Connect with us

Lampung Selatan

Koramil Kodim 0421 Lamsel In Action

Published

on

Hanuang.com – Babinsa Koramil 421-06/Natar bersama warga desa Sriwedari Kecamatan Tegineneng, melaksanakan Siaga, guna mengantisipasi terjadinya bencana banjir susulan, Kamis, (13/02/20).

Sertu Fadli beserta warga melaksanakan siaga di lokasi banjir akibat derasnya curah hujan & di iringi angin yang cukup kencang, sehingga mengakibatkan sawah – sawah milik warga serta akses jalan desa di genangi air setinggi 50 Cm.

Dengan hadirnya Bibinsa di lokasi banjir yang melanda di desa Sriwedari tersebut, sangatlah membantu moril warga yang sedang terkena musibah banjir.

Warga masyarakat Desa Sriwedari sangat bersyukur & mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang langsung turun ke lokasi untuk meninjau langsung.

“Dengan adanya Kehadiran Bapak Babinsa di desa, kami warga desa Sriwedari menjadi semangat dan menambah moril warga untuk bersama sama melakukan Siaga akibat bencana banjir” ungkap salah seorang warga. (Arya)

“DORONG PERCEPATAN UPAYA KHUSUS PERTANIAN”

Hanuang.com – Babinsa, Serda Anwar anggota Koramil 421-08/Palas terjun langsung ke areal sawah milik salah seorang ketua Gapoktan (Purwanto_red) petani dari warga dusun 4, Karang Jaya, Desa Baktirasa, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Kamis, (13/02/20).

Kegiatan dalam rangka upaya khusus bidang pertanian salah satunya yang dilakukan seorang Babinsa bantu petani mengoperasionalkan Hand tractor mesin pembajak sawah guna mempercepat dan memberikan semangat kepada petani dalam bekerja malakukan pengolahan lahan sawahnya.

Beberapa hal pesan yang disampaikan oleh Babinsa kepada petani, dalam mencapai hasil yang optimal.

“Mulai dari tahap penyiapan lahan, pengolahan lahan, penyebaran bibit unggulan, tahap penanaman, pemberian pupuk sesuai dengan kebutuhan, penyemprotan hama, perawatan, pemanenan dan tahap penjualan dengan harga yang baik, itu semua harus diperhatikan sehingga para petani tidak merugi dalam usaha dibidang pertaniannya guna kemajuan dan kesejahteraan petani” bebernya.

Purwanto selaku katua Gapoktan, merasa salut dan bangga pada babinsa yang telah terjun langsung membantu dalam membajak sawah.

“Tentunya kami selaku warga petani merasa lebih bersemangat lagi pada bapak babinsa yang telah membantu kerja kami disawah” ujarnya. (Arya)

“BABINSA NEGERI KATON CEPAT TANGGAP”

Hanuang.com – Babinsa Koramil 421/02 Gedong Tataan, Desa Kagungan Ratu, Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran Cepat dan Tanggap.

Babisa Kagungan Ratu, Serda Hariyono Anggota Koramil 421-02 Gedong Tataan cepat dan tanggap begitu mendengar wilayah binaanya terkena dampak banjir akibat curah hujan tinggi dibarengi Angin yang lumayan kencang sehinga air sungai Way Semak meluap kepemukiman warga desa Kagungan Ratu dengan ketinggian air mencapai 50 Cm.

Tidak hanya itu Kepala Dusun satu Kagungan Ratu, Herjon, juga sangat terapresiasi dengan semangat serda Hariyono sebagai Babinsa, tampa kenal lelah Serda Hariyono membantu warga masyarakat desa Kagungan Ratu yang terkena luapan air sungai.

Pihaknya mengucapkan terimakasih banyak kepada Babinsa yang sudah tanggap atas kejadian banjir ini sehingga langsung meninjau lokasi banjir, dan membatu masyarakat Desa Kagungan Ratu di Kecamatan Negeri Katon.

“Bahkan Serda Hariyono terus menyampaikan kepada warga masyarakat desa agar selalu siap siaga akan bahaya banjir yang sewaktu waktu bisa datang” ungkapnya.

Banjir yang terjadi karena curah hujan yang tinggi yang menguyur dari 12 Februari s/d 13 Februari 2020, dan mengakibatkan meluapnya sungai way semak kepemukiman warga desa Kagungan Ratu pukul 02.30 WIB.

Adapun beberapa kerugian akibat meluapnya air sunggai way semak korban jiwa nihil, Materiil/sarpras terendam Rumah warga 8 unit 9 KK ,Persawahan nihil Ketinggian Air rata-rata 50 Cm. (Arya)

“TAMAN WISATA DESA SRIKATON KECAMATAM TANJUNG BINTANG ADAKAN PENGHIJAUAN MENUJU GO GREEN TAHUN 2020 “

Hanuang.com – Kodim 0421/Lamsel dan jajaran Ramil 421-09/Tanjung Bintang, Polsek, Pemerintah Kecamatan Tanjung Bintang, PT. INDOFOOD, Pemerintahan Desa Srikaton, Para tokoh dan Masyarakat bersama – sama melakukan kegiatan penanaman bibit pohon untuk penghijauan menuju Kabupaten Lamsel GO GREEN 2020, Jum’at (14/02/20).

Kegiatan penghijauan di desa Srikaton dengan melakukan penanaman bibit pohon sebanyak 4000 bibit dari jenis sirsak, mahoni, sengon, sureng, dan akasiah. Yang dilakukan dari beberapa lintas instansi dan masyarakat sangat mendapat dukungan.

Pasalnya kegiatan penghijauan ini adalah untuk bersama-sama dan dirasakan juga bersama-sama karena pada dasarnya penghijauan milik kita semua.

Danramil 421-09/Tanjung Bintang, Kapten INF Norizman Tamin, mewakili Dandim 0421/Lamsel, mengatakan bahwa kegiatan penghijaun ini diharapkan kedepan untuk masyarakat dapat melestarikannya.

“Dan peduli untuk merawat alam sekitar, tentu hasilnya juga dapat kita rasakan terutama masyarakat wilayah Kecamatan Tanjung Bintang dan khususnya warga Desa Srikaton” ungkapnya.

Program penanaman pohon di taman wisata gunung batu desa Srikaton, dapat menjadi kebanggaan desa, dan menambah minat para wisata dari luar daerah untuk berkunjung. (Arya)

“WAY LIMA PESAWARAN, BABINSA BANJAR NEGERI”

Hanuang.com – Jumat Bersih pagi ini dipusatkan di Desa Banjar Negeri ,Way Lima, Kabupaten Pesawaran. Jajaran Koramil 421-01/Kedondong bersama masyarakat gelar Karya Bhakti bersihkan drainase, memangkas cabang pohon dan rumput liar di jalan – jalan utama Desa Banjar Negeri, Jum’at, (14/02/20).

“Adapun tujuan utama kegiatan agar Desa di wilayah Koramil Kedondong bersih dan bebas penyakit, kegiatan ini rutin setiap Jumat terkecuali ada kegiatan khusus lainnya maka ditunda di Jumat yang akan datang, Kami tidak sendiri tapi bersama dengan aparatur Desa” Kata Batuud, Peltu Herman.

Karya bhakti ini terang Peltu Herman, sangat bermanfaat menciptakan lingkungan bersih dan sehat sekaligus kesehatan masyarakat sekitar.

“Karena, saluran drainase di lingkungan Desa sudah mengalami sumbatan akibat sampah dan pasir yang dibawa air, sehingga bila hujan deras mengguyur meluap ke pemukiman warga,” terangnya.

Diketahui bahwa, Program Karya Bhakti TNI ini sejalan juga dengan program pemerintah. Pemerintah juga terbantu melalui program ini.

“Kita selaku pemerintahan Desa sangat mendukung kegiatan ini” Ujar Kades Banjar Negeri, Zel Gusrial. (Arya)

“BERSAMA RAKYAT TNI KUAT l, BERSAMA TNI PEMERINTAH DAN RAKYAT SEMANGAT, ADALAH WUJUD KEMANUNGGALAN TNI/RAKYAT”

Hanuang.com – Personel Ramil 421-08/Palas bersama Camat Sragi, Hipni, Pj. Kades Sumber Sari, Sekdes dan perangkat desanya, Para tokoh, Pelajar MA Yayasan Nurul Huda, serta elemen masyarakat gelar kegiatan gotong – royong di Desa Sumber Sari, Sragi, Lamsel, Jum’at, (14/02/20).

Kegiatan gotong – royong yang dikerjakan secara bersama – sama menitik beratkan pembuatan badan jalan sepanjang 100 M, dengan lebar 4 M yang terletak di Dusun Sumber Sari 3.

Sebagai akses jalan menuju ke lapangan sepak bola, selain itu beberapa sasaran lainnya dimasing – masing dusun yang dipimpin oleh masing – masing Kadus dengan melakukan pembersihan parit, pembersihan badan jalan, penimbunan jalan belubang dan pembersihan sampah dengan tujuan guna memperlancar saluran air dan memperlancar pengguna jalan, sehingga bersih sekitar lingkungan dan memberikan keasrian.

Koramil in action merupakan kegiatan nyata bakti sosial TNI kepada masyarakat, yang juga mendapat dukungan dari beberapa lintas instansi pemerintah, para tokoh, pelajar, dan masyarakat.

Hal itu guna mewujudkan kembali semangat kegotong – royongan sebagai warisan leluhur bangsa indonesia dan perkokoh kemanunggalan TNI/rakyat.

“Kami selaku pimpinan Pemerintah Kec.sragi sangat menyambut positif dan memberikan apresiasi kepada TNI, Pemerintah desa dan masyarakat, karena kegiatan gotong – royong merupakan watak bangsa yang dilahirkan oleh para pendahulu, dan tetap kita lestarikan secara bersama” ungkap Camat Sragi.

Kegitaan Gotong-Royong tersebut dipimpin langsung oleh Serka Basuni.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah desa Sumber Sari, aparatur pemerintah, para tokoh l, pelajar, dan masyarakat yang telah bersama – sama bekerja bergotong – royong. Mudah – mudahan hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat. TNI akan selalu hadir ditengah – tengah masyarakat untuk membantu dan mendukung kepentingan kemajuan masyarakat untuk memperkuat kemanunggalan TNI/rakyat, karenanya TNI adalah milik rakyat dan rakyat adalah sumber kekuatan TNI dalam menjaga kedaualatan negara” ungkapnya.

Terpisah, Kades Sumber Sari juga menyampaikan Permohonan maaf dan terimakasih yang sebesar – besarnya pada TNI/Polri dan instansi terkait lainnya atas bantuan dan kerjasamanya dalam kegiatan bergotong – royong di desa Sumber Sari.

“Ini semua demi menunjang kemajuan desa kami, serta semakin mempererat hubungan silaturahmi dalam wadah kegiatan ini, kami berharap untuk tetap terpelihara secara baik” tutupnya. (Arya)

 4,414 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Penguatan Tusi Pengamanan, Kalapas Kalianda : ‘Petugas Harus Memiliki Integritas dan Komitmen’

Published

on

By

Hanuang.com – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kalianda menggelar kegiatan Penguatan Tusi kepada Petugas Pengamanan Lapas Kalianda di Aula Lapas Kalianda, Rabu (16/6).

Kegiatan digelar secara Interna dengan tetap memperhatikan Prosedur Protokol Kesehatan Pencegahan Covid – 19, yaitu dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan menggunakan hand sanitizer baik sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan.

Dalam kegiatan, Pemaparan Penguatan Tusi Pengamanan dilakukan oleh Kepala Lapas, Dr. Tetra Destorie, Ka. KPLP, dan Kasi. Kamtib Lapas Kalianda.

Dr. Tetra Destorie memaparkan bahwa Petugas Pengamanan harus memiliki integritas dan komitmen dalam melaksanakan tugas.

“Petugas Pengamanan harus memiliki Integritas dan Komitmen, supaya bisa berhasil dalam melaksanakan tugas pengawasan dan pemeliharaan tata tertib di Lapas,” papar Kalapas.

“Karena dengan Integritas dan Komitmen menjadikan manusia bisa memimpin dan dipimpin, serta membuat lahirnya kepercayaan, sehingga tujuan kita di bidanh Pengamanan bisa berhasil,” tambahnya.

Dengan Penguatan Tusi Pengamanan, dirinya percaya bahwa Gangguan Keamanan dan Ketertiban bisa diantisipasi sedini mungkin oleh Petugas Pengamanan.

“Sekecil apapun bentuk Gangguan Kamtib harus diantisipasi sedini mungkin, sehingga Lapas kita jadi aman dan kondusif. Saya yakin dan percaya kepada Petugas Pengamanan kita untuk bisa menanggulangi hal tersebut,” tutup Dr. Tetra Destorie. (*)

 36 total views,  36 views today

Continue Reading

Kriminalitas

KSKP Bakauheni Berhasil Amankan Ribuan Burung Kicau

Published

on

By

Hanuang.com, BAKAUHENI – Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni, Lampung Selatan (Lamsel), berhasil amankan 2.057 (dua ribu lima puluh tujuh) ekor burung, diantaranya berjenis satwa liar yang dilindungi.

Burung-burung itu, dipergoki oleh petugas ketika melakukan pemeriksaan kendaraan di areal pintu masuk Pelabuhan Bakauheni.

Rencananya, burung yang dikemas dalam paket keranjang plastik itu akan di seberangkan ke daerah Cikande, Serang – Banten menggunakan sebuah mobil.

Mewakili Kapolres Lamsel AKBP Edwin, Kepala KSKP Bakauheni AKP Ferdiansyah membenarkan kejadian itu.

“Betul. Tepatnya hari Selasa (15/6/2021), pukul 01.00 WIB. Petugas mengamankan IH (32) alias S bersama satu unit mobil yang mengangkut satwa liar di areal pintu masuk Pelabuhan Bakauheni,” sebut Kapolsek, Rabu (16/6/2021) pagi.

Diketahui, kendaraan Toyota Avanza warna silver ber-nopol BG 1544 FD yang kedapatan mengangkut 2.057 ekor burung berbagai jenis yang dikemas dalam 65 buah paket keranjang plastik warna putih dan 11 buah kardus kecil warna coklat.

“Berdasarkan keterangan saudara IH, satwa liar tersebut diangkut dari rumah B di Way Kanan dan akan dibawa menuju daerah Cikande. Sedangkan, inisial B sudah di tetapkan DPO (Daftar Pencarian Orang, red.),” terang AKP Ferdi.

Ketika ditanya, IH nekat mengirimkan satwa liar itu karena mendapat ongkos kirim berjumlah lumayan menggiurkan. “Iya. Dapat bayaran Rp. 3,5 juta,” ujarnya bernada lesu.

Guna keperluan proses penyidikan dan penyelidikan lebih lanjut, pengangkut berikut barang bukti berupa 65 buah paket keranjang plastik warna putih dan 11 kardus kecil warna coklat, satwa liar jenis burung sejumlah 2.047 ekor, dengan rincian satwa yang tidak dilindungi diantaranya, 930 ekor burung Jalak Kebo, 510 ekor burung Perenjak, 210 ekor burung Gelatik, 270 ekor burung Perkutut, 96 ekor burung Pleci, 24 ekor burung kepodang, 5 ekor burung Konin dan 5 ekor Burung Muncang. Sedangkan, jenis satwa yang dilindungi seperti, 5 ekor burung Cucak Ranting dan 5 ekor burung Cucak Ijo Mini. Kesemuanya dibawa ke kantor KSKP Bakauheni.

“IH dipersangkakan melanggar Pasal 21 ayat (2) huruf (a) Jo Pasal 40 ayat (2) UU RI No.5 Tahun 1990 tentang KSDAE dan Pasal 88 UU RI No. 21 Tahun 2019 tentang Karantina Ikan, Hewan, dan Tumbuhan,” pungkas AKP Ferdi. (*)

 152 total views,  152 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Di Sragi, Babinsa Palas Gotong-Royong Perbaiki Fasilitas Umum

Published

on

By

Hanuang.com – Babinsa Koramil Palas, menggelar gotong-royong dalam membangun dan melakukan pengecatan fasilitas Umum di desa Baktirasa, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Rabu, (16/06/21).

Hal itu dilakukan oleh Serda Anwar dan 4 Personil anggota Koramil 421-08/Palas yang melaksanakan kegiatan gotong-royong bersama warga masyarakat setempat.

“Kegiatan gotong-royong adalah salah satu budaya warisan leluhur yang harus kita lestarikan karena mempunyai nilai-nilai kebersamaan/persatuan, guyup, dan penuh kekeluargaan” beber Serda Anwar.

“Oleh karena itu dalam kegiatan ini saya bersama warga masyarakat ds Baktirasa Kecamatan Sragi melakukan pembangunan dan pengecetan fasilitas umum supaya masyarakat bisa menggunakan fasilitas umum dengan nyaman” tutupnya. (*)

 161 total views,  161 views today

Continue Reading

Trending Topic