Hanuang.com

Home

Cegah Adanya Pelanggaran Pilkada, Bawaslu Lamsel Imbau Netralitas ASN & Kades

Hanuang.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) beserta jajaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) di 17 Kecamatan, memberi himbauan Netralitas terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN).

Adapun, Imbauan Netralitas tersebut disasarkan untuk para Camat hingga jajaran tingkat Kepala Desa, Kepala Puskesmas, KUA, dan sejumlah Sekolah Negeri yang ada di Bumi Khagom Mufakat.

Hal ini didasarkan pada amanat undang-undang atas tugas dan wewenang Bawaslu Kabupaten pada konteks pencegahan.

Selain mencegah, melalui surat himbauan dimaksud, diharapkan para ASN juga diingatkan kembli terkait UU. 5 Tahun 2014 Tentang ASN, PP No. 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin PNS, PP No. 42 Tahun 2004 Tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Bagi ASN.

“Ini sekligus mereview para ASN terkait status mereka sebagai abdi negara, dan melekat aturan-aturan yang wajib diindahkan, agar terhindar dari sanksi Komisi ASN” pungkas Iwan Hidayat, selaku Anggota Bawaslu Lamsel dari Divisi Pengawasan, Rabu, (24/06/20).

Selain netralitas ASN, Bawaslu juga imbau Netralitas dan Integritas Kepala Desa yang diagendakan sampai akhir minggu melalui Pengawas Desa/Kelurahan dan Panwascam agar seluruh himbauan tersampaikan di 260 Desa dan Kelurahan.

Disinggung mengenai belum ditetapkannya pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada serentak 2020 di Lamsel, Iwan menjelaskan bahwa Bawaslu juga mengambil peran untuk melakukan pencegahan dan pengawasan atas undang-undang lain yang tentu masih berkitan dengan hajat pilkada itu sendiri. Salah satunya Netralitas ASN dan Kepala Desa pada masa-masa Pilkada.

“Jelas dalam UU. ASN dan UU. Desa, bahwa ada larangan bagi mereka untuk tidak membut keputusan yang mengarah pada keberpihakan pasangan calon tertentu” paparnya.

“Alhamdulillah, sampai hari ini sudah banyak kiriman video dari rekan-rekan panwascam dan beberapa unggahan sudah bisa kita lihat di medsos jajaran pengawas terkait testimoni video dukungan Para Camat dan Kepala Desa atas komitmennya menjaga Netralitas dan Integritas guna terwujudnya Pilkada Lamsel yang bermartabat. Oleh karenanya apresiasi kami sampaikan pada para pihak atas suport bagi kami dalam mengawal pilkada Lamsel pada 09 Desember mendatang” tutupnya. (Arya)

Share

BERITA TERBARU