Hanuang.com

Home

Panen Raya Padi, Program Upaya Khusus Di Pulau Jaya

Hanuang.com – Plt.Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Nanang Ermanto, bersama dirjen PSP, kementan RI, Ir. Pending Dadih Permana, M.EC, DEV, Irjen Kementan RI Justan Riduan Siahaan, Ak, M.ACC, CA, QIA, dan anggota Komisi IV DPR RI Sudin, SE, melakukan Panen Raya Padi Program Upaya Khusus (UPSUS) di Desa Pulau Jaya, Kecamatan Palas, Kabupaten Lamsel, Jum’at, (02/11/18).

Dalam kegiatan tersebut sekaligus acara percepatan tanam padi dengan sistim gogo rancah yang mana sistim ini merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan pemanfaatan lahan kering.

Panen raya padi pertanaman musim gadu April-September dengan luas tanam 46.802 ha, jagung seluas 32.116 ha, kedelai 7.400 ha dengan rata-rata pasi 5,3 ton/ha, jagung 5,5 ton/ha serta kedelai 0,95 ton/ha.

Plt. Bupati Lamsel, Nanang Ermanto, menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran pemerintah pusat yang telah banyak memberikan bantuan dibidang Pertanian di wilayah Lamsel.

“Namun petani disini sangat membutuhkan adanya embung sebagai penampungan air sehingga petani disini dapat meningkatkan hasil panen” pinta Nanang dalam sambutannya.

Dirjen PSP Kementan, Ir. Pending Dadih Permana, MEC, DEV, dalam sambutanya mengatakan bahwa di Indonesia ada 11 provinsi yang menjadi lumbung pangan nasional dan Lampung termasuk di dalamnya, Oleh karena itu negara wajib hadir disini.

Menanggapi permintaan Gapoktan akan keperluan air dan ketersediaan lahan seluas 25×50 meter di sekitar lokasi ini, minggu depan dirjen akan mengirim 4 eksafator untuk membantu pembuatan embung di lokasi tersebut.

Anggota DPR RI, Sudin, SE, dalam sambutannya mengatakan, agar bantuan alsistan yang diberikan dirawat dan dijaga dengan baik, diharapkan tiga tahun kedepan akan dapat bantuan lagi.

“Saya berharap Gapoktan memiliki balai pertemuan agar para anggota dapat melakukan musyawarah dengan nyaman” tukasnya. (Arya)

Share

BERITA TERBARU