Connect with us

Lampung Selatan

Masyarakat Lamsel Kini Bisa Sampaikan Keluhan Lewat Aplikasi LAPOR

Published

on

Hanuang.com – Guna mempermudah pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) mulai gencar mesosialisasikan program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

Dengan layanan aplikasi itu, masyarakat Lamsel kini bisa menyampaikan aduan dan keluhannya berbasis online.

Sosialisasi yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkab Lamsel, sekaligus dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang LAPOR, di Aula Bhakti Husada Dinas Kesehatan setempat, Rabu (19/12/2018).

Acara itu dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Admistrasi Umum (Adum) Drs. Anas Anshori. Turut hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Lamsel, Camat Kalianda dan Camat Rajabasa.

Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang RI No. 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman, UU RI No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik serta Perpres RI No. 76 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfo M. Sefri Masdian, S.Sos dalam laporannya mengatakan, aplikasi LAPOR merupakan sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang dijalankan dengan prinsip mudah, terpadu dan tuntas.

“Dengan LAPOR, masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduannya melalui situs www.lapor.go.id, SMS ke 1708 (tarif normal), Twitter @LAPOR1708 dengan menyertakan tagar #lapor,” ujar Sefri, Rabu, (19/12/18).

Dia menambahkan, kegiatan yang mengangkat tema “Dengan Aplikasi LAPOR !, Kita Wujudkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Aspirasi Masyarakat”, dilaksanakan selama 2 hari, yang dibagi menjadi 2 termin.

“Termin pertama dari seluruh badan/dinas/instasi/kantor dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. Dan termin kedua (besok, red) akan dilakukan pelatihan kepada calon Admin LAPOR! untuk kecamatan dan Sekertaris Desa,” katanya.

Sefri berharap, sistem pelaporan tersebut dapat segera disosialisasikan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa dengan mudah beriteraksi dengan pemerintah.

“Tujuannya adalah untuk mengikutsertakan peran serta masyarakat dalam mengawasi kinerja pemerintah dan proses pembangunan,” ujarnya.

Semetara, Asisten Bidang Adum Anas Ansori mengatakan, para admin LAPOR adalah gerbangnya dinas/instansi dalam menerima pengaduan atau aspirasi masyarakat. Dia berharap, seorang admin dapat dengan benar-benar melaksanakan tugasnya.

“LAPOR adalah salah satu sarana untuk menampung pengaduan, aspirasi, saran dan masukan dari masyarakat”, kata Anas yang menyampaikan sambutan PLt. Bupati Lamsel, Nanang Ermanto.

Dikatakan Anas, Indonesia adalah pengguna layanan Facebook terbesar di dunia. Menurutnya, fenomena itu memiliki dampak yang baik apabila penggunaannya tepat sasaran.

Begitu pun sebaliknya, kemajuan teknologi dapat pula berdampak buruk apabila digunakan untuk hal-hal yang menyimpang.

“Melihat keadaan ini tentunya diperlukan kesiapan dari seluruh pihak terkait, itulah pentingnya dilaksanakan sosialisasi dan bimbingan teknis LAPOR ini,” imbuh Anas. 

Adapun selain dari Diskominfo Lamsel, narasumber sosialisasi dan bimtek itu menghadirkan Staf Kepresidenan (KSP) dari Kantor Kepresidenan RI. (Arya/Kmf)

 1,711 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Terjun Ke Jalanan, Bawaslu Gelar Sosialisasi Partisipatif Pilkada Lamsel 2020

Published

on

By

Hanuang.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) melalui Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) menggelar Sosialisasi Partisipatif Pilkada Lamsel Tahun 2020.

Dengan terjun langsung ke jalanan, anggota Panwaslu Kecamatan Kalianda menyapa para pengendara baik roda dua ataupun roda empat dengan membagikan berbagai souvernir dan himbauan terkait politik uang di Kelurahan Way Urang, tepatnya di perempatan Hotel Kalianda.

Mewakili Bawaslu Lamsel, Muhammad Fauzi selaku Ketua Panwaslu Kecamatan Kalianda menjelaskan bahwa, pihaknya mengingatkan kembali kepada masyarakat agar menyalurkan hak pilihnya sesuai hati nurani.

“Kami menghimbau kepada masyarakat, untuk dapat mengingat kembali Pilkada 2020 yang jatuh pada tanggal 9 Desember ini, jangan sampai golput, ayo salurkan hak suara kita dengan mencoblos pilihan sesuai hati nurani” jelasnya.

“Tolak Poltik uang, Jangan sampai hanya karena uang yang tidak seberapa, kita menyerahkan nasib Lampung Selatan ini, karena pilihan kita menentukan nasib Lamsel untuk 5 tahun kedepan nanti” tambahnya.

Dirinya juga mengajak masyarakat Lamsel untuk memberantas politik uang dengan cara tolak dan laporkan.

Karena menjanjikan, memberikan, atau menerima uang atau materi lainnya yang mempengaruhi pilihan kepada calon tertentu dianggap perbuatan melawan hukum.

Yang diancam dengan UU No. 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota, dengan ancaman pidana 6 Tahun penjara, dan denda hingga 1 milyar rupiah.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, hari ini Bawaslu Lamsel melakukan Sosialisasi Partisipatif dengan terjun ke jalan di tiga Kecamatan yang ada di Lamsel, diantaranya yakni, Kecamatan Kalianda, Sidomulyo, dan Way Panji. (*)

 249 total views,  249 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Di Lamsel, Sulpakar Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Published

on

By

Hanuang.com – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Lampung Selatan, Drs. H. Sulpakar, MM memimpin upacara peringatan hari Sumpah Pemuda yang diadakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lampung Selatan di Halaman Sekretariat Kwarcab setempat, Rabu pagi (28/10/2020).

Upacara yang diikuti Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka serta anggota Pramuka se-Kabupaten Lampung Selatan tersebut, sekaligus disatukan dengan Apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli Bencana, Kwarab Gerakan Pramuka Lampung Selatan.Hadir juga Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan, Sukadi beserta sejumlah pejabat utama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam amanatnya, Sulpakar mengtakan, momentum peringatan hari Sumpah Pemuda harus dapat dijadikan sebagai semangat persatuan dan kesatuan para pemuda dalam memperjuangkan cita-cita dan masa depan.

Menurutnya, para pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus mampu menjawab tantangan zaman yang semakin komplek ini.

“Hal ini sesuai dengan tema Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020 yaitu ‘Semangat Bersatu dan Bangkit’. Tema ini mempunyai kesan tegas sebagai salah satu sifat pemuda yang energik dan aktif,” ujar Sulpakar saat menyampaikan sambutan sebagai pembina upacara tersebut.

Disela-sela upacara itu, juga dilakukan penandatangan Kesepakatan Bersama antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan dengan Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan mengenai komitmen bersama dalam penanggulangan bencana alam dan non alam di daerah setempat.

Pjs Bupati Lampung Selatan, juga sempat memberikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa helm, face shield, dan sepatu boot secara simbolis kepada dua orang anggota Gerakan Pramuka Lampung Selatan.

Terkait penanggulangan bencana, Sulpakar mengajak seluruh peserta khususnya adik-adik anggota pramuka dan BPBD agar dapat saling bersinergi dan bekerjasama dalam menghadapi perubahan iklim dan fenomena alam yang dapat menimbulkan bencana dan menelan korban jiwa di daerah setempat.

Untuk itu, Sulpakar juga mengingatkan, semangat gotong royong harus dikedepankan dalam menghadapi setiap persoalan. Karena kata dia, seberat apa pun masalah, jika dilakukan dengan fokus dan bersatu akan diselesaikan dengan baik.

“Termasuk dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri kita. Oleh karena itu kita harus tumbuhkan semangat persatuan dan gotong royong. Kita harus berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti Gerakan Pramuka termasuk dengan para pemuda dan elemen masyarakat lainnya,” tandasnya. (Aziz)

 871 total views,  251 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Cuti Bersama, Basarnas Tinjau Kesiapsiagaan Personil di Pelabuhan Bakauheni

Published

on

By

Hanuang.com – Tim Basarnas yang diketuai oleh Mayjen TNI Marinir, Bambang Suryo Adji, dari bidang Deputi Operasi Kesiapsiagaan, menggelar Kunjungan Kerja (Kunker) ke PT. ASDP Indonesian Ferry Cabang Bakauheni, Lampung Selatan (Lamsel), Rabu, (28/10/20).

Kunker tersebut untuk melakukan peninjauan kesiapsiagaan seluruh personel yang ditempatkan diposko – posko, dalam rangka menghadapi cuti bersama Peringatan Maulid Nabi Muhammada SAW 1442 H Tahun 2020 yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Kunker Bambang Suryo Adji Mayjen TNI Mar. Deputi Operasi kesiapsiagaan juga didampingi oleh Dir. Siaga Didi Hamzar S. Sos M.M, Sigit Mintarso Atd Kepala BPTD Wil VII, Bambang Sumbogo, Kadishub Provinsi Lampung, Jumaril, Kakansar Provinsi Lampung, Solikhin selaku General menejer PT. ASDP, Kapolres lamsel diwakili Kompol Ujang, Dandim 0421/LS diwakili Kapten Kav H. Limbong dan Dansup Denpom II/3/2 lamsel Kapten Cpm Syambasri.

Mayjen TNI Mar, Bambang suryo Adji dalam kunkernya mengatakan bahwa, menyambut cuti bersama dan libur panjang ini, siaga mulai digalakkan.

“Perlu diketahui siaga dimulai sejak tanggal 27 oktober hingga tanggal 02 november 2020 mendatang, hari ini kami ada tiga kegiatan, yakni melakukan peninjauan udara dengan sasaran pelabuhan cabang Bakauheni Lamsel, simpang Nagrek Garut Jabar, dan Kalikalung” pungkanya.

“Dihadapkan pada kondisi cuaca yang extrim ini dan kurang bagus ini, perlu diantisipasi terhadap kemungkinan terjadinya hal yang menonjol dan harus benar – benar siaga, apabila terjadinya musibah ataupun bencana lainnya, dan mudah mudahan tidak ada hal yang menonjol, kepada petugas yang ikut terlibat dalam pengamanan semoga diberikan kesehatan dan keselamatan” tandasnya. (*)

 861 total views,  257 views today

Continue Reading

Trending Topic