Connect with us

Pesawaran

Di Pesawaran, Kapten INF Sugeng Beri Arahan Kepada Tim Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan

Published

on

Hanuang.com – Tim Sosialisasi Penegakan Disiplin Protokol kesehatan menyongsong era new normal yang dilakukan oleh Tim Gugus Tugas percepatan penanganan covid-19 kab Pesawaran di wilayah kecamatan Padang Cermin, Minggu, (14/06/20).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0421/Lamsel, Letkol Kav Robinson Oktavianus Bessie, yang diwakili oleh Danramil 421-02/Gedong Tataan Kapten Inf Sugeng Pamuji, Kadis Kesehatan Kabupaten Pesawaran, Ir. Harun Trijoko, Sekretaris BPBD Pesawaran, Irwandi, Kasubag Bagian Hukum Kabupaten Pesawaran Riki Domela, dan Camat Padang Cermin, Darsoyo.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan :

  • Memberikan himbauan kepada masyarakat tentang penegakan disiplin mematuhi protokol kesehatan secara persuasif dan humanis.
  • Melaksanakan penerapan protokol kesehatan dengan kegiatan mengukur suhu tubuh, penggunaan masker, cuci tangan dan jaga jarak aman di tempat-tempat umum.
  • Melaksanakan pemasangan banner himbauan kepada masyarakat tentang penegakan disiplin mematuhi protokol kesehatan menyongsong era new normal.
  • Melaksanakan patroli di tempat-tempat keramaian untuk menekankan dan mengingatkan masyarakat tentang protokol kesehatan.
  • Memberikan peringatan kepada warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan agar tidak mengulangi kembali, apabila masih mengulangi akan dikenakan sangsi.

Berikut Kekuatan personel yang terlibat dari berbagai kesatuan :

  1. Kodim 0421/Lamsel : 16 orang
  2. Marinir : 9 orang
  3. Polres Pesawaran : 5 orang
  4. Satpol PP Kabupaten Pesawaran : 16 orang
  5. Dinkes Kabupaten Pesawaran : 6 orang
  6. Dishub Kabupaten Pesawaran : 3 orang
  7. Bagian Hukum : 2 orang
  8. Dinas Perijinan : 2 orang
  9. Dinas Pariwisata : 1 orang
  10. BPBD Pesawaran : 4 orang
  11. Dinas Kominfo : 4 orang
  12. Unsur Kecamatan Padang Cermin : 4 orang

“Saya akan menyampaikan tehnis pelaksanaan di sasaran, Kita akan melaksanakan sosialisasi pendisiplinan protokol kesehatan new normal, ada (enam) 6 tempat yang akan kita tuju meliputi indo dan Alfamart, tempat wisata, dan pangkalan angkutan desa” ujarnya.

“Agar tim nantinya bisa mengingatkan di sasaran masing-masing tentang protokol kesehatan yang berlaku, karna masih banyak saya lihat disepanjang jalan masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan. Tentang sangsi akan diterapkan nanti pada saat diterapkannya new normal, jika sudah diingatkan beberapa kali namun tempat usaha tersebut masih tidak melaksanakan maka akan ditutup dan dicabut ijinnya melalui Perbup. Sekarang tindakan kita masih sebatas mengingatkan masyarakat, untuk tindakan sangsi belum bisa kita laksanakan karena belum ada Perbupnya” tutup Kapten Sugeng.

Camat Padang Cermin, Darsoyo, mengucapkan terimakasih kepada seluruh yang hadir, puji syukur marilah kita senantiasa panjatkan ke Tuhan YME karena rizkinya kita dapat hadir disini.

“Kita berkumpul disini dalam rangka kegiatan sosialisasi pendisiplinan protokol kesehatan menuju new normal, yang akan diterapkan khususnya di Kecamatan Padang Cermin. Kendala karena jadwal dilaksanakan tepat hari libur maka dari itu banyak fasilitas umum yang tutup. Nanti akan kita laksanakan sasaran di lokasi pariwisata BUMDES dan beberapa tempat tempat keramaian yang hari ini buka nanti bisa kita sosialisasikan disana.” bebernya.

Terpisah, Kadis Kesehatan Pesawaran mengingatkan tujuannya sebagai bentuk sosialisasi pendisiplinan, tentunya ini merupakan suatu tahapan untuk mencapai new normal, karena obat COVID-19 belum ditemukan, untuk itu kita akan tetap berdampingan dengan COVID-19.

“Agar kita dapat hidup aman berdampingan dengan COVID-19 dengan kita, harus menerapkan protokol kesehatan hingga obat ditemukan” jelasnya.

Berikut 4 Item Yang Akan Dilakukan Oleh Tim :

  • Mengukur suhu tubuh, Apabila suhu tubuh diatas 38°C bisa diduga terjangkit COVID-19. namun belum pasti positif COVID-19, karena penyakit lainnya juga indikasinya sama, namun harus diantisipasi dan kita perlakukan SOP COVID-19.
  • Selalu menggunakan masker. Untuk masyarakat dianjurkan menggunakan masker kain, bukan masker medis.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau gunakan Handsanitizer
  • Fisycal distancing. Jadi diterapkan batasan ruangan hingga 50% dari volume yang ada dengan diberikan jarak di tempat tunggu.

“Kita bisa lakukan teguran jika ditempat keramaian belum menerapkan itu semua” tegas Kapten Sugeng. (Arya)

 1,465 total views,  3 views today

Pesawaran

Di Way Lima, Babinsa Kedondong Gelar Karya Bhakti TNI

Published

on

By

Hanuang.com – Personel Babinsa koramil 421-01/Kedondong, bersama Masyarakat desa Way Harong Kecamatan Way Lima, Kabupaten Pesawaran, melakukan gotong-royong bersama.

Gotong-royong kali ini dengan membuat jalan alternatif dari Dusun Way Harong Barat ke Dusun Sumber Agung Kecamatan setempat, Jum’at, (18/06/21).

“Dalam mengatasi kesulitan warga, sebagai Babinsa harus menjadi pelopor dan menjadi teladan bagi masyarakat dalam melaksanakan gotong royong” ujar Peltu Herman.

“Mengingat, pentingnya akses jalan alternatif dari Dusun Way Harong Barat menuju Dusun Sumber Agung demi memudahkan para pengguna jalan, Kerja Bhakti yang dilakukan bersama warga setempat, merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap kesulitan masyarakat. Sehingga kehadiran Babinsa dalam pelaksanaan kerja bakti sebagai penyemangat, untuk bersama-sama membangun desa binaannya agar lebih maju” tutupnya. (*)

 237 total views,  23 views today

Continue Reading

Pesawaran

Dandim Lamsel Tinjau Produk Unggulan Desa Banjar Negeri

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421 Lampung Selatan (Lamsel), Letkol Inf Enrico SN, didampingi oleh Danramil Kedondong, Kapten Chb Agus Masgus, meninjau produk unggulan wedang uwoh (scang) di Desa Banjar Negeri Way Lima, Kecamatan Kedondong, Kabupaten Pesawaran, Senin, (14/06/21).

Hadir juga dalam giat tersebut Camat Way Lima, Syukur, Kapolsek Kedondong, AKP. Amin Rusbahadi, Pasi Ops Kodim Lamsel, Kapten Inf Tarekat, dan Kades setempat, Egusrial.

“Saya sangat bangga dan sangat mendukung atas terciptanya produk unggulan wedang uwoh (scang_red) yang diproduksi secara langsung dari warga kita sendiri, karena inovasinya dapat menumbuhkan nilai perekonomian selama pandemi Covid-19 ini” ujar Dandim.

“Saya berharap juga tidak hanya kreatifitas dari warga saja tetapi kita semua yang ada di desa Banjar Negeri Way Lima, marilah berkreasi dan kreatif bikin sesuatu yang bisa menjadi ciri khas desa ini, jadi desa ini punya produk unggulan yang dibanggakan dan bisa menjadi bekal untuk tamu-tamu yang datang berkunjung. Tujuan membuat produk unggulan wedang uwoh ini adalah agar masyarakat bisa kreatif dan inovatif di masa pandemi Covid-19, dan itu juga sebagai gerakan untuk memperkenalkan produk-produk lokal kepada masyarakat seluruh Indonesia, untuk membantu perekonomian masyarakat Lampung utamanya warga desa Banjar Negeri yang bisa bermanfaat bagi masyarakat di seluruh pelosok tanah air” tutupnya.

Hal senada diungkapkan Camat yang meminta dukungan kepada semua pihak untuk membantu mengenalkan produk unggulan dari desa tersebut.

“Kami meminta do’a dan dukungan agar produk unggulan wedang uwoh (scang_) ini dapat menjadi kebanggaan dan unggulan, khususnya warga desa Banjar Negeri Way Lima dan seluruh masyarakat Lampung umumnya” jelasnya. (*)

 393 total views,  21 views today

Continue Reading

Pesawaran

23 Orang Warga Pasar Baru Jalani Rapid Antigen

Published

on

By

Hanuang.com – Bertempat di Desa Pasar Baru, Kecamatan Kedondong, Kabupaten Pesawaran dilaksanakannya Rapid Antigen dan Tes Swab Oleh UPT Puskesmas Kedondong terhadap 23 Orang warga desa setempat, Senin, (24/05/21).

Diselenggarakannya swab antigen secara serempak ini dapat memutus penyebaran Covid-19. kepada seluruh warga agar melakukan Rapid Antigen guna mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Hadir juga di dalam kegiatan tersebut Sholeh Haripin selaku Sekdes Pasar Baru, Arif Setiawan Sekdes Pesawaran, Bidan Dewi Hardianti dan 3 Nakes, Koramil 421-01/Kdd Serda Surya Firdaus, Polsek Kedondong Bripka Muhirat dan 23 Orang warga Desa Pasar Baru dan Desa Pesawaran.

“Kegiatan itu akan dilakukan oleh petugas kecamatan bersama TNI dan polisi, Saya mengimbau para Ketua Satgas Covid-19 yang berada di setiap Desa berkolaborasi bersama Aparatur Desanya untuk memastikan warganya yang belum melaksanakan Tes Swab dan Rapid Antigen agar di minta untuk mengikutinya,” jelas Sekdes.

Hal senada diungkapkan Babinsa Koramil 421-01-Kdd, Serda Surya Firdaus yang juga menyampaikan ke warganya terkait banyak cara yang dikeluarkan oleh Pemerintah hanya untuk mencegah penularan Covid-19.

“Jadi mari kita sama-sama menaati aturan yang sudah di buat oleh pemerintah, karena tujuannya untuk saling menjaga kita semua agar bisa terhindar dari wabah penyakit virus Corona, tutupnya. (*)

 1,395 total views,  21 views today

Continue Reading

Trending Topic