Connect with us

Lampung Selatan

Ribuan Paket Sembako Dibagikan Pemkab Lamsel, Ini Daftar Kecamatan Yang Sudah Menerima

Published

on

Hanuang.com – Sebanyak 1.500 kepala keluarga di Kecamatan Merbau Mataram menerima bantuan sembako yang berupa beras 5 Kg, gula 2 Kg, dan minyak goreng 1 Liter dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Pendistribusian paket sembako bagi masyarakat terdampak COVID-19 itu, secara simbolis diserahkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Lampung Selatan, Mulyadi Saleh kepada Camat Merbau Mataram, Heri Purnomo di Aula Kantor Desa Merbau Mataram, Rabu pagi (1/7/2020).

Selanjutnya, dari Kecamatan diserahkan kepada masing-masing kepala desa se-Kecamatan Merbau Mataram untuk dibagikan kepada warga kurang mampu yang telah didata sebelumnya.

Dalam pendistribusian sembako tersebut, Kepala Dinas Perhubungan, Mulyadi Saleh, juga turut didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Anasrullah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Yansen Mulia serta anggota Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Merbau Mataram.

Mewakili Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Mulyadi Saleh mengatakan, bantuan sembako yang bersumber dari dana APBD itu, untuk menanggulangi dampak sosial ekomoni yang diakibatkan pandemi COVID-19.

“Ini (sembako) merupakan bentuk kepedulian dan kecintaan pak bupati H. Nanang Ermanto kepada masyarakatnya. Karena tidak semua daerah atau kabupaten menganggarkan bantuan seperti ini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan sedikit meringankan beban masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Mulyadi mengatakan, sebagai bagian dari tim tanggap bencana sekaligus Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lampung Selatan, ia diberikan tugas untuk mengawal pendistribusian sembako tersebut hingga benar-benar sampai kepada masyarakat yang berhak menerima sesuai ketentuan.

“Jadi kami diberikan tugas untuk mengawal bantuan ini. Bukan tidak percaya dengan tim kecamatan dan desa. Tapi kami ingin melihat langsung bantuan ini benar-benar sampai ke masyarakat. Warga yang dapat bantuan harus bersyukur, karena masih banyak yang belum menerima,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lampung Selatan, Yansen Mulia, selaku leading sektor pendistribusian sembako tersebut menjelaskan, bersamaan dengan Kecamatan Merbau Mataram, Pemkab Lampung Selatan juga mendistribusikan ribuan paket sembako di Kecamatan Penengahan, Palas, dan Tanjung Sari.

Rinciannya, Kecamatan Penengahan terdiri dari 22 Desa 2.073 paket, Kecamatan Palas terdiri dari 21 desa 1.848 paket, dan Kecamatan Tanjung Sari terdiri dari 8 desa dan 800 paket sembako.

“Untuk Kecamatan Merbau Mataram terdiri dari 15 desa. Jumlahnya 1.500 paket. Masing-masing desa mendapat jatah 100 paket. Nanti setiap desa didampingi tim dari Dinas Perhubungan dan Dinas PPPA. Supaya bantuannya tepat sasaran,” kata Yansen.

Disisi lain, salah satu warga Desa Merbau Mataram yang menerima bantuan, Siti Khodijah (80) mengaku senang mendapat sembako tersebut.

Nenek yang kini tinggal bersama seorang anaknya itu, bekerja sebagai buruh tani di ladang milik orang lain.

“Alhamdulillah dapat bantuan. Belum pernah sekali menerima dari dulu. Suami sudah meninggal tujuh tahun lalu. Jadi sekarang ikut anak,” tutur Siti Khodijah.

Senada disampaikan Siti Khodijah. Warga Dusun Linggar Jati, Desa Merbau Mataram, Jamal (70) juga mengaku belum pernah menerima bantuan apapun sebelumnya.

Kakek yang kesehariannya juga bekerja sebagai buruh tani ini mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan tersebut.

“Ya senang. Karena musim korona ini kena dampak juga. Kalau ada kerjaan buruh tani ya ada penghasilan. Mudah-mudahan bisa dapat bantuan lagi,” ucapnya.

Sebelumnya, Pemkab Lampung Selatan juga telah mendistribuskan bantuan sembako di Kecamatan Katibung sebanyak 1.172 paket. Lalu Kecamatan Way Panji sebanyak 388 paket, Kecamatan Ketapang sebanyak 1.687 paket dan Kecamatan Sidomulyo sebanyak 1.600 paket. (Arya)

 2,591 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Polres Lamsel Gelar Launching Penyaluran Bansos

Published

on

By

Hanuang.com – Polres Lampung Selatan menggelar Launching penyaluran bantuan sosial (Bansos) kepada para Kanit Binmas se Polres Lampung, Rabu (4/8/2021) di halaman Mapolres setempat.

Peluncuran Bansos yang dilakukan oleh Wakapolres Lampung Selatan Kompol Firman Sontama, S.Sos ini juga diserahkan kepada para pengurus Organisasi kemasyarakatan, Tokoh Agama, Tokoh Adat, tokoh Masyarakat dan tokoh Pemuda yang ada di Lampung Selatan.

Wakapolres Lampung Selatan Kompol Firman Sontama, S.Sos yang didampingi oleh Kasat Binmas Polres Lampung Selatan Iptu Yani Deviyanti, S.Pd mengatakan bahwa penyaluran Bansos tersebut adalah salah satu program pemerintah pusat yang dilaksanakan oleh Polri yang akan diberikan kepada warga masyarakat yang terdampak covid-19 di wilayah Kabupaten Lampung Selatan ini.

“Oleh karena itu diharapkan dalam pelaksanaanya tepat sasaran, sehingga benar-benar dapat dirasakan oleh warga masyarakat yang membutuhkan” Tuturnya.

“Kepada para Kanit Binmas juga diharapakan dalam pelaksanaanya penyerahan Bansos ini, agar melakukan koordinasi dengan Forkopimcam yang ada diwilayahnya masing-masing, sehingga Bansos ini dapat bermanfaat bagi warga masyarakat, khususnya bagi warga yang terdampak covid-19 ini, diharapkan dengan adanya Bansos ini dapat meringankan beban masyarakat dimasa pandemi ini, khususnya bagi warga yang terdampak Covid1-19” Tutupnya.

Dari data yang dihimpun jumlah Bansos yang akan disalurkan dengan rincian, 450 kantong diserakan kepada para Kanit Binmas Polres Lamsel, 200 Kantong diberikan kepada jajaran Polres Lamsel, dan 50 kantong diberikan kepada perwakilan tokoh masyarakat dan tokoh pemuda serta Ormas, dan selanjutnya dilakukan pelepasan. Kendaraan Bansos kewilayah Polsek se Lampung Selatan (humas)

 1,222 total views,  1,222 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Datang ke Kodim Lamsel, Istri Pangkostrad Sempatkan Sambangi Masjid Agung Kubah Intan

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421 Lampung Selatan (Lamsel), Letkol Inf Enrico SN, menyambut kedatangan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad, Rahma Dudung Abdurachman, Rabu, (04/08/21).

Usai berkunjung ke Makodim Lamsel, Rahma menyempatkan diri mengunjungi masjid yang menjadi icon di Bumi Khagom Mufakat tersebut.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, Setelah melaksanakan makan siang, Istri Pangkostrad Beserta Rombongan meninggalkan tempat menuju ke Bandar Lampung. (*)

 1,183 total views,  1,183 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Dua ABG Spesialis Pencuri Ratusan Ekor Ayam Dibekuk Polsek Kalianda

Published

on

By

Hanuang.com – Jajaran Polsek Kalianda berhasil mengungkap 2 (dua) orang Anak Baru Gede (ABG) pelaku pencurian dengan pemberatan (curat), Senin (2/8/2021) sekitar pukul 20.00 wib di desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda Lampung Selatan.

Kedua pelaku yang masih ABG ini yakni, SUH (12) dan Mai (14) keduanya warga Kecamatan Kalianda Lamsel ini ditangkap karena sebelnya diduga telah melakukan pencurian 153 ekor ayam, Senin (19/7/2021) sekitar pukul 01.00 wib di Dusun Kubu Panglima Desa Tajimalela, milik korban Suhardin als Ujang (48) warga desa Sukaratu Kecamatan Kalianda Lampung Selatan.

Kapolsek Kalianda AKP Mulyadi Yakup, SPd mewakili Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin, SIK, SH, MSi, Selasa (3/8/2021) mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan penangkapan terhadap dua remaja yakni SUH (12) dan Mai (14) keduanya warga Kecamatan Kalianda Lampung Selatan, Senin (2/8/2021) sekitar pukul 20.00 wib didesa Merak. Belantung Kecamatan Kalianda Lamsel.

Keduanya ditangkap lantaran sebelumnya, Senin (19/7/2021) sekitar pukul 01.00 wib telah melakukan pencurian 153 ekor ayam didusun Kubu Panglima desa Tajimalela, milik korban Suhardin als Ujang (48) warga desa Sukaratu Kecamatan Kalianda Lampung Selatan.”Tuturnya.

Dalam menjalankan aksinya keduanya bermula pada, Senin 19 Juli 2021, sekitar pukul 01.00 wib, di kandang Ayam Usaha Jaya Dusun Sukamampir desa Tajimalela Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan telah terjadi tindak pidana pencurian dengan pemberatan ayam petelur sebanyak 153 ekor warna coklat yang dilakukan oleh pelaku.” ungkapnya.

Adapun modus yang digunakan pelaku yakni dengan cara merusak pagar kawat, kemudian memanjat pagar kandang dan masuk selanjutnya para pelaku mengambil ayam petelur sebanyak 153 ekor, akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp. 12.240.000,- (dua belas juta dua ratus empat puluh ribu rupiah) dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kalianda dan langsung ditindak lanjuti oleh Unit Reskrim dan melakukan penangkapan kedua pelaku, Senin (20/8/2021) sekitar pukul 20.00 wib, didesa Merak Belantung Kecamatan Kalianda Lamsel.

Saat ini kedua pelaku yang akan dijerat dengan pasal 363 KUH Pidana, bersama barang buktinya berupa ayam petelur warna coklat sudah diamankan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ” Pungkasnya. (humas)

 2,350 total views,  1,590 views today

Continue Reading

Trending Topic