Connect with us

Lampung Selatan

Usai Mengabdi, Puluhan Mahasiswa KKN ITERA Temu Pamit Dengan Pemkab Lamsel

Published

on

Hanuang.com – Usai menjalani pengabdian selama 35 hari, mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) yang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kunjir dan Desa Way Muli Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan resmi ditarik kembali ke kampus.

Secara simbolis, penarikan KKN dilakukan dalam acara temu pamit sekaligus penyerahan mahasiswa KKN Itera periode semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berlangusng di Aula Krakatau, Kantor Bupati Lampung Selatan, Kamis (1/8/2019).

Hadir dalam acara itu, Staf Ahli Bupati Lampung Selatan Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Ir. Priyanto Putro, Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan Drs. Burhanuddin, MM, Camat Rajabasa beserta sejumlah OPD lainnya.

Eko Feri Kurniawan, S.Si, M.Si selaku Ketua Tim Pendamping mahasiswa KKN Itera mengatakan, mahasiswa KKN tersebut telah mengabdi di Desa Way Muli dan Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, sejak tanggal 27 Juni 2019 hingga 1 Agustus 2019.

“Selama kurang lebih 35 hari bergaul, mungkin anak-anak kami ada hal-hal, baik tutur kata atau perbuatan yang kurang berkenan, terutama di lingkungan masyarakat Desa Kunjir dan Desa Way Muli, kami atas nama Civitas Itera mohon dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya,” kata Kepala Bagian Akademik dan Perencanaan Itera ini.

Lebih lanjut Eko mengatakan, selama berada di lokasi KKN, mahasiswa KKN Itera sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mencoba mengapilkasikan ilmu yang sudah didapatkan di kampus untuk membantu masyarakat mengembangkan potensi daerah yang ada.

“Karena mereka juga nanti akan kami cetak untuk menjadi generas-generasi penerus yang akan membangun negara ini kedepan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Eko juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan yang telah membantu pelaksanaan KKN mahasiswa Itera di Kecamatan Rajabasa.

“Karena untuk sekian kalinya kami sudah diterima dengan baik dan hangat, kami diberikan arahan, juga diberikan berbagai fasilitas yang lain. Sehingga kami dapat melaksanakan satu program wajib yang kami berikan kepada mahasiwa yaitu KNN di Lampung Selatan,” tuturnya.

Sementara, Priyanto Putro berharap, kegiatan KKN yang tekah dilakukan para mahasiswa Itera akan banyak memberikan manfaat dan dapat mencapai sasaran sebagaimana yang diharapkan.

Priyanto juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada mahasiswa KKN Itera atas peran aktif dan dukungannya dalam segala kegiatan yang diselenggarakan di wilayah Kabupaten Lampung Selatan.

“Pengalaman yang didapat selama pelaksanaan kegiatan KKN ini hendaknya dapat dijadikan sebagai pembelajaran hidup yang nyata serta yang diperlukan dalam membangun masa depan selanjutnya,” imbuh Priyanto. (Arya)

 826 total views,  3 views today

Lampung Selatan

GML Kota Metro Kembali Gelontorkan Bantuan Sembako di Tiga Kelurahan

Published

on

By

Hanuang.com – GML Kota Metro kembali menggeruduk warga kurang mampu yang berada di Kota Metro, Jum’at, (24/09/21).

Sedikitnya ada tiga Kelurahan yang dikunjungi yakni diantaranya, Imopuro, Iringmulyo, dan Hadimulyo Timur. 

Jajaran Pengurus DPD GML Kota Metro terpantau langsung menuju  kerumah-rumah Warga fakir miskin yang sudah di survey dan di data oleh Divisi bidang Sosial Kemasyarakatan.

“Alhamdulillah Jum’at berkah kali ini seperti biasa kami membagikan bingkisan paket sembako Berupa Mi instan, Minyak Goreng, Tepung Terigu, Gula dan beras 5kg kepada warga semuanya kondisi Rumahnya Geribik terbuat dari Bambu, kami selalu berupaya keberadaan GML semoga semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” beber Slamet Riyadi selaku Ketua DPD GML Metro.

“Kita fokuskan kepada yang belum terjangkau oleh pemerintah Kota Metro, dan GML Kota Metro akan selalu konsisten membantu warga kurang mampu” tambahnya.

Senada Menurut Jafar Sidiq selaku Divisi Sosial kemasyarakatan mengatakan bahwa Penerima paket sembako Jum’at Berkah Peduli telah melalui seleksi dan pendataan yang tepat.

“Mereka diantaranya Siti Zulaiha RT/RW 008/004 Iringmulyo, Ristinah RT/RW 008/004 Iringmulyo, Romi setiawan RT/RW 011/002 Imopuro, Basuki RT/RW 011/004 Imopuro, Trisnawati RT/RW 038/008 Hadimulyo Timur Kecamatan Metro Pusat” jelasnya.

Trisnawati selaku warga penerima paket sembako mengucapkan terimakasih kepada Ormas GML Kota Metro yang sudah menyambanginya dan memberikan paket sembako.

“Ini sangat bermanfaat, semoga Allah SWT membalas kebaikan dan dipermudah segala urusannya” jelasnya.

“Terimakasih banyak atas kepeduliannya, saya sangat bersyukur semoga mendapatkan keberkahan dan dimurahkan selalu Rizkinya” ujar penerima lainnya. (*)

 34 total views,  34 views today

Continue Reading

Kriminalitas

Polsek Tanjung Bintang Amankan Pelaku Pembobol Toko dan Penggelapan Motor

Published

on

By

Hanuang.com – Dalam satu hari Jajaran Kepolisian dari Polsek Tanjung Bintang, berhasil mengamankan dua pelaku tindak pidana yang berbeda.

Kedua pelaku yang berhasil diamankan oleh Tim Unit Reskrim Polsek Tanjung Bintang Bintang masing-masing, Sah (32) pelaku tindak pidana pencurian di toko milik Tatang Iskandar (46) yang beralamat di Jl. Ryacudu depan Pom Bensin Itera, Desa Way Galih, Kecamatan Tanjung Bintang.

Pelaku diamankan warga dan Anggota Polsek Tanjung Bintang, Kamis (23/9/2021) sekitar pukul 02.00 wib di Jalan Ryacudu Way Galih Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan, setelah sebelumnya melakukan percobaan pencurian ditoko milik Tatang Iskandar (46) warga Kampung Sawah Brebes Teluk Betung Bandarlampung.

Sah (32) dalam menjalankan aksinya, pelaku bersama rekanya naik tembok dan merusak atap Asbes dan merusak plapon ditoko milik korban, namun aksinya diketahui oleh warga dan berhasil menangkapnya, sedangkan rekan pelaku berhasil melarikan diri.

Sedangkan Ran (36) ditangkap di desa Tanjungan, Kecamatan Katibung Lampung Selatan, Kamis (23/9/2021) sekitar pukul 01.30 WIB.

Pelaku ditangkap petugas setelah sebelumnya melakukan penggelapan satu unit sepeda motor jenis Honda Beat dengan Nomor Polisi BE 2967 ES warna Biru milik korban Evi Maryati warga Serdang Tanjung Bintang.

Modus yang digunakan pelaku saat beraksi yakni pada hari Senin (6/9/2021) pelaku meminjam sepeda motor milik korban dan berpura-pura akan berbelanja ke Alfamart , sambil membonceng anak korban, Namun sesampainya di tempat anak korban diturunkan, dan sepeda motor korban dibawa kabur, atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp. 16 juta, dan melaporkan ke Mapolsek Tanjung Bintang.

Kapolsek Tanjung Bintang AKP Feria Arista, S.Kom, SIK mewakili Kapolres Lamsel AKBP Edwin , SIK, SH, MSi, Kamis (23/9/2021) membenarkan bahwa dalam satu hari, (hari ini red*) pihaknya telah melakukan penangkapan terhadap dua orang pelaku tindak pidana yang berbeda dan dilokasi yang berbeda pula.

Sah (32) ditangkap pada, Kamis (23/9/2021) sekitar pukul 02.00 wib di Jl Ryacudu Depan Pom Bensin Itera desa Way Galih Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.

“Pelaku ditangkap setelah melakukan tindak pidana percobaan pencurian di toko milik korban Tatang Iskandar (46) warga Kampung Sawah Brebes Teluk Betung Bandarlampung. Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHPidana” Ucap Kapolsek Tanjung Bintang.

Sedangkan Ran (36) ditangkap dirumahnya, Kamis (23/9/2021) sekitar pukul 01.30 wib dini hari, didesa Tanjungan Kecamatan Katibung Lampung Selatan.

Pelaku diamankan petugas, setelah sebelumnya, Senin (6/9/2021) melakukan penggelapan satu unit sepeda motor jenis Honda Beat warna biru, dengan nomor polisi BE 2967 ES.

Dalam aksinya, pelaku pinjam sepeda motor milik korban Evi Maryanti, warga desa Serdang Kecamatan Tanjung Bintang, dengan modus berpura-pura akan belanja di Alfa dengan membonceng Delkis anak korban. Namun saat sampai ditujuan, anak korban diturunkan sedangkan sepeda motornya langsung dibawa kabur.

“Pelaku pinjam motor korban, dengan alasan mau belanja di Alfa, dengan bonceng Delkis anak korban, namun sampai ditujuan Delkis diturunkan sedangkan sepeda motornya dibawa kabur” bebernya.

Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian Rp.16 juta dan melaporkan ke Polsek Tanjung Bintang.

Saat ini pelaku yang akan dijerat dengan pasal 378 jo pasal 372 KUH Pidana ini, sudah diamankan diruang tahanan Polsek Tanjung Bintang guna penyidikan lebih lanjut. (*)

 1,046 total views,  360 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Peringati HUT TNI Ke-76, Personel Kodim Lamsel Gelar Bhaksos Donor Darah

Published

on

By

Hanuang.com – Kodim 0421 Lampung Selatan (Lamsel), menggelar donor darah dalam rangka HUT TNI ke-76 Tahun, Kamis, (23/09/21).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapten Inf Nurdin selaku Pasiter Kodim bersama anggota PMI dan lainnya.

Sebanyak 80 orang anggota Kodim menggelar donor darah, Kapten Inf M. Nurdin, menyampaikan ucapan terimakasih atas keikutsertaan dalam kegiatan donor darah yang diselenggarakan di satuan Kodim 0421/LS.

“Kegiatan donor darah ini, adalah dalam rangka memperingati hari HUT TNI, dimana dibeberapa instansi TNI juga ikut melaksanakan kegiatan bakti sosial donor darah ini” ujarnya.

“Saya berpesan bagi anggota ataupun personel lainnnya yang akan melaksanakan donor darah, agar dicek terlebih dahulu kesehatannya dan ikuti prosedur yang telah diatur oleh petugas” tutupnya. (*)

 1,293 total views,  336 views today

Continue Reading

Trending Topic