Connect with us

Lampung Selatan

Arus Mudik Meningkat, Posko COVID-19 Disiapkan Di Pelabuhan Bakauheni

Published

on

Hanuang.com – Meningkatnya arus mudik masyarakat dari Pulau Jawa langsung disikapi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan. Posko Covid-19 didirikan di Pelabuhan Bakauheni untuk memantau kesehatan pemudik.

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan yang terdiri dari Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan, Polres serta Organda, memperketat keluar masuk penumpang dan angkutan umum guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 atau virus korona.

Kepala Dishub Lampung Selatan, Mulyadi Saleh mengatakan, Pemkab Lampung Selatan berupaya serius memutus penyebaran Covid-19 lewat pemudik. Mengingat Kabupaten Lampung Selatan merupakan pintu gerbang Pulau Jawa bagi pemudik dari ibukota.

“Bersama Polres kita pasang tenda sebagai posko tetap. Ini sesuai arahan Plt Bupati, H. Nanang Ermanto. Kita lakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap penumpang di Pelabuhan Bakauheni. Ini untuk mencegah penyebaran virus korona,” ujar Mulyadi, Senin (6/4/2020).

Mulyadi menambahkan, kegiatan yang dilakukan tim di posko Covid-19 yakni, melaksanakan pengecekan kesehatan terhadap penumpang. Baik yang berangkat dan tiba di Pelabuhan Bakauheni. Pengemudi angkutan umum juga menjalani pengecekan kesehatan.

“Selain pemeriksaan suhu tubuh, kita juga lakukan pendataan terhadap penumpang. Semua angkutan yang tiba maupun yang akan berangkat juga kita sterilkan dengan disinfektan,” kata Mulyadi.

Tak hanya itu, untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, Dishub Kabupaten Lampung Selatan juga melakukan kegiatan terpadu di perbatasan Kecamatan Tanjung Bintang guna mendeteksi warga yang keluar masuk kabupaten setempat melalui jalur darat.

Mulyadi mengatakan, Tim Gugus Tugas Covid-19 melakukan pemeriksaan terhadap penumpang dan angkutan yang masuk ke daerahnya. Selain melakukan pemeriksaan kesehatan, pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya penyebaran virus korona.

“Hari ini, bersama tim dari kecamatan dan Puskesmas Tanjung Bintang, dibantu TNI-Polri, kita lakukan pengawasan di Jalan Ir. Sutami, Kecamatan Tanjung Bintang. Setiap kendaraan yang lewat kita stop, kita berikan edukasi untuk mencegah penyebaran virus korona,” terangnya.

Disamping itu, Mulyadi juga mengimbau kepada masyarakat untuk menunda berpergian apabila tidak sangat penting. Tetapi apabila urgent, dia meminta masyarakat mengikuti protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Tadi kita juga bagikan masker kepada setiap penumpang maupun pengemudi. Pesan dari Plt Bupati supaya warga menggunakan masker ketika keluar rumah. Karena sesuai anjuran WHO, mulai hari ini masyarakat diminta memakai masker ketika keluar rumah,” imbuhnya.

Mulyadi mengungkapkan, Pemkab Lampung Selatan bersama instansi terkait lainnya akan terus bekerja bahu membahu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerahnya. Ia berharap, kegiatan itu menjadi penangkal masuknya wabah virus Corona di Lampung Selatan.

“Kegiatan seperti ini kita lakukan seminggu dua kali secara terpadu dan berkelanjutan. Kamis besok, kita lakukan pengawasan terhadap keluar masuk kendaraan di perbatasan ruas jalan Metro Kibang dan Sukadana, Lampung Timur,” pungkasnya. (Arya)

 1,962 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Dankodiklat TNI AD Sambangi Kabupaten Gerbang Sumatera

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421/LS, Letkol Inf. Enrico SN, menyambut kedatangan Dankodiklat TNI AD, Letjen TNI AM. Putranto beserta rombongan di Bandara Internasional Raden Intan II Beranti Natar, Lamsel, Minggu, (20/06/21).

Kedatangan Dankodiklat TNI AD beserta rombongan ke wilayah Provinsi Lampung dalam rangka melakukan kunjungan kerja meninjau latihan YTP Batalyon Infanteri 203 di Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan.

Dankodiklatad beserta rombongan, selanjutnya meninggalkan VIP Room Bandara Internasional Raden Inten ll Lampung menuju Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan guna melaksanakan serangkaian kunjungan kerjanya. (*)

 1,256 total views,  535 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Erik Thohir dan Zulhas Seangkonan Muakhi, PKD Berikan Apresiasi

Published

on

By

Hanuang.com – Wakil Bupati Lampung Selatan, Pandu Kesuma Dewangsa, S.IIP menghadiri Acara Prosesi Adat Saibatin Marga Dantaran di SMA Kebangsaan Kecamatan Penengahan Lampung Selatan, Sabtu (19/6/2021).

Dilakukannya Prosesi Adat Saibatin Marga Dantaran (Penguwakhan Adok dan Seakkonan) antara Wakil Ketua MPR RI, H. Zulkifli Hasan, SE, MM dan Menteri BUMN, H. Erik Thohir, BA, MBA yakni bertujuan untuk, menjalin silaturahmi demi mempererat hubungan antara pemerintah pusat dan masyarakat adat Marga Dantaran, dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan.

Turut hadir pada acara tersebut
Ketua Umum LPTTK, Raditiyo, EGP, ST, MBA, Kapolres Lamsel, AKBP Edwin, SH, SIK, M.Si., dan para tokoh adat saibatin marga dantaran.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Lampung Selatan sangat mengapresasi dan mendukung kegiatan Adat tersebut. Menurutnya, ini merupakan salah satu cara mempertahankan budaya daerah ditengah arus globalisasi yang menggerus dan mengancam eksistensi adat budaya khususnya di lamsel.

“Saya sangat bangga sekali dapat hadir mengikuti prosesi adat dalam pemberian gelar dan pengangkatan kerabat oleh Ananda saya Pangeran Naga Bringsang yang kelima,” Ucapnya.

“Kepada Wakil Ketua MPR Bpak Zulkifli Hasan dan Mentri BUMN Erik Thohir, semoga pengangkatan beliau berdua sebagai kerabat keadatan marga dantaran akan menambah khazanah kekayaan budaya kita yang ada di Lampug Selatan,” Ujarnya.

Selanjutnya, Acara dilanjutkan dengan prosesi penyerahan Kikat Hanuang Bani oleh Saibatin Marga Dantaran Pangeran Naga Beringsang Ke-V kepada Wakil Ketua MPR Bpak Zulkifli Hasan dan Mentri BUMN, Erik Thohir dengan gelar (Khadin Bangsawan).

Untuk diketahui, Pemberian Adat atau gelar yang dilakukan oleh Adat Marga Dantaran telah sesuai berdasarkan tata tertib Adat Lampung Sai Batin, sebagai tanda ikatan tali persaudaran lahir dan batin.

Dimana, Dr. H. Zulkifli Hasan, Seakkonan (pengangkatan kerabat) dengan H. Erik Thohir sebagai adik. Beliau berdua telah Seakkonan (pengangkatan kerabat) kakak dan adik yang sah secara adat. (Kmf)

 2,805 total views,  502 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Jelang Pilkades 2021, Bupati Lamsel Berikan Arahan Kepada Masyarakat

Published

on

By

Hanuang.com – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto berikan arahan kepada masyarakat yang akan melakukan Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) di Desa Budi Lestari, Sabtu (19/6/2021).

Silaturahmi bersama masyarakat yang dihadiri oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Camat Tanjung Bintang Hendri.

Nanang Ermanto mengatakan, “pada dasarnya kita mencari pemimpin yang bisa bersinergi dan bisa berjalan bersama masyarakat, maju mundurnya Desa akan tergantung dengan pemimpin tersebut”, katanya.

“Tujuan kita adalah mendidik masyarakat, jangan sampai karena uang kita mengesampingkan segala aspek yang ada dalam Pilkades,” tukas Nanang.

“Tolong sampaikan kepada masyarakat, pembangunan ini tertunda karena COVID-19, tingkatkan terus gotong-royong bersama masyarakat kita. Tingkatkan Protokol Kesehatan, jaga diri kita dan keluarga kita,” pungkas Nanang.

Pada kesempatan itu, Bupati Nanang juga langsung memerintahkan kepada seorang Kepala Dinas untuk segera mengirimkan bantuan Dozer untuk membantu masyarakat memperbaiki jalan Desa.

“Hari ini saya turunkan alat berat, nanti sore sudah sampai. Ini semua untuk kebaikan dan kepentingan masyarakat Lampung Selatan,” lanjut Nanang.

“Jaga Pilkades kondusif, jaga persatuan dan kesatuan kita dan gotong royong kita,” ujar Nanang mengakhiri arahannya. (Kmf)

 2,749 total views,  502 views today

Continue Reading

Trending Topic