Connect with us

Lampung Selatan

Bantu Warga, TNI Kodim 0421 Lamsel Terjun Ke Sawah Hingga Kawal BLT

Published

on

Bantu Petani, TNI Bajak Sawah Warga Sragi

Hanuang.com – Pengolahan lahan untuk musim tanam kedua sudah mulai diolah, dengan tujuan percepatan tanam, diareal persawahan Dusun 1, Sukarandeg, Desa Kuala Sekampung, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel).

Kendatipun ditengah-tengah pandemi COVID-19, para petani sekitar mulai melakukan pembajakan, untuk mempercepat tanam pada musim tanam padi kedua.

Serka Mardiyanto anggota Koramil 08/palas selaku babinsa di desa tersebut terjun langsung bantu petani membajak sawah.

“Hal ini guna percepatan tanam musim kedua di Dusun 1 Sukarandeg, desa Kuala Sekampung” ungkapnya, jum’at, (12/06/20).

Mesin hand tractor sebagai alat pembajak sawah sangat piawai dijalankan oleh serka Mardiyanto, saat membantu petani yang sedang melakukan pembajakan sawahnya dilokasi tersebut.

“Desa Kuala Sekampung merupakan salah satu desa sebagai lumbung pangan nasional, dengan luasan sawah ratusan hektar terbentang di desa ini. Untuk itu, kita dorong petani dalam percepatan tanam, demi mewujudkan swasembada pangan nasional yang dicanangkan oleh pemerintah” tutupnya. (Arya)

Hujan Deras Sebabkan Pohon Tumbang & Longsor, TNI Bantu Pulihkan Jalan

Hanuang.com – Sertu Hendarwis membantu pembersihan jalan dan mengatur lalu lintas saat pembersihan pasca terjadinya longsor di Dusun Khinjing Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Jum’at, (12/06/20)

Hujan lebat pada malam hari menyebabkan longsor dan tumbangnya pohon di dusun setempat, sehingga pengguna jalan menjadi terhambat.

“Setelah dilaksanakan pembersihan perbaikan jalan menggunakan alat berat berupa eksavator dan singso. Dalam kegiatan Babinsa Sertu Hendrawis dan polsek Padang cermin melaksanakan giat gatur lalin agar kemacetan tidak berlanjut” ujarnya. (Arya)

TNI Bantu Pengamanan Penyaluran BLT Di Desa Kuripan

Hanuang.com – Danramil 421-03/Penengahan Kapten Inf. Rudi Teguh bersama Uspika setempat, melakukan pemantauan dan pengamanan penyaluran BLT di Desa Kuripan, jum’at, (12/06/20).

Dalam penyaluran BLT dihadiri oleh Kadis PMD, kepala unit BRI Penengahan dan Kades Kuripan untuk melihat secara langsung prosesnya penyaluran BLT yang diselenggarakan di Balai Desa setempat.

“Masyarakat penerima BLT di Desa Kuripan tahap pertama ini sebanyak 41 KK, dengan jumlah Rp. 600.000, tiap KK, akibat terdampak COVID-19, yang dianggarkan dari DD dalam penanggulangan covid 19” ujarnya.

Kapten Inf. Rudi teguh saat sedang melakukan pemantauan mengatakan bahwa penyaluran BLT yang diberikan pada masyarakat terdampak COVID-19 tepat sasaran.

“Agar tidak menimbulkan gejolak maupun permasalahan ditengah-tengah kehidupan masyarakat, juga kami berpesan bagi pihak penyelenggara tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, agar semua selamat dan terjaga dari wabah virus ini” tandasnya. (Arya)

Di Kedaton, Babinsa Bantu Warga Dalam Pembuatan Cor Beton Jalan

Hanuang.com – Babinsa Koramil 0421-04/ Kalianda, Serda Indra, membantu warga dalam pembuatan jalan rabat beton di Dusun VII RT 05 Desa Kedaton, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Jum’at, (12/06/20).

Dengan kehadiran Babinsa tentu saja sangat membantu serta memberikan mafaat bagi masyarakat, dan pesan moral agar tetap aman kerukunan dan kerja sama dengan bergotong royong.

Serda Indra Babinsa Koramil 04/Kalianda mengatakan, pengecoran jalan ini menjadi prioritas kami, agar memudahkan para pengguna jalan yang semula masih berupa tanah dan bebatuan.

“Bahkan saat musim hujan pun jalan licin dan becek. Kini jalan tersebut telah rata dan nantinya memudahkan untuk dilalui para pengguna jalan. Hal ini sebagai wujud kemanunggalan antara TNI dengan rakyat sudah terjalin komunikasi yang baik dan harmonis” ungkapnya.

Rudiansyah selaku Kadus setempat, mengucapkan terimakasih kepada babinsa yang ikut terjun langsung dalam kegiatan pengecoran rabat beton atas pengabdian kepada warga binaanya. (Arya)

Prihatin & Iba, TNI Bantu Bedah Rumah Warga Tanjungan

Hanuang.com – Babinsa 421-10/Katibung dan Sekdes Tanjungan, Prakarsai Gotong-Royong bedah rumah secara Swadaya.

Sebagai anggota Babinsa yang mengemban fungsi Pembina desa Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.

Sertu Bunsari tentu mengetahui betul kondisi di dusun Tanjung Baru, Desa Tanjungan Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, Sebagai wilayah kerjanya.

Tak ayal, saat mendapati rumah salah seorang warga yang nyaris roboh, Sertu Bunsari merasa terketuk hati untuk membantu memperbaiki kediaman Siti Aminah (65) warga setempat.

Bekerja sama dengan Kepala Desa yg diwakili Sekdes Tanjungan tersebut pun mendapat solusi, yakni memperbaiki rumah Siti Aminah dengan Dana Swadaya Babinsa dan Kades Tanjungan.

*Benar adanya, babinsa dan Sekdes desa melaksanakan kegiatan bedah rumah tidak layak huni milik warga. Kegiatan ini juga melibatkan masyarakat sekitar, Ketua RT, Tokoh masyarakat, Serta perangkat Desa Tanjungan” jelasnya.

“Melihat kondisi rumah milik Ibu Siti Aminah yang sudah hampir roboh, Sekdes beserta babinsa berinisiatif memberikan dana secara swadaya. Semoga saja apa yg diberikan oleh bpk kades  dan Babinsa dan masyarakat sekitar sangat bermanfaat untuk ibu Siti Aminah. Alhasil Bahan material Dapat membantu mendirikan Bangunan sederhana tersebut. Ungkap sekdes Tanjungan” ujarnya.

Dijelaskan Sertu Bunsari sebelumya Siti Aminah menggeluhkan soal kondisi rumahnya, ketika Babinsa dan Sekdes mendata dan membagikan Bantuan dari pemerintah Sertu Bunsari tergerak hatinya ingin membantu ibu Siti Aminah.

“Saat itu ibu Siti Aminah menjelaskan bahwa rumahnya sudah hampir roboh. Apabila hujan angin, Ibu Yati Aliyah yang hidupnya sebatang kara selalu dihantui kekhawatiran. Mereka takut rumah ambruk,” paparnya.

Kini, ibu yang berusia 65 Tahun itu, tidak khawatir lagi lantaran rumahnya sedang diperbaiki. Dengan aksi ini, warga masyarakat semakin bangga akan kehadiran babinsa.

Babinsa sering mengontrol serta memberikan pesan-pesan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) kepada warga.

“Sehingga terciptalah gotong-royong. Dengan ini juga, saya mewakili warga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam membantu memperbaiki rumah salah satu warga di desanya” beber warga sekitar. (Arya)

 3,754 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Polres Lamsel Gelar Launching Penyaluran Bansos

Published

on

By

Hanuang.com – Polres Lampung Selatan menggelar Launching penyaluran bantuan sosial (Bansos) kepada para Kanit Binmas se Polres Lampung, Rabu (4/8/2021) di halaman Mapolres setempat.

Peluncuran Bansos yang dilakukan oleh Wakapolres Lampung Selatan Kompol Firman Sontama, S.Sos ini juga diserahkan kepada para pengurus Organisasi kemasyarakatan, Tokoh Agama, Tokoh Adat, tokoh Masyarakat dan tokoh Pemuda yang ada di Lampung Selatan.

Wakapolres Lampung Selatan Kompol Firman Sontama, S.Sos yang didampingi oleh Kasat Binmas Polres Lampung Selatan Iptu Yani Deviyanti, S.Pd mengatakan bahwa penyaluran Bansos tersebut adalah salah satu program pemerintah pusat yang dilaksanakan oleh Polri yang akan diberikan kepada warga masyarakat yang terdampak covid-19 di wilayah Kabupaten Lampung Selatan ini.

“Oleh karena itu diharapkan dalam pelaksanaanya tepat sasaran, sehingga benar-benar dapat dirasakan oleh warga masyarakat yang membutuhkan” Tuturnya.

“Kepada para Kanit Binmas juga diharapakan dalam pelaksanaanya penyerahan Bansos ini, agar melakukan koordinasi dengan Forkopimcam yang ada diwilayahnya masing-masing, sehingga Bansos ini dapat bermanfaat bagi warga masyarakat, khususnya bagi warga yang terdampak covid-19 ini, diharapkan dengan adanya Bansos ini dapat meringankan beban masyarakat dimasa pandemi ini, khususnya bagi warga yang terdampak Covid1-19” Tutupnya.

Dari data yang dihimpun jumlah Bansos yang akan disalurkan dengan rincian, 450 kantong diserakan kepada para Kanit Binmas Polres Lamsel, 200 Kantong diberikan kepada jajaran Polres Lamsel, dan 50 kantong diberikan kepada perwakilan tokoh masyarakat dan tokoh pemuda serta Ormas, dan selanjutnya dilakukan pelepasan. Kendaraan Bansos kewilayah Polsek se Lampung Selatan (humas)

 1,424 total views,  1,424 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Datang ke Kodim Lamsel, Istri Pangkostrad Sempatkan Sambangi Masjid Agung Kubah Intan

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421 Lampung Selatan (Lamsel), Letkol Inf Enrico SN, menyambut kedatangan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad, Rahma Dudung Abdurachman, Rabu, (04/08/21).

Usai berkunjung ke Makodim Lamsel, Rahma menyempatkan diri mengunjungi masjid yang menjadi icon di Bumi Khagom Mufakat tersebut.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, Setelah melaksanakan makan siang, Istri Pangkostrad Beserta Rombongan meninggalkan tempat menuju ke Bandar Lampung. (*)

 1,378 total views,  1,378 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Dua ABG Spesialis Pencuri Ratusan Ekor Ayam Dibekuk Polsek Kalianda

Published

on

By

Hanuang.com – Jajaran Polsek Kalianda berhasil mengungkap 2 (dua) orang Anak Baru Gede (ABG) pelaku pencurian dengan pemberatan (curat), Senin (2/8/2021) sekitar pukul 20.00 wib di desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda Lampung Selatan.

Kedua pelaku yang masih ABG ini yakni, SUH (12) dan Mai (14) keduanya warga Kecamatan Kalianda Lamsel ini ditangkap karena sebelnya diduga telah melakukan pencurian 153 ekor ayam, Senin (19/7/2021) sekitar pukul 01.00 wib di Dusun Kubu Panglima Desa Tajimalela, milik korban Suhardin als Ujang (48) warga desa Sukaratu Kecamatan Kalianda Lampung Selatan.

Kapolsek Kalianda AKP Mulyadi Yakup, SPd mewakili Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin, SIK, SH, MSi, Selasa (3/8/2021) mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan penangkapan terhadap dua remaja yakni SUH (12) dan Mai (14) keduanya warga Kecamatan Kalianda Lampung Selatan, Senin (2/8/2021) sekitar pukul 20.00 wib didesa Merak. Belantung Kecamatan Kalianda Lamsel.

Keduanya ditangkap lantaran sebelumnya, Senin (19/7/2021) sekitar pukul 01.00 wib telah melakukan pencurian 153 ekor ayam didusun Kubu Panglima desa Tajimalela, milik korban Suhardin als Ujang (48) warga desa Sukaratu Kecamatan Kalianda Lampung Selatan.”Tuturnya.

Dalam menjalankan aksinya keduanya bermula pada, Senin 19 Juli 2021, sekitar pukul 01.00 wib, di kandang Ayam Usaha Jaya Dusun Sukamampir desa Tajimalela Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan telah terjadi tindak pidana pencurian dengan pemberatan ayam petelur sebanyak 153 ekor warna coklat yang dilakukan oleh pelaku.” ungkapnya.

Adapun modus yang digunakan pelaku yakni dengan cara merusak pagar kawat, kemudian memanjat pagar kandang dan masuk selanjutnya para pelaku mengambil ayam petelur sebanyak 153 ekor, akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp. 12.240.000,- (dua belas juta dua ratus empat puluh ribu rupiah) dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kalianda dan langsung ditindak lanjuti oleh Unit Reskrim dan melakukan penangkapan kedua pelaku, Senin (20/8/2021) sekitar pukul 20.00 wib, didesa Merak Belantung Kecamatan Kalianda Lamsel.

Saat ini kedua pelaku yang akan dijerat dengan pasal 363 KUH Pidana, bersama barang buktinya berupa ayam petelur warna coklat sudah diamankan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ” Pungkasnya. (humas)

 2,545 total views,  1,785 views today

Continue Reading

Trending Topic