Connect with us

Lampung Tengah

Panen Raya Padi, Program Upaya Khusus Di Pulau Jaya

Published

on

Plt. Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, Saat Menghadiri Panen Raya Di Desa Pulau Jaya, Kecamatan Palas

Hanuang.com – Plt.Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Nanang Ermanto, bersama dirjen PSP, kementan RI, Ir. Pending Dadih Permana, M.EC, DEV, Irjen Kementan RI Justan Riduan Siahaan, Ak, M.ACC, CA, QIA, dan anggota Komisi IV DPR RI Sudin, SE, melakukan Panen Raya Padi Program Upaya Khusus (UPSUS) di Desa Pulau Jaya, Kecamatan Palas, Kabupaten Lamsel, Jum’at, (02/11/18).

Dalam kegiatan tersebut sekaligus acara percepatan tanam padi dengan sistim gogo rancah yang mana sistim ini merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan pemanfaatan lahan kering.

Panen raya padi pertanaman musim gadu April-September dengan luas tanam 46.802 ha, jagung seluas 32.116 ha, kedelai 7.400 ha dengan rata-rata pasi 5,3 ton/ha, jagung 5,5 ton/ha serta kedelai 0,95 ton/ha.

Plt. Bupati Lamsel, Nanang Ermanto, menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran pemerintah pusat yang telah banyak memberikan bantuan dibidang Pertanian di wilayah Lamsel.

“Namun petani disini sangat membutuhkan adanya embung sebagai penampungan air sehingga petani disini dapat meningkatkan hasil panen” pinta Nanang dalam sambutannya.

Dirjen PSP Kementan, Ir. Pending Dadih Permana, MEC, DEV, dalam sambutanya mengatakan bahwa di Indonesia ada 11 provinsi yang menjadi lumbung pangan nasional dan Lampung termasuk di dalamnya, Oleh karena itu negara wajib hadir disini.

Menanggapi permintaan Gapoktan akan keperluan air dan ketersediaan lahan seluas 25×50 meter di sekitar lokasi ini, minggu depan dirjen akan mengirim 4 eksafator untuk membantu pembuatan embung di lokasi tersebut.

Anggota DPR RI, Sudin, SE, dalam sambutannya mengatakan, agar bantuan alsistan yang diberikan dirawat dan dijaga dengan baik, diharapkan tiga tahun kedepan akan dapat bantuan lagi.

“Saya berharap Gapoktan memiliki balai pertemuan agar para anggota dapat melakukan musyawarah dengan nyaman” tukasnya. (Arya)

 2,835 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Dandim Lamsel Libas Medan Ekstrim di Trail Adventure Lamteng

Published

on

By

Hanuang.com – Letnan kolonel INF Enrico Setiyo Nugroho S.Sos M.Tr (Han) selaku Dandim 0421 Lampung Selatan (Lamsel), terjun langsung menyusuri medan ekstrim dengan motor trailnya YZ 250 Pabrikan Yamaha di Adventure Trail Lampung Tengah (Lamteng), Minggu, (07/02/21).

Selain Dandim, banyak juga para Offroader yang datang dari berbagai daerah, diantaranya daerah Kota Bandar Lampung, Lampung Timur, Tanggamus, dan lainnya.

Para Offroader ini akan menyusuri medan ekstrim yang sudah telah disiapkan oleh panitia melalui route off road, star di Makodim 0411 Lampung Tengah.

Ini Rute Off Road tersebut :

  • Makam pahlawan – Lampu merah ganjar agung – SD tingkat 16 C – Metro Kibang ( Lamtim) –  Jembatan gantung ( Lamtim) –  Sumber agung (Lamtim) –  Gajah mati (Lamsel) – Batang hari ogan ( Pesawaran ) dan Finish akhir di (Kodim 0411/LT).

Menurut Enrico, dimasa Pandemi Covid-19 ini, olahraga sangat penting dalam menerapkan pola hidup sehat.

“Mari kita ajak saudara kita untuk mematuhi protokol kesehatan, serta harus rajin berolahraga agar Imun tubuh kita selalu terjaga dan kita terhindar dari Virus berbahaya Ini” ujarnya.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Dandim Lampung Tengah beserta Team Komunitas Adventure Trail Kebo Ireng yang sudah menginisiasi kegiatan ini, dimana saya ingin turut andil dalam rangka Trail Adventure Bersama Komunitas Trail yang berada di Kota Metro” tambahnya.

“Disamping itu, kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi bagi para Offroader yang datang dari berbagai daerah, bahkan saya bisa bersilaturahmi dengan Komunitas Trail dari wilayah Kabupaten lainnya” tutupnya. (*)

 2,662 total views,  5 views today

Continue Reading

Lampung Tengah

Jadi Pjs Bupati Lamteng, Adi Ajak Forkopimda Perangi COVID-19

Published

on

By

Lampung Tengah – Mengawali tugasnya sebagai Pjs. Bupati Lampung Tengah, Adi Erlansyah melakukan Rapat Koordinasi bersama Unsur Forkopimda dan Jajaran Pemkab Lampung Tengah di Rumah Dinas Waklil Bupati di Gunung Sugih, Kamis, (01/10/20).

Rapat koordinasi tersebut di hadiri Ketua DPRD Lampung Tengah, Kajari Gunung Sugih, dari Polres, Dandim 0411, KPU, Bawaslu dan Unsur Forkopimda lainnya serta jajaran Pemkab Lampung Tengah yang menjadi bahasan terkait tentang penanganan virus Covid-19 yang hingga kini belum berakhir dan pelaksanaan tahapan pelaksanaan pilkada di Lampung Tengah di tengah pandemi.

Dalam keterangannya Pjs. Bupati Lampung Tengah Adi Erlansyah mengucapkan terima kasih atas peran Forkopimda sangat luar biasa dalah hal mendukung berbagai program pembangunan, selain itu terkait penanganan pencegahan dan penyebaran virus corona di Lampung Tengah sangat luar biasa.

Adi Erlansyah berharap agar kita lebih perkuat sampai lapisan terbawah, yakni sampai di Pemerintah Desa.

Hal itu harus disosialisasikan, sehingga lebih mendisiplinkan masyarakat sampai lapisan terbawah dengan apa yang sudah ditetapkan.

“Sosialisasi merupakan bagian yang sangat penting, agar masyarakat bersama dengan pemerintah bekerjasama mencegah meluasnya penyebaran virus ini,” ucapnya.

Selain itu, Adi Erlansyah meminta Kepada seluruh jajaran agar lebih ektra kerja keras untuk menertibkan dan mendisiplinkan serta menyamakan persepsi masyarakat agar pandemi ini tidak meluas.

“Artinya ini perlu ditindaklanjuti, apa yang harus lebih diperketat lagi, sehingga masyarakat kita mempunyai kesadaran dari diri mereka sendiri. Sosialisasi kita sangat penting, dari jajaran OPD, dari Camat, tokoh masyarakat dan adat juga harus bekerjasama mewujudkan hal tersebut,” ajaknya.

“Pada intinya, saya melihat sistem ini sudah maksimal, tinggal kita perlu mengevaluasi dari pada sistem itu. Maka pada hari ini kita mengevaluasi daripada sistem tersebut, dan akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan dan akan memberikan teguran atau sangsi semacam razia kepada warga masyarakat yang tidak mematuhi protocol kesehatan” ungkapnya Adi Erlansyah. (*)

 1,877 total views,  5 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Kodim Lamsel Sambut Jenazah Prajurit Terbaik Yang Gugur Saat Kontak Senjata Dengan KKB

Published

on

By

Hanuang.com, Natar – Kodim 0421/LS, dalam hal ini Perwira Seksi Oprasi (Pasi Ops Dim) Kodim 0421/LS, Kapten Inf. Rudi Teguh dan anggota ikut terlibat dalam Penjemputan jenazah Pratu Dwi Akbar Utomo, Anggota Yonif 711/Rks Brigif 22/OM Dam Xlll/Mdk, Jab. Penugasan : Babinsa Ramil Hitadipa Kodim Persiapan Intan Jaya Korem 173/PVB, yang tertembak kelompok bersenjata disambut isak tangis keluarga dan kerabat saat tiba di kampung halaman rumah duka di Terbanggi Agung Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah, Senin (21/09/20).

Kapten Inf. Rudi Teguh mewakili Komandan Kodim 0421/LS, Letkol Inf. Enrico SN, S.sos, M.tr (Han) mengatakan, jenazah tiba di Bandara Internasional Radin Inten ll Beranti Lampung Selatan dengan menggunakan pesawat Lion Air Noper – Jt : 240.

“Jenazah almarhum kemudian dibawa ke rumah duka di Kampung Terbanggi Agung Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah, menggunakan mobil ambulance milik RS. DKT Bandar Lampung,” terangnya.

“Saat tiba dirumah duka, isak tangis keluarga dan kerabat almarhum pecah, Histeris sanak dan keluarga tak henti meneriakan almarhum yang mereka cintai, bahkan ibu kandungnya sampai jatuh pingsan,” ujarnya.

Insiden penembakan yang menewaskan Pratu. Dwi Akbar Utomo, Prajurit TNI yang gugur dalam kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB), terjadi di Pos Koramil Persiapan Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Sabtu, (19/09/20).

Informasi tersebut dibenarkan, Pasi Ops Kodim 0421/LS, Kapten Inf. Rudi Teguh dalam hal ini beliau mewakili Dandim 0421/LS, Letkol Inf. Enrico SN,. S.sos,. M.tr(Han) saat dikonfirmasi di Bandara Internasional Radin Inten ll Beranti.

“Benar, Pratu. Dwi Akbar Utomo gugur karena luka tembak dalam kontak senjata di Papua kemarin, informasinya almarhum meninggal pada pukul 14.50 WIT, Saya mewakili Dandim 0421/LS dan seluruh keluarga besar Makodim 0421/LS, turut berduka cita atas meninggalnya almarhum, semoga meninggal dalam keadaan syahid dalam mengamankan NKRI,” Pungkas, Kapten Inf. Rudi Teguh mewakili Letkol Inf. Enrico SN, S.sos, M.tr (Han) Dandim 0421/LS. (Arya)

 4,533 total views,  5 views today

Continue Reading

Trending Topic