Hanuang.com

Home

6 Bunda PAUD di Lamsel Terima Penghargaan Dari Winarni

Hanuang.com – Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kabupaten Lampung Selatan kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) bagi Tenaga Pendidik (Tendik) se-Lampung Selatan, Selasa (11/1/2022).

Kegiatan itu diikuti oleh seluruh Tenaga Pendidik (Tendik) se-Kabupaten Lampung Selatan, dengan jumlah total 337 peserta. Rinciannya, Para Bunda PAUD Kecamatan,  Bunda PAUD Desa, Ketua HIMPAUDI, Ketua IGTKI-PGRI, Ketua PKG dan Ketua IGRA.

Adapun kegiatan tersebut mengusung tema “Sinergi Bunda PAUD dan Organisasi Mitra Dalam Upaya Mensukseskan PAUD-HI”. kegiatan berlangsung mulai hari ini, Selasa 11 Januari 2022 hingga Rabu 12 Januari 2022 di Aula Rajabasa, sekdakab setempat.

Nampak hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (PP&PA) Anasrullah, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Erdiansyah, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Edi Firnandi dan Direktur Lembaga Pemerhati Hak Perempuan dan Anak (LPHPA) Provinsi Lampung Tony Fisher.

Ketua HIMPAUDI Kabupaten Lampung Selatan Dyah Atik Citra Rukmi mengatakan, tujuan dilaksanakannya Bimtek tersebut yaitu agar segera terselenggaranya PAUD-HI di bumi khagom mufakat.

Dirinya menambahkan, hal tersebut dapat terlaksana melalui sinergitas antara Lembaga Pendidik, Bunda PAUD, Organiasi mitra dan lintas sektoral lainnya.

“Kurangnya pemahaman tentang PAUD-HI dan implementasinya bagi pendidik PAUD dan masyarakat, munculnya pemahaman bahwa PAUD-HI adalah PAUD yang berbeda dengan PAUD pada umumnya dan harus berdiri sendiri sebagai PAUD-HI,” katanya.

Dyah Atik menuturkan, kegiatan Bimtek Pengembangan PAUD-HI terselenggara atas swadaya dari peserta Bimtek dan KAS HIMPAUDI Kabupaten Lampung Selatan.

“Sumber dana pada kegiatan hari ini, dalam Bimtek ini, kontribusi dari peserta murni dan juga KAS HIMPAUDI Kabupaten Lampung Selatan, untuk support tamu undangan,” ungkapnya.

Sementara, Bunda PAUD Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran terkait, yang telah bersinergi untuk mengadakan kegiatan Bimtek Pengembangan PAUD-HI pada hari ini.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada jajaran pengurus daerah dan himpaudi serta jajaran Bunda PAUD Kecamatab dan Desa, yang telah berswadaya untuk mengadakan kegiatan bimtek pada hari ini,” katanya.

Menurut Bunda Winarni, kegiatan Bimtek Pengembangan PAUD-HI sangat penting untuk dilaksanakan di Kabupaten Lampung Selatan. Mengingat, masih kurangnya pemahaman para Tendik mengenai pentingnya pembangunan sumber daya manusia sejak usia dini.

Dirinya menambahkan, kegiatan Bimtek itu  juga merupakan salah satu upaya untuk merancang pendidikan anak usia dini yang berkualitas. Dimana, didalamnya terdapat pemenuhan kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi.

“Kegiatan sosialisasi PAUD-HI ini sangat penting dan harus secepatnya dipahami oleh para Tendik. Bagaimana ketidakpahaman tentang PAUD-HI, ada juga yang belum memahami sepenuhnya PAUD-HI, sehingga mengira bahwa PAUD-HI itu berbeda,” ungkapnya.

Winarni berharap, para peserta Bimtek dapat memahami secara menyeluruh materi yang akan dijelaskan oleh para narasumber mengenai PAUD-HI. Dengan demikian, penerapan PAUD-HI yang berkualitas dapat terlaksana diseluruh Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini se-Kabupaten Lampung Selatan.

“Saya berharap melalui bimtek ini dapat dijadikan sebagai standar untuk mewujudkan PAUD-HI yang berkualitas di kabupaten Lampung Selatan. Seluruh stakeholder bisa mengoptimalkan bagaimana bisa mengembangkan PAUD-HI secara terpadu,” ujarnya.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut juga turut dilaksanakan penyerahan Piagam Penghargaan oleh Bunda Winarni Nanang Ermanto kepada 6 Bunda PAUD Desa di Kabupaten Lampung Selatan, atas dedikasinya dalam upaya meningkatkan mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan di desanya. (ptm)

Share

BERITA TERBARU