Connect with us

Lampung Selatan

Tinjau Korban Banjir, Nanang Berikan Sembako Serta Terjunkan Alat Berat

Published

on

Hanuang.com, Lampung Selatan – Plt. Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto bersama para Kelapa OPD Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan meninjau dan memberikan bantuan korban banjir kepada warga di Dusun Citerek Desa Merak Batin Kecamatan Natar, Selasa (07/01/2020).

Banjir yang disebabkan curah hujan tinggi beberapa hari terakhir dan tidak adanya drainase mengakibatkan banjir dilahan perkebunan seluas 2(Ha) di dusun citerek tersebut. Dari pantauan Tim Dinas Kominfo Lampung Selatan banjir juga telah menggenangi sebanyak 20 rumah warga yang berada di sekitarnya.

Disambut warga serta pelajar SMK Wiyata Karya Natar, Kedatangan Orang Nomor Satu di Lampung Selatan tersebut diharapkan dapat membantu dan membenahi tata ruang dan lingkungan yang ada di Desa Merak Batin. Hal itu terlihat melalui penanganan langsung yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dengan dibuatnya Gorong-gorong menggunakan traktor sehingga air dapat mengalir ke arah aliran kali di lokasi sekitar.

Pemerintah Daerah melalui BPBD dan Dinas Kesehatan Lampung Selatan juga turut serta memberikan bantuan kepada warga korban banjir berupa sembako, beras, peralatan sekolah, makanan, susu balita dan bantuan obat obatan dari posko kesehatan di lokasi setempat.

Kepala Desa Merak Batin, Aldin mengatakan dilokasi tersebut memang kerap terjadi genangan air karena adanya cekungan ditengah lahan perkebunan sedalam 3 meter, akan tetapi menurutnya ini merupakan yang terparah. Aldin juga berharap agar cekungan di lokasi lahan perkebunan tersebut dapat di buatkan aliran air sehingga kedepan tidak terjadi hal serupa.

“Tiap musim ujan memang terjadi genangan disini, tetapi ini yang terparah sampai beberapa rumah warga kena banjir”, Ucapnya.

“Saya harap di pinggiran cekungan lahan itu bisa di buatkan aliran air, agar tidak menggenang disitu”, Pungkasnya.

Sementara itu, Plt. Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengatakan akan segera membenahi lokasi penyebab banjir tersebut, Nanang juga menghimbau kepada masyarakat untuk membersihkan gorong-gorong dan parit di rumahnya masing masing sehingga aliran air menjadi lancar.

“Pemerintah Daerah akan berupaya semaksimal mungkin mengatasi banjir ini, untuk itu saya turun disini bersama jajaran untuk melihat langsung ke lokasi sehingga kami dapat menentukan langkah yang paling tepat”, Ucapnya.

“Kami akan berupaya membenahi cekungan ini sehingga kedepan tidak terjadi genangan. Saya minta juga kepada masyarakat agar menjaga lingkungan dengan bergotong royong membersihkan drainase depan rumahnya sehingga air tidak naik dan merusak jalan yang sudah dibangun”, Tuturnya.

Nanang Ermanto melanjutkan peninjauan lokasi banjir dengan berjalan kaki sejauh 2 Km untuk melihat drainase dan gorong-gorong rumah warga yang sudah banyak yang tersumbat dan beralih fungsi menjadi tempat bakar sampah. (Arya/Riko)

 2,818 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Polsek Tanjung Bintang Lumpuhkan Begal Cilik Asal Lamtim Dengan Timah Panas

Published

on

By

Hanuang.com, TANJUNG BINTANG – Tim Opsnal Polsek Tanjung Bintang, Lampung Selatan (Lamsel) berhasil melumpuhkan pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor) dengan timah panas, di Jalan Ir. Sutami, Kecamatan Tanjung Bintang, Senin (18/1/2021) sekitar pukul 18.55 wib.

Pelaku tersebut yakni AS (17), warga Kecamatan Sekampung Udik Lampung Timur. Bocah yang masih duduk di bangku SMP ini melakukan aksinya di Perum Nusantara Permai Campang Raya Bandar Lampung.

Kapolsek Tanjung Bintang, Kompol Talen Hafidz mengungkapkan, pelaku terpaksa dihadiahi timah panas, lantaran enggan berhenti saat dilakukan pengejaran di jalur Jalan Ir. Sutami.

“Sebelum itu, anggota telah memberikan tembakan peringatan sebanyak tiga kali. Namun, pelaku tidak mengindahkan. Karena itu, polisi terpaksa mengarahkan tembakan ke pelaku, dan mengenai pantat sebelah kanan pelaku yang akhirnya pelarian dapat dihentikan,” Bebernya, Selasa (19/1/2021).

Ia menambahkan, saat dilakukan pengejaran pelaku diketahui sebanyak dua orang dengan menggunakan dua sepeda motor. Satu pelaku mengendarai sepeda motor Honda Beat, warna putih biru, milik korban Dwi Arso (44) warga Bandar Lampung.

Kemudian, seorang pelaku lainnya menggunakan sepeda motor yang diduga milik pelaku. Sayangnya, polisi hanya dapat menghentikan pengejaran terhadap satu pelaku yang berhasil dilumpuhkan dengan timah panas.

“Sementara, seorang pelaku lainnya berhasil lolos,”imbuhnya.

Ia menjelaskan, sebelum dilakukan penangkapan, Polsek Tanjung Bintang telah menerima informasi dari anggota Opsnal Polresta Bandar Lampung. Setelah mendapat informasi itu, anggota langsung melakukan penyekatan diwilayah hukum Polsek Tanjung Bintang.

“Setelah berhasil ditangkap, pelaku dan barang bukti di serahkan kepada tim Opsnal Polresta Bandar Lampung. Sebab, TKP masuk dalam Wilayah Hukum Polresta Bandar Lampung dan Korban telah melaporkan kejadian tersebut ke Polresta Bandar Lampung,” Tutupnya. (*)

 511 total views,  511 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Bupati Lamsel Bersama Forkopimda Jalani Vaksinasi Covid-19

Published

on

By

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melaksanakan program vaksinasi Covid-19, pada Selasa (19/1/2021).

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menjadi orang pertama di Bumi Khagom Mufakat penerima vaksin jenis Sinovac itu.

Proses vaksinasi tersebut dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar Lampung Selatan. Nanang Ermanto menjalani vaksinasi sekitar pukul 09.20 WIB di rumah sakit milik pemerintah daerah setempat.

“Sudah (disuntik) ya. Enggak kerasa ya,” tutur Nanang usai disuntik vaksin oleh petugas dari RSUD Bob Bazar, Selasa pagi (19/1/2021).

Sebelum di vaksin, Nanang terlebih dahulu menuju meja pendaftaraan untuk dilakukan verikasi identitas. Lalu menuju meja screening untuk dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan dan mengindentifikasi penyakit penyerta.

Setelah dinyatakan sehat, Nanang kemudian diberikan vaksin Covid-19 secara aman. Usai divaksin, Nanang kemudian diminta untuk menunggu 30 menit. Setelah 30 menit, Bupati Nanang Ermanto tidak merasakan adanya efek samping.

Kepada awak media, Nanang Ermanto menceritakan pengalamannya di vaksin. Menurutnya, pemberian vaksin dilakukan sangat cepat dan tidak terasa sakit. Dimana proses vaksinasi dilakukan dengan cara disuntik di tangan kiri.

“Alhamdulillah, saya bersama Forkopimda sehat-sehat semua. Karena memang kami ini olahragawan,” kelakar Nanang dihadapan awak media.

Nanang juga menuturkan, Pemkab Lampung Selatan mendukung sepenuhnya program vaksinasi. Sebab, vaksinasi ini merupakan upaya pencegahan penularan Covid-19 semakin luas.

“Masyarakat tidak perlu takut dengan vaksinasi. Saya sudah melakukannya, ini untuk meyakinkan kepada masyarakat bahwa vaksin aman untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tegas Nanang.

Sekda Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin menjalani vaksinasi Covid-19 di RSUD Bob Bazar.
Meski sudah di vaksin, Nanang meminta kepada masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan menjalankan 3M.

“Selalu gunakan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan untuk kebaikan kita semua,” tandasnya.

Selain Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, terdapat delapan orang lainnya yang disuntik vaksin Covid-19 pada tahap pertama.

Mereka adalah Kapolres Lampung Selatan, Dandim 0421 Lampung Selatan, Wakil Ketua I DPRD Lampung Selatan, dan Sekda Kabupaten Lampung Selatan.

Kemudian, Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan, Ketua PGIS Lampung Selatan, Ketua Nahdatul Ulama dan Ketua Muhammadiyah Lampung Selatan.

Diketahui, pada termin pertama ini, Kabupaten Lampung Selatan mendapatkan 2.587 dosis vaksin Sinovac dari pemerintah pusat.

Vaksin Sinovac tersebut nantinya akan diprioritaskan untuk 2.587 tenaga kesehatan yang tersebar di RSUD Bob Bazar, RS Swasta, 27 Puskesmas dan pusat-pusat layanan kesehatan yang ada di seluruh Kabupaten Lampung Selatan. (Aziz)

 462 total views,  462 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Babinsa di Bumi Khagom Mufakat Dampingi Dinkes Dalam Giat Vaksinasi Covid-19

Published

on

By

Hanuang.com, Lampung Selatan – Babinsa Serka Deki, selaku anggota Koramil 10/Katibung mendampingi anggota Puskesmas Rawat Inap (PRI) Kecamatan Merbau Mataram dan Talang Jawa, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) melaksanakan pengawasan dan pengamanan pada kegiatan vaksinasi Covid-19, di Puskesmas setempat, Rabu, (19/01/21).

Danramil 10/Katibung mengatakan bahwa kegiatan hari ini anggotanya mengadakan pendampingan monitoring pemberian vaksin Covid-19. Adapun sasaran penyuntikan Vaksin yakni terhadap 7 orang tenaga kesehatan PRI Katibung dan 19 orang tenaga kesehatan PRI Merbau Mataram.

“Kami mendampingi dan memonitor penerapan protokol kesehatan dalam pemberian vaksin COVID-19 di Puskesmas jajaran Koramil Katibung dan Puskesmas Merbau Mataram,” ujarnya.

“Untuk menghindari kerumunan dan menjaga jarak penyuntikan vaksin dibagi dalam beberapa sesi, sesi pertama pukul 08.00 WIB yang dilanjutkan ke sesi berikutnya. Semoga dengan vaksinasi ini, Indonesia terutamanya Saya berdoa semoga akan lekas membaik” tutupnya. (*)

 466 total views,  466 views today

Continue Reading

Trending Topic