Connect with us

Lampung Selatan

BPCB Gelar Pameran Cagar Budaya Di Lamsel

Published

on

Hanuang.com – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten yang membawahi daerah Jawa Barat (Jabar), DKI Jakarta, Banten, dan Lampung, menggelar Pameran Cagar Budaya di GOR Zainal Abidin Pagaralam, Kalianda.

Acara yang dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel), Supriyanto, S.Sos, MM, pada Selasa (18/9/2018), akan berlangsung hingga 22 September mendatang.

Dalam pameran yang bertajuk “Menapaki Jejak Peradaban Lampung” menampilkan foto berupa situs-situs bersejarah maupun prasasti yang ada di Provinsi Lampung, serta cagar-cagar budaya dari Banten, Jabar, dan DKI Jakarta.

Kepala BPCB Banten, H. Saiful Mujahid, SH menjelaskan, kegiatan yang menyasar pelajar, guru, mahasiswa, dan masyarakat umum itu bertujuan mengenalkan sejarah dan cagar budaya yang ada di Lampung khsusunya dan daerah lainnya.

Dirinya berharap, pameran itu dapat memberikan kesempatan kepada pelajar khususnya, dan masyarakat Lamsel untuk mengetahui lebih jauh, dan mengenali kembali kebudayaan yang ada di daerahnya.

“Jadi, kita berharap ini dapat menumbuh kembangkan kecintaan mereka terhadap cagar budaya. Sehingga akan tumbuh keinginan untuk melestarikan bersama-sama kebudayaan yang menjadi kebanggaan mereka sendiri,” ujar Saiful kepada tim ini.

Selain itu tambahnya, digelarnya kegiatan itu juga sebagai amanah Undang-undang Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Budaya. Dengan harapan, upaya untuk melestarikan cagar kebudayaan tersebut lebih dapat terwujud.

“Kami berharap, masyarakat juga lebih peduli dan sayang kepada cagar budaya. Karena ini merupakan kebanggan bagi kita, jika ini hilang, hilang pula kebanggan kita. Tapi, jika terus dilestarikan, anak cucu kita juga masih dapat menikmatinya, bukan hanya sekedar bercerita, namun wujudnya juga masih bisa kita lihat,” katanya.

Sementara, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Supriyanto mengapresiasi BPCB Banten yang telah memprakarsai kegiatan itu. Sehingga Lamsel dapat menjadi tuan rumah Pameran Cagar Budaya di Provinsi Lampung.

“Maka nanti anak-anak kita, khususnya pelajar mulai dari SD, SMP, dan SMA bisa menyaksikan langsung disini. Karena di jaman yang modern ini, terkadang mereka lupa akan sejarah yang ada di daerahnya sendiri,” tutur Supriyanto.

Untuk itu, dia juga mengimbau dan mengajak kepada masyarakat Kabupaten Lamsel khususnya, dan masyarakat di Provinsi Lampung pada umumnya, untuk dapat memanfaatkan momen tersebut.

Supriyanto juga berharap, dengan adanya pameran itu, masyarakat akan peduli dan memelihara cagar budaya yang ada, sehingga kelak dapat dinikmati sebagai media pembelajaran bagi generasi mendatang.

“Momen seperti ini tidak setiap saat ada, jadi manfaatkan dengan baik. Karena disini juga dipamerkan bukan hanya cagar budaya yang ada di Lampung Selatan, tetapi juga cagar budaya dan sejarah dari daerah lain,” imbuh Supriyanto. (Arya/Kmf)

 1,426 total views,  3 views today

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lampung Selatan

Babinsa Kalianda Gelar Pengamanan Malam Takbiran di Pulau Sebesi

Published

on

By

Hanuang.com, Lampung Selatan – Babinsa Koramil 421-04/Kalianda, Kodim Lampung Selatan (Lamsel), melaksanakan pengamanan malam takbiran di Desa Tejang Pulau Sebesi, Kecamatan Rajabasa, Lamsel, Rabu, (12/05/21).

Petugas pengamanan yakni Serda Pahrul Roji selaku Babinsa di wilayah setempat. Adapun maksud dan tujuannya untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Selain itu untuk menjaga ketertiban dan kelancaran malam takbiran, agar berjalan tertib dan aman” ujarnya.

“Sasaran pelaksanaan pengamanan yaitu Masjid yang melaksanakan takbiran, serta titik keramaian lainnya, diantaranya di dermaga pelabuhan Sebesi” tambahnya.

Hal senada diungkapkan Andi Hidayat selaku tokoh masyarakat mengucapkan terimakasih atas bantuan pengamanan yang dilakukan oleh Babinsa Koramil Kalianda.

“Kami ucapkan terimakasih sudah membantu melaksanakan pengamanan di Pulau Sebesi dan memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak melaksanakan kegiatan takbiran keliling, serta menghimbau kepada masyarakat agar tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan social distancing guna mencegah Penyebaran Covid-19″ bebernya. (*)

 850 total views,  392 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Selama Ramadhan, Divisi Sosial GML Indonesia Bantu Korban NTT dan Santuni Anak Yatim

Published

on

By

Hanuang.com – Divisi Sosial Ormas Gema Masyarakat Lokal (GML) Indonesia, menggelar dua kegiatan sekaligus selama bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah.

adapun dua kegiatan tersebut yakni pertama, mengadakan penggalangan donasi dalam membantu para korban Bencana Alam di NTT/NTB.

“Kegiatan digelar di beberapa titik di Lamsel, mulai dari tanggal 19 sampai 25 April kemarin” ujar Ustad Ahmad Sopyan, selaku Ketua Divisi Sosial GML Indonesia.

“Alhamdulillah terkumpul sejumlah dana dari masyarakat Lampung Selatan dan Alhamdulillah telah disalurkan kepada yayasan Insan Tara dan telah sampai ke NTT dan NTB. Masyarakat NTT dan NTB mengucapkan terima kasih kepada DPP GML Indonesia Divisi Sosial dan masyarakat se-Lampung” bebernya, Selasa, (11/05/21).

sedangkan giat yang kedua yakni, pemberian santunan terhadap yatim dan pakir dan sebanyak 30 orang dan kaum duafa 20 orang.

Diketahui bahwa pemberian santunan dilaksanakan di yayasan pondok Pesantren Nurul Huda AZ-DZikri, Dusun Lebung Buluh, Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.

desa merak belantung pimpinan bpk ust Ahmad sopyan sekaligus sebagai ketua divisi sosial ormas DPP GML.

“Dananya dikumpulkan dari berbagai sumber, baik pemerintah maupun para dermawan, yang dikumpulkan kurang lebih selama 10 hari dan Alhamdulillah, tepatnya pada hari Senin (10/05) telah disalurkan kepada yang berhak menerimanya yakni anak” tutupnya. (Arya)

 2,320 total views,  382 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Kodim Lamsel Salurkan Zakat Fitrah Kepada Warga Ponpes Beserta Panti Asuhan

Published

on

By

Hanuang.com – Dalam ibadah bulan suci Ramadhan 1442 H, selain menjalankan ibadah puasa umat muslim juga diwajibkan untuk membayar zakat fitrah, untuk disalurkan pada masyarakat tidak mampu sesuai dengan ketentuan dalam ajaran agama Islam.

Kodim 0421/LS, pada rangkaian kegiatan ibadah di bulan suci ramadhan jelang hari lebaran, menyalurkan zakat fitrah terhadap warga pondok pesantren dan panti asuhan yang digelar di Masjid Al-amanah Kodim setempat, Selasa, (11/05/21).

Hadir dalam giat tersebut, Kapten Inf. Nurdin (pasi Ter), Kapten Czi Mistry Pakar R (pasi inteldim 0421/LS), Kapten Chb Agus Masgus (Pasi Log Dim 0421/LS, Kapten Inf Ujang (Pasipersdim 0421/LS), Letda Inf Tatang (Dan unit inteldim 0421/LS), Perwakilan masyarakat dari pondok pesantren dan juga panti asuhan.

“Zakat Fitrah adalah zakat yang harus dikeluarkan oleh setiap orang Islam pada saat menjelang Idul Fitri, hal ini bertujuan untuk fitrah bagi dirinya sendiri dan diberikan kepada orang orang yang berada dalam tanggungannya, karena keutamaan zakat fitrah bagi mereka yang berpuasa adalah mampu membersihkan diri dari dosa, serta penyempurna ibadah puasa yang sudah dilakukan selama satu bulan penuh” jelas Kapten INF Ujang Herudin.

“Pembagian zakat dibagikan ke masyarakat, Panti asuhan dan juga Pondok pesantren yang berada di Wilayah Kodim 0421/LS, diperuntukkan bagi yang berhak menerima zakat tersebut, kami berharap dengan penyaluran zakat fitrah ini semoga dapat membawa barokah bagi anggota Kodim 0421/LS dengan Masyarakat yang di wilayah teritorial Kodim 0421/LS, bagi warga yang berhak menerimanya” tutupnya. (*)

 2,218 total views,  382 views today

Continue Reading

Trending Topic