Connect with us

Lampung Selatan

Penyaluran DD Tahap III Tersendat, Bulan November Ini Baru Bisa Cair

Published

on

Keterangan Gambar : Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Lampung Selatan, Intji Indarti

Hanuang.com – Penyaluran Dana Desa (DD) termin III tahun anggaran 2019 di Kabupaten Lampung Selatan tersendat. Biasanya pencairan DD tahap III terlaksana pada Juli atau paling lambat akhir September setiap tahunnya.

Namun pada 2019 ini, hingga minggu ketiga November baru desa beberapa kecamatan saja yang sudah bisa mencairkan. Kepala Desa di Kecamatan Kalianda yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan bahwa desa-desa di wilayah ibu kota kabupaten ini memang sudah bisa mencairkan DD untuk tahap III. Namun pencairan  DD tahap III sebesar 40 persen ini tergolong telat, karena baru bisa diajukan pada awal November lalu.

“Biasanya paling lama akhir September, tapi sekarang kondisinya bisa telat nyaris sampai 2 bulan,” katanya seraya mengaku tidak paham alasan keterlambatan ini.

Sesuai mekanisme, DD yang telah disalurkan dari RKUN (Rekening Kas Umum Negara) ke RKUD (Rekening Kas Umum Daerah), tidak boleh mengendap dalam tempo paling lama 7 hari. Jika hal tersebut terjadi, maka Pemerintah Daerah bisa dikenakan sanksi. Apa lagi pengendapan dana dikarenakan dialihkan dan dikelola pemda.

Dana desa 2019 disalurkan melalui tiga tahap yakni tahap I sebesar 20 persen, tahap II sebesar 40 persen dan tahap III sebesar 40 persen.

Penyaluran DD jelas tidak boleh tersendat atau tidak lancar. Hal tersebut berpengaruh hingga bisa menghambat suatu rencana kegiatan yang telah dibuat dan diusulkan melalui Rencana Anggaran Biaya (RAB) tahun sebelumnya. Minimal waktu penyaluran DD adalah 3 bulan. Jika kurang dari alokasi waktu tersebut dikhawatirkan DD termin III tidak terserap secara maksimal. Bahkan jika dipaksakan berpotensi terjadi penyimpangan.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lampung Selatan, Intji Indrawati saat dihubungi melalui pesan WhatsApp untuk dimintai konfirmasinya menyatakan bahwa penyaluran DD merupakan wewenang Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).  “Itu domainnya dinas PMD ya,” Sebut dia singkat, Jumat (22/11/2019).

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 225/PMK.07/2017 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.07/2017 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa.

Bahwa Tahap I paling cepat bulan Januari dan paling lambat minggu ke-3 bulan Juni  sebesar 20% dengan syarat Perdes (Peraturan Desa) tentang APBDesa;Peraturan Daerah mengenai APBD;Peraturan Kepala Daerah mengenai tata cara pengalokasian dan rincian Dana Desa per desa.

Tahap II disalurkan paling cepat bulan Maret, dan paling lambat minggu ke-4 bulan Juni  sebesar 40% dengan syarat:

Laporan Realisasi Penyaluran Dana Desa tahun sebelumnya,Laporan Konsolidasi Realisasi Penyerapan dan Capaian Output Pelaksanaan Dana Desa tahun sebelumnya.

Tahap III sebesar 40%. Disalurkan paling cepat bulan Juli, dengan syarat, Laporan Realisasi Penyaluran Dana Desa  minimal 75%, atau Tahap II, Laporan Konsolidasi Realisasi Penyerapan dan Capaian Output Dana Desa sampai dengan tahap II.

Penulis : ROW

Editor : Arya

 4,100 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Serka Basuni Ajak Para Calon Kades Ciptakan Suasana Damai

Published

on

By

Hanuang.com – Babinsa Palas, Serka Basuni Aka, mendampingi Proses penelitian berkas bacalon Kades Mandalasari, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Senin, (21/06/21).

“Pada hari ini kita berkumpul disini adalah untuk meneliti berkas bakal calon yang akan menjadi calon Kepala Desa. Sebelum sampai hari ini sudah kita ketahui semua bahwa kami sudah memulai tahap-tahapan mulai dari pengumuman, pendaftaran, sampai pada hari ini memverifikasi atau meneliti berkas bakal calon Kades dengan membawa persyaratan yang sudah ditentukan” ujar Eva selaku Ketua Panitia.

Hal senada diungkapkan Serka Basuni yang berharap para peserta dapat menciptakan suasana aman dan kondusif.

pesta demokrasi ini harus berjalan dengan aman dan kondusif, jangan sampai ada gesekan-gesekan yang bisa menjadi tidak kondusif untuk daerahnya masing-masing. Perlu kita ingat bahwa takdir seseorang sudah menjadi ketentuan dari Tuhan dan siapapun yang terpilih nanti kita harus mendukungnya” bebernya. (*)

 629 total views,  629 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Di Lamsel, Peradi, HMI, dan PT. Pertamina Gelar Silaturahmi Bersama Bupati

Published

on

By

Hanuang.com – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menerima kunjungan silaturahmi dengan DPC PERADI Kalianda dan Pengurus Cabang HMI Bandar Lampung serta melakukan audiensi bersama PT. Pertamia (Persero) terkait pelaksanaan program langit biru di wilayah kabupaten lampung selatan, Senin (21/6/2021).

Bertempat diruang kerjanya, Bupati Nanang Ermanto menyambut baik seluruh kunjungan kerja yang dilakukan masing-masing pihak terkait diatas.

Turut mendampingi Sekretaris Daerah Lamsel, Thamrin, S.Sos, MM, Asisten Bid. Pemerintahan, Supriyanto, Para Staf Ahli Bupati dan Para Kepala OPD terkait lainnya.

Pada Kesempatan itu, Nanang Ermanto menyampaikan kepada DPC PERADI Kalianda terkait kerja sama dengan pemerintah daerah agar dicarikan rumusannya dan berharap kepada PERADI agar dapat membantu masyarakat dalam menghadapi persoalan hukum.

“Saya berterima kasih dengan terbentuknya DPC PERADI kalianda, semoga dengan adanya PERADI ini merupakan jalan keluar dalam membantu masyarakat terkait upaya menghadapi persoalan-persoalan hukum,” Ucapnya.

Selanjutnya pada audiensi bersama PT. Pertamina (Persero) Bupati Lamsel, H. Nanang Ermanto mendukung program langit biru dan berharap program tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat dengan hilangnya polusi udara.

“Saya berterima kasih terkait program langit biru dari PT. Pertamina (persero), bahwa benar-benar situasi saat ini polusi udara harus menjadi perhatian kita bersama, Semoga dengan adanya program ini udara di lamsel lebih asri lagi, dan virus-virus corona bisa hilang,” ujarnya. (*)

 707 total views,  707 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Dankodiklat TNI AD Sambangi Kabupaten Gerbang Sumatera

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421/LS, Letkol Inf. Enrico SN, menyambut kedatangan Dankodiklat TNI AD, Letjen TNI AM. Putranto beserta rombongan di Bandara Internasional Raden Intan II Beranti Natar, Lamsel, Minggu, (20/06/21).

Kedatangan Dankodiklat TNI AD beserta rombongan ke wilayah Provinsi Lampung dalam rangka melakukan kunjungan kerja meninjau latihan YTP Batalyon Infanteri 203 di Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan.

Dankodiklatad beserta rombongan, selanjutnya meninggalkan VIP Room Bandara Internasional Raden Inten ll Lampung menuju Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan guna melaksanakan serangkaian kunjungan kerjanya. (*)

 2,078 total views,  1,357 views today

Continue Reading

Trending Topic