kita tahu musim sekarang ini sudah memasuki musim penghujan, selain mengantisipasi permasalahan itu, kita juga akan menerapkan sadar kebersihan lingkungan khususnya bagi masyarakat desa Seloretno, agar kebersihan dan keasrian lingkungan desa tetap terjaga secara baik” ungkap Kades.

Hal senada diungkapkan ertu Zulkarnain yang mengucapkan terimakasih kepada Kades dan masyarakat Dusun Way Pelus atas kerjasama dalam bergotong-royong ini.

“Mudah-mudahan kita semua akan lebih perduli terhadap lingkungan kita masing-masing” ujarnya.

“Saya juga tetap mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak bosan-bosan menerapkan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19, dengan selalu memakai masker, mencuci tangan, dengan dan tetap menjaga jarak. Mari kita sama-sama perangi Covid-19 ini, agar pandemi ini bisa cepat berakhir dan aktivitas kita semua kembali normal” tutupnya. (*)

 1,080 total views,  1,080 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Pemkab Lamsel Hibahkan Tanah Kepada MAN 1 & MTsN 1 Kalianda

Published

on

By

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) menyerahkan hibah barang milik daerah kepada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lamsel dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Lamsel.

Hibah barang tersebut berupa tanah seluas 12.600 meter persergi diberikan kepada MAN 1 Lamsel yang terletak di Jalan Soekarno Hatta Jati Way Urang Kalianda dan tanah seluas 10.750 meter persegi yang terletak di Jalan Soekarno Hatta Ds Simpur Jaya Kecamatan Kalianda Lamsel.

Hibah aset pemerintah daerah tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Bupati Lamsel No. B/18/V.03/HK/2020 dan No. B/17/V.03/HK/2021 tanggal 4 Januari 2021 tentang penetapan Hibah Barang Milik Pemkab Lamsel kepada MAN 1 Lamsel dan MTsN 1 Lamsel.

Berita acara serah terima hibah itu, ditandatangani langsung oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dengan Kepala MAN 1 Lamsel, Ahmad Musopa, S.Pd.I dan Kepala MTsN 1 Lamsel, Dr. Yayuk Dwi Wahyuni, M.Ag. di ruang kerja Bupati Lamsel, Kamis (21/1/2021).

Turut hadir menyaksikan serah terima hibah aset pemkab tersebut, Kepala kantor Kementerian Agama Lamsel, H. Ashari, SE, N.Pd.I, Sekdakab Lamsel, Thamrin, S.Sos, MM, Asisten Bidang Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat, Supriyanto, S.Sos, MM, Kadis Pendidikan Lamsel, Thomas Amirico, S.STP, MH, dan OPD terkait lainnya.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto berharap dengan diberikannya hibah tanah tersebut proses belajar mengajar mejadi lebih baik dan putra/putri lamsel lebih berprestasi.

“Saya berharap kepada MAN dan MTsN Lamsel, supaya aset pemerintah yang telah di hibahkan ini dapat dipergunakan sebagai mestinya dengan baik, sehingga kedapan siswa/siswi lampung selatan lebih berprestasi lagi menjadi kebanggaan daerah kita lampung selatan,” Ucapnya.

Pada pertemuan itu, Kakan Kemenag Lamsel, Ashari menyampaikan ucapan terima kasihnya atas hibah tanah yang diberikan.

“Tanah itu saya kira lebih tepatnya untuk masyarakat lamsel, oleh karena itu dengan rasa bangga, bahagia, kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dan pak bupati,”Ucapnya.

“Mudah mudahan niat baik dari semua unsur pemerintahan dapat menjadi amal jariah karena niat hati kita untuk agama,” Ujarnya. (*)

 3,149 total views,  1,729 views today

Continue Reading

Trending Topic