Connect with us

Lampung Selatan

69 Bidan Delima Dikukuhkan, Nanang Janji Beri Kendaraan Operasional

Published

on

Hanuang.com, Lampung Selatan – Plt. Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, menghadiri sidang ilmiah pengukuhan bidan delima Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Lampung Selatan, di Gor Way Handak, Kamis (23/01/2020).

Ketua IBI Lampung Selatan, Dwi Supraptiningsih menjelaskan, saat ini di Lampung Selatan sendiri terdapat sekitar 1.084 bidan, 672 diantaranya berstatus PNS, 12 bidan THLS, 384 TKS dan 16 bidan praktek mandiri.

“Hari ini dikukuhkan sebanyak 69 orang bidan delima yang telah mencapai standar pelayanan. Karena jumlah seluruh bidan delima di Lamsel berjumlah 141 bidan delima dan InsyaAllah terbanyak di Lampung,” katanya.

Ranting IBI Lamsel sendiri berjumlah 17 ranting kecamatan, akan tetapi untuk mempermudah akses, pihaknya telah menambah 2 ranting yaitu ranting Bumi Daya dan ranting Karang Anyar.

“Periode seanjutnya untuk lebih mempermudah lagi akses, kami akan sesuaikan dengan jumlah puskesmas yang ada di Lamsel yaitu sebanyak 26 ranting,” terangnya.

IBI Lamsel sendiri saat ini berupaya menghadapi tantangan dibidang kesehatan, terutama penurunan angka kematian ibu dan bayi. Lalu, sebagai tenaga kesehatan, orientasi bidan adalah masyarakat mendapat pelayanan terbaik dan berkualitas.

“Saat ini lebih dari 80 persen persalinan di Lamsel ditolong oleh bidan. Namun, bidan akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan pembangunan di bidang kesehatan,” lanjutnya.

Oleh sebab itu, pihaknya banyak berharap kepada pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan kesejahteraan bidan, karena bidan memiliki peranan penting dibidang kesehatan.

“Kami saat ini terkendala alat transportasi roda 4 yang selama ini hanya menyewa. Lalu TKS mohon diperhatikan pengangkatan dan tunjangan serta pusat pelatihan yang masih kurang di Lamsel,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua IBI Provinsi Lampung, Mery Destianty mengatakan, pengukuhan tersebut dimaksudkan sebagai wujud kepedulian terhadap para bidan yang ada di Lamsel.

“Kami tidak henti meningkatkan mutu kualitas, sistem standarisasi sesuai standar dan etik profesi. 43 persen bidan di Lamsel, pelayanannya sudah berstandar nasional,” katanya.

Jumlah tersebut menurutnya, merupakan yang terbanyak saat ini di Provinsi Lampung. Bahkan, ada 4 Kabupaten/kota yang tidak memiliki bidan delima.

“Untuk mencapai ini bukan hal mudah, tapi standar pelayanan masyarakat yang harus bisa tercapai. Harapannya, semua bidan mandiri bisa mencapai bidan delima. Mohon diperhatikan untuk pengangkatan, melalui ASN maupun P3K diutamakan yang mengabdi sebagai TKS,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt. Bupati Lamsel, Nanang Ermanto mengungkapkan, kegiatan seperti ini meruakan sarana untuk menjaga eksistensi IBI melalui konsolidasi organisasi.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat untuk saling bertukar informasi tentang kesehatan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Dirinya juga berharap, agar bidan desa bisa memanfaatkan dan menempati Poskesdes sebagai fasilitas pemerintah untuk kelancaran kepada masyarakat, sehingga bidan dapat lebih nyaman melayani masyarakat.

“Hal ini mengingat profesi bidan merupakan ujung tombak keberhasilan pencapaian target dari Dinas Kesehatan dan Badan PP KB Lamsel,” lanjutnya.

Lalu, menanggapi permintaan Ketua IBI Lamsel, mengenai kendaraan operasional yang selama ini hanya menyewa, Nanang dengan cepat akan segera memberikan kendaraan dinas kepada IBI Lamsel.

“Kendaraan operasional untuk kegiatan IBI Lamsel, besok akan dikasih. Nanti dicek dulu ya Pak Thamrin (Pj. Sekda Lamsel),” tutupnya.(Arya)

 2,481 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Serka Basuni Ajak Para Calon Kades Ciptakan Suasana Damai

Published

on

By

Hanuang.com – Babinsa Palas, Serka Basuni Aka, mendampingi Proses penelitian berkas bacalon Kades Mandalasari, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Senin, (21/06/21).

“Pada hari ini kita berkumpul disini adalah untuk meneliti berkas bakal calon yang akan menjadi calon Kepala Desa. Sebelum sampai hari ini sudah kita ketahui semua bahwa kami sudah memulai tahap-tahapan mulai dari pengumuman, pendaftaran, sampai pada hari ini memverifikasi atau meneliti berkas bakal calon Kades dengan membawa persyaratan yang sudah ditentukan” ujar Eva selaku Ketua Panitia.

Hal senada diungkapkan Serka Basuni yang berharap para peserta dapat menciptakan suasana aman dan kondusif.

pesta demokrasi ini harus berjalan dengan aman dan kondusif, jangan sampai ada gesekan-gesekan yang bisa menjadi tidak kondusif untuk daerahnya masing-masing. Perlu kita ingat bahwa takdir seseorang sudah menjadi ketentuan dari Tuhan dan siapapun yang terpilih nanti kita harus mendukungnya” bebernya. (*)

 469 total views,  469 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Di Lamsel, Peradi, HMI, dan PT. Pertamina Gelar Silaturahmi Bersama Bupati

Published

on

By

Hanuang.com – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menerima kunjungan silaturahmi dengan DPC PERADI Kalianda dan Pengurus Cabang HMI Bandar Lampung serta melakukan audiensi bersama PT. Pertamia (Persero) terkait pelaksanaan program langit biru di wilayah kabupaten lampung selatan, Senin (21/6/2021).

Bertempat diruang kerjanya, Bupati Nanang Ermanto menyambut baik seluruh kunjungan kerja yang dilakukan masing-masing pihak terkait diatas.

Turut mendampingi Sekretaris Daerah Lamsel, Thamrin, S.Sos, MM, Asisten Bid. Pemerintahan, Supriyanto, Para Staf Ahli Bupati dan Para Kepala OPD terkait lainnya.

Pada Kesempatan itu, Nanang Ermanto menyampaikan kepada DPC PERADI Kalianda terkait kerja sama dengan pemerintah daerah agar dicarikan rumusannya dan berharap kepada PERADI agar dapat membantu masyarakat dalam menghadapi persoalan hukum.

“Saya berterima kasih dengan terbentuknya DPC PERADI kalianda, semoga dengan adanya PERADI ini merupakan jalan keluar dalam membantu masyarakat terkait upaya menghadapi persoalan-persoalan hukum,” Ucapnya.

Selanjutnya pada audiensi bersama PT. Pertamina (Persero) Bupati Lamsel, H. Nanang Ermanto mendukung program langit biru dan berharap program tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat dengan hilangnya polusi udara.

“Saya berterima kasih terkait program langit biru dari PT. Pertamina (persero), bahwa benar-benar situasi saat ini polusi udara harus menjadi perhatian kita bersama, Semoga dengan adanya program ini udara di lamsel lebih asri lagi, dan virus-virus corona bisa hilang,” ujarnya. (*)

 548 total views,  548 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Dankodiklat TNI AD Sambangi Kabupaten Gerbang Sumatera

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421/LS, Letkol Inf. Enrico SN, menyambut kedatangan Dankodiklat TNI AD, Letjen TNI AM. Putranto beserta rombongan di Bandara Internasional Raden Intan II Beranti Natar, Lamsel, Minggu, (20/06/21).

Kedatangan Dankodiklat TNI AD beserta rombongan ke wilayah Provinsi Lampung dalam rangka melakukan kunjungan kerja meninjau latihan YTP Batalyon Infanteri 203 di Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan.

Dankodiklatad beserta rombongan, selanjutnya meninggalkan VIP Room Bandara Internasional Raden Inten ll Lampung menuju Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan guna melaksanakan serangkaian kunjungan kerjanya. (*)

 1,919 total views,  1,198 views today

Continue Reading

Trending Topic