Connect with us

Advertorial

DPRD Lamsel Gelar Sidang Paripurna Penyampaian LKPJ Kepala Daerah 2018

Published

on

Hanuang.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Selatan menggelar rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Kabupaten Lampung Selatan tahun anggaran 2018.

LKPJ disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Ir. Fredy SM, MM mewakili Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto dalam rapat paripurna yang digelar di gedung DPRD setempat, Senin (25/3/2019).

Adapun rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Lampung Selatan Hendry Rosyadi, SH, MH dihadiri 37 anggota DPRD dari 50 orang jumlah keseluruhan anggota DPRD Lampung Selatan.

Dalam sambutannya, Fredy mengatakan, penyampaian LKPJ merupakan bagian dari agenda rutin penyelenggaraan pemerintahan daerah, untuk secara transparan dan akuntabel menyampaikan informasi atas kebijakan dan hasil penyelenggaraan pemerintahan sepanjang tahun anggaran 2018.

IMG-20190325-WA0028-1024x618 DPRD Lamsel Gelar Sidang Paripurna Penyampaian LKPJ Kepala Daerah 2018

Disamping itu, kata Fredy, LKPJ secara substansi merupakan evaluasi capaian kinerja pembangunan tahunan Kabupaten Lampung Selatan berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2018 yang merupakan penjabaran tahunan Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Selatan Nomor 01 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2016 – 2021.

“Dengan demikian, kinerja pemerintahan daerah yang telah dilaksanakan pada tahun 2018, tidak akan terlepas dari dokumen perencanaan tersebut. Yang pada dasarnya adalah sebuah kerangka kerja bersama untuk mewujudkan Visi RPJMD Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2016 – 2021,” ujar Nanang dalam pengantar sambutannya.

Lebih lanjut Fredy mengungkapkan, total target pendapatan tahun anggaran 2018 sebesar Rp.2.135.406.877.986,00 dan terealisasi sebesar Rp.2.076.666.321.131,17 atau sebesar 97,25%.

Sedangkan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lampung Selatan, target yang ditetapkan sebesar Rp.240.604.045.906,00 dan realisasi sebesar Rp.215.411.464.185,87 atau sebesar 89,53%.

“Pencapaian PAD ini memberikan kontribusi sebesar 10,37% dari total pendapatan Kabupaten Lampung Selatan Tahun Anggaran 2018. Ini menggambarkan masih tingginya ketergantungan Kabupaten Lampung Selatan terhadap anggaran yang berasl dari dana perimbangan,” ujarnya.

Sementara, berdasarkan pandangan umum yang disampaikan masing-masing juru bicara Fraksi, delapan Fraksi yang ada di DPRD Lampung, yakni Fraksi PDIP, Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PKS, Fraksi Nasdem, serta Fraksi Hanura dan PKB menyatakan siap membahas LKPJ tersebut ketingkat selanjutnya. (Arya/Kmf)

2,140 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Advertorial

Lamsel Fair 2019 Ditutup, Nanang : “Setiap Malam Ramai Pengunjung”

Published

on

By

Hanuang.com – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto resmi menutup perhelatan Lampung Selatan Fair (LSF) 2019 di Lapangan Cipta Karya, Kalianda, pada Sabtu malam (14/9/2019).

Nanang mengatakan, kegiatan yang dihelat setiap tahun tersebut berjalan dengan sukses dan lancar. Bahkan dirinya mengaku terharu, karena setiap malamnya selalu dipadati pengunjung yang datang untuk menyaksikan LSF 2019.

“Saya merasa puas dan bangga, karena ini (LSF, red) diluar dugaan, begitu ramai pengunjung yang datang setiap malamnya,” ungkap Nanang saat memberikan sambutan di malam itu.

Nanang pun menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pihak penyelenggara dan juga kepada warga yang berkunjung ke Lampung Selatan Fair 2019.

Dia mengatakan tanpa dukungan semua pihak serta pengunjung yang tertib dan baik, tak mungkin kegiatan LSF 2019 berjalan dengan sukses dan lancar.

“Terimakasih kepada seluruh OPD, camat, pimpinan perusahaan, BUMN, BUMD, UMKM, pedagang serta masyarakat dan semua pihak yang terkait, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, aman, dan lancar, tanpa gangguan,” ucapnya.

Meskipun demikian, Nanang berpesan agar kedepan pelaksanaan LSF dikonsep dengan lebih baik lagi, sehingga dapat sukses penyelenggaraan, sukses pelaksanaan dan sukses transaksi.

IMG-20190915-WA0054-1024x682 Lamsel Fair 2019 Ditutup, Nanang : "Setiap Malam Ramai Pengunjung"
(Plt. Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto Ketika Menutup Lampung Selatan Fair 2019)

Disamping itu, dia juga berharap penyelenggaraan LSF dapat menjadi tonggak perekonomian masyarakat Kabupaten Lampung Selatan, serta menjadi etalase perekonomian dan pariwisata.

“Ini tentunya merupakan indikasi bahwa penyelenggaraan LSF tidak hanya menjadi hiburan bagi masyarakat, tetapi juga diharapkan dapat memajukan ekonomi atau bisnis di Kabupaten Lampung Selatan,” kata Nanang.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara LSF 2019, Yusri mengatakan, selama pelaksanaan pameran, kunjungan penonton rata-rata mencapai 10 ribu orang setiap malamnya.

Bahkan dia mengungkapkan, selama 7 hari pelaksanaan sejak 8 September hingga 14 September 2019, angka transaksinya mencapai Rp 7 miliar lebih.

“Angka itu terdiri dari transaksi OPD, kecamatan, BUMN, BUMD, otomotif, UKM dan pedagang,” ujar Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Lampung Selatan ini.

Adapun, selain diisi dengan penampilan artis ibukota Desi Tata, acara malam penutupan LSF 2019 juga diisi dengan suguhan berbagai penampilan seni budaya dan juga penampilan para camat beserta istri yang menyanyikan lagu Indonesia Pusaka.

Berdasarkan panatauan tim ini, acara malam penutupan itu, turut dihadiri Ketua DPRD Lampung Selatan H. Hendry Rosyadi, SH, MH, Kapolres Lampung Selatan AKBP M. Syarhan, S.IK, MH, serta Dandim 0421 Lampung Selatan Letkol Kav. Robinson Octovianus Bessie.

Nampak hadir juga, Ketua TP PKK Lampung Selatan Hj. Winarni beserta jajaran pengurus, Sekretaris Daerah Ir. Fredy SM, MM dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta camat dilingkungan Pemkab Lampung Selatan, serta tokoh adat Pangeran Sabatin Lima Marga. (Arya/Kmf)

400 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Continue Reading

Advertorial

DPRD Lamsel Gelar Rapat Paripurna Istimewa Tentang Penyampaian Rekomendasi Atas LKPJ Bupati Lamsel Tahun 2018

Published

on

By

Hanuang.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Selatan menggelar sidang paripurna istimewa dalam rangka penyampaian rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertangungjawaban (LKPJ) Bupati Lampung Selatan Tahun Anggaran 2018.

Sidang yang dipimpin langsung Ketua DPRD H. Hendry Rosyadi, SH, MH, berlangsung di ruang sidang utama DPRD setempat, Senin (22/4/2019).

Hadir dalam paripurna tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto dan anggota Forkopimda Lampung Selatan.

Juru bicara Panitia Khusus (Pansus) pembahsan LKPJ, Jenggis Khan Haikal menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007, Kepala Daerah sesuai dengan tugas dan kewenangannya, berkewajiban menyampaikan pertanggungjawaban dalam bentuk LKPJ setiap akhir tahun anggaran.

Dimana menurutnya, LKPJ yang berupa informasi penyelenggaraan pemerintah daerah selama satu tahun anggaran, disampaikan Kepala Daerah, dalam hal ini Plt Bupati Lampung Selatan kepada DPRD Lampung Selatan paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

“Untuk memenuhi kewajiban konstitusional, maka Plt Bupati Lampung Selatan pada hari Senin tanggal 25 Maret 2019, dihadapan rapat paripurna DPRD Lampung Selatan, telah menyampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2018,” ujar Jenggis Khan dalam laporannya.

IMG-20190422-WA0015-1024x659 DPRD Lamsel Gelar Rapat Paripurna Istimewa Tentang Penyampaian Rekomendasi Atas LKPJ Bupati Lamsel Tahun 2018

Terkait hal itu, kata dia, DPRD Lampung Selatan melalui rapat Badan Musyawarah mengagendakan pembahasan LKPJ Tahun Anggran 2018 secara internal, dibahas oleh Pansus DPRD Lampung Selatan melalui rapat dengar pendapat dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

“Setelah dikompilasi dalam rapat pimpinan DPRD, sehingga telah didapatkan beberapa masukan untuk dijadikan bahan rekomendasi kepada Kepala Daerah untuk perbaikan penyelenggaran pemerintahan kedepan,” ungkapnya.

Jenggis menyebut, salah satu rekomendasi itu yakni, DPRD Lampung Selatan meminta pemerintah daerah agar bersungguh-sungguh menggali sumber potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD), dengan melakukan pemeteaan dan penelitaan sumber-sumber potensi PAD yang ada di Lampung Selatan.

“Sehingga diharapkan anggaran pemerintah daerah dapat meningkat, guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lampung Selatan,” ujar Politikus Partai Demokrat ini.

Selain itu kata Jenggis, dalam buku LKPJ Bupati Lampung Selatan Tahun Anggran 2018, dalam hal penyerapan belanja daerah dinilai belum optimal. Hal itu kata dia, karena adanya efisiensi belanja dan tertundanya pembangunan fisik, sehingga berimbas menyiskan silpa.

“Untuk itu kedepan kami berharap, perencanaan pembiayaan daerah agar direncanakan dengan matang,” tandasnya. (Arya)

1,866 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Continue Reading

Advertorial

Pemilu 2019, Ketua DPRD Lamsel Nyoblos Di TPS 03 Desa Kedaton

Published

on

By

Ketua DPRD Lamsel, H. Hendry Rosyadi, SH, MH, Bersama Istri (Sulia Ishaq S.Pd) Saat Menggunakan Hak Suara Di TPS 03 Desa Kedaton, Kalianda)

Hanuang.com – Ketua DPRD Kabupaten Lampung Selatan Hendry Rosyadi, SH, MH memberikan hak suaranya atau mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 tepatnya di SD Negeri 1 Desa Kedaton, Kecamatan Kalianda, pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Dari pantauan tim ini, tiba di TPS sekitar pukul 10.10 WIB, Hendry nampak menggunakan setelan baju kemeja putih dipadukan dengan celana dasar panjang berwarna hitam, dengan didampingi istri Sulia Ishaq, S.Pd dan ibunya yang juga ikut memberikan hak pilihnya.

IMG-20190417-WA0072-1024x657 Pemilu 2019, Ketua DPRD Lamsel Nyoblos Di TPS 03 Desa Kedaton

Hendry yang kembali mencalonkan sebagai anggota DPRD Lampung Selatan diperiode keempat itu pun mengajak masyarakat Lampung Selatan untuk datang ke TPS menyalurkan hak suaranya. Satu suara, kata dia, akan sangat berguna menentukan masa depan suatu daerah khususnya di Kabupaten Lampung Selatan.

“Jangan golput (golongan putih), mari kita sama-sama datang ke TPS. Jadikan Pemilu 2019 ini hari yang bahagia, ciptakan suasana yang aman, damai, dan kondusif di TPS masing-masing,” ujar Hendry kepada tim Diskominfo Lamsel dilokasi.

IMG-20190417-WA0071-1024x657 Pemilu 2019, Ketua DPRD Lamsel Nyoblos Di TPS 03 Desa Kedaton

Dirinya pun berharap pelaksanaan Pemilu Pilpres dan Pemilu Legislatif tahun 2019 dapat berjalan dengan lancar. “Mari sama-sama kita berdoa, semoga Pemilu ini bisa sukses dan maksimal,” katanya.

Sementara, di TPS tersebut, berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT), terdapat 274 pemilih, rinciannya 124 pemilih laki-laki, dan 150 pemilih perempuan. (Advertorial)

2,439 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Continue Reading

Trending