Connect with us

Bandar Lampung

Sidang ABN & Anjar Asmara Kembali Digelar, Saksi Dari PUPR Lamsel Berikan Keterangan Berbelit-Belit

Published

on

Hanuang.com – Sidang Kasus Suap Fee Proyek Dinas PUPR Lampung Selatan (Lamsel), kembali digelar ruang Garuda, Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Tanjung Karang, Bandar Lampung, Kamis, (20/12/18).

Kali ini sidang kedua dari terdakwa Anjar Asmara & Agus Bhakti Nugroho didampingi 8 orang kuasa hukum dengan pembagian 4 orang kuasa hukum untuk satu terdakwa, dan JPU KPK RI dalam persidangan menghadirkan sejumlah saksi-saksi.

Adapun saksi-saksi yang dihadirkan tersebut yakni dari unsur Pemkab Lamsel, diantaranya, Kabid Bina Marga PUPR Lamsel, Yudi Siswanto, Sekretaris Bina Marga PUPR Lamsel, Destrinal AZ, Kasi Rehabilitasi Pembangunan Jalan & Jembatan PUPR, Adi Supriyadi, Staf PUPR, Rudi Rozali, Kasi Pertamanan Disperkim Lamsel, Agung Hanantyo, Honorer Staf Bina Marga PUPR Lamsel, Rusli, Staf PUPR Lamsel, Lares Cahyadi.

Menurut keterangan saksi Destrinal AZ , yang menjabat Sekdin PUPR Lamsel sejak Februari 2016 hingga saat ini, mengungkapkan bahwa ada sekitar 200 proyek ditahan 2018.

“saya Lupa yang mulia, paket proyek itu secara pastinya untuk tahun 2016 dan tahun 2017, tapi kalau kisaran itu ada sekitar 200 lebih kayaknya untuk di tahun 2018″ ungkapnya.

“Untuk anggaran pembangunan tahunan Lupa Yang Mulia untuk 2016, dan tahun 2017 itu ada Rp. 300 miliar lebih, kalau 2018 itu Rp. 400 miliar lebih,” tambahnya, ketika Majelis Hakim mempertanyakan perihal pembangunan anggaran tahunan dari 2016 hingga 2018.

Ketika Majelis Hakim bertanya sejauh mana kedekatannya dengan Syahroni selaku Kabid Pengairan PUPR Lamsel, saksi Destrinal AZ mengungkapkan kenal.

“Kenal Yang Mulia. Tapi tidak pernah ada titipan dari Syahroni, kami menjalankan tugas sesuai dengan prosedur saja” jelasnya.

Kembali Majelis Hakim bertanya kepada Destrinal AZ, tentang Floating dari Anjar Asmara saat saksi menjadi Ketua Pokja, dirinya kembali menjawab tidak pernah.

“Apakah saudara pernah dipanggil oleh Kadis Anjar, sehubungan dengan tugas saudara selaku Ketua Pokja ini, Apakah Anjar memberitahu saudara nama-nama perusahaan mana saja yang sudah di-floating yang dimenangkan dalam proyek tersebut?” Tegas Majelis Hakim.“Tidak pernah Yang Mulia,” ujarnya.

Akhirnya Majelis Hakim membentak saksi Destrinal AZ.

“Jadi Syahroni tidak, Anjar tidak, saudara sudah disumpah, tolong jawab sesuai pertanyaan saya saja, jangan melebar kemana-mana” Ungkap Majelis Hakim membentak.

Akhirnya Destrinal AZ, mengakui pernah menerima sejumlah uang dari Syahroni.

“Iya saya pernah terima dari Syahroni, mungkin uang Shodaqoh” pungkasnya.

“Saudara ini tau uang itu asalnya darimana” timpal Majelis Hakim.

“Dari rekanan yang mulia, rekanan yang menang tender” jawab Destrinal AZ mengakui setelah dibentak oleh majelis hakim Bahrudin Naim.

Diketahui Destrinal menerima uang sebesar Rp. 83 Juta dengan rincian Tahun 2017 sebesar Rp. 33 Juta, Tahun 2018 sebesar Rp. 50 Juta.

Majelis hakim menilai keterangan saksi berbelit-belit serta berubah-ubah.

“Anda inikan Sekertaris di Dinas PUPR , anda kan tau mana yang salah dan benar, mana yang patut dikerjakan atau tidak. Saya rasa anda lebih pintar dari saya. Kalau ditanya dan menurut anda itu salah yang bilang salah! Inikan sesuai BAP Penyidik” bentak majelis hakim.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, sidang tersebut dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Mansyur Bustami, dengan dua orang anggota yakni, Bahrudin Naim & Syamsudin. (*)

 3,280 total views,  4 views today

Bandar Lampung

Ini Pesan Riana Sari Saat Lantik Winarni Jadi Ketua TP PKK Lamsel

Published

on

By

Hanuang.com – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal melantik dan mengukuhkan Winarni Nanang Ermanto sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lampung Selatan, sisa masa bakti 2016-2021, di Gedung Pusiban, Kantor Gubernur, Bandarlampung, Selasa (12/5/2020).

Pada kesempatan itu, Ibu Riana menjelaskan bahwa pelantikan ini merupakan momentum yang sangat penting dan strategis bagi keberlangsungan organisasi dalam melaksanakan Program kerja ke depan.

“Saya mengucapkan selamat kepada Ibu Winarni Nanang Ermanto yang baru saja dilantik, dari sisa masa bhakti sampai dengan tahun 2021, Mudah-mudahan dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab organisasi kedepan menjadi lebih baik lagi,” ujar Ibu Riana.

Menurut Ibu Riana, Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Dekranasda merupakan gerakan nasional yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat, yang dimotori oleh para perempuan.

“Secara faktual, keberadaan Tim Penggerak PKK bertujuan untuk memberdayakan keluarga pembangunan kesejahteraan masyarakat, yang menjadikan keluarga di pedesaan dan perkotaan sebagai sasaran utama. Sedangkan Dekranasda diarahkan untuk mendorong agar hasil-hasil kerajinan rakyat dapat tetap eksis di tingkat pasar melalui peningkatan produksi dan produktivitas, sehingga mampu bersaing di tingkat global,” jelas Ibu Riana Arinal.

Lebih lanjut, Ibu Riana menjelaskan bahwa Pandemi Covid-19 telah menyebar ke lebih dari 200 negara di dunia tidak terkecuali Indonesia, khususnya Provinsi Lampung. Penyebaran pandemi ini bukan hanya berdampak pada masalah kesehatan, tetapi juga pada hampir seluruh sendi kehidupan manusia, termasuk aspek sosial, keagamaan, budaya, dan ekonomi.

“Pemerintah Provinsi Lampung telah mengalokasikan anggaran pada APBD Tahun 2020 sebesar Rp 246 milyar untuk upaya pencegahan dan penanganan dampak Covid-19, dengan prioritas pertama penyiapan anggaran untuk dukungan bidang kesehatan, kedua untuk perlindungan sosial dan ketiga dalam rangka pemulihan dampak ekonomi,” jelasnya.

Riana melanjutkan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung telah berbuat banyak, namun tentunya belum menyentuh semua masyarakat karena keterbatasan yang dimiliki. Saya sangat menyadari banyak masyarakat yang terkena dampak Covid—19.

“Untuk itu, saya telah menginisisasi program Saatnya Ikut Bergerak untuk Rakyat (Siger). Dengan adanya program ini diharapkan dapat membantu masyarakat dilingkungan rumah kita yang mengikuti anjuran pemerintah untuk dirumah saja namun tidak memiliki penghasilan, sehingga masyarakat dapat terpenuhi kebutuhannya untuk makan,” ujar Riana.

Ibu Riana juga mengajak jajarannya, khususnya Ketua TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Lampung Selatan, untuk bergandengan tangan membantu masyarakat yang terkena dampak covid-19, salah satunya melalui program Siger. “Insya Allah dengan kebersamaan, kepedulian dan kegotongroyongan, masyarakat dapat merasakan manfaat dari kerja keras kita semua,” tambahnya. (*)

 1,260 total views,  30 views today

Continue Reading

Bandar Lampung

Ini Pesan Arinal Saat Melantik Bupati Lampung Selatan

Published

on

By

Hanuang.com – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melantik dan mengambil Sumpah Jabatan Nanang Ermanto sebagai Bupati Lampung Selatan Sisa Masa Jabatan 2016 – 2021, di Balai Keratun lt III, Komplek Kantor Gubernur, Bandarlampung, Selasa (12/5/2020).

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.18-766 tahun 2020 tentang pengesahan pengangkatan Bupati dan pengesahan pemberhentian Wakil Bupati Lampung Selatan Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal menjelaskan pelantikan tersebut sesuai Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota.

Selain itu, berdasarkan Keputusan Mahkamah Agung R.I. No. 113 K/Pid.Sus/2020 tanggal 28 Januari 2020, dan Keputusan Menteri Dalam Negeri No.131.18-323 Tahun 2020 tentang Pengesahan Pemberhentian Bupati Lampung Selatan Dr.H. Zainudin Hasan, M.Hum.

Gubernur mengucapkan selamat kepada Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto yang baru saja dilantik, dan berharap dapat melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, menjalankan wewenang dengan baik dan menyelesaikannya dengan penuh tanggung jawab.

Gubernur juga meminta Nanang Ermanto menjaga dan menciptakan hubungan dan iklim yang kondusif antar tatanan Fokorpimda dan seluruh lapisan masyarakat.

“Sehingga penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyaratan di Kabupaten/Kota dapat berjalan dengan baik dalam rangka terciptanya kehidupan masyarakat sejahtera,” ujar Gubernur Arinal.

Pada bagian lain sambutannya, Gubernur Arinal menjelaskan bahwa saat ini dunia sedang menghadapi bencana wabah Virus Corona atau covid-19.

Akibat wabah covid-19 ini perekonomian dunia, khususnya perekonomian Indonesia menurut Menteri Keuangan, pertumbuhan ekonominya tak begitu menggembirakan. Terutama dilihat dari sisi domestik pada tahun 2019 yang baru saja dirilis.

Gambarannya, lanjut Gubernur, pertumbuhan konsumsi rumah tangga di kuartal IV 2019 bahkan dibawah 5 persen atau tepatnya 4,97 persen year-on year (YoY). Sementara pertumbuhan investasi (PMTB) menyusut ke 4,06 persen YoY. Konsumsi turun dibawah 5 persen ini harus diwaspadai, serta pertumbuhan investasi hanya sekitar 4 persen jauh dari harapan di sekitar 6 persen. Padahal dua variabel ini sangat penting dalam perekonomian domestik Indonesia.

Oleh sebab itu, tambah Gubernur, ada beberapa tugas penting terkait perkembangan covid-19 ini untuk mengantisipasi dampak buruk pada aspek sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia, tidak terkecuali masyarakat perdesaan.

“Bersama ini saya sampaikan kepada Kepala Daerah Kabupaten/Kota, yang juga menyaksikan pelantikan ini secara virtual, untuk melakukan percepatan penyusunan semua dokumen yang diperlukan untuk merealisasikan APBDes, termasuk penyaluran dan pencairan dana Desa tahap pertama,” jelas Gubernur Arinal.

Dana Desa dan APBDes, tersebut lanjut Gubernur, merujuk pada Perppu Nomor 1 tahun 2020 yang dipertegas dalam Bagian Pejelasan Pasal 2 point 4 yang dimaksud dengan pengutamaan penggunaan Dana Desa adalah dapat digunakan antara lain untuk bantuan langsung tunai kepada penduduk miskin di desa dan kegiatan penanganan pandemi COVID-19.

“Dengan memperhatikan keselarasan pada program sejenis seperti bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan lain-lain, sehingga tidak terjadi duplikasi penerima manfaat,” ujar Gubernur.

Surat Gubernur Lampung Nomor 900/1206/V.12/2020 Tanggal 8 April 2020 terkait Penggunaan Dana Desa untuk Pencegahan dan Penanggulangan Pandemi Covid-19 agar dapat dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab.

Gubernur juga menjelaskan terkait kelancaran Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah secara serentak Tahun 2020, yang telah diatur melalui Perppu No. 2 Tahun 2020 tentang Perubahan ketiga atas UU No. 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No. 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-undang.

Menurut Gubernur, dalam Perppu ini, terutama Pasal 201A ayat (2) , disebutkan pemungutan suara serentak yang ditunda sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan pada bulan Desember 2020, dan ayat (3) Dalam hal pemungutan suara serentak sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak dapat dilaksanakan, pemungutan suara serentak di tunda dan dijadwalkan kembali segera setelah bencana non alam sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berakhir, melalui mekanisme persetujuan bersama antara KPU, Pemerintah, dan DPR R.I.

Lebih lanjut, Gubernur Arinal berharap Bupati/Walikota yang juga menyaksikan secara virtual agar terus memperhatikan protokol kesehatan selama pandemi, khususnya selama Bulan Ramadhan ini. Selain itu juga untuk terus melakukan pengecekan ketersediaan sembako selama Ramdhan dan menjelang lebaran nanti.

“Saya juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya ASN untuk menunda mudik atau tidak kemana-mana selama cuti lebaran 1441 Hijriyah,” ujar Gubernur Arinal.

Hal tersebut, lanjut Gubernur, harus dipatuhi dan ditaati seluruh elemen masyarakat. Termasuk melaksanakan Protokol kesehatan dan social distancing untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 untuk di Provinsi Lampung,” tambahnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Posko Gugus Tugas Terpadu Penanganan Covid 19 Provinsi Lampung hingga 11 Mei 2020, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 3.046 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 88 orang, kasus Terkonfirmasi Covid-19 total berjumlah 66 orang (40 orang masih dirawat/ isolasi, 5 orang meninggal dan 21 orang sembuh). (*)

 1,265 total views,  30 views today

Continue Reading

Bandar Lampung

Secara Serentak, Bhayangkari Polda Lampung Laksanakan Gerakan ‘SIGER’

Published

on

By

Hanuang.com – Wakil ketua Bhayangkari Polda Lampung, Henny Suryani Sudarsono, bersama Bhayangkari Polda Lampung mengadakan SIGER serentak, yang merupakan program tim PKK Provinsi Lampung.

Kegiatan itu, Bertempat di jalan Soekarno Hatta, tepatnya di depan Batalyon A Brimob Polda Lampung.

Dalam pelaksanaannya dihadiri langsung oleh Wakapolda Lampung, Brigjen Pol Drs. Sudarsono SH.M.Hum., dengan membagikan paket berupa sayuran, telur, aneka bumbu, dan susu kemasan.

Diketahui bahwa, bahan-bahan tersebut dibeli langsung dari petani dan pedagang tradisional yang saat ini sedang sulit memasarkan dagangannya, dikarenakan berkurangnya daya beli masyarakat.

Dengan cara unik, Saatnya Ikut GErak untuk Rakyat (SIGER_red) membagikan sayur segar dengan cara digantung di pagar atau meja guna menghindari kontak fisik dan menjaga jarak, sesuai Protokol Covid-19 yang disarankan oleh pemerintah.

Para penerima bantuan dominan masyarakat pengguna jalan yang melintasi jalan Soekarno Hatta (baypass_red), mengucapkan terima kasih atas kegiatan baksos oleh Korps Bhayangkari tersebut.

“Ucapan terimakasih kepada Bhayangkari dan Polda Lampung, kami sangat senang dan merasa terbantu dengan adanya bantuan ini” ungkap salah seorang pengendara, Minggu, (17/05/20).

Dalam giat baksos itu juga, Wakapolda dan Bhayangkari Polda Lampung menghimbau agar masyarakat mengikuti Protokol Covid-19 anjuran Pemerintah untuk tetap berada dirumah saja dan tetap menjaga jarak serta kebersihan dengan mencuci tangan dan menggunakan masker maupun menjaga imun tubuh serta tidak melakukan kegiatan yang menyebabkan berkumpulnya masyarakat supaya dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Lampung. (Arya)

 1,539 total views,  30 views today

Continue Reading

Trending Topic