Connect with us

Lampung Selatan

Transportasi Gratis Ke Pulau Sebesi Bantuan Dari Kemenhub RI Diluncurkan

Published

on

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan meluncurkan moda transportasi laut gratis menggunakan Kapal Pelayaran Rakyat (Pera) Banawa Nusantara 73 bantuan hibah dari Kementerian Perhubungan RI.

Launching pelayaran gratis rute PPI Dermaga Bom Kalianda – Pelabuhan Pulau Sebesi itu dilakukan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto bersama Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung Nur Rakhman Yusuf.

Sementara peresmian itu ditandai dengan penggutingan pita oleh Nur Rakhman Yusuf dan pemecahan kendi oleh Plt Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, di Dermaga Bom Kalianda, Kamis (3/10/2019).

Dalam kesempatan itu, Nanang mengatakan, peresmian angkutan laut gratis itu sebagai upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, khususnya yang ada di Pulau Sebesi.

“Inilah gunanya pemerintah pusat memberikan bantuan. Karena kapal ini bukan untuk siapa-siapa, tetapi untuk transportasi masyarakat dari Pulau Sebesi. Misalnya nanti ada masyarakat yang mau ke Kota Kalianda atau sebaliknya bisa naik ini, gratis,” ujar Nanang.

Nanang juga menyatakan, operasional Kapal Pera tersebut sepenuhnya menjadi tanggungjawab Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Selatan.

Nantinya, rute pelayaran itu akan melayani masyarakat dari PPI Dermaga Bom Kalianda pada pukul 12.00 WIB, dan dari Pelauhan Pulau Sebesi menuju Kalianda pada pukul 15.00 WIB.

“Waktu operasionalnya satu minggu sekali, setiap hari Kamis. Nanti tinggal koordinasi dengan Dinas Perhubungan,” ucap Nanang.

Sementara itu, Nur Rakhman Yusuf yang hadir dan ikut mencoba pelayaran perdana menuju Pulau Sebesi sangat mengapresiasi langkah Pemkab Lampung Selatan, khususnya komitmen Plt Bupati Lampung Selatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Nur Rakhman, diresmikannya pelayaran gratis itu merupakan bagian dari pelayanan jasa yang diberikan oleh Pemkab Lampung Selatan kepada masyarakat.

“Kalau bicara pelayanan itu banyak aspeknya, baik pelayanan barang dan jasa juga pelayanan administrasi. Nah ini (pelayaran gratis) salah satu bentuk pelayanan yang diberikan oleh Pemkab Lampung Selatan dalam mempermudah akses masyarakatnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Lampung Selatan Mulyadi Saleh menjelaskan, hibah kapal Pera itu diberikan kepada pemerintah daerah terpilih yang membutuhkan akses konektivitas dan untuk menunjang sektor parwisata maupun perdagangan di daerah.

Mulyadi menuturkan, Kemenhub telah melakukan serah terima Hibah Kapal Pelayaran Rakyat Pembangunan Tahun 2018 kepada 15 pemerintah daerah, di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, pada Senin, 15 April 2019 lalu.

Kapal Pera itu kata dia, diberikan Kemenhub sesuai dengan program dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan Direktorat Lalu Lintas Angkatan Laut kepada pemerintah daerah terpilih yang membutuhkan konektivitas dan untuk menunjang sektor parwisata dan perdagangan.

“Kapal bernama Banawa Nusantara 73 ini memiliki kapasitas penumpang 24 orang, 10 ton barang, dengan kecepatan 9 Knot. Kapal Pera ini akan mulai beroperasi melayani penumpang secara gratis mulai Kamis depan tanggal 10 Oktober 2019,” kata Mulyadi. (Arya)

 1,716 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Bersama Forkopimda, Nanang Sambut Kedatangan Wakapolda Lampung di Bumi Khagom Mufakat

Published

on

By

Hanuang.com – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menerima kunjungan silaturahmi Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Lampung, Brigjen Pol Drs. Subiyanto di rumah dinas bupati setempat, Rabu siang (20/1/2021).

Tiba di rumah dinas bupati, Wakapolda Lampung yang didampingi sejumlah Pejabat Tinggi Polda Lampung itu langsung disambut Bupati beserta jajaran Forkopimda Lampung Selatan, Sekretaris Daerah Kabupaten, Thamrin beserta jajaran.

Diketahui, kunjungan Wakpolda Lampung ke Lampung Selatan itu dalam agenda ramah tamah bersama anggota Forkopimda Lampung Selatan di Polres Lampung Selatan.

Momen kunjungan singkat itu dimanfaatkan Bupati Lampung Selatan untuk meningkatkan silaturahmi dengan menjamu makan siang bersama Wakapolda Lampung.

Nanang Ermanto juga sempat mengajak jenderal bintang satu itu untuk melihat keadaan kebun edukasi yang memang berada di belakang rumah dinas bupati setempat.

“Tidak ada agenda khusus. Kita jajaran Pemkab Lampung Selatan dan anggota Forkopimda hanya bersilaturahmi dengan Wakapolda,” ujar Nanang ditemui usai pertemuan itu.

Hanya saja kata Nanang, dalam pertemuan itu, Wakapolda Lampung meminta jajaran Pemkab Lampung Selatan dan jajaran Forkopimda Lampung Selatan untuk bersama-sama menekan laju penyebaran Covid-19 semakin meluas.

“Iya, tadi Wakapolda sempat membahas Covid-19. Kita diminta untuk turun dari mulai tingkat kabupaten hingga ke desa-desa untuk menekan penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Nanang mengatakan, salah upaya pihaknya untuk menekan penyebaran Covid-19 adalah dengan meningkatkan sosialisasi ke desa-desa hingga ke tingkat RT.

“Seluruh kepala desa juga sudah kita panggil untuk meningkatkan kembali tim gugus tugasnya. Selain itu kita juga terus mengedukasi masyarakat untuk disiplin menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan),” imbuh Nanang. (Aziz)

 1,442 total views,  116 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Awali 2021, DAPM Kecamatan Penengahan Berikan Santunan Kepada Rava

Published

on

By

Hanuang.com – Koperasi Mirba Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) berikan santunan terhadap warga Desa Gayam, Rava Alfarizi, Rabu, (20/01/21).

Diketahui bahwa Rava (8), menderita penyakit jaringan pembuluh darah mati akibat kecelakaan yang dialami, yang menyebabkan sebelah kakinya harus diamputasi.

Hal itu dibenarkan oleh Camat Penengahan, Erdiansyah, yang menyatakan bahwa hal itu merupakan bukti peduli oleh pihak DAPM.

“Ya Alhamdulillah bisa kita bantu, ini sesuai dengan petunjuk serta perintah pak Bupati Lamsel (Nanang Ermanto_red), agar para Camat cepat tanggap dan sigap dalam mengambil langkah untuk warga masyarakat yang membutuhkan” ujarnya.

“Adapun bantuan itu kita lakukan dengan menggalang dana sosial secara bergotong-royong” tambahnya.

Apa yang dilakukan oleh Kecamatan Penengahan menjadi contoh untuk kecamatan lainnya dalam menggelar bansos diawal tahun 2021.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun. Selain memberikan santunan kepada Rava, pihak DAPM Kecamatan Penengahan juga memberikan bantuan bedah rumah terhadap kepada warga Dusun Buring, Desa Sukabaru. (*)

 1,522 total views,  114 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Tergerak Dari Hati Nurani, GML Metro Serahkan Bantuan Untuk Korban Gempa Mamuju

Published

on

By

Hanuang.com, Metro – Ormas Gema Masyarakat Lokal (GML) Kota Metro kembali menyalurkan donasi bagi korban gempa bumi Sulawesi Barat dan banjir Kalimantan Selatan. Total bantuan yang disalurkan sebesar Rp 3.864.000.

Penyaluran donasi yang berlangsung di Sekretariat DPD GML Kota Metro, Rabu (20/01/2020), diserahkan oleh Ketua DPD GML Slamet Riadi kepada Mujirul Hasan dari Lembaga Darut Tauhid Peduli (Dt Peduli) Lampung.

Menurut Slamet Riadi, penyaluran donasi bagi korban gempa bumi dan banjir tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Dt Peduli Lampung, dengan harapan bantuan benar-benar tersalurkan dan diterima oleh para korban. “Kami berharap dengan penyaluran donasi melalui lembaga resmi, bantuan tersebut benar-benar sampai,” kata Slamet Riadi.

Ia menambahkan, bantuan yang disalurkan tersebut, merupakan hasil penggalangan dana yang dilakukan selama empat hari, dengan melibatkan seluruh jajaran pengurus. “Pada tahap pertama, bantuan yang kami salurkan sebesar Rp 1.221.000. Dan tahap kedua sebesar Rp 2.643.000. Sehingga, total donasi yang berhasil disalurkan sebesar Rp 3.864.000,” semoga sumbangsih kami selaku ormas GML dan para penyumbang dana dapat memberikan manfaat dan mengurangi beban buat para korban gempa di Sulawesi Barat dan Banjir di Kalimantan Selatan, Aamiin..,”. urainya.

Sementara itu, Mujirul Hasan dari Dt Peduli Lampung menjelaskan, pihaknya memastikan bantuan yang disalurkan melalui lembaganya akan tersampaikan kepada penerima, yakni para korban gempa bumi di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan. “Kami memastikan bantuan akan tersalurkan kepada korban bencana,” ujar Mujirul Hasan.

Ia menambahkan, tak hanya penyaluran donasi bagi korban bencana, pihaknya juga siap bekerjasama dengan Ormas GML dalam hal penyaluran bantuan yang sifatnya reguler, bukan hanya kebencanaan. “Nantinya, kami akan memetakan para penerima bantuan tersebut,” tutupnya. (*)

 1,393 total views,  112 views today

Continue Reading

Trending Topic