Connect with us

Lampung Selatan

Wakili Lamsel Lomba BBGRM, Tim Provinsi Lakukan Verifikasi Penilaian Di Desa Marga Jasa

Published

on

Hanuang.com – Desa Marga Jasa, Kecamatan Sragi terpilih mewakili Kabupaten Lampung Selatan dalam lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) tingkat Provinsi Lampung tahun 2019.

Tim penilai Provinsi Lampung yang diketuai Dra. Sulasih, MM melakukan verifikasi penilaian di Balai Desa Marga Jasa, pada Kamis (11/4/2019).

Pantauan tim Diskominfo Lamsel, tiba dilokasi sekitar pukul 09.50 WIB, Ketua Tim Penilai Sulasih beserta anggota disambut Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Ir. Fredy SM, MM bersama Ketua Dharma Wanita Siti Fatimah Fredy dan sejumlah pejabat utama dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Kemudian, Ketua Tim Penilai Sulasih bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Fredy SM diarak menaiki Singa Barong menuju lokasi panggung utama acara berlangsung.

Dalam sambutannya, Fredy mengatakan, dengan terselenggaranya kegiatan penilaian lomba BBGRM dan Bumdes tingkat Prvovinsi Lampung tahun 2019, diharapkan dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan serta peran aktif masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan dan rasa tanggungjawab terhadap hasil-hasil pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan, dan akan dapat memberikan andil pada upaya membangun masyarakat Lampung Selatan menuju terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

“Saya juga berharap dengan adanya penilaian lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Badan Usaha Milik Desa ini, kita dapat meningkatkan partisipasi keluarga, dan semangat gotong royong dalam mewujudkan masyarakat yang berintegritas dan mandiri,” ujar Fredy.

Oleh karena itu, dengan adanya evaluasi dan penilaian itu, menurut Fredy, akan dapat dijadikan sebagai barometer terhadap pelaksanaan kegiatan pembangunan yang ada di desa-desa.

Sebab katanya, berbagai kekurangan bisa diketahui dan akan diperbaiki dan disempurnakan. Demikian pula keberhasilannya akan dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan.

“Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang ada, kiranya tim penilai berpendapat, bahwa Desa Marga Jasa Kecamatan Sragi ini, telah siap dan layak untuk menjadi juara Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Badan Usaha Milik Desa Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019,” katanya.

Sementara, menyampaikan sambutan Gubernur Lampung, Sulasih mengatakan, tujuan pemerintah melaksanakan lomba itu adalah sebagai tolak ukur dalam melihat efektifitas pembangunan desa melalui pemberdayaan masyarakat, kepedulian, dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong royongan.

”Dengan adanya lomba yang sangat bermanfaat ini, diharapkan dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat. Serta meningkatkan peran aktif kemiteraan masyarakat dengan pemerintah dan meningkatkan rasa memiliki dan tanggungjawab terhadap hasil pembangunan,” kata Sulasih.

Sulasih menambahkan, tujuan diadakanya lomba itu, juga untuk meningkatkan daya saing dan kreatifitas bagi pengelola Bumdes pada masing-masing desa.

”Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat memupuk rasa solidaritas dan memotivasi kelembagaan Bumdes untuk bersinergi dengan Bumdes-Bumdes yang lain,” katanya. (Arya/Kmf)

 1,104 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Babinsa di Lamsel Kompak Bersihkan Rumah Ibadah Jelang Ramadhan

Published

on

By

Hanuang.com – Binter Kreatif Personil Koramil 421-03/Penengahan jajaran Kodim 0421/LS, bersama masyarakat, melakukan giat Karya bakti gotong royong pembersihan Masjid Nurul Ikhlas di Desa Sripendowo, Kecamatan Ketapang.

Kegiatan Binter kreatif karya bakti dan gotong-royong yang dilaksanakan, sebagai Sinergitas memperkokoh kemanunggalan TNI bersama komponen masyarakat, yang bertujuan dapat mendorong masyarakat ke arah yang lebih baik dengan tetap mematuhi prokes.

Peltu Gito Mewakilin Danramil 421-03/Penengahan mengatakan kegiatan bersih-bersih lingkungan tempat ibadah menjelang bulan suci Ramadhan dimana umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa.

“Tempat yang menjadi sasaran pembersihan adalah seputar mesjid, yang dimana masih banyak debu- debu yang menempel di dinding,dan di kaca jendela” bebernya.

“Pembersihan masjid ini merupakan Kerja Bakti serta bentuk kemanunggalan TNI dengan masyarakat sekelilingnya, dan kita juga selalu siap apabila dibutuhkan oleh Masyarakat Untuk mempelopori kegiatan gotong royong, kegiatan ini juga merupakan sebagai bentuk kepedulian Kodim 0421/Ls khusus nya Koramil 421-03/Penengahan kepada masyarakat untuk menyambut bulan yang penuh mulia ini yaitu bulan suci Ramadhan” tambahnya.

“Pembersihan di tempat rumah ibadah ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, selain itu juga untuk memupuk semangat gotong-royong, mempererat silaturahmi Babinsa dengan masyarakat, saya harapjan masarakat bisa lebih nyaman beribadah di masjid ini selama bulan ramadhan” tutupnya. (*)

 570 total views,  570 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Antisipasi Banjir di Musim Penghujan, Babinsa dan Warga Bersihkan Parit

Published

on

By

Hanuang.com – Serda Hariansyah, anggota Babinsa Koramil 421-09/Tanjung Bintang, mengajak masyarakat melakukan kegiatan gotong-royong melakukan penggalian tanah yang telah menutupi dan menimbun aliran parit di Dusun Budi Jaya, Desa Budi Lestari, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Minggu, (11/04/21).

Setidaknya hampir ratusan orang masyarakat, dalam aksi kegiatan gotong-royong terjun di lokasi menormalkan kembali saluran parit yang telah lama tertimbun, sehingga bisa normal kembali.

Kadus setempat mengucapkan terimakasih kepada babinsa dan seluruh masyarakat atas kerjasamanya melakukan gotong-royong.

“Memang gotong-royong ini adalah untuk membersihkan tanah yang telah banyak menimbun parit, dan berakibat terjadinya penyumbatan saluran air sehingga harus segera kita bersihkan” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Serda Heriansyah, yang mengatakan kegiatan gotong-royong ini tentunya akan sangat bermanfaat khususnya bagi masyarakat Dusun Budi Jaya.

“Sehingga saluran parit yang selama ini tidak lancar mengalir dapat kembali normal, karena saat ini kita juga masih menghadapi musim penghujan, sudah barang tentu kita harus bersiap dalam menghadapi sesuatu yang mungkin akan timbul dan terjadi, terutama terjadinya banjir” ucapnya.

“Saya berharap agar semangat gotong-royong ini tetap kita lestarikan, karena gotong-royong merupakan warisan para pendahulu bangsa, yang harus terus menerus kita lestarikan. Dan TNI akan selalu dekat dengan rakyat dalam semua upaya kegiatan untuk mendorong kemajuan pembangunan yang dijalankan” tutupnya. (*)

 1,786 total views,  847 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Bentuk Karya Bakti TNI, Koramil Kalianda Bersihkan Jalan Desa Canti

Published

on

By

Hanuang.com – Jalan rabat beton sepanjang 1 KM yang berlokasi di Dusun Belajung, RT 11, Desa Canti, Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), merupakan jalan poros dusun yang telah dibangun dengan menggunakan dana desa beberapa tahun yang lalu.

Hingga kini jalan tersebut masih dalam kondisi baik dan biasa dilalui masyarakat untuk beraktivitas pada sektor pertanian serta sarana silaturahmi.

Namun demikian beberapa tanaman gulma juga ikut mewarnai, sehingga perlu adanya pembersihan dan perawatan jalan, agar kondisi jalanan tersebut tetap awet dan dapat digunakan oleh masyarakat dalam jangka waktu yang lama.

Untuk mengatasi hal tersebut, Personel Koramil 421-04/Kalianda yang dipimpin oleh Peltu Kuncoro serta 7 orang anggota, bersama masyarakat melakukan gotong-royong pembersihan lokasi jalan, melalui kegiatan karya bakti TNI, Sabtu, (10/04/21).

“Kegiatan karya bakti ini, memang kami pusatkan di Dusun Belajung, mengingat jalan dusun ini memang perlu sama-sama kita bersihkan dari tanaman gulma yang sudah banyak tumbuh ditempat ini, agar kondisi jalan ini bisa nampak bersih dan terawat” ujarnya.

“Kami dari Koramil 421-04/Kalianda, sebelumnya telah berkoordinasi serta berencana dengan aparatur pemerintahan desa untuk bersama sama melakukan gotong royong pembersihan jalan, dan kebetulan hari ini bisa terlaksana” tambahnya.

Pihaknya berharap kepada lapisan masyarakat, agar ikut berperan serta dalam merawat dan membangun semua fasilitas umum yang telah ada.

“Sehingga apa yang telah diwujudkan dalam program pembangunan tetap terjaga dan terawat secara baik” tutupnya. (*)

 3,789 total views,  847 views today

Continue Reading

Trending Topic