Connect with us

Lampung Selatan

Mantaaap…!!! Desa Taman Agung Siap Jadi Juara Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi

Published

on

Hanuang.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan Sambut Kedatangan Tim Penilaian Lomba Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga – Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga – Kesehatan (Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan) Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019 di Desa Taman Agung Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, Rabu Pagi, (04/12/19).

Penilaian Lomba Kesrak PKK-KKBPK-KESEHATAN Tingkat Provinsi Lampung ini, merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan Program dan Kegiatan yang telah dilakukan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan dan Dinas Instansi terkait Kepada Kader Binaan, maupun Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat dengan berbagai indikator penilaian yang telah ditentukan.

Lomba yang bertemakan “Kita Gerakkan Keluarga dan Masyarakat Hidup Sehat Menuju Indonesia Sejahtera” ini ada empat kriteria yang akan dinilai yaitu pelaksana terbaik kegiatan, posyandu terbaik, PHBS rumah tangga terbaik, dan terbaik lingkungan bersih dan sehat.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Plt. Ketua TP PKK Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto Mengatakan dalam sambutannya, Inovasi Kegiatan Kesrak PKK-KKBPK-KESEHATAN yang ada di Desa Taman Agung adalah Swasembada Gizi, dengan sasaran layanan di masyarakat yakni, Layanan KIA, Layanan Gizi, Layanan Air Bersih/Sanitasi, Layanan PAUD dan Layanan Sosial.

Winarni juga menyampaikan, Pelaksanaan Kegiatan Kesrak PKK-KKBPK-KESEHATAN tersebut merupakan bentuk nyata kegiatan yang terintegrasi dan konvergen dalam mendukung program pemerintah daerah Swasembada Gizi untuk menurunkan dan mengurangi angka Stunting dan Prioritas Pemerintah Pusat dalam menciptakan SDM Unggul.

“Melalui Kegiatan Kesrak PKK-KKBPK-KESEHATAN ini, terdapat kenaikan cakupan dan pencapaian yang sangat besar pada target pencapaian kegiatan bidang pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (KB) dan kesehatan. Sebagai contoh saya sampaikan disini, pada saay di tetapkan sebagai desa stunting tahun 2018, di Desa Taman Agung terdapat 56℅ penderita stunting, namun pada bulan november 2019 jumlah penderita stunting menurun, sekarang berjumlah 16℅ dan tentu target kedepan pada tahun 2024 angka stunting di Lampung Selatan mencapai 0℅”, Ucapnya.

“Kerja bersama antara pemerintah dan masyarakat mampu menyelesaikan dan mengurangi permasalahan Yang di hadapi masyarakat, serta dapat meningkat kualitas pelayanan pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah”, Ujar Winarni.

Winarni juga menambahkan, hasil Pembinaan Tim Penggerak PKK Lampung Selatan di Desa Taman Agung telah menunjukkan peningkatan. Menurutnya ada 2 Inovasi yang diwakili dalam Gria Kampung KB yakni Laskar Kampung KB dan Bilik Konseling Kampung KB.

“Hasil Penembinaan Tim Penggerak PKK Lampung Selatan di Desa Taman Agung ini dapat terlihat dengan tertibnya administrasi desa dan terbentuknya 45 kelompok Kegiatan Dasawisma”, Pungkasnya.

“Maka kami mengambil atau menunjuk Desa Taman Agung ialah dikarenakan desa ini adalah Desa Kampung KB dan Desa Stunting yang juga sebagai Pilot Project Swasembada gizi di lampung selatan”, Tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menyampaikan, Kabupaten Lampung Selatan sampai dengan saat ini memiliki sebanyak 28 Kampung KB yang tersebar di 17 (tujuh belas) Kecamatan, dengan rincian tahun 2016 sebanyak 1 (satu) kampung KB, tahun 2017 sebanyak 17 (tujuh belas) Kampung KB, dan tahun 2018 ini sebanyak 10 (sepuluh) kampung KB, yang kesemuanya telah di tetapkan melalui Surat Keputusan Bupati Lampung Selatan.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan KESRAK PKK-KKBPK-KESEHATAN tidak hanya dilakukan oleh 3 sektor saja (PKK, PPKB dan Kesehatan), akan tetapi selalu bekerjasama dengan OPD lainnya bahu membahu mendukung baik moril maupun materil di berbagai aktifitasnya, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya Intervensi dari OPD dalam mendukung Desa Taman Agung menjadi desa yang maju, mandiri sejahtera dan beraklak mulia.

“Dari banyaknya Kampung KB yang tersebar di 17 Kecamatan, Desa Taman Agung ini adalah desa yang terpilih untuk mewakili Lampung Selatan dalam Lomba Kesrak–PKK- KKBPK- Kesehatan Tahun 2019, yang merupakan hasil seleksi tingkat Kabupaten serta binaan Tim Penggerak PKK beserta Dinas instansi terkait di Kabupaten Lampung Selatan”, Ujarnya.

“Oleh karenanya masyarakat desa Taman Agung sangat siap untuk meraih juara satu tingkat Provinsi Lampung dan sekaligus siap tampil untuk mengikuti lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan di ajang tingkat nasional”, Pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Kegiatan Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi Lampung, Saiful Darmawan, SH, MM mengatakan, pelaksanaan kegiatan Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan merupakan wahana yang diharapkan mampu meningkatkan motifasi kerja pihak-pihak yang berkepentingan sehingga terpacu untuk lebih intensif mencapai cakupan/sasaran program.

“Sebagai upaya memberikan penghargaan terhadap usaha yang telah dilaksanakan, maka dilakukan penilaian terhadap 5 jenis kegiatan PKK, yakni Pola Asuh Anak dan Remaja, UP2K PKK, HATINYA PKK dan Pelaksanaan Deteksi Dini Kanker Serviks melalui Test IVA”, Ucapnya.

Kegiatan penilaian lomba dilanjutkan dengan peninjauan lokasi-lokasi penilaian oleh Tim Penilai Provinsi Lampung. (Arya/Riko)

 2,262 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Bersama Forkopimda, Nanang Sambut Kedatangan Wakapolda Lampung di Bumi Khagom Mufakat

Published

on

By

Hanuang.com – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menerima kunjungan silaturahmi Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Lampung, Brigjen Pol Drs. Subiyanto di rumah dinas bupati setempat, Rabu siang (20/1/2021).

Tiba di rumah dinas bupati, Wakapolda Lampung yang didampingi sejumlah Pejabat Tinggi Polda Lampung itu langsung disambut Bupati beserta jajaran Forkopimda Lampung Selatan, Sekretaris Daerah Kabupaten, Thamrin beserta jajaran.

Diketahui, kunjungan Wakpolda Lampung ke Lampung Selatan itu dalam agenda ramah tamah bersama anggota Forkopimda Lampung Selatan di Polres Lampung Selatan.

Momen kunjungan singkat itu dimanfaatkan Bupati Lampung Selatan untuk meningkatkan silaturahmi dengan menjamu makan siang bersama Wakapolda Lampung.

Nanang Ermanto juga sempat mengajak jenderal bintang satu itu untuk melihat keadaan kebun edukasi yang memang berada di belakang rumah dinas bupati setempat.

“Tidak ada agenda khusus. Kita jajaran Pemkab Lampung Selatan dan anggota Forkopimda hanya bersilaturahmi dengan Wakapolda,” ujar Nanang ditemui usai pertemuan itu.

Hanya saja kata Nanang, dalam pertemuan itu, Wakapolda Lampung meminta jajaran Pemkab Lampung Selatan dan jajaran Forkopimda Lampung Selatan untuk bersama-sama menekan laju penyebaran Covid-19 semakin meluas.

“Iya, tadi Wakapolda sempat membahas Covid-19. Kita diminta untuk turun dari mulai tingkat kabupaten hingga ke desa-desa untuk menekan penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Nanang mengatakan, salah upaya pihaknya untuk menekan penyebaran Covid-19 adalah dengan meningkatkan sosialisasi ke desa-desa hingga ke tingkat RT.

“Seluruh kepala desa juga sudah kita panggil untuk meningkatkan kembali tim gugus tugasnya. Selain itu kita juga terus mengedukasi masyarakat untuk disiplin menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan),” imbuh Nanang. (Aziz)

 1,394 total views,  68 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Awali 2021, DAPM Kecamatan Penengahan Berikan Santunan Kepada Rava

Published

on

By

Hanuang.com – Koperasi Mirba Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) berikan santunan terhadap warga Desa Gayam, Rava Alfarizi, Rabu, (20/01/21).

Diketahui bahwa Rava (8), menderita penyakit jaringan pembuluh darah mati akibat kecelakaan yang dialami, yang menyebabkan sebelah kakinya harus diamputasi.

Hal itu dibenarkan oleh Camat Penengahan, Erdiansyah, yang menyatakan bahwa hal itu merupakan bukti peduli oleh pihak DAPM.

“Ya Alhamdulillah bisa kita bantu, ini sesuai dengan petunjuk serta perintah pak Bupati Lamsel (Nanang Ermanto_red), agar para Camat cepat tanggap dan sigap dalam mengambil langkah untuk warga masyarakat yang membutuhkan” ujarnya.

“Adapun bantuan itu kita lakukan dengan menggalang dana sosial secara bergotong-royong” tambahnya.

Apa yang dilakukan oleh Kecamatan Penengahan menjadi contoh untuk kecamatan lainnya dalam menggelar bansos diawal tahun 2021.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun. Selain memberikan santunan kepada Rava, pihak DAPM Kecamatan Penengahan juga memberikan bantuan bedah rumah terhadap kepada warga Dusun Buring, Desa Sukabaru. (*)

 1,474 total views,  66 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Tergerak Dari Hati Nurani, GML Metro Serahkan Bantuan Untuk Korban Gempa Mamuju

Published

on

By

Hanuang.com, Metro – Ormas Gema Masyarakat Lokal (GML) Kota Metro kembali menyalurkan donasi bagi korban gempa bumi Sulawesi Barat dan banjir Kalimantan Selatan. Total bantuan yang disalurkan sebesar Rp 3.864.000.

Penyaluran donasi yang berlangsung di Sekretariat DPD GML Kota Metro, Rabu (20/01/2020), diserahkan oleh Ketua DPD GML Slamet Riadi kepada Mujirul Hasan dari Lembaga Darut Tauhid Peduli (Dt Peduli) Lampung.

Menurut Slamet Riadi, penyaluran donasi bagi korban gempa bumi dan banjir tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Dt Peduli Lampung, dengan harapan bantuan benar-benar tersalurkan dan diterima oleh para korban. “Kami berharap dengan penyaluran donasi melalui lembaga resmi, bantuan tersebut benar-benar sampai,” kata Slamet Riadi.

Ia menambahkan, bantuan yang disalurkan tersebut, merupakan hasil penggalangan dana yang dilakukan selama empat hari, dengan melibatkan seluruh jajaran pengurus. “Pada tahap pertama, bantuan yang kami salurkan sebesar Rp 1.221.000. Dan tahap kedua sebesar Rp 2.643.000. Sehingga, total donasi yang berhasil disalurkan sebesar Rp 3.864.000,” semoga sumbangsih kami selaku ormas GML dan para penyumbang dana dapat memberikan manfaat dan mengurangi beban buat para korban gempa di Sulawesi Barat dan Banjir di Kalimantan Selatan, Aamiin..,”. urainya.

Sementara itu, Mujirul Hasan dari Dt Peduli Lampung menjelaskan, pihaknya memastikan bantuan yang disalurkan melalui lembaganya akan tersampaikan kepada penerima, yakni para korban gempa bumi di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan. “Kami memastikan bantuan akan tersalurkan kepada korban bencana,” ujar Mujirul Hasan.

Ia menambahkan, tak hanya penyaluran donasi bagi korban bencana, pihaknya juga siap bekerjasama dengan Ormas GML dalam hal penyaluran bantuan yang sifatnya reguler, bukan hanya kebencanaan. “Nantinya, kami akan memetakan para penerima bantuan tersebut,” tutupnya. (*)

 1,345 total views,  64 views today

Continue Reading

Trending Topic