Hanuang.com

Home

Cegah Dampak Buruk Arus Balik Lebaran, Menhub : Kebijakan WFH Perlu Diberlakukan

Hanuang.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) perlu diberlakukan untuk mencegah dampak buruk akibat kepadatan lalu lintas saat arus balik lebaran.

“Saya kemarin sudah rapat bersama Jasamarga, memang pulangnya (arus balik lebaran) akan naik dibandingkan keberangkatan. Tapi saya bilang itu, perlu diantisipasi sebagai mencegah dampak buruknya,” ujar Menhub Budi, Jumat (12/4/24).

Menurutnya, kebijakan WFH tersebut perlu diberlakukan sebagai mencegah terjadinya kepadatan lalu lintas (lalin) kendaraan arus balik di momen yang bersamaan.

“Kalau selama ini kita liburnya sudah banyak, kalau libur melulu Indonesia gak produktif, tapi ini hak prerogatif pak Presiden untuk meluruskan rekomendasi WFH ini,” ungkap Menhub Budi.

Ia menyebut rekomendasi WFH ini telah didiskusikan olah pihaknya untuk disampaikan kepada Presiden Jokowi. Menhub Budi berharap usulan itu bisa disetujui presiden.

“Saya kemarin sudah memutuskan rekomendasi (WFH) bersama Pak Menko dan Kakorlantas,” ujar Menhub Budi.

Pemerintah memprediksi puncak arus balik Lebaran 2024 terjadi Minggu (14/4) dan Senin (15/4). Kendati demikian, Menhub Budi meminta kepada masyarakat yang telah melaksanakan pulang kampung agar kembali ke Jakarta lebih awal sebelum puncak arus balik Lebaran.

Share

BERITA TERBARU