Connect with us

Lampung Selatan

Optimalisasi PAD, BPPRD Adakan Pembinaan Dan Penyuluhan Wajib Pajak Serta Retribusi Daerah

Published

on

Hanuang.com – Dalam rangka optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD), Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Lampung Selatan mengadakan pembinaan dan penyuluhan kepada wajib pajak dan retribusi daerah di Aula Pertemuan Negeri Baru Resort Kalianda, Rabu (7/8/2019).

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan Ir. Fredy SM, MM, turut dihadiri Tim Koordinasi, Supervisi, dan Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Friesmount Wongso dan Rikhi Sulaeman.

Kepala BPPRD Kabupaten Lampung Selatan Badruzzaman, S.Sos, MM menjelaskan, dilaksanakannya kegiatan itu dilatarbelakangi dengan adanya koordinasi supervisi pembinaan dari KPK RI yang dilaksanakan setiap beberapa bulan sekali.

Selain itu kata dia, kegiatan itu sebagai upaya mendorong untuk lebih mengupayakan optimalisasi pendapatan daerah dan juga melakukan hal-hal rencana aksi sesuai arahan KPK.

“Ini juga karena adanya beberapa hal yang masih menjadi permasalahan terkait kendala-kendala yang kami hadapi dalam melaksanakan rencana aksi tersebut. Maka hari ini kita laksanakan kegiatan ini dengan menghadirkan langsung narasumber dari Tim Korsupgah KPR RI ,” tutur Badruzzaman dalam laporannya.

Adapun kata Badruzzaman, maksud dilaksanakannya kegiatan itu, adalah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Lampung Selatan dari sektor pajak daerah.

Untuk itu kata dia, diperlukan peran serta dan partisipasi dari wajib pajak dan retribusi daerah dalam upaya meningkatkan PAD Kabupaten Lampung Selatan, khususnya dari sektor pajak hotel dan restoran, pajak hiburan, pajak parkir, pajak air bawah tanah, pajak air mineral bukan logam, dan pajak reklame sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

“Sedangkan tujuannya untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan wajib pajak tentang pajak dan retribusi daerah. Serta kita ingin memberikan pemahaman akan pentingnya melakukan pembayaran pajak dan retribusi pajak tepat waktu,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Lampung Selatan Fredy menyampaikan, bahwa sebagai upaya pengelolaan pajak daerah dan retribusi daerah, Pemkab Lampung Selatan bekerjasama dengan PT Bank Lampung telah melakukan terobosan-terobosan dalam pengelolaan pajak daerah, seperti pemasangan Tapping Box dibeberapa wajib pajak hotel dan restoran.

“Kedepan kita juga akan lakukan pemasangan Water Meter pada wajib pajak air bawah tanah. Ini dilakukan untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, efektifitas dan efisiensi dalam pemungutan pajak,” ujar Fredy.

Dalam kesempatan itu, Fredy juga mengimbau kepada seluruh wajib pajak terutama pimpinan perusahaan, pemilik hotel, pemilik rumah makan, untuk dapat tertib membayar tagihan pajak tahun berjakan maupun tunggakan pajak pada tahun-tahun sebelumnya.

Fredy juga meminta kepada petugas pemungutan pajak untuk tidak bermalas-malasan dalam menjalankan pemungutan pajak kepada wajib pajak.

“Saudara-saudara (petugas) sekalian harus aktif melakukan penagihan sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya membayar pajak daerah bagi pembangunan Kabupaten Lampung Selatan. Karena dengan membayar pajak tepat waktu adalah bukti nyata kita mencintai Kabupaten Lampung Selatan ini,” tandasnya.

Lebih lanjut Fredy menyampaikan, Pemkab Lampung Selatan juga memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada wajib pajak yang telah aktif dan tertib dalam membayar pajak tepat waktu demi pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan.

Ia juga menegaskan, Pemkab Lampung Selatan juga tidak ragu-ragu dan akan menindak tegas segala bentuk penyelewengan dalam pemungutan pajak-pajak daerah sesuai dengan ketentuan Perundang-undangan yang berlaku.

“Saya minta kepada para peserta pembinaan dan penyuluhan wajib pajak dan retribusi daerah agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Sehingga diharapkan PAD Kabupaten Lampung Selatan dapat meningkat secara signifikan,” pungkasnya. (Arya/Aziz)

 1,465 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Menteri PUPR Sambangi Provinsi Sai Bumi Ruwa Jurai

Published

on

By

Hanuang.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dr. Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono, melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Provinsi Sai Bumi Khua Jukhai, Senin, (25/01/21).

Tiba di Dermaga 7 Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan (Lamsel), kedatangan beliau disambut oleh Kapolres Lamsel, AKBP Zaky Nasution, Dirut ASDP, Ira Puspita, Kepala BPTD Bakauheni Lamsel, Rahmat Gustisari, GM ASDP, Capt Solikhin, Menejer Usaha ASDP Nana, KSKP Bakauheni, AKP Ferdi, Subdenpom 2/3 Bakauheni, Kapten Cpm Syambasri, Anggota Brimob Polda Lampung, dan Anggota Polres Lamsel.

Kunjungan kerja Menteri PUPR di Lampung tersebut dalam rangka Penanaman Pohon di KM 87, Jalan Trans Sumatra dan Peninjauan Bendungan Marga Tiga Kabupaten Lampung Timur (Lamtim).

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, bahwa setibanya di ASDP Bakauheni, sang Menteri singgah di salah satu Icon kebanggaan masyarakat Lampung Selatan (Lamsel), yakni Menara Siger. (*)

 2,551 total views,  453 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Keluarga Besar Kodim 0421 Lamsel Gelar ‘Family Gathering’

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421 Lampung Selatan (Lamsel), Letkol Inf. Enrico SN, bersama perwira jajaran Kodim, ibu Ketua Persit KCK dan pengurus cabang XXXIII Kodim beserta keluarga melaksanakan acara family gathering yang berlokasi di obyek wisata Kahai Beach Resort, Kecamatan Rajabasa, Lamsel, Minggu, (24/01/2021).

Beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam acara tersebut, salah satunya melakukan makan malam bersama, pemberian arahan, arisan, hiburan dan juga istirahat untuk menikmati keindahan alam sekitar obyek wisata Kahai Beach Resort.

“Kegiatan ataupun acara ini adalah untuk lebih mempeerat hubungan antara pemimpin (Dandim 0421/LS) dengan segenap jajaran perwira Kodim 0421/LS, agar timbul rasa persaudaraan serta persatuan yang kuat dalam menyongsong semua tugas – tugas satuan sebagai aparat komando kewilayahan yang mempunyai 2 wilayah kabupaten (lamsel dan pesawaran) sehingga semua dapat berjalan serta tercapai” pungkasnya.

“Selain tujuan dari pada itu, 2 wilayah kabupaten lamsel dan pesawaran sama – sama memiliki obyek wisata yang cukup eksotik, sehingga dapat untuk dilakukan koordinasi sekaligus berlibur di lokasi obyek wisata ini” tutupnya. (*)

 2,636 total views,  451 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Polres Gelar Sertijab Waka, Kabagren, Kasat Reskrim, dan Kapolsek di Lamsel

Published

on

By

Hanuang.com, KALIANDA – Kepolisian Resor (Polres) Lampung Selatan (Lamsel) menggelar upacara serah terima jabatan Wakapolres, Kabagren, Kasat Reskrim dan Kapolsek Penengahan, bertempat di lapangan apel Mapolres baru Jalan Lintas Sumatera, Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, Senin (25/1/2021).

Kapolres Lamsel AKBP Zaky Alkazar Nasution yang memimpin langsung jalannya upacara serah terima jabatan, dalam arahannya menyebut serah terima jabatan merupakan hal yang biasa dan suatu keharusan dalam upaya peningkatan kinerja organisasi, khususnya Polres Lamsel.

“Hal itu merupakan bentuk promosi serta pengembangan karir dan penyegaran bagi pejabat yang bersangkutan,” jelas AKBP Zaky.

Pada kesempatan itu, Kapolres atas nama pimpinan dan keluarga besar Polres Lamsel mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pejabat yang lama atas pengabdian dan kinerja serta kontribusi demi kemajuan Polres Lamsel.

“Kepada para pejabat yang baru, saya mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di Polres Lampung Selatan. Segera menyesuaikan diri, jalin hubungan baik dengan tokoh masyarakat dan uspika setempat serta jaga kekompakan sesama anggota, sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik,” himbau AKBP Zaky.

Pada penghujung acara, AKBP Zaky juga mengingatkan situasi pandemi Covid-19 yang dari hari ke hari kian meningkat. Bahkan, Lamsel kini ditetapkan masuk zona merah.

“Saya berpesan agar kita tetap menjaga kesehatan baik diri sendiri maupun keluarga dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat,” pungkas AKBP Zaky.

Diketahui, Wakapolres Lamsel yang semula dijabat oleh Kompol Yuspita Ujang Jundari digantikan Kompol Eko Nugroho, sedangkan Kabagren yang dijabat Kompol Marwan Kholid kini digantikan oleh Kompol Parhan, kemudian Kasat Reskrim semula dijabat Iptu Edi Yulianto beralih ke AKP Enrico Donald Sidauruk dan Kapolsek Penengahan yang semula dipimpin AKP Hendra Saputra kini dijabat oleh Iptu Setio Budi Howo.

Pelaksanaan upacara serah terima jabatan, berdasarkan Keputusan Kapolda Lampung Nomor : Kep/9/1/2021, tanggal 13 Januari 2021, Tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam di Lingkungan Polda Lampung. (*)

 2,739 total views,  461 views today

Continue Reading

Trending Topic