Connect with us

Bandar Lampung

Arinal : “Job Fair 2019 Merupakan Upaya Mengurangi Tingkat Pengangguran Di Lampung”

Published

on

Hanuang.com – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan job fair dilaksanakan sebagai upaya mengurangi angka pengangguran di Provinsi Lampung. Diperkirakan lebih dari 2.000 tenaga kerja baru akan terserap melalui job fair yang diikuti 49 perusahaan di Provinsi Lampung.

“Kegiatan ini memiliki nilai yang sangat penting dan strategis berkaitan dengan upaya mempercepat proses penempatan kerja secara praktis, efisien dan efektif, juga untuk membantu masyarakat Lampung mendapatkan pekerjaan yang diinginkan sesuai dengan keahliannya,” ungkap Gubernur ketika secara resmi membuka Bursa Kerja (Job Fair) Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019, di Lapangan Korpri Kantor Gubernur, Selasa (27/8/2019).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gamolan pring yang dilakukan Gubernur Arinal bersama Wakil Gubernur Lampung Chusnunia, Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenaga kerjaan Kementerian Tenaga Kerja RI Tri Retno Hestiningsih dan Fokorpimda Provinsi Lampung.

Dijelaskan Gubernur, berdasarkan data resmi Kementerian Tenaga Kerja RI, angkatan kerja lampung sebesar 4 juta jiwa dengan angka pengangguran diperkirakan 178.936 jiwa atau sebesar 4,45%.

Terkait dengan hal tersebut, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung telah menggulirkan beberapa program guna menekan angka pengangguran, selain job fair Pemprov Lampung juga menggulirkan beberapa program diantaranya peningkatan calon tenaga kerja melalui Balai Latihan Kerja, kegiatan pemagangan dalam negeri juga peningkatan pelayanan dan keterampilan calon pekerja migran “sehingga diharapkan pada akhir tahun 2019, angka pengangguran dapat mencapai 3,85 %,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pengembangan Ketenagakerjaan Kementerian Tenaga Kerja Tri Retno Hestiningsih mengungkapkan apresiasinya atas kehadiran Gubernur dan Wakil Gubernur yang hadir pada kegiatan. “Kehadiran kedua pemimpin Lampung ini menunjukkan komitmen luar biasa dari Pemprov Lampung,” kata Tri Retno.

Tri Retno juga mengungkapkan jika angka pengangguran di Provinsi Lampung di bawah angka pengangguran nasional yang berada di angka 5,01 persen. “Kita berharap melalui job fair ini, akan menurunkan lagi angka tingkat pengangguran terbuka di Lampung sehingga bisa mencapai level 3 persen,” ujarnya.

Ia mengatakan jika job fair merupakan komitmen pemerintah yang dilaksanakan setiap tahunnya baik tingkat pusat maupun di daerah yang bekerjasama dengan pemerintah provinsi maupun kab/kota, Kita berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan baik bagi pencari kerja maupun perusahaan,.”

Kadisnakertrans Provinsi Lampung, Lukmansyah dalam laporannya menjelaskan, pada tahun ini ada 49 perusahaan dari berbagai bidang yang mengikuti Job Fair 2019.

Menurutnya, lowongan kerja yang disiapkan oleh perusahan peserta berjumlah 208 lowongan dengan target tenaga kerja yang direkrut sebanyak 2.821 orang.

“Kegiatan ini diadakan dari tanggal 27-28 Agustus 2019 dan diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Lampung,” ujar Lukmansyah. (Arya/Humas)

 2,096 total views,  3 views today

Bandar Lampung

Dispora Lampung dan Korem 043/Gatam Gelar Kejuaraan Woodball

Published

on

By

Hanuang.com – Dispora Provinsi Lampung dan Danrem Cup 2021 menggelar kejuaraan Woodball yang digelar di lapangan satuan logistik (Satlog) jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Way Halim Permai, Kecamatan Way Halim Bandar Lampung, Senin, (29/03/21).

Woodball adalah olahraga yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat seperti palu ke dalam lubang.Sedikitnya ada 14 Tim Woodball dari beberapa satuan di jajaran Korem 043/Gatam yang ikut berlaga dalam kejuaraan Danrem Cup dan piala bergilir yang digelar.

Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Toto jumariono mengatakan, acara pembukaan turnamen Woodball ini dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Lampung yang ke 75 Tahun.

“Organisasi olahraga ini yang diawali oleh anggota militer khususnya angkatan darat, dan inipun akan kita kenalkan kepada masyarakat umum agar olah raga ini bisa memasyarakat” ujarnya.

“Turnamen ini langsung di bawahi oleh Dispora Provinsi Lampung, jadi para peserta bertandinglah dengan penuh semangat juga sportif untuk menjadi sang juara, ingat didalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat, jadikan momen ini untuk membina fisik dan juga menambah silahturahmi dan kekeluargaan” tambahnya.

Terpisah, Dandim 0421 Lamsel, Letkol Inf. Enrico SN, menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan tim Woodball dari satuan Kodim setempat.

“Minimal setelah mengikuti ajang kejuaraan Woodball ini, olahraga Woodball bisa lebih dikembangkan disatuan, dan kedepannya akan kita perkenalkan pada masyarakat” tutupnya. (*)

 1,290 total views,  27 views today

Continue Reading

Bandar Lampung

Idul Fitri 2021, Kartu Vaksinasi Covid-19 Jadi Syarat Masuk Kota Bandarlampung

Published

on

By

Hanuang.com – mengingat tingginya angka penularan dan kematian akibat Covid-19, Pemerintah mengeluarkan Larangan mudik Idul Fitri Tahun 2021.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, yang menjelaskan bahwa larangan mudik tersebut akan diberlakukan mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021.

Ia menjelaskan bahwa keputusan larangan mudik lebaran tersebut ditetapkan berdasarkan hasil rapat tingkat menteri.

Terpisah, di Provinsi yang berjuluk Sai Bumi Ruwa Jurai, ada cara tersendiri dalam mengatasi kegiatan tahunan dari lonjakan pemudik yang ingin masuk di wilayah Lampung.

Walikota Bandarlampung, Hj. Eva Dwiana, Menjelaskan akan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat untuk masuk ke wilayah kota Tapis Berseri itu, Sabtu, (27/03/21).

Dirinya merasa hawatir meski pemerintah telah mengumumkan larangan mudik lebaran 2021, Wilayah Provinsi tetangga tetap dapat masuk, mengingat Lampung merupakan salah satu akses jalur darat di pulau Andalas tersebut.

Hasil Tes PCR dan Swab saja tak cukup untuk masuk ke Kota Tapis Berseri, melainkan wajib memiliki kartu Vaksinasi Covid-19.

“Karena kebanyakan masyarakat hanya lihat hasil tes PCR atau swab. Kalau di Bandarlampung harus punya kartu vaksin,” tandasnya. (*)

 2,236 total views,  27 views today

Continue Reading

Bandar Lampung

DPRD Kota Bandar Lampung Gelar Paripurna Penetapan Calon Walikota dan Wakilnya

Published

on

By

Hanuang.com – Setelah menerima dokumen penetapan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota terpilih dari KPU Kota Bandar Lampung, DPRD Kota Bandar Lampung menggelar sidang paripurna di gedung semergou, Kamis, 18/2/2021 siang.

Sidang paripurna dipimpin Ketua DPRD Kota Bandar Lampung, H. Wiyadi. SP. MM didampingi para Wakil Ketua, Aderly Imelia Sari, ST.MT, Aep Saripudin. SP dan H. Edison Hadjar, SE.

Agenda sidang paripurna adalah Pengumuman hasil penetapan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampung Terpilih hasil Pilkada 2020.

Sebelumnya, bertempat di ballroom Swiss-Belhotel, KPU Kota Bandar Lampung telah menggelar rapat pleno terbuka dan menetapkan pasangan Hj. Eva Dwiana, SE dan Deddy Amarullah sebagai Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampung terpilih.

Wiyadi menjelaskan, sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 273/478/SJ dinyatakan sebelum disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri, untuk pengesahan pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota terpilih, maka DPRD harus mengumumkan terlebih dahulu Walikota dan Wakil Walikota terpilih dalam sidang paripurna.

Dokumen pengumuman ini menjadi lampiran dalam pengusulan pengesahan pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota terpilih kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Lampung, jelas Wiyadi

Sidang paripurna dihadiri oleh Plh. Walikota Bandar Lampung, Badri Tamam, jajaran forkopimda, KPU, Bawaslu dan Pasangan Walikota dan Wakil Walikota terpilih, Hj. Eva Dwiana dan Deddy Amarullah (*)

 5,133 total views,  27 views today

Continue Reading

Trending Topic