Connect with us

Lampung Selatan

Usai Digeruduk Warga, Homestay Green Lubuk Ditutup Sementara Oleh Pemkab Lamsel

Published

on

Penutupan Sementara Homestay Green Way Lubuk Oleh Penegak Perda/Sat Pol PP & Damkar Lampung Selatan

Hanuang.com – Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol-PP & Damkar) Lampung Selatan (Lamsel), akhirnya mengambil sikap tegas terkait operasional Homestay Green Lubuk.

Sejumlah petugas Sat Pol PP & Damkar Pemkab Lamsel, beserta aparat Kepolisian dan sejumlah pihak terkait lainnya menutup sementara Homestay Green Lubuk, di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Kilo Meter (KM) 54, Kelurahan Way Lubuk, Kecamatan Kalianda, Lamsel, Senin, (12/11/18).

Penutupan sementara tempat penginapan itu dilakukan setelah sebelumnya dilakukan tahap mediasi oleh Kepolisian Sektor (Polsek) Kalianda, antara pengelola homestay dan sejumlah warga beberapa waktu lalu, yang akhirnya mengerucut  pada penutupan sementara hingga persolan dinyatakan selesai.

Berdasarakan pantauan, sejumlah anggota Satpol-PP & Damkar Lamsel memasang plang yang bertuliskan “Tempat Ini Ditutup Untuk Sementara”. Plang tersebut terpampang tepat didepan bangunan dua lantai berwarna hijau tersebut.

Penututpan sementara pelayanan Homestay Green Lubuk ini ditandai dengan pembuatan Berita Acara yang dibuat oleh kedua pihak.

Dalam berita acara tersebut disebutkan tiga poin yang menjadi titik fokus dalam penyelesaian persoalan.

  • Pihak Homestay Green Lubuk menerima penutupan sementara operasional homestay. Selama masih ditutup, homestay tersebut tidak melakukan kegiatan operasional. Seperti, menerima tamu (keluar/masuk) untuk menginap dan kegiatan lainnya yang dapat menimbulkan kesresahan terhadap warga sekitar.
  • Pihak Satpol-PP & Damkar Lamsel akan membuka kembali jika sudah ada kesepakatan dari masyarakat dengan pihak Homestay Green Lubuk dengan dibuktikan berita acara dan surat pernyataan dari warga masyarakat.
  • Jika dikemudian hari timbul akibat hukum, maka pihak Homestay Green Lubuk akan menanggung segala resiko sesuai peraturan dan undang-undang yang berlaku.

Kasat Pol-PP & Damkar Lamsel, Heri Bastian, S.Sos, mengungkapakan, penutupan itu dilakukan lantaran pengaduan dari masyarakat. Selain itu, pihaknya juga mengacu pada urusan wajib pelayanan dasar Pol-PP & Damkar.

Dimana, satuan penegak Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) ini juga memiliki kewajiban untuk menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

“Dalam persoalan ini memang tidak adanya pelanggaran Perda atau Perkada. Tapi, melalui pengaduan dari masyarakat yang telah merasa diresahkan, maka kami juga mempunyai kewenangan untuk mengambil tindakan,” bebernya.

Pria yang memiliki hobby memanah itu juga mengatakan, dalam penyelidikan dan penelusuran yang telah dilakukan pihak intelegensi Satpol-PP & Damkar Lamsel, tidak ditemukan pelanggaran aturan.

“Kalau dari sektor perizinan bangunannya lengkap. Sampai, perizianan operasionalnya juga komplit. Jadi kalau soal izin, menurut penyelidikan kami tidak ada masalah. Hanya lantaran masyarakat merasa diresahkan dengan operasional Homestay itu,” ungkap Heri.

Diungkapkan, penutupan Homestay Green Lubuk tidak memiliki tenggang waktu tertentu.

“Akan kami buka kembali setelah kedua belah pihak memiliki kesepakatan yang dibuktikan dengan pembuatan berita acara,” tutupnya. (Arya)

 5,190 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Jambret HP di Rejomulyo Berhasil Diamankan Tekab 308 Polres Lamsel

Published

on

By

Hanuang.com – Jajaran Polsek Merbau Mataram bersama Tekab 308 Polres Lampung Selatan, berhasil mengamankan para pelaku perampas Handphone (HP), Jumat (30/7/2021) sekitar pukul 01.00 wib di desa Rejomulyo Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.

Para pelaku yang berhasil diamankan oleh Korp baju coklat ini yakni Feb (21) LING (20) dan MUS (32) ketiganya tercatat sebagai warga desa Rejomulyo Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.

Selain ketiga pelaku, penangkapan yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Merbau Mataram Ipda Benny Ariawan, SH ini, juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 (satu) unit Handphone merk Vivo Y20 warna purist blue, 1 (satu) unit sepeda motor Honda Vario warna putih Nopol BE 6978 OS.

Kapolsek Merbau Mataram, Ipda Benny Ariawan, SH mewakili Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin, SIK, SH, MSi membenarkan bahwa pihaknya bersama Tekab 308 Polres Lamsel, Jumat (30/7/2021) telah berhasil mengamankan 3 (tiga) orang pelaku yakni Feb (21) LING (20) dan MUS (32) di desa Rejomulyo Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.

Ketiga pelaku diamankan setelah sebelumnya, Minggu 27 Juni 2021, pihaknya menerima laporan tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat) terhadap korban Albert Sopian (13) Alamat perumahan TKBM dusun Sukorejo Desa Tanjung baru Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan ” ungkapnya.

Dalam laporanya, Minggu (27/6/2021) sekitar pukul 02.00 wib korban Albert Sopian (13) yang masih bersatus pelajar ini beralamat di Perumahan TKBM Dusun Sukorejo Desa Tanjung Baru Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lamsel, bermula saat duduk digardu bersama rekanya sambil main Game bersama rekan-rekanya. Kemudian datang para pelaku yang sebelumnya belum diketahui identitasnya dan merampas HP milik korban merk Vivo Y20 SG warna Purist Blue bila ditafsir dengan uang senilai Rp. 2.800.000 (dua juta delapan ratus ribu rupiah). Kemudian atas kejadian tersebut korban bersama keluarganya melaporkan kejadian yang dialaminya kepolsek Merbau Mataram yang selanjutnya ditindak lanjuti.

Berdasarkan laporan dari korban dan keterangan saksi kemudian pihaknya melakukan penyelidikan dan akhirnya berhasil mengamankan pelaku bersama barang buktinya ” pungkasnya.

Saat ini para pelaku yang akan dijerat dengan pasal 363 KUH Pidana bersama barang buktinya sudah diamankan di mapolsek Merbau Mataram untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut “Tutupnya. (humas)

 441 total views,  441 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Kapolres Lamsel Dampingi Reses Komisi III DPR RI di Bumi Khagom Mufakat

Published

on

By

Hanuang.com – Kepala Kepolisian Resor Lampung Selatan AKBP Edwin, SIK, SH, MSi mendampingi Anggota DPR RI dari Komisi III, Taufik Basari, SH, S. Hum, LL.M melakukan kunjungan kerja (Reses) diwilayah hukum bumi Khagom Mufakat, Jumat (30/7/2021).

Anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Nasdem yang didampingi oleh Ketua DPC Partai Nasdem Lampung Selatan, Wahrul Fauzi Silalahi ini melakukan kunjungan kerja diberbagai titik di wilayah hukum Polres Lampung Selatan.

Dalam kunjunganya kader paratai besutan Surya Paloh ini diantaranya melakukan peninjauan pelaksanaan PPKM di Pelabuhan Bakauheni dalam pelaksanaan Rapid Test Antigen di pintu masuk pelabuhan Bakauheni, Peninjauan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 diwilayah hukum Polres Lampung Selatan dan melakukan peninjauan vaksinasi Covid-19 di Gerai Vaksinasi Polres Lampung Selatan.

Turut hadir dalam kunjungan anggota DPR-RI dari Komisi III ini diantaranya Wakapolres Lampung Selatan, Kompol Firman Sontama, S.Sos
Kabag Ops Kompol Oskar Eka Putra, S.H, M.H, Kabag Sumda, Kompol Hadi Prabowo SH MH, Kabag Ren Kompol Parhan, S.H, M.H, Kasat. Sabhara, AKP Revri Agustian, SH,
Kasat binmas iptu Yani Deviyanti, S.Pd
Kasat Lantas AKP. Edwin WB Putra SIK MH, serta para PJU Lainya.

Usai melakukan kunjungan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Aula Gedung Wicaksana. Leghawa Polres Lampung Selatan, Taufik Basari menyampaikan bahwa peserta vaksinasi ini adalah salah satu cara dalam rangka mendukung program pemerintah dalam penanganan dan mencegah penularan covid-19 diwilayah ini.

Karena dengan telah dilakukanya vaksinasi sangat mendukung dalam penanganan covid-19, yakni akan menambah imunitas/kekebalan tubuh terhadap ancaman virus yang cukup berbahaya ini, oleh karena itu pihaknya berharap kepada warga masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi ditempat-tempat yang telah disediakan. Namun demikian pihaknya juga berpesan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi dari kerumunan, dan tidak melakukan kegiatan atau keluar rumah apabila tidak sangat penting. Mudah-mudahan dengan mematuhi prokes wabah ini segera berlalu dan masyarakat dapat melaksanakan kegiatannya seperti semula. ” pungkasnya. (humas)

 427 total views,  427 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Datangi Kantor Pos Palas, Nanang Tinjau Langsung Penyaluran BST dan Beras PPKM

Published

on

By

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan kembali menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) dan bantuan beras PPKM dari pemerintah pusat bagi warga yang terdampak Covid-19.

Bahkan, penyaluran BST dan beras PPKM dari Kementerian Sosial itu dipantau langsung Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto di Kantor Pos Kecamatan Palas, yang berada di Desa Bangunan, Jumat pagi (30/07/2021).

Selain untuk memastikan tidak terjadi kerumunan saat penyaluran bantuan, kedatangan Nanang yang didampingi sejumlah pejabat terkait untuk memastikan bantuan tepat sasaran dan tidak ada potongan.

Pada kesempatan itu, Bupati Nanang Ermanto membagikan bantuan secara simbolis kepada keluarga penerima manfaat (KPM). Dimana masing-masing KPM menerima bantuan berupa beras 10 kilogram dan uang tunai sebesar Rp. 600.000 untuk dua bulan. 

“Ini (bantuan) program dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial dalam rangka meringankan beban masyarakat dimasa pandemi covid-19,” ujar Nanang disela menyerahkan bantuan secara simbolis.

Selain meminta kepada penerima bantuan agar memanfaatkan bantuan tersebut sesuai peruntukannya, Nanang juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap disiplin menegakkan protokol kesehatan.

“Pemerintah sudah memberikan bantuan, untuk itu warga punya kewajiban juga untuk mensosialisasikan dengan tetangga, masyarakat sekitar agar menjaga protokol kesehatan. Gunakan masker, kuncinya ada pada diri kita sendiri, disiplin menjaga protokol kesehatan. Palas ini zona merah,” ujar Nanang kepada ibu Wiwik Winarti, salah satu penerima bantuan. (Kmf)

 462 total views,  462 views today

Continue Reading

Trending Topic