Connect with us

Lampung Selatan

Masyarakatnya Terkena Banjir, Nanang Tinggalkan Rapat Umum Bersama Megawati

Published

on

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Pemkab Lamsel) melalui beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) reaksi cepat dan tanggap dalam merespon banjir yang terjadi dibeberapa wilayah Lamsel akibat hujan deras yang mengguyur sejak Jum’at dini hari, Sabtu, (01/12/18).

Ada beberapa wilayah yang terdampak banjir akibat derasnya hujan yang turun sejak Jum’at dan Sabtu dini hari. Di beberapa wilayah Kecamatan Kalianda, Sidomulyo, Palas, Penengahan dan Katibung termasuk yang terdampak cukup parah.

Untuk wilayah kecamatan, para Camat secara intens terus melaporkan perkembangan wilayahnya yang terdampak banjir pada group Jejaring Sosial, WhatsApp resmi Pemkab Lamsel.

Sekdakab Lamsel, Fredy SM, sejak jum’at sudah meninjau Desa Rangai Tri Tunggal Kecamatan Katibung yang terdampak banjir cukup parah dan memerintahkan Dinas Sosial untuk segera membuat dapur umum.

“Segera buat dapur umum. Ketinggian air sepinggang orang dewasa, perabotan rumah tangga pasti terendam air, gak mungkin dapat memasak,” kata Fredy kepada Kadis Sosial, Dulkahar melalui sambungan via telepon selulernya.

Sementara itu, Plt. Bupati Lamsel, Nanang Ermanto, yang pada jum’at masih dinas luar di Jakarta, segera kembali ke Kalianda Lamsel begitu mendapatkan laporan banjir yang melanda wilayahnya.

“Sebenernya Sabtu ini, saya masih ada rapat di Jakarta. Padahal dalam rapat itu ada ibu Megawati (ketua PDI-P), ada Hasto (Sekretaris PDI-P), ada Cahyo Kumolo (Mendagri), tapi saya gak tenang karna warga saya sedang kena musibah” ungkapnya.

“Atas dasar itu, saya ijin untuk tidak mengikuti rapat lanjutan dan pamit menuju kalianda. Ya sudah, segera kembali ke Kalianda, urus rakyatmu” kata Nanang saat menirukan suara Hasto.

“Dan saya ucapkan terima kasih kepada OPD yang responsif dan tetap kompak dalam menangani permasalahan yang ada di wilayah kita. Meski ini hari libur (sabtu_red) Bapak/Ibu masih menyempatkan hadir untuk kita bersama-sama, berkoordinasi menangani persoalan banjir secara cepat,” puji Nanang.

Diantara beberapa wilayah, Desa Rangai Tri Tunggal Kecamatan Katibung yang terletak di sisi jalan Trans Sumatera, merupakan wilayah terdampak banjir paling parah. Selain menyebabkan kemacetan panjang, genangan air sejak jum’at dinihari (sekitar pukul 01 jum’at dini hari puncak banjir) setinggi pinggang orang dewasa masih menggenangi beberapa rumah warga hingga jum’at malam.

Bahkan air masih menggenangi beberapa rumah warga hingga sabtu. Sementara itu, di wilayah lainnya, kendati genangan air cukup tinggi, akan tetapi lebih cepat surut, berbeda dengan banjir yang terjadi di Desa Rangai Tri Tunggal.

Dengan pertimbangan tersebut, Pemkab Lamsel, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mendirikan tenda darurat di Desa Rangai Tri Tunggal, guna mengantisipasi jika terjadi banjir susulan dan tenda tersebut dapat menampung sebanyak 60 orang. Sedangkan Dinas Sosial bersama Tagana membuat dapur umum.

Sekretaris Tagana Lamsel, Hasran Hadi, menjelaskan bahwa dapur umum telah dipersiapkan sejak jum’at sore.

“Ada 30 personil Tagana, sejak jum’at sore kami sudah bekerja. Dan pagi ini kami mulai masak,  dibantu dengan beberapa ibu-ibu warga sekitar” ungkapnya.

Sementara itu, di Desa Talang Baru Kecamatan Sidomulyo, Puskesmas Sidomulyo mendirikan Posko Kesehatan untuk membantu warga bila ada yang terkena penyakit seperti gatal-gatal akibat dari banjir.

“Sekitar pukul 6 pagi, saya diperintahkan Kepala Dinas Kesehatan (Jimmy Banggas Hutapea_red) untuk segera mendirikan Posko Kesehatan. Ada 5 personil yang kita bawa untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah banjir” ungkap Rokcy, KUPT Puskesmas Sidomulyo menjelaskan. (Arya)

 1,897 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Di Lamsel, Sulpakar Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Published

on

By

Hanuang.com – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Lampung Selatan, Drs. H. Sulpakar, MM memimpin upacara peringatan hari Sumpah Pemuda yang diadakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lampung Selatan di Halaman Sekretariat Kwarcab setempat, Rabu pagi (28/10/2020).

Upacara yang diikuti Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka serta anggota Pramuka se-Kabupaten Lampung Selatan tersebut, sekaligus disatukan dengan Apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli Bencana, Kwarab Gerakan Pramuka Lampung Selatan.Hadir juga Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan, Sukadi beserta sejumlah pejabat utama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam amanatnya, Sulpakar mengtakan, momentum peringatan hari Sumpah Pemuda harus dapat dijadikan sebagai semangat persatuan dan kesatuan para pemuda dalam memperjuangkan cita-cita dan masa depan.

Menurutnya, para pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus mampu menjawab tantangan zaman yang semakin komplek ini.

“Hal ini sesuai dengan tema Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020 yaitu ‘Semangat Bersatu dan Bangkit’. Tema ini mempunyai kesan tegas sebagai salah satu sifat pemuda yang energik dan aktif,” ujar Sulpakar saat menyampaikan sambutan sebagai pembina upacara tersebut.

Disela-sela upacara itu, juga dilakukan penandatangan Kesepakatan Bersama antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan dengan Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan mengenai komitmen bersama dalam penanggulangan bencana alam dan non alam di daerah setempat.

Pjs Bupati Lampung Selatan, juga sempat memberikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa helm, face shield, dan sepatu boot secara simbolis kepada dua orang anggota Gerakan Pramuka Lampung Selatan.

Terkait penanggulangan bencana, Sulpakar mengajak seluruh peserta khususnya adik-adik anggota pramuka dan BPBD agar dapat saling bersinergi dan bekerjasama dalam menghadapi perubahan iklim dan fenomena alam yang dapat menimbulkan bencana dan menelan korban jiwa di daerah setempat.

Untuk itu, Sulpakar juga mengingatkan, semangat gotong royong harus dikedepankan dalam menghadapi setiap persoalan. Karena kata dia, seberat apa pun masalah, jika dilakukan dengan fokus dan bersatu akan diselesaikan dengan baik.

“Termasuk dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri kita. Oleh karena itu kita harus tumbuhkan semangat persatuan dan gotong royong. Kita harus berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti Gerakan Pramuka termasuk dengan para pemuda dan elemen masyarakat lainnya,” tandasnya. (Aziz)

 496 total views,  496 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Cuti Bersama, Basarnas Tinjau Kesiapsiagaan Personil di Pelabuhan Bakauheni

Published

on

By

Hanuang.com – Tim Basarnas yang diketuai oleh Mayjen TNI Marinir, Bambang Suryo Adji, dari bidang Deputi Operasi Kesiapsiagaan, menggelar Kunjungan Kerja (Kunker) ke PT. ASDP Indonesian Ferry Cabang Bakauheni, Lampung Selatan (Lamsel), Rabu, (28/10/20).

Kunker tersebut untuk melakukan peninjauan kesiapsiagaan seluruh personel yang ditempatkan diposko – posko, dalam rangka menghadapi cuti bersama Peringatan Maulid Nabi Muhammada SAW 1442 H Tahun 2020 yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Kunker Bambang Suryo Adji Mayjen TNI Mar. Deputi Operasi kesiapsiagaan juga didampingi oleh Dir. Siaga Didi Hamzar S. Sos M.M, Sigit Mintarso Atd Kepala BPTD Wil VII, Bambang Sumbogo, Kadishub Provinsi Lampung, Jumaril, Kakansar Provinsi Lampung, Solikhin selaku General menejer PT. ASDP, Kapolres lamsel diwakili Kompol Ujang, Dandim 0421/LS diwakili Kapten Kav H. Limbong dan Dansup Denpom II/3/2 lamsel Kapten Cpm Syambasri.

Mayjen TNI Mar, Bambang suryo Adji dalam kunkernya mengatakan bahwa, menyambut cuti bersama dan libur panjang ini, siaga mulai digalakkan.

“Perlu diketahui siaga dimulai sejak tanggal 27 oktober hingga tanggal 02 november 2020 mendatang, hari ini kami ada tiga kegiatan, yakni melakukan peninjauan udara dengan sasaran pelabuhan cabang Bakauheni Lamsel, simpang Nagrek Garut Jabar, dan Kalikalung” pungkanya.

“Dihadapkan pada kondisi cuaca yang extrim ini dan kurang bagus ini, perlu diantisipasi terhadap kemungkinan terjadinya hal yang menonjol dan harus benar – benar siaga, apabila terjadinya musibah ataupun bencana lainnya, dan mudah mudahan tidak ada hal yang menonjol, kepada petugas yang ikut terlibat dalam pengamanan semoga diberikan kesehatan dan keselamatan” tandasnya. (*)

 490 total views,  490 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Gowes Sehat, Dandim Lamsel Bersama Rombongan Tempuh Jarak Puluhan Kilo

Published

on

By

Hanuang.com – Komandan Kodim (Dandim) 0421/Lamsel, Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho S. Sos M.Tr (Han), bersama 35 orang anggota Bintara dan Tamtam Remaja, melakukan olahraga gowes sepeda guna menjaga stamina dan kebugaran tubuh, Rabu, (28/10/20).

Kegiatan gowes sepeda kali ini dengan jarak tempuh sekitar 20 KM, dengan route start dari Makodim, Jalan Lintas Sumatra – Kelurahan Kalianda – Desa Negeri Pandan – Simpang Palas – Desa Rawi – Desa Kelau – Desa Ruang Tengah – Desa Penengahan, dan finish awal di Koramil 421-03/Penengahan untuk beristirahat.

Selesai beristirahat Dandim 0421/LS, bersama anggota bintara dan tamtama remaja yang terlibat pada kegiatan gowes sepeda, melanjutkan kembali gowes sepedanya menuju hingga ke finish akhir kodim 0421/LS.

“Gowes sepeda ini, merupakan bentuk olahraga yang cukup menantang juga menyenangkan, disamping untuk melatih kekuatan otot kaki dan semua anggota tubuh, namun juga bisa mengenali kondisi wilayah yang ada disekitar Kodim 0421/LS, selain itu kita mengajak kepada lapisan masyarakat agar gemar berolahraga, dengan tujuan stamina tetap terjaga baik kondisi tubuhpum menjadi bugar berkat berolahraga” pungkasnya.

“Saya selalu mengingatkan kepada masing – masing anggota dijajaran kodim 0421/LS, agar selalu menjaga kesehatannya dengan berolahraga, sehingga semua tugas – tugas yang mereka emban di lapangan dapat tercapai secara maksimal berkat kondisi tubuh yang sehat dan bugar” tandasnya. (*)

 510 total views,  510 views today

Continue Reading

Trending Topic