Connect with us

Lampung Selatan

Terungkap…!!! Pelaku Pembalakan Liar Gunung Rajabasa Ditangkap Polsek Kalianda

Published

on

Kepala Kepolisian Sektor Kalianda Lampung Selatan, IPTU. Dedi Suhendi Saat Melihat Kayu Sonokeling Hasil Pembalakan Liar Di Hutan Register Wilayah Gunung Rajabasa

Hanuang.com – Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Kalianda mengamankan lima orang pelaku pembalak hutan, dari kelimanya, pihak kepolisian menetapkan tersangka pada empat orang pelaku.

Adapun kayu yang di potong-potong ukuran satu meter menjadi gelondongan tersebut yakni kayu jenis sonokeling yang terkenal dengan kekerasannya.

Pembalakan liar ini, terjadi di kawasan hutan lindung Gunung Rajabasa, tepatnya di Desa Sumur Kumbang, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan (Lamsel).

Untuk pengambil kayu dilakukan oleh tiga orang tersangka yang masing masing bernama Supian, Arifin serta Asep. Sementara satu orang lainnya bernama Iwan warga jalur dua Kedaton Kalianda, bertindak sebagai penadah kayu hasil pembalakan.

Kapolsek Kalianda, Iptu Dedi Suhadi menuturkan keempat orang tersebut berhasil diamankan berkat adanya laporan dari masyarakat yang mengetahui aksi para pelaku pembalak kawasan yang dilindungi itu.

“Kami dapat laporan dari masyarakat, yang diamankan sebenarnya ada 5 orang, cuma yang satu hanya ketitipan aja,” kata Dedi kepada sejumlah awak media, Jum’at, (01/03/19).

Pihak kepolisian juga mengamankan barang bukti yakni 40 gelondong kayu jenis sonokeling yang saat ini sudah dibawa ke Mapolsek Kalianda.

“Barang bukti kayu 40 gelondong sudah kita amankan semalam, berdasarkan keterangan pelaku, kayu kayu tersebut dijual kepada saudara iwan dengan harga 2,5 juta rupiah perkibik,” terang dia.

Akibat perbuatannya, para pelaku terancam UU No. 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan dan UU No. 41 tahun 1999 tentang Kehutanan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. (Arya/Kur)

 3,861 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Serka Basuni Ajak Para Calon Kades Ciptakan Suasana Damai

Published

on

By

Hanuang.com – Babinsa Palas, Serka Basuni Aka, mendampingi Proses penelitian berkas bacalon Kades Mandalasari, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Senin, (21/06/21).

“Pada hari ini kita berkumpul disini adalah untuk meneliti berkas bakal calon yang akan menjadi calon Kepala Desa. Sebelum sampai hari ini sudah kita ketahui semua bahwa kami sudah memulai tahap-tahapan mulai dari pengumuman, pendaftaran, sampai pada hari ini memverifikasi atau meneliti berkas bakal calon Kades dengan membawa persyaratan yang sudah ditentukan” ujar Eva selaku Ketua Panitia.

Hal senada diungkapkan Serka Basuni yang berharap para peserta dapat menciptakan suasana aman dan kondusif.

pesta demokrasi ini harus berjalan dengan aman dan kondusif, jangan sampai ada gesekan-gesekan yang bisa menjadi tidak kondusif untuk daerahnya masing-masing. Perlu kita ingat bahwa takdir seseorang sudah menjadi ketentuan dari Tuhan dan siapapun yang terpilih nanti kita harus mendukungnya” bebernya. (*)

 620 total views,  620 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Di Lamsel, Peradi, HMI, dan PT. Pertamina Gelar Silaturahmi Bersama Bupati

Published

on

By

Hanuang.com – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menerima kunjungan silaturahmi dengan DPC PERADI Kalianda dan Pengurus Cabang HMI Bandar Lampung serta melakukan audiensi bersama PT. Pertamia (Persero) terkait pelaksanaan program langit biru di wilayah kabupaten lampung selatan, Senin (21/6/2021).

Bertempat diruang kerjanya, Bupati Nanang Ermanto menyambut baik seluruh kunjungan kerja yang dilakukan masing-masing pihak terkait diatas.

Turut mendampingi Sekretaris Daerah Lamsel, Thamrin, S.Sos, MM, Asisten Bid. Pemerintahan, Supriyanto, Para Staf Ahli Bupati dan Para Kepala OPD terkait lainnya.

Pada Kesempatan itu, Nanang Ermanto menyampaikan kepada DPC PERADI Kalianda terkait kerja sama dengan pemerintah daerah agar dicarikan rumusannya dan berharap kepada PERADI agar dapat membantu masyarakat dalam menghadapi persoalan hukum.

“Saya berterima kasih dengan terbentuknya DPC PERADI kalianda, semoga dengan adanya PERADI ini merupakan jalan keluar dalam membantu masyarakat terkait upaya menghadapi persoalan-persoalan hukum,” Ucapnya.

Selanjutnya pada audiensi bersama PT. Pertamina (Persero) Bupati Lamsel, H. Nanang Ermanto mendukung program langit biru dan berharap program tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat dengan hilangnya polusi udara.

“Saya berterima kasih terkait program langit biru dari PT. Pertamina (persero), bahwa benar-benar situasi saat ini polusi udara harus menjadi perhatian kita bersama, Semoga dengan adanya program ini udara di lamsel lebih asri lagi, dan virus-virus corona bisa hilang,” ujarnya. (*)

 698 total views,  698 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Dankodiklat TNI AD Sambangi Kabupaten Gerbang Sumatera

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421/LS, Letkol Inf. Enrico SN, menyambut kedatangan Dankodiklat TNI AD, Letjen TNI AM. Putranto beserta rombongan di Bandara Internasional Raden Intan II Beranti Natar, Lamsel, Minggu, (20/06/21).

Kedatangan Dankodiklat TNI AD beserta rombongan ke wilayah Provinsi Lampung dalam rangka melakukan kunjungan kerja meninjau latihan YTP Batalyon Infanteri 203 di Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan.

Dankodiklatad beserta rombongan, selanjutnya meninggalkan VIP Room Bandara Internasional Raden Inten ll Lampung menuju Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan guna melaksanakan serangkaian kunjungan kerjanya. (*)

 2,069 total views,  1,348 views today

Continue Reading

Trending Topic