Connect with us

Lampung Selatan

Usai Digeruduk Warga, Homestay Green Lubuk Ditutup Sementara Oleh Pemkab Lamsel

Published

on

Penutupan Sementara Homestay Green Way Lubuk Oleh Penegak Perda/Sat Pol PP & Damkar Lampung Selatan

Hanuang.com – Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol-PP & Damkar) Lampung Selatan (Lamsel), akhirnya mengambil sikap tegas terkait operasional Homestay Green Lubuk.

Sejumlah petugas Sat Pol PP & Damkar Pemkab Lamsel, beserta aparat Kepolisian dan sejumlah pihak terkait lainnya menutup sementara Homestay Green Lubuk, di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Kilo Meter (KM) 54, Kelurahan Way Lubuk, Kecamatan Kalianda, Lamsel, Senin, (12/11/18).

Penutupan sementara tempat penginapan itu dilakukan setelah sebelumnya dilakukan tahap mediasi oleh Kepolisian Sektor (Polsek) Kalianda, antara pengelola homestay dan sejumlah warga beberapa waktu lalu, yang akhirnya mengerucut  pada penutupan sementara hingga persolan dinyatakan selesai.

Berdasarakan pantauan, sejumlah anggota Satpol-PP & Damkar Lamsel memasang plang yang bertuliskan “Tempat Ini Ditutup Untuk Sementara”. Plang tersebut terpampang tepat didepan bangunan dua lantai berwarna hijau tersebut.

Penututpan sementara pelayanan Homestay Green Lubuk ini ditandai dengan pembuatan Berita Acara yang dibuat oleh kedua pihak.

Dalam berita acara tersebut disebutkan tiga poin yang menjadi titik fokus dalam penyelesaian persoalan.

  • Pihak Homestay Green Lubuk menerima penutupan sementara operasional homestay. Selama masih ditutup, homestay tersebut tidak melakukan kegiatan operasional. Seperti, menerima tamu (keluar/masuk) untuk menginap dan kegiatan lainnya yang dapat menimbulkan kesresahan terhadap warga sekitar.
  • Pihak Satpol-PP & Damkar Lamsel akan membuka kembali jika sudah ada kesepakatan dari masyarakat dengan pihak Homestay Green Lubuk dengan dibuktikan berita acara dan surat pernyataan dari warga masyarakat.
  • Jika dikemudian hari timbul akibat hukum, maka pihak Homestay Green Lubuk akan menanggung segala resiko sesuai peraturan dan undang-undang yang berlaku.

Kasat Pol-PP & Damkar Lamsel, Heri Bastian, S.Sos, mengungkapakan, penutupan itu dilakukan lantaran pengaduan dari masyarakat. Selain itu, pihaknya juga mengacu pada urusan wajib pelayanan dasar Pol-PP & Damkar.

Dimana, satuan penegak Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) ini juga memiliki kewajiban untuk menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

“Dalam persoalan ini memang tidak adanya pelanggaran Perda atau Perkada. Tapi, melalui pengaduan dari masyarakat yang telah merasa diresahkan, maka kami juga mempunyai kewenangan untuk mengambil tindakan,” bebernya.

Pria yang memiliki hobby memanah itu juga mengatakan, dalam penyelidikan dan penelusuran yang telah dilakukan pihak intelegensi Satpol-PP & Damkar Lamsel, tidak ditemukan pelanggaran aturan.

“Kalau dari sektor perizinan bangunannya lengkap. Sampai, perizianan operasionalnya juga komplit. Jadi kalau soal izin, menurut penyelidikan kami tidak ada masalah. Hanya lantaran masyarakat merasa diresahkan dengan operasional Homestay itu,” ungkap Heri.

Diungkapkan, penutupan Homestay Green Lubuk tidak memiliki tenggang waktu tertentu.

“Akan kami buka kembali setelah kedua belah pihak memiliki kesepakatan yang dibuktikan dengan pembuatan berita acara,” tutupnya. (Arya)

 4,893 total views,  6 views today

Lampung Selatan

Taman Wisata Malang Sari dan Gunung Batu Srikaton Dapat Apresiasi Dari Bupati Lamsel

Published

on

By

Hanuang.com – Bupati Lampung Selatan (Lamsel), H. Nanang Ermanto, mengapresiasi dan memberikan motivasi kepada Aparat Desa serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa Malang Sari, Kecamatan Tanjung Sari, Lamsel, Sabtu, (17/04/21).

Hal itu disampaikan saat dirinya mengunjungi Taman Wisata Desa Malang Sari dan Wisata Gunung Batu yang terletak di Desa Srikaton, Tanjung Sari.

“Meski saat ini dalam kondisi Covid-19-19, akan tetapi kita tak boleh putus asa dengan keadaan, teruslah berinovasi mempunyai semangat, bagaimana ketahanan pangan, ekonomi masyarakat menjadi Desa maju, nah ini terutama dari aparat desanya, ini sudah bagus ini” ujarnya.

“Saya mengajak rakan-rekan, ada pak Kadis Pertanian, DLH, Perijinan, dan Asisten Ekobang, serta Kabag Organisasi ke Malang Sari untuk meninjau, sengaja saya tidak memberitahu, tapi saya disini disambut dengan pakaian merah-merah” tambahnya.

Nanang juga berharap kepada aparatur desa agar berkreaktif dan berinovasi untuk terus mengembangkan desanya dengan potensi yang dimiliki.

“Saya berharap desa wisata ini jangan hanya dimiliki oleh satu desa saja, tapi seluruh desa dapat kreaktif dan berinovasi mengembangkan desanya menjadi desa wisata dan desa yang maju” tutupnya. (*)

 904 total views,  904 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Ramadhan Penuh Berkah, Lapas Kalianda Bagikan Sembako Kepada Warga Desa Negeri Pandan

Published

on

By

Hanuang.com – Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kalianda melakukan Bhakti Sosial membagi-bagikan Sembako di Desa Negeri Pandan, Kalianda, Jumat (16/4). Kegiatan Bhakti Sosial dilakukan dalam Memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke – 57.

Dalam kegiatan, Kepala Lapas Kalianda, Dr. Tetra Destorie yang turut melaksanakan Bhakti Sosial mengatakan bahwa Sembako yang dibagikan merupakan Sumbangan yang dikumpulkan dari Petugas Lapas Kalianda.

“Dalam memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke 57, ini, sumbangan yang diberikan merupakan sumbangan dari Seluruh Petugas Lapas Kalianda. Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang menerima,” ucap Kepala Lapas Kalianda.

Dengan melakukan Derma di Bulan Ramadhan, dirinya meyakini bahwa, Ia bersama rekan-rekan Petugas Lapas Kalianda yang beragama Islam akan mendapat pahala berlipat ganda.

“Saya percaya, apabila kita melakukan kebaikan dengan melakukan Derma di Bulan Ramadhan Niscaya pahala kita akan berlipat ganda,” tutup Dr. Tetra Destorie. (Humas)

 525 total views,  525 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Dankodiklat TNI AD Sambangi Provinsi Sai Bumi Ruwa Jurai

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421/LS, Letkol Inf. Enrico SN, menyambut kedatangan Dankodiklat TNI AD, Letjen TNI AM. Putranto beserta rombongan di bandara Internasional Raden Intan II Branti Natar Lamsel, Sabtu, (17/04/21).

Kedatangan Dankodiklat TNI AD beserta rombongan ke wilayah Provinsi Lampung adalah dalam rangka melakukan kunjungan kerja peninjauan medan Latma Garuda Shield 15/2021, antara TNI AD dengan AD Amerika Serikat, yang akan dipusatkan di Pusat latihan tempur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan.

Tim peninjauan medan dari Kodiklat TNI AD langsung dipimpin oleh Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, serta didampingi oleh Dirlat Kodiklatad Brigjen TNl Haryanto, Pabanopslat Sdirlat Kodiklatad Kolonel Inf. Suparlan Purwo Utomo, Asrendam Jaya Kolonel Inf. Erwin, Danbrigif PR-17/K/1 Kostrad Kolonel Inf.Marwan Supriyanto, Kasmin Dankodiklatad Mayor Arh. Ahmad Yani serta Kasiops Brigif PR-17/K/1 Kostrad Kapten Inf. Maulana.

Beberapa orang pejabat yang ikut menyambut kedatangan rombongan Dankodiklat TNI AD di VIP Room Bandara raden intan II diantaranya Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf. Dwi Endrosasongko, Kasiops Rem 043/Gatam Kolonel Inf. Selamet Winarto, Dandim 0421/LS Letkol Inf. Enrico Setiyo Nugroho, serta Danramil 421-06/Natar Kapten Inf. Yudi Ardi.

Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putanto, beserta rombongan, selanjutnya meninggalkan VIP Room Bandara Internasional Raden Inten ll Lampung menuju Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan guna melaksanakan serangkaian kunjungan kerjanya. (*)

 657 total views,  657 views today

Continue Reading

Trending Topic