Connect with us

Lampung Selatan

Hari Ini, Ribuan Paket Sembako Didistribusikan Pemkab Lamsel Ke Empat Kecamatan

Published

on

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan mulai mendistribusikan bantuan sembilan bahan pokok (sembako) bagi masyarakat yang terdampak korona atau COVID-19, Senin (29/6/2020).

Dimulainya pengirimam ribuan paket sembako itu, diawali diempat kecamatan. Yakni Kecamatan Ketapang, Way Panji, Katibung dan Sidomulyo.

Di Kecamatan Katibung, pembagian sembako secara simbolis di launching oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Supriyanto, S.Sos, MM mewakili Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto.

Serah terima kepada para Kepala Desa se-Kecamatan Katibung itu berlangsung di aula kantor kecamatan setempat. Prosesi itu turut disaksikan anggota DPRD Kabupaten Lampung Selatan daerah pemilihan 7 dari Fraksi Gerindra, Farizal Purba, SE.

Nampak hadir juga, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Yansen Mulia, jajaran Inspektorat dan Kesbangpol, Camat Katibung dan sejumlah pejabat dilingkup Pemkab Lampung Selatan.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Supriyanto mengatakan, bantuan sembako tersebut untuk membantu meringankan beban masyarakat ditengah pandemi COVID-19. Adapun paket sembako itu berisi beras 5 Kilogram, gula 2 Kilogram, dan minyak makan 1 liter.

“Ini merupakan bagian dari percepatan penanganan COVID-19. Jangan dilihat isinya, karena sekedar untuk membantu. Berapa pun nilainya, mudah-mudahan bisa bermanfaat, menjadi hikmah bukan fitnah,” ujar Supriyanto saat menyampaikan sambutan bupati.

Supriyanto menuturkan, bantuan yang bersumber dari APBD melalui realokasi anggaran untuk penanganan COVID-19 itu untuk mengcover masyarakat yang belum pernah tersentuh bantuan apapun. Baik yang berasal dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun dana desa.

“Jadi semua anggaran Organisasi Perangkat Daerah itu dipangkas 50% untuk penanganan COVID-19. Untuk perjalanan dinas saja sudah tidak ada. Tetapi dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, mereka tetap semangat mendampingi hingga bantuan sembako ini benar-benar sampai kepada masyarakat di desa,” kata Supriyanto.

Dalam kesempatan itu, Supriyanto juga meminta kepada tim Gugus Tugas Kabupaten, jajaran pemerintah kecamatan hingga desa untuk menjadikan momentum tersebut sebagai upaya menyosialisasikan pentingnya mentaati protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

“Pak bupati meminta agar kita semua dapat saling mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Intinya pakai masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak. Ini untuk memutus peyebaran dan mengurangi dampak COVID-19,” imbuh Supriyanto.

Disisi lain, anggota DPRD Lampung Selatan, dari Fraksi Gerindra, Farizal Purba mengingatkan, bantuan sembako tersebut harus tepat sasaran. Dan disalurkan kepada warga yang berhak.

Ia menyatakan, Pemerintah Kabupaten dan DPRD telah berusaha semaksimal mungkin dalam penanganan COVID-19. Salah satunya terkait realokasi anggaran COVID-19.

“Alhamdulillah hari ini bisa terlaksana. Saya hanya titip kepada kepala desa, laksanakan sesuai ketentuan. Jangan sampai ada permasalahan di kemudian hari. Kalau warga tidak berhak menerima sesuai ketentuan jangan dipaksakan,” tukasnya.

Sementara, Kepala DKP Kabupaten Lampung Selatan, Yansen Mulia menambahkan, Pemkab Lampung Selatan mulai mendistribusikan 24.941 paket sembako untuk masyarakat yang tersebar di 17 kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan.

“Hari kita distribusikan diempat kecamatan terdiri dari 59 desa. Totalnya ada 4.847 paket. Untuk Kecamatan Katibung terdiri dari 12 desa dan 1.172 paket. Kita serahkan ke kepala desa. Nanti desa yang akan mendistribusikan ke warga didampingi tim kabupaten,” tuturnya.

Ia juga memastikan, bantuan tersebut akan diserahkan kepada warga yang berhak menerima. Selain dari warga penerima PKH, BPNT, Program Sembako, BST, BLT, atau program sejenisnya.

“Diluar yang sudah menerima program jaringan pengaman sosial. Makanya setiap desa kita dampingi tim kabupaten. Tujuannya untuk memastikan warga yang menerima benar-benar yang berhak, tidak pernah menerima bantuan yang sudah disebutkan tadi,” tandasnya.

Sementara itu, dihari yang sama, Pemkab Lampung Selatan juga mendistribuskan bantuan sembako di Kecamatan Way Panji sebanyak 388 paket. Lalu di Kecamatan Ketapang sebanyak 1.687 paket dan Kecamatan Sidomulyo sebanyak 1.600 paket. (Arya/Aziz)

 1,961 total views,  4 views today

Lampung Selatan

Bersama Danrem, Kapolda Jambi Ikuti Panen Raya

Published

on

By

Hanuang.com – Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Santyabudi bersama Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI. Zulkifli mengikuti acara Panen Raya secara Serentak dan Penaburan Benih Ikan dalam rangka Program Kampung Tangguh Nusantara melalui vicon di Desa Sri Agung, Batang Asam, Tanjab Barat, Jambi, Kamis (9/7/2020).

Acara Vicon Panen Raya dan Launching Program Kampung Tangguh Nusantara ini dipimpin langsung Kapolri, Jenderal Pol Idham Azis dan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Tangerang, Banten.

Turut hadir dalam acara vicon tersebut, Staf Ahli Gubernur Jambi, Asisten 1 Bupati Tanjab Barat, Dirreskrimsus, Kombes Pol Edi Faryadi, Dirbinmas, Kombes Pol Abdul Gani, Dirpolairud, Kombes Pol Arif Budi Winova, Dansat Brimob, Kombes Pol Noor Hudaya,Kabid Humas, Kombes Pol Kuswayudi Tresnadi dan Kapolres Tanjab Barat, AKBP Guntur Saputro.

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi mengatakan Panen raya dan launching Program Kampung Tangguh Nusantara ini dipimpin langsung Kapolri, Jenderal Pol Idham Azis dan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

” Ini merupakan program serentak seluruh Indonesia untuk ketahanan pangan di masa pandemi covid 19,” jelas Kabid Humas.

Alumni Akpol 1994 ini menambahkan, selain launching Kampung Tangguh Nusantara Secara Serentak juga dilakukan Panen Raya dan Penebaran benih ikan. (*)

 1,190 total views,  577 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Kembali Sambangi Nelayan, Sat Sabhara Polres Lamsel Bagikan Sembako

Published

on

By

Hanuang.com – Satuan Sabhara Polres Lampung Selatan (Lamsel) kembali menyambangi Nelayan di Dusun Haringin, Desa Merak Belantung, Kalianda, Lamsel, Jum’at, (10/07/20).

Berkah ini bagi-bagi baksos, dipimpin langsung oleh, Iptu Feriyantoni, selaku Kasat Sabhara Polres Lamsel yang didampingi, Ipda Zikri, Aiptu Yanuar dan Aipda Dany.

Dalam giat ini Bhayangkari dan Sat Sabhara Polres Lamsel membagikan
Baksos kepada warga Nelayan yang terdampak Pandemi Covid-19.

“Saya berharap kepada bapak dan ibu yang menerima bantuan ini, semoga bermanfaat serta dapat sedikit meringankan beban kebutuhan sembako bagi para nelayan yang terdampak Covid-19, serta bentuk rasa silaturahmi antara kepolisian bersama warga untuk saling bersinergritas dalam perihal menjaga Kamtibmas di wilayah Desa Merak Belantung,” Harapnya Iptu. Feriyantoni, SH, MH,
Kasat Sabhara Polres Lamsel.

Pembagian Baksos Jumat Berkah dari Sat Sabhara dan Bhayangkari Polres Lamsel tersebut, juga dihadiri oleh Ketua Kerukunan Nelayan Merak Belantung Rustam dan Ketua Koordinator Pelaksana Efrizal (Kanjeng Doso) serta Tokoh masyarakat Nelayan setempat.

Adapun bentuk Paket Sembako yang dibagikan kepada Nelayan berupa, Beras 5 kg, Minyak Goreng 1 kg, Gula 1 kg, Indomie instan 10 Bungkus, Kopi 1 Bungkus, Kue Roma Sandwich 2 Bungkus, Susu Cair Frisian Flag 1 Kaleng, Sarden ABC 2 Kaleng.

Paket bantuan tersebut di berikan kepada warga Nelayan yang terdampak Covid-19 atas nama Saudara, Usman (47) th, Saroji (66) th, Kamre (65) th, dan Saudari Macita (62) th, serta Nurnia (41) th.

“Alhamdulilah Selama kegiatan situasi dalam keadaan aman dan kondusif, Kami atas nama nelayan Merak Belantung sangat berterima kasih kepada Sat Sabhara serta Bhayangkari Polres Lamsel, yang telah mau menyambangi serta bersilaturahmi bertatap muka bersama kami nelayan,” Terang Efrizal Selaku Koordinator Nelayan Merak Belantung, yang sering di sapa Kanjeng Doso ini.

Iptu Feriyantoni, SH, MH,
Kasat Sabhara polres Lamsel, tidak lupa juga menghimbau dan memberikan pesan-pesan Kamtibmas dalam rangka untuk menjaga situasi yang aman, damai dan sejuk menjelang Pilkada Kabupaten Lampung Selatan serta tetap mentaati protokol Kesehatan Pemerintah. (Arya)

 1,262 total views,  592 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Bersama KPU, Dinkes Lamsel Rapid Tes 1.925 PPDP

Published

on

By

Hanuang.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat melakukan rapid test kepada 1.925 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), Jumat (10/07/20).

Kepala Dinkes Pemkab Lampung Selatan, dr. Jimmy B. Hutapea, MARS menjelaskan, kegiatan rapid test dilakukan serentak di 27 Puskesmas yang ada di 17 kecamatan.

“Kita lakukan rapid test yang mendesak kepada 1.925 PPDP. Hasilnya harus selesai sebelum tanggal 12 Juli. Ini menindaklanjuti surat dari KPU Nomor. 165/1801/Sek-Kab/VII/2020 tanggal 2 Juli 2020,” terang Jimmy melalui keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut Jimmy menyampaikan, kegiatan rapid test melibat seluruh tenaga kesehatan baik dokter, analis, dan perawat yang tersebar di 27 Puskesmas. Biaya kegiatan itu kata dia, ditanggung KPU Lampung Selatan.

“Semua tenaga kesehatan kita libatkan. Masing-masing puskesmas bervariasi. Rata rata 5 sampai 10 orang. Khusus untuk Puskesmas Karang Anyar, dibantu dari Tim PSC 119 Dinas Kesehatan. Karena jumlah PPDP sebanyak 163 orang. Pembiayaan gratis. Karena dari KPU ada anggaran untuk jasa pelayanan rapid test,” ungkap Jimmy.

Sementara, Ketua KPU Lampung Selatan Ansurasta Razak menjelaskan, sebanyak 1.925 PPDP mengikuti pelaksanaan rapid test yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat.

“Mengingat PPDP akan mulai melakukan coklit pada tanggal 15 Juli 2020 mendatang, maka kami lakukan rapid tes terhadap PPDP diseluruh kecamatan,” kata Ansurasta Razak seperti dikutip dari datalampung.com.

Pria yang akrab disapa Aan ini menambahkan, pelaksanaan rapid test dilakukan untuk memastikan PPDP yang melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan 9 September 2020 nanti, benar-benar sehat dan tidak menjadi carrier atau pembawa virus COVID-19.

“Kita laksanakan hari ini dan besok. Ada beberapa kecamatan yang selesai dan yang belum selesai. Jika ada anggota PPDP yang reaktif terpaksa kita ganti. Untuk hasil rapid tesnya sendiri nanti dinkes yang akan mengumumkan,” terang mantan anggota Bawaslu Lampung Selatan ini.

Selain PPDP, pihaknya juga akan melakukan rapid test terhadap 3.648 Penyelenggara Pilkada Serentak di Lampung Selatan. Hal ini untuk memastikan tidak ada penyelenggara Pemilu yang terjangkit virus korona baru yang berasal dari Wuhan, Cina ini.

“Selanjutnya PPS, PPK, kemudian anggota KPU dan terakhir KPPS. Artinya semua jajaran KPU akan menjalani rapid tes,” katanya.

Sementara Sekertaris KPU Lampung Selatan Bejo Purnomo menambahkan, dalam pelaksanaan rapid test, pihaknya menganggarkan dana sebesar Rp.150 ribu untuk setiap petugas KPU yang di rapid test.

“Kita lakukan MoU berdasarkan peraturan KPU dan Dinas Kesehatan. Tidaklanjutnya kita serahkan dengan dinas kesehatan. Total seluruh jajaran KPU Lamsel yang akan di rapid test nantinya adalah 3.684 sudah termasuk PPDP,” pungkasnya. (*)

 1,393 total views,  601 views today

Continue Reading

Trending Topic