Connect with us

Lampung Selatan

Hendak Liputan, Manager PT. Nutech Integrasi Bakauheni Usir Wartawan

Published

on

Hanuang.com – Dugaan pelanggaran Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, kembali terjadi di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel). Yakni soal menghalang-halangi pekerjaan pers, saat hendak melakukan peliputan.

Insiden tersebut dialami Ali Imron wartawan media online globaldrafnews.com, saat hendak melakukan peliputan advokasi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Perpukad di PT. Nutech Integritasi Bakauheni, Jum’at (26/2/2021) sekitar pukul 14.30 WIB.

Mirisnya, berdasarkan informasi yang dihimpun, yang melakukan pengusiran adalah Manager perusahaan itu sendiri. Bahkan, pihaknya mengusir wartawan dengan tak beretika melontarkan kalimat kasar.

Lebih lagi, bukan hanya wartawan yang diusir oknum tersebut, melainkan juga dengan beberapa lawyers yang hendak melakukan advokasi di perusahaan itu.

“Ya, oknum direksi perusahaan itu melakukan pengusiran saat saya mau liputan advokasi dari LBH Perpukad. Bahkan, cara dan bahasanya juga kurang enak,” Kata Ali Imron, Sabtu (27/2/2021).

Ali Imron mencurigai, bahwa terjadinya pengusiran menandakan ada hal yang tidak beres didalam managemen PT Nutech ini. Sebab, jika memang tanpa masalah, tak perlu melakukan pengusiran tanpa alasan.

“Bisa jadi, isu yang akan kami konfirmasikan bersama para advokad ini benar adanya. Ada sejumlah sistem managemen yang tidak beres disini,” Lanjutnya.

Padahal, saat terjadi pengusiran, wartawan sudah sempat menjelaskan bahwa dirinya adalah salah seorang pers yang hendak melakukan peliputan. Namun, pihak oknum itu enggan mendengar dan tetap melakukan pengusiran.

“Ya, bahkan sudah saya jelaskan juga bahwa perkerjaan pers diatur dan dilindungi oleh undang-undang. Tapi tidak digubris,” Ketusnya.

Diketahui, sejumlah Lawyer bersama dengan wartawan mengunjungi PT. Nutech Integritasi Bakauheni lantaran menindaklanjuti pengaduan dari ke 10 orang karyawan perusahaan.

Dimana, 10 karyawan itu melakukan aksi mogok kerja yang sudah berlangsung sejak Minggu (21 februari 2021), sebagai bentuk kekecewaan. Faktornya, diawali dari kerja lembur saat libur panjang akhir pekan pada bulan November dan lembur ketika liburan Natal serta Tahun Baru Desember 2020 lalu, yang hingga hari ini belum dilakukan pembayaran.

Dari 10 orang karyawan tersebut pernah beberapa kali mempertanyakan uang lembur tersebut. Namun, jawaban yang diberikan oleh Koordinasi Lapangan (Korlap) Project Nutech, tidak sesuai dengan harapan para karyawan itu. Pihak perusahaan disinyalir saling lempar, saat karyawan menanyakan gaji lembur mereka.

Oleh sebab itu, dari ke 10 orang karyawan tersebut meminta meminta pendampingan dari kuasa hukuk LBH Perpukad, sesuai keputusan (SK) Kemenkumham nomor AHU 0011842 AH.01.04 tahun 2018.

Muhammad Ali Roni, S.H., M.H selaku Kuasa Hukum dari 10 orang kliennya merasa keberatan atas pengusiran yang dilakukan oleh PT. Nutech Integrasi Site Project yang berada dilokasi ASDP Bakauheni tersebut.

Sementara, Ketua Umum (Ketum) LBH Perpukad, Al Amir, SH, Advokat Organization, PAI, NIA, 103, 0772 akan membuat surat keberatan atas pengusiran Advokat karena menyangkut Undang-Undang nomor 18 tahun 2003 tentang Advokat.

“Kami akan membuatkan laporan keberatan ke AO masing-masing Advokat yaitu PERADI, PAI, dan APSI,” Tegasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan UU nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, Bab VIII Ketentuan pidana Pasal 18 yang berbunyi, setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan Ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 tahun atau denda paling banyak Rp.500.000.000,00 (Lima Ratus Juta Rupiah).

Pasal 4 ayat (2) yang berbunyi; Terhadap pers nasional tidak dikenakan penyensoran, pembredelan atau pelarangan penyiaran. Pasal 4 ayat (3) berbunyi; untuk menjamin kemerdekaan pers, Pers Nasional mempunyai hal mencari, memperoleh, dan menyebar luaskan gagasan dan informasi. (Red)

 686 total views,  3 views today

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lampung Selatan

Taman Wisata Malang Sari dan Gunung Batu Srikaton Dapat Apresiasi Dari Bupati Lamsel

Published

on

By

Hanuang.com – Bupati Lampung Selatan (Lamsel), H. Nanang Ermanto, mengapresiasi dan memberikan motivasi kepada Aparat Desa serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa Malang Sari, Kecamatan Tanjung Sari, Lamsel, Sabtu, (17/04/21).

Hal itu disampaikan saat dirinya mengunjungi Taman Wisata Desa Malang Sari dan Wisata Gunung Batu yang terletak di Desa Srikaton, Tanjung Sari.

“Meski saat ini dalam kondisi Covid-19-19, akan tetapi kita tak boleh putus asa dengan keadaan, teruslah berinovasi mempunyai semangat, bagaimana ketahanan pangan, ekonomi masyarakat menjadi Desa maju, nah ini terutama dari aparat desanya, ini sudah bagus ini” ujarnya.

“Saya mengajak rakan-rekan, ada pak Kadis Pertanian, DLH, Perijinan, dan Asisten Ekobang, serta Kabag Organisasi ke Malang Sari untuk meninjau, sengaja saya tidak memberitahu, tapi saya disini disambut dengan pakaian merah-merah” tambahnya.

Nanang juga berharap kepada aparatur desa agar berkreaktif dan berinovasi untuk terus mengembangkan desanya dengan potensi yang dimiliki.

“Saya berharap desa wisata ini jangan hanya dimiliki oleh satu desa saja, tapi seluruh desa dapat kreaktif dan berinovasi mengembangkan desanya menjadi desa wisata dan desa yang maju” tutupnya. (*)

 739 total views,  739 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Ramadhan Penuh Berkah, Lapas Kalianda Bagikan Sembako Kepada Warga Desa Negeri Pandan

Published

on

By

Hanuang.com – Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kalianda melakukan Bhakti Sosial membagi-bagikan Sembako di Desa Negeri Pandan, Kalianda, Jumat (16/4). Kegiatan Bhakti Sosial dilakukan dalam Memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke – 57.

Dalam kegiatan, Kepala Lapas Kalianda, Dr. Tetra Destorie yang turut melaksanakan Bhakti Sosial mengatakan bahwa Sembako yang dibagikan merupakan Sumbangan yang dikumpulkan dari Petugas Lapas Kalianda.

“Dalam memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke 57, ini, sumbangan yang diberikan merupakan sumbangan dari Seluruh Petugas Lapas Kalianda. Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang menerima,” ucap Kepala Lapas Kalianda.

Dengan melakukan Derma di Bulan Ramadhan, dirinya meyakini bahwa, Ia bersama rekan-rekan Petugas Lapas Kalianda yang beragama Islam akan mendapat pahala berlipat ganda.

“Saya percaya, apabila kita melakukan kebaikan dengan melakukan Derma di Bulan Ramadhan Niscaya pahala kita akan berlipat ganda,” tutup Dr. Tetra Destorie. (Humas)

 361 total views,  361 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Dankodiklat TNI AD Sambangi Provinsi Sai Bumi Ruwa Jurai

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421/LS, Letkol Inf. Enrico SN, menyambut kedatangan Dankodiklat TNI AD, Letjen TNI AM. Putranto beserta rombongan di bandara Internasional Raden Intan II Branti Natar Lamsel, Sabtu, (17/04/21).

Kedatangan Dankodiklat TNI AD beserta rombongan ke wilayah Provinsi Lampung adalah dalam rangka melakukan kunjungan kerja peninjauan medan Latma Garuda Shield 15/2021, antara TNI AD dengan AD Amerika Serikat, yang akan dipusatkan di Pusat latihan tempur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan.

Tim peninjauan medan dari Kodiklat TNI AD langsung dipimpin oleh Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, serta didampingi oleh Dirlat Kodiklatad Brigjen TNl Haryanto, Pabanopslat Sdirlat Kodiklatad Kolonel Inf. Suparlan Purwo Utomo, Asrendam Jaya Kolonel Inf. Erwin, Danbrigif PR-17/K/1 Kostrad Kolonel Inf.Marwan Supriyanto, Kasmin Dankodiklatad Mayor Arh. Ahmad Yani serta Kasiops Brigif PR-17/K/1 Kostrad Kapten Inf. Maulana.

Beberapa orang pejabat yang ikut menyambut kedatangan rombongan Dankodiklat TNI AD di VIP Room Bandara raden intan II diantaranya Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf. Dwi Endrosasongko, Kasiops Rem 043/Gatam Kolonel Inf. Selamet Winarto, Dandim 0421/LS Letkol Inf. Enrico Setiyo Nugroho, serta Danramil 421-06/Natar Kapten Inf. Yudi Ardi.

Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putanto, beserta rombongan, selanjutnya meninggalkan VIP Room Bandara Internasional Raden Inten ll Lampung menuju Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan guna melaksanakan serangkaian kunjungan kerjanya. (*)

 493 total views,  493 views today

Continue Reading

Trending Topic