Connect with us

Lampung Selatan

Tinjau Penanganan Karhutla Di Riau, Kapolri & Panglima TNI Pastikan Sudah Tak Ada Titik Api

Published

on

Hanuang.com – Kapolri dan Panglima TNI meninjau lokasi pasca penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pulau Rupat, Bengkalis, Riau, peninjauan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Kungker di Pulau Andalas (Sumatera_red), Rabu, (13/03/19).

Kapolri dan Panglima TNI berangkat menuju lokasi dengan menaiki helicopter Caracal TNI-AD dari Bandara Rusmin Nurjadin Pekanbaru Riau.

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S. Ip, Bersama Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian Ph. D, Saat Tiba Di Lokasi Karhutla Riau

Setibanya di Pulau Rupat, keduanya melanjutkan perjalanan darat dengan menaiki kendaraan sepeda motor untuk menembus medan yang terjal dengan jalan yang sempit menuju lokasi pasca penanganan karhutla.

“Hasil dari pengamatan udara dan juga pemeriksaan di lapangan, Alhamdulillah sudah tidak ditemukan titik api maupun asap di wilayah Pulau Rupat. Namun demikian, saya dan Kapolri akan tetap menempatkan prajurit Kostrad dan anggota Brimob Polri untuk bersiaga jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran hutan dan lahan. Pada pelaksanaannya, jika ditemukan unsur pelanggaran hukum, maka akan ditangani oleh Polri sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku” urai Panglima TNI di lokasi pasca peninjauan.

Panglima TNI Saat Menaiki Kendaraan Roda Dua Melewati Medan Terjal Menuju Karhutla Riau

Dalam kesempatan tersebut, Kapolri dan Panglima TNI menyerahkan secara simbolis bantuan berupa 20 unit alat pemadam kebakaran kepada Kapolres Bengkalis, Dandim Dumai, serta dua orang Lurah setempat.

Kapolri dan Panglima TNI juga memberikan apresiasi dan penghargaan berupa tali asih kepada seluruh personel Kostrad dan Brimob yang telah melaksanakan tugas dengan baik. Acara tersebut turut dihadiri oleh Gubernur Riau, Kepala BPBD Riau, Kadivpropam Polri, Dankorbrimob Polri, Wakabaintelkam Polri, serta Danrem Riau.

Kapolri Saat Menaiki Kendaraan Roda Dua Melewati Medan Terjal Menuju Karhutla Riau

Kebakaran hutan dan lahan di Bengkalis melanda wilayah seluas 390 hektar. Secara keseluruhan saat ini kebakaran telah berhasil dipadamkan oleh  632 personel gabungan, terdiri atas 100 personel Polres Bengkalis dan jajaran Polsek, 75 personel Brimobda Riau, 100 personel Kostrad, 40 personel Yonif 132, 50 personel Kodim Bengkalis, 56 personel Manggala Agni, 17 personel BPBD, 186 personel Regu Pemadam Kebakaran (RPK) PT. Sumatera Riang Lestari (SRL), serta 8 personel Damkar Bengkalis.

Polres Bengkalis juga telah menetapkan satu orang tersangka dalam peristiwa kebakaran hutan dan lahan.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, Tersangka dijerat dengan Pasal 69 ayat 1 huruf h jo Pasal 108 UU 32/2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan atau Pasal 56 ayat 1 jo Pasal 108 UU 39/2014 Tentang Perkebunan, dengan ancaman hukuman penjara paling singkat 3 tahun dan paling lama 10 tahun. (Mulky)

 1,538 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Babinsa Bantu Warga Buatkan Kolam Ikan Warga

Published

on

By

Hanuang.com – Koptu Sudomo, Babinsa Koramil 421-05/Padang Cermin, membantu kesulitan warganya dengan membuat kolam ikan di Dusun Bumi Rejo, Desa Wates, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, dalam rangka penguatannya melakukan pendekatan dengan masyarakat, Sabtu, (06/03/21).

Pembuatan kolam ikan merupakan salah satu wujud kebersamaan dan pendampingan petani ikan sekaligus bentuk komunikasi sosial bersama warga binaan.Kolam ikan tersebut dibuat diatas lahan Bapak Tiyo yang nantinya digunakan sebagai tempat budidaya ikan.Babinsa merupakan garda terdepan aparatur kewilayahan yang selalu melekat dengan rakyat.Kegiatan komsos yang dilakukan Koptu Sudomo ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan yang harmonis dengan warga binaan, juga sebagai senjata paling ampuh dalam mengetahui kondisi seluruh keadaan maupun permasalahan di wilayah desa binaannya.

“Saya berharap melalui kegiatan silaturahmi seperti ini, warga binaannya jadi tidak canggung dalam mengungkapkan keluh kesahnya kepada Babinsa sehingga dapat bersama-sama mencari jalan keluar dalam meningkatkan produksi perikanan demi kesejahteraan para peternak ikan” ujarnya

“Dengan bersilaturahmi saat membuat kolam seperti ini, kita bisa membahas perencanaan budidaya ikan dan metode-metode bagus dalam meningkatan produksi budidaya ikan yang mungkin bisa dipakai, Babinsa itu juga harus bisa membantu warga dalam meningkatkan kesejahteraannya. Contohnya dengan membantu peternak ikan. Meski hanya dapat memberikan bantuan tenaga serta memberikan solusi-solusi kepada peternak ikan yang memiliki sebuah masalah. InsyaAllah dengan demikian akan terjalin kerjasama dalam pembangunan ekonomi diwilayah tersebut,” tutupnya. (Arya)

 574 total views,  574 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Sepakbola Persahabatan, Diskominfo dan Wartawan Lamsel Kalahkan Tim NE

Published

on

By

Hanuang.com – Pertandingan sepakbola bertajuk “Revance” ditunjukkan oleh Tim Dinas Kominfo Lampung Selatan (Lamsel) dan Wartawan dalam melawan Tim Nanang Ermanto, Jum’at Sore, (05/03/2021).

Pertandingan yang berlangsung di Lapangan Sepakbola Desa Way Galih, Tanjung Bintang Lamsel berlangsung panas di babak pertama. Kedua tim saling serang dimenit-menit awal. Hingga akhirnya di ujung paruh babak pertama sang striker Tim Kominfo-Wartawan Idho melesatkan gol pertama ke gawang lawan. 5 menit kemudian giliran gelandang Maxi Mai menyumbangkan gol indahnya, namun dianulir wasit karena dianggap offside. 1 menit sebelum turun minum, pemain tengah Idho Mai Saputra menambah nestapa Tim NE-B dan menggenapkan skor sementara menjadi 2 – 0 tanpa perlawanan.

Babak kedua pertandingan lumayan berimbang, Tim NE-B memasukkan pemain-pemain andalannya seperti Edy “Bule” yang pernah bergabung di Tim Elite. Kontan saja permainan menjadi berimbang. Bahkan Tim NE-B mampu membalas 2 gol sekaligus. Pertandingan menjadi setengah lapangan. Beruntung 2 gol pamungkas gelandang nasional Ferdy “Batistuta” menutup keunggulan Tim Diskominfo-Wartawan. Skor akhir 4 – 2 untuk keunggulan telak Tim Diskominfo-Wartawan Lampung Selatan.(*)

 2,817 total views,  1,376 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Dengar Kabar Jembatan Putus, Bupati Lamsel Langsung Terjun Ke Lokasi

Published

on

By

Hanuang.com – Terdengar kabar jembatan putus dan makan korban jiwa di wilayahnya, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto segera turun meninjau lokasi jembatan sungai Batu Ampar yang putus di Dusun Sumberejo, Desa Mekar Jaya Kecamatan Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Jum’at (5/3/2021).

Turut mendampingi, Kalak BPBD, Drs. M. Darmawan, MM, Camat Merbau Mataram, Heri Purnomo, Uspika Merbau Mataram dan Para Kepala OPD Lamsel.

Sebelumnya diinformasi, dua orang pengendara sepeda motor tidak mengetahui jika jembatan putus sehingga saat menyeberang motor yang ditumpangi keduanya masuk kedalam sungai dan terseret arus deras, pada peristiwa selasa lalu.

Dilokasi, Bupati Nanang Ermanto menghimbau kepada Para camat dan Kepala Desa agar selalu memperhatikan wilayahnya, sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Pak Camat nanti sering dikontrol karena saat ini musim penghujan, tolong dilihat untuk jembatan-jembatan yang lainnya. Kita lakukan antisipasi jangan sampai terjadi yang kedua kali,” Ujarnya.

“Saya harap masayarakat desa juga peduli lingkungannya, dikontrol disekitar jembatan. Apa gorong-gorongnya tidak ada, tolong diperhatikan. Dan pak kades ajak masyarakat bergotong-royong,” Imbaunya.

Bupati Nanang Ermanto juga mengatakan akan segera menurunkan alat berat untuk melakukan evakuasi jembatan yang roboh untuk nantinya diperbaiki dan untuk sementara jalan penghubung antar desa tersebut akan ditutup.

Setelah meninjau lokasi kejadian jembatan putus Bupati Nanang Ermanto segera mengunjungi rumah korban dan memberikan bantuan materi dan semangat kepada keluarga yang ditinggalkan.

“Saya harap keluarga bisa ikhlas, sabar dan Tabah. Ini musibah yang tidak kita inginkan, Kedepan jika anak-anak mengalami kesulitan untuk pendidikan sekolahnya. Segera lapor melalui Pak kades atau pak camat, nanti akan kami bantu,” Ucapnya. (Riko)

 2,801 total views,  1,381 views today

Continue Reading

Trending Topic