Connect with us

Lampung Selatan

KAHMI Lamsel Berikan Pelatihan Manajemen Kepada Risma Al-Huda

Published

on

Hanuang.com – Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) menggelar pelatihan Manajemen, Senin, (11/11/19).

Kegiatan tersebut digelar di Masjid Nurul Huda, Desa Tajimalela, Kecamatan Kalianda, Lamsel, yang diikuti puluhan peserta dari berbagai Risma yang ada di seputaran Lamsel.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Indra Zulqodri dari Kemenag Lamsel beserta almaarif Setaf, dari KAHMI selaku pengisi materi. Selain itu hadir juga Camat Kalianda, Zaidan, Ketua Takmir Masjid setempat, Yakub Yuhira, Koordinator Presidium KAHMI Lamsel, Erdiyansyah, beserta undangan lainnya.

Menurut Ketua Pelaksana, Edi, menjelaskan bahwa kegiatan itu sebagai bentuk pembelajaran dan program kerja KAHMI Lamsel.

IMG-20191111-WA0051-1024x344 KAHMI Lamsel Berikan Pelatihan Manajemen Kepada Risma Al-Huda

“Ini merupakan program kerja KAHMI untuk memberikan pengetahuan tentang manajemen pengelolaan masjid bagi Takmir masjid dan juga keterlibatan Risma, agar masjid-masjid dapat hidup dan memakmurkan masyarakat disekitarnya. Kegiatan ini juga merupakan upaya KAHMI dalam program kemasyarakatan khususnya bidang agama bersinergi dengan pemerintah daerah, dimana selama ini masjid-masjid diberikan bantuan, sehingga perlu juga diberikan pembinaan takmir dalam memanajemen masjid” ungkapnya.

“Bagaimanapun juga, masjid merupakan pusat kegiatan kemasyarakatan. Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus juga membangkitkan regenerasi risma karena risma pernah hidup era 80-90an, dan sangat berperan dalam menghidupkan kegiatan-kegiatan di masjid-masjid yang ada di Desa” tambahnya.

Hal senada diungkapkan Takmir Masjid, Yakub Yuhira, menyambut baik diadakannya kegiatan ini dan berharap dapat dijadikan binaan bagi para pengurus masjid Al-Huda beserta Risma.

“Mudah-mudahan dapat dijadikan pembinaan bagi masjid-masjid yang ada di Lamsel, KAHMI melalui HMI juga diharapkan dapat membina masjid Nurul Huda untuk dijadikan masjid Binaan” tutupnya. (Arya)

 3,269 total views,  8 views today

Lampung Selatan

Prihatin Gizi Buruk, Winarni Bantu Selvina Nuraini

Published

on

By

Hanuang.com – Selvina Nuraini, anak yang berusia 8 tahun hanya bisa berbaring lemas di atas kasur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar Lampung Selatan. Sudah empat hari ia dirawat di rumah sakit berplat merah itu.

Anak dari pasangan suami istri dari keluarga kurang mampu, Sutrianto dan Siti Karsiah warga Desa Purwodadi, Kecamatan Tanjung Bintang ini didiagnosa menderita gizi buruk.

Sejak lahir, Selvina Nuraini sudah mengalami kelainan. Akibatnya asupan makanan tidak terserap dengan baik oleh tubuhnya.

Selama ini Selvina Nuraini dibawa orang tuanya berobat secara mandiri. Sebab tidak terdaftar sebagai peserta BPJS. Menurut orang tuanya, sejak sebulan yang lalu kesehatan Selvina Nuraini menurun. Hingga akhirnya dibawa ke RSUD Bob Bazar.

Mendengar hal tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto langsung membesuk Selvina Nuraini di RSUD Bob Bazar setempat, Rabu (15/7/2020).

Pada kesempatan itu, Winarni turut didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlundungan Anak (PPPA), Anasrullah, Direktur RSUD Bob Bazar, Media Apriliana, Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Lampung Selatan, Dewi Yurniati, serta Kepala UPT Dinas PPPA Kecamatan Kalianda, Marlena.

Selain menyampaikan keprihatinan, Winarni juga memberikan bantuan kartu BPJS kepada Selvina Nuraini. Sehingga biaya pengobatannya bisa langsung ditanggung BPJS Kesehatan.

“Kartu BPJS ini kami serahkan dan sudah dapat langsung digunakan,” ujar Winarni seraya menyerahkan kartu BPJS kepada orang tua Selvina Nuraini.

Selain itu, Winarni yang juga sebagai Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan ini, memberikan bantuan berupa tali asih, pakaian, selimut, handuk dan asupan makanan tambahan kepada Selvina Nuraini.

Winarni berharap, bantuan yang diberikan itu bisa meringankan beban pasien.

“Mudah-mudahan apa yang kami berikan dapat memberikan manfaat bagi Selvina dan keluarga,” kata Winarni.

Sementara itu, kedua orang tua Selvina Nuraini mengaku sangat berterima kasih atas bantuan dan perhatian yang telah diberikan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Ketua Tim Penggerak PKK serta dinas instansi terkait lainnya.

“Bantuan yang diberikan ini sangat bermanfaat bagi kami. Karena kami pun sangat membutuhkan perhatian pemerintah. Apa lagi selama ini kami berobat secara mandiri,” kata Sutrianto, ayah Selvina Nuraini dihadapan Winarni.

Senada dengan ayah Selvina Nuraini. Siti Karsiah juga mengaku sangat bersyukur dan sangat berterima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan istri dari Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto ini.

“Terima ibu Win (Winarni). Semoga Allah membalas semua kebaikan ibu dan pak Nanang,” ucap ibu Selvina Nuraini. (*)

 454 total views,  454 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Ini Rincian Penggunaan APBD Lamsel TA 2020 Untuk COVID-19

Published

on

By

Laporan Penggunaan APBD Tahun Anggaran 2020 Untuk Penanganan COVID-19

0001-1024x622-1 Ini Rincian Penggunaan APBD Lamsel TA 2020 Untuk COVID-19
0002-1024x622-1 Ini Rincian Penggunaan APBD Lamsel TA 2020 Untuk COVID-19
0003-1024x622-1 Ini Rincian Penggunaan APBD Lamsel TA 2020 Untuk COVID-19
0004-1024x622-1 Ini Rincian Penggunaan APBD Lamsel TA 2020 Untuk COVID-19
0005-1024x622-1 Ini Rincian Penggunaan APBD Lamsel TA 2020 Untuk COVID-19
0006-1024x622-1 Ini Rincian Penggunaan APBD Lamsel TA 2020 Untuk COVID-19

Download file : disini

Laporan Belanja Tidak Terduga Dalam APBD TA 2020 Untuk Penanganan COVID-19

0001-1-1024x622-1 Ini Rincian Penggunaan APBD Lamsel TA 2020 Untuk COVID-19
0002-1-1-1024x622-1 Ini Rincian Penggunaan APBD Lamsel TA 2020 Untuk COVID-19

Donwload file : disini

 1,197 total views,  1,197 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Di Katibung, Winarni Ajak Warga Penuhi Kebutuhan Gizi Anak Sejak Dini

Published

on

By

Hanuang.com – Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, Hj. Winarni Nanang Ermanto selaku Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan kembali lakukan Road Show Pencegahan dan Penanganan Stunting, Senin (13/7/2020).

Berlokasi di Kecamatan Katibung Hj. Winarni Nanang Ermanto hadir bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Selatan, Yani Thamrin, Fasilitator Provinsi PATBM dan KLA (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat dan Kabupaten/Kota Layak Anak), Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA), Anasrullah, Kabid PAUD, Ahmadin, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Katibung, para Ka. UPT Dinas Kesehatan Kecamatan Katibung, para Kades dan para Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Katibung.

Pada kegiatan Road Show dan Sosialisasi Stunting tersebut digiatkan Mengkonsumsi Gizi Seimbang dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan sehat (PHBS). Dimana hal tersebut menjadi dasar pokok utama dalam mengkampanyekan Pencegahan dan Penanganan Stunting di Kabupaten Lampung Selatan.

Pada kesempatan itu, Winarni memaparkan kepada para Kepala Desa, Ketua TP PKK Desa dan para Kader-kader Posyandu tentang Program Swasembada Gizi Menuju Lampung Selatan Bebas Stunting.

“Ada Lima Program Swasembada Gizi Menuju Lampung Selatan Bebas Stunting yakni, Pertama, pelayanan KIA yaitu memastikan ibu hamil mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas di 1.000 hari pertama kehidupan dan melahirkan.

Kedua, pelayananan Gizi yaitu seluruh Desa menyediakan pelayanan gizi di Posyandu dan memastikan masyarakat berperilaku mengkonsumsi Gizi seimbang.

Ketiga, pelayanan air minum dan sanitasi dengan memastikan seluruh masyarakat mengkonsumsi air minum yang sehat dan berkualitas serta memiliki jamban sehat.

Keempat, pelayanan sosial yaitu dukungan pengembangan ekonomi mandiri untuk pemenuhan gizi berkelanjutan dengan pemanfaatan pekarangan rumah dan menggerakan kepedulian sosial.

dan Kelima, pelayanan PAUD dengan mengedukasi para orang tua dan anak didik PAUD untuk berperilaku gizi seimbang serta menyediakan makanan bergizi disetiap layanan PAUD.

Lakukan kelima gerakan ini maka Kabupaten Lampung Selatan bebas stunting,” pungkas Winarni.

Saat itu Winarni juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja sama bergotong royong bersama-sama mengentaskan Stunting di Kabupaten Lampung Selatan dengan target mewujudkan Lampung Selatan Bebas Stunting Tahun 2023.

Winarni juga menegaskan kepada seluruh Kades dan Ketua TP PKK Desa Se-Kecamatan Katibung agar dapat memberikan informasi kepada warganya untuk tidak melakukan kekerasan terhadap anak-anak.

“Agar anak-anak sebagai Generasi Penerus Bangsa yang kuat, cerdas dan memiliki SDM yang mampu bersaing terhadap dunia luar, untuk itu para Kades dan Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Katibung agar dapat mencegah sedini mungkin kekerasan terhadap anak-anak”, cetus Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan tersebut.

“Saya berharap kepada seluruh orang tua untuk tidak lagi melakukan kekerasan teradap anak, lakukan cara terbaik untuk menegur kesalahan anak dengan tidak menggunakan kekerasan,” Jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan menandatangani Komitmen Bersama Penyelenggaraan Program Swasembada Gizi di Kecamatan Katibung dan meninjau pelaksanaan Pelayanan di Posyandu Melati IV, Posyandu Melati I, dan Posyandu Melati VII Desa Tanjung Agung Kecamatan Katibung. (Us)

 970 total views,  970 views today

Continue Reading

Trending Topic