Connect with us

Bandar Lampung

Sidang ABN & Anjar Asmara Kembali Digelar, Saksi Dari PUPR Lamsel Berikan Keterangan Berbelit-Belit

Published

on

Hanuang.com – Sidang Kasus Suap Fee Proyek Dinas PUPR Lampung Selatan (Lamsel), kembali digelar ruang Garuda, Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Tanjung Karang, Bandar Lampung, Kamis, (20/12/18).

Kali ini sidang kedua dari terdakwa Anjar Asmara & Agus Bhakti Nugroho didampingi 8 orang kuasa hukum dengan pembagian 4 orang kuasa hukum untuk satu terdakwa, dan JPU KPK RI dalam persidangan menghadirkan sejumlah saksi-saksi.

Adapun saksi-saksi yang dihadirkan tersebut yakni dari unsur Pemkab Lamsel, diantaranya, Kabid Bina Marga PUPR Lamsel, Yudi Siswanto, Sekretaris Bina Marga PUPR Lamsel, Destrinal AZ, Kasi Rehabilitasi Pembangunan Jalan & Jembatan PUPR, Adi Supriyadi, Staf PUPR, Rudi Rozali, Kasi Pertamanan Disperkim Lamsel, Agung Hanantyo, Honorer Staf Bina Marga PUPR Lamsel, Rusli, Staf PUPR Lamsel, Lares Cahyadi.

Menurut keterangan saksi Destrinal AZ , yang menjabat Sekdin PUPR Lamsel sejak Februari 2016 hingga saat ini, mengungkapkan bahwa ada sekitar 200 proyek ditahan 2018.

“saya Lupa yang mulia, paket proyek itu secara pastinya untuk tahun 2016 dan tahun 2017, tapi kalau kisaran itu ada sekitar 200 lebih kayaknya untuk di tahun 2018″ ungkapnya.

“Untuk anggaran pembangunan tahunan Lupa Yang Mulia untuk 2016, dan tahun 2017 itu ada Rp. 300 miliar lebih, kalau 2018 itu Rp. 400 miliar lebih,” tambahnya, ketika Majelis Hakim mempertanyakan perihal pembangunan anggaran tahunan dari 2016 hingga 2018.

Ketika Majelis Hakim bertanya sejauh mana kedekatannya dengan Syahroni selaku Kabid Pengairan PUPR Lamsel, saksi Destrinal AZ mengungkapkan kenal.

“Kenal Yang Mulia. Tapi tidak pernah ada titipan dari Syahroni, kami menjalankan tugas sesuai dengan prosedur saja” jelasnya.

Kembali Majelis Hakim bertanya kepada Destrinal AZ, tentang Floating dari Anjar Asmara saat saksi menjadi Ketua Pokja, dirinya kembali menjawab tidak pernah.

“Apakah saudara pernah dipanggil oleh Kadis Anjar, sehubungan dengan tugas saudara selaku Ketua Pokja ini, Apakah Anjar memberitahu saudara nama-nama perusahaan mana saja yang sudah di-floating yang dimenangkan dalam proyek tersebut?” Tegas Majelis Hakim.“Tidak pernah Yang Mulia,” ujarnya.

Akhirnya Majelis Hakim membentak saksi Destrinal AZ.

“Jadi Syahroni tidak, Anjar tidak, saudara sudah disumpah, tolong jawab sesuai pertanyaan saya saja, jangan melebar kemana-mana” Ungkap Majelis Hakim membentak.

Akhirnya Destrinal AZ, mengakui pernah menerima sejumlah uang dari Syahroni.

“Iya saya pernah terima dari Syahroni, mungkin uang Shodaqoh” pungkasnya.

“Saudara ini tau uang itu asalnya darimana” timpal Majelis Hakim.

“Dari rekanan yang mulia, rekanan yang menang tender” jawab Destrinal AZ mengakui setelah dibentak oleh majelis hakim Bahrudin Naim.

Diketahui Destrinal menerima uang sebesar Rp. 83 Juta dengan rincian Tahun 2017 sebesar Rp. 33 Juta, Tahun 2018 sebesar Rp. 50 Juta.

Majelis hakim menilai keterangan saksi berbelit-belit serta berubah-ubah.

“Anda inikan Sekertaris di Dinas PUPR , anda kan tau mana yang salah dan benar, mana yang patut dikerjakan atau tidak. Saya rasa anda lebih pintar dari saya. Kalau ditanya dan menurut anda itu salah yang bilang salah! Inikan sesuai BAP Penyidik” bentak majelis hakim.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, sidang tersebut dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Mansyur Bustami, dengan dua orang anggota yakni, Bahrudin Naim & Syamsudin. (*)

 3,574 total views,  3 views today

Bandar Lampung

Danrem 043/Gatam Pimpin Sertijab Kasrem

Published

on

By

Hanuang.com – Bandarlampung, Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Toto Jumariono.S.S., M.I.Kom, senin (14/12/2020), memimpin serah terima Jabatan Kasrem 043/Gatam Brigjen TNI Beny Sulistiona, S.E, kepada Kolonel Inf Dwi Endrosasongko, S.Sos dan Laporan Korps Kaslog, Kasiter Kasrem 043/Gatam di Aula Sudirman Makorem 043/Gatam Jl. Teuku Umar Bandar Lampung.

Brigjen TNI Toto Jumariono, Para Dandim Jajaran Korem 043/Gatam, Danyonif 143/TWEJ Inf Triano Iqbal, Dan/Ka Satdisjan jajaran Korem 043/Gatam, Para Kasi dan Pasi jajaran Korem 043/Gatam, Para Dan/Kabalak Korem 043/Gatam, dan Ibu – ibu Pengurus Persit KCK Koorcab Rem 043 PD II/Sriwijaya.

Kasrem 043/Gatam yang lama Brigjen TNI Beny Sulistiono, SE, selanjutnya menjabat Sebagai Pa Sahli Tk. II Kasad Bidang Pengawasan Eropa Dan Amerika, untuk Kasilog Kasrem 043/Gatam dijabat Letkol Inf Benny Suharto dan Kasiter Kasrem 043/Gatam dijabat Letkol Kav Thomas Rudyanto,S.H.

Dalam sambutannya Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Toto Jumariono, S.S., M.I.Kom, menyampaikan, “ Serah terima dan penerimaan jabatan Kasrem 043/Gatam dan para Kasi Korem 043/Gatam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tuntutan dinamika organisasi militer, yang bermuara pada kepentingan satuan dan pembinaan personel, “

“ Karena hendaknya perlu dipahami bersama, jabatan bagi seorang prajurit, pada hakikatnya merupakan penghargaan dan amanah yang diberikan oleh pimpinan, untuk dapat dilaksanakan dan dipertanggung jawabkan dengan sebaik baiknya dengan harapan, dalam pelaksanaan tugas pengabdiannya sebagai prajurit dapat mengemban tanggung jawab jabatannya dengan baik kepada pimpinan maupun kepada bangsa dan negara. “ tegas Danrem.

Selanjutnya Danrem 043/Gatam juga menyampaikan, “ Berkenaan dengan acara ini, saya selaku komandan korem 043/gatam dan atas nama keluarga besar korem 043/Gatam, menyampaikan ucapan terima kasih serta penghargaan yang tinggi tingginya kepada Brigjen TNI Beny Sulistiono, S.E. yang telah menyelesaikan tugas dan tanggung jawab jabatan kasrem 043/gatam dalam keadaan baik, saya berharap, pengalaman tugas dan kerjasama yang telah diperoleh selama di satuan Korem 043/Garuda Hitam ini, dapat dijadikan sebagai pelajaran dan bekal tugas pada jabatan selanjutnya sebagai Pa Sahli TK. II Kasad Bidang Pengawasan Eropa Dan Amerika, semoga keberhasilan dan kesuksesan selalu menyertai perjalanan karier Brigjen TNI Beny Sulistiono, S.E, “

“Kepada nyonya beny sulistiono, saya juga ucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya, yang dengan penuh kesetiaan mendampingi suami selama melaksanakan tugas di korem 043/garuda hitam yang kita cintai ini, selanjutnya, kepada Letnan Kolonel Inf Benny Suharto dan Letkol Kav Thomas Rudyanto,S.H saya ucapkan selamat datang dan selamat bergabung di korem 043/gatam atas jabatan barunya masing masing sebagai Kepala Seksi Logistik dan Kepala Seksi Teritorial Kasrem 043/Gatam, saya berharap, kehadiran saudara saudara di Korem 043/Gatam ini dapat meningkatkan kinerja satuan yang semakin baik, selain itu, jalin komunikasi yang harmonis antar staf maupun dengan instansi pemerintah daerah sehingga tugas pokok satuan Korem 043/Gatam dapat terlaksana secara optimal “ tutup Brigjen Tni Toto Jumariono, S.S., M.I.Kom

 4,542 total views,  95 views today

Continue Reading

Bandar Lampung

Dandim Lamsel Ikuti Vicon TMMD Ke-41 Bertemakan Pengabdian Untuk Negeri

Published

on

By

Hanuang.com, Bandar Lampung – Bertempat di ruang rapat Ahmad Yani Makorem 043/Gatam, Jalan Tengku Umar, Kelurahan Penengahan, Bandar Lampung, Komandan Kodim 0421/ Lamsel Dandim 0421/Lamsel, Letkol Inf Enrico SN, S.Sos, M.tr (Han), mengikuti rapat Paripurna TMMD ke-41 Tahun Anggaran 2020, Senin, (30/11/20).

Kegiatan Vidio Telecoference ini dibuka secara terpusat oleh Asisten Teritorial Kasad, Mayjen TNI Nurchahyanto, M.S.c.dengan Thema ‘TMMD Pengabdian Untuk Negeri’ Langsung dari Markas Besar TNI-AD Jakarta, yang di ikuti oleh para Kasdam, Danrem, Kapendam, Para Dandim, Bupati, Ketua DPRD dan Kepala Bappeda Kabupaten/Kota.

Dalam sambutannya Aster Kasad menyampaikan, Mengawali sambutan ini marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, karena dapat hadir dalam kegiatan Rapurna TMMD ke- 41 tahun 2020 dan dalam keadaan sehat walafiat.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh Pimpinan lembaga terkait dan khususnya kepada Para Bupati dan Walikota program TMMD T.A. 2020 dan yang akan dilaksanakan nanti pada tahun 2021” ujarnya.

Kehadiran program TMMD di tengah masyarakat bukan sekedar bangunan fisik semata, bukan juga sekedar tambah sarana dan prasarana Desa akan tetapi yang lebih penting lagi adalah terbangunnya semangat gotong royong semangat kebersamaan membangun Desa sebagai basis ketahanan Nasional dan terjalinnya komunikasi yang baik antara TNI/Polri, Kementerian dan lembaga Pemerintahan non Kementerian, Pemerintah Daerah dan seluruh Komponen Bangsa ikut memberikan solusi Pembangunan Daerah khususnya di Pedesaan daerah terpencil serta daerah terkena dampak bencana alam.

“Kehadiran kita di tengah masyarakat harus dapat memberikan kontribusi yang positif dalam upaya membangun Ketahanan Nasional yang dimulai dari wilayah utamanya adalah hal ini sangat diperlukan dalam menghadapi ancaman nyata yang saat ini sudah masuk ke semua lini kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara diantaranya adalah Narkoba, Terorisme, Radikalisme dan sebagainya” bebernya.

Sebagaimana hasil laporan dari pengawasan dan evaluasi secara umum penyelenggaraan TMMD ke- 107, 108, 109 T.A 2020 dapat berjalan dengan baik aman dan lancar, meskipun secara umum pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya masih ditemukan adanya permasalahan yang perlu mendapat perhatian sama, permasalahan tersebut diantaranya adalah perubahan dukungan anggaran dari Pemda Kab/Kota dari yang telah direncanakan sebelumnya justru berubah pada saat mendekati pelaksanaan kegiatan dan perubahan, ini tentunya berdampak pada perubahan secara fisik sebagaimana telah disepakati sebelumnya, hal ini juga akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas sasaran dan terkait dengan hal tersebut kami berharap agar para Dansatgas Kab/Kota dapat lebih aktif melaksanakan koordinasi yang baik sehingga tidak terjadi lagi perubahan susunan anggaran yang telah ditetapkan.

Hal yang menonjol pada pelaksanaan TMMD tahun 2020 yakni adanya Pandemi Covid- 19 sehingga berpengaruh terhadap keberadaan dan pelibatan masyarakat pada kegiatan fisik maupun nonfisik namun hal ini dapat diatasi dengan cara menyiapkan tempat tersendiri untuk ditempati para peserta dengan menggunakan Protkes dan Physical Distancing Prajurit serta Masyarakat yang terlibat dalam kegiatan sehari-hari untuk memutus rantai penyebaran.

Pelaksanaan kegiatan non fisik secara umum telah berjalan dengan baik kerjasama lintas instansi yang makin erat, tersampaikannya pesan dengan baik dan bertambahnya pendapatan masyarakat di pedesaan pekerjaan fisik dan non fisik dan tentunya telah banyak memberikan dampak positif di wilayah demikian pula sinergitas kegiatan dengan Kementerian atau lembaga Pemerintah non Kementerian sudah berjalan dengan baik tetapi masih perlu ditingkatkan agar dapat lebih optimal kedepannya seiring dengan makin berkembangnya dinamika sosial masyarakat.

Turut hadir dan mendampingi Danrem 043/Gatam, Para Dandim jajaran Korem 043/Gatam, Para Perwakilan Bupati se-Provinsi Lampung, Para Perwakilan Ketua DPRD se-Lampung. (*)

 7,133 total views,  91 views today

Continue Reading

Bandar Lampung

Arjuna Kukuhkan Sulpakar Jadi Ketua DPD IKAPTK Lampung

Published

on

By

Hanuang.com – Drs. H. Sulpakar, MM dilantik sebagai Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Lampung.

Pelantikan Ketua DPP IKAPTK Lampung Periode 2020 – 2025 oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) IKAPTK DR. Drs. Akmal Malik M.Si dan dikukuhkan oleh Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Junaidi yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Emersia pada Jum’at (20/11/2020) tersebut dihadiri oleh Forkompinda Provinsi Lampung, Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung, Rektor IPDN DR. Hadi Prabowo, MM, Dirjen Bina Keuangan Daerah Dr. Mochamad Ardian N, M.Si, Plh. Dirjen Politik & Pemerintahan Umum Kemendagri Dr. Yusharto Kuntoyungo, M.Si, Direktur Pendapatan Daerah Ditjen Keuda Kemendagri Dr. Hendriwan, M.Si, Direktur Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial (PSDBS) Drs. Hotman, M.Si, Kepala Biro Umum Setjen DPD RI Dr. Rahman Hadi, M.Si, Kapuslitbang Otda, Politik & Pemerintahan Dr. Dedy Winarwan, S.STP, M.Si, Ketua Alumni Perguruan Tinggi Se-Prov Lampung, Kepala OPD Dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Ketua dan Sekretaris DPK IKAPTK Se-Provinsi Lampung.

Ketua Umum DPN IKAPTK DR. Drs. Akmal Malik, MSi dalam arahannya mengatakan, “sebagai Penyelenggara Negara kita harus menjadi contoh bagi masyarakat, terutama ditengah Pandemi COVID 19 saat ini, mari kita selalu menerapkan Protokol Kesehatan”, katanya.

“IKAPTK adalah Organisasi yang besar, mulai dari Pusat hingga Kelurahan, kami mengajak seluruh Pengurus dan Alumni untuk selalu berkontribusi kepada masyarakat”, ujar Akmal Malik.

“Dengan melihat tayangan High Light kegiatan IKAPTK Lampung yang telah banyak berbuat bagi masyarakat, seperti saat Pasca Tsunami dan Pandemi COVID 19 saat ini”, pungkas Akmal Malik.

“Kami juga sangat mengapresiasi kepada Bapak Gubernur dan Ketua TP PKK Provinsi Lampung yang telah melaksanakan GEBRAK MASKER, hal ini sangat diapresiasi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Pusat”, tandas Akmal Malik.

Ditempat yang sama Rektor IPDN DR. Hadi Prabowo, MM mengatakan, “kami berterima kasih kepada Gubernur Lampung yang telah mendorong kemajuan para Alumni IPDN, akan tetapi dengan perhatian Gubernur Lampung saya berharap para Alumni dapat menunjukkan Prestasi dan harus benar-benar memberikan kontribusi Pembangunan di Provinsi Lampung”, pungkasnya.

“Tunjukkan tata kelola dan aparat yang bersih, jangan sampai melukai hati rakyat. Satukan seluruh pikiran dan daya untuk Provinsi Lampung”, imbuh Hadi Prabowo.

Gubernur Lampung ir. H. Arinal Junaidi yang juga Ketua Dewan Pembina DPP IKAPTK Lampung dalam arahannya mengatakan, “saya berharap kepada para Anggota IKAPTK dapat membangun Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga Desa yang di Provinsi ini”, Arinal berharap.

“Sebagai Alumni harus mengabdi kepada masyarakat, berikan manfaat dan kontribusi yang baik ditengah-tengah masyarakat. Bangkitlan semangat dan wujudkan Lampung Berjalya”, tandas Arinal.

“Saya berpesan kepada seluruh Anggota DPP IKAPTK Lampung untuk dapat meningkatkan potensi diri dan loyalitas kepada Provinsi Lampung”, Arinal berpesan.

Ketua DPP IKAPTK Lampung Drs. H. Sulpakar, MM pada kesempatan tersebut melaporkan, “saat ini Anggota IKAPTK di Provinsi Lampung berjumlah 1.820 orang terdiri dari Alumni APDN angkatan 1 sd 19 sebanyak 888 orang, Alumni IIP angkatan 1 sd 32 sebanyak 264 orang dan alumni STPN/IPDN angkatan 1 sd 27 sebanyak 668 orang”, paparnya.

“Para alumni tersebut bertugas tersebar baik di Pemerintah Provinsi Lampung maupun di 15 Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung”, terang Sulpakar.

“Semoga dengan tersebarnya para alumni ini dapat memberikan warna di tempat tugasnya masing-masing dan dalam lingkup yang lebih luas dapat membawa Rakyat Lampung Semakin Berjaya”, imbuh Sulpakar.

Pada Sabtu (21/11), para Ketua Umum DPN IKAPTK, Dirjen dan Alumni IKAPTK Lampung melakukan olahraga bersepeda bersama dengan mengelilingi Kota Bandar Lampung, dengan Start di Elephant Park dan Finish di SMK Negeri 4 Bandar Lampung. (AU)

 7,653 total views,  91 views today

Continue Reading

Trending Topic