Connect with us

Lampung Selatan

Lomba Olahan Ikan Menjadi Pembuka Sosialisasi Stunting di Bumi Khagom Mufakat

Published

on

Hanuang.com – Penasehat GOW Kabupaten Lampung Selatan Buka secara Resmi Lomba Olahan Ikan pada Sosialisasi Stunting Pada Anak, Rabu (18/11/2020).

Sosialisasi Stunting Pada Anak sekaligus Lomba Olahan Ikan yang dibuka secara resmi oleh Pejabat Sementara (Pjs) Penasehat Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Lampung Selatan Ny. Pori Sulpakar digelar di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan.

Hadir pada kesempatan tersebut Penasehat GOW Kab. Lampung Selatan lainnya Ny. Feti Hutamrin, para Pengurus Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Lampung Selatan, para Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP), para Pengurus GOW Kabupaten Lampung Selatan dan Organisasi Wanita lainnya.

Dalam arahannya Pori Karlia Sulpakar mengapresiasi kegiatan tersebut, “saya sangat mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan lomba masak olahan ikan ini. Saya berharap kita semua memberikan dukungan yang penuh, karena dengan ajang lomba ini kita akan banyak mengetahui keanekaragaman cara pengolahan ikan. Dan yang lebih penting adalah bagaimana upaya kita untuk mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat luas, akan pentingnya mengkonsumsi ikan dalam keluarga untuk mencegah terjadinya Stunting atau gizi buruk pada anak”, katanya.

“Masih banyak dari masyarakat kita yang belum sepenuhnya menyadari akan pentingnya mengkonsumsi protein hewani yang bersumber dari ikan. Hal tersebut dapat dilihat dari masih banyak ditemuinya anak-anak usia dini yang Stunting atau gizi buruk kronis”, ujar Pori Karlia Sulpakar.

‘Semoga melalui lomba masak olahan ikan ini, dapat meningkatkan pengetahuan kita tentang menu makanan yang berkualitas, yang memperhatikan prinsip makanan sehat, bergizi dan aman buat dikonsumsi oleh keluarga, terutama bagi anak-anak usia dini. Selain itu kreatifitas kita dalam memasak olahan ikan akan semakin beragam”, lanjut Pori Karlia Sulpakar.

“Oleh karena itu, mari kita bersama-sama mensosialisasikan ragam menu berbahan dasar ikan ini kepada masyarakat luas, untuk meningkatkan minat mereka mengkonsumsi ikan dalam sajian makanan sehari-harinya di rumah”, ajak Pori Karlia Sulpakar.

Selain itu Pori Karlia Sulpakar juga mengajak untuk selalu memperhatikan Protokol Kesehatan dalam aktifitas sehari-hari, “saya menghimbau kepada kita semua, masyarakat Kabupaten Lampung Selatan untuk selalu menjaga kesehatan diri dan keluarga. Patuhi Protokol Kesehatan, dengan selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, hindari kerumunan massa ketika beraktivitas diluar rumah dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)”, pungkasnya.

Dalam laporannya Ketua GOW Kabupaten Lampung Selatan Endang Budi Astuti mengucapkan terima kasih kepada Pori Karlia Sulpakar yang telah membuka kegiatan tersebut.

Endang Budi Astuti juga menjelaskan tujuan dilaksanakannya kegiatan teresebut, “dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan selain mendukung Program Pemerintah Daerah dalam Pencegahan Stunting juga bertujuan untuk mengenalkan keanekaragaman jenis masakan olahan ikan dan penyebarluasan informasi tentang kandungan gizi serta protein yang terkandung dalam ikan”, tandas Endang Budi Astuti. (AU)

 889 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Dankodiklat TNI AD Sambangi Provinsi Sai Bumi Ruwa Jurai

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421/LS, Letkol Inf. Enrico SN, menyambut kedatangan Dankodiklat TNI AD, Letjen TNI AM. Putranto beserta rombongan di bandara Internasional Raden Intan II Branti Natar Lamsel, Sabtu, (17/04/21).

Kedatangan Dankodiklat TNI AD beserta rombongan ke wilayah Provinsi Lampung adalah dalam rangka melakukan kunjungan kerja peninjauan medan Latma Garuda Shield 15/2021, antara TNI AD dengan AD Amerika Serikat, yang akan dipusatkan di Pusat latihan tempur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan.

Tim peninjauan medan dari Kodiklat TNI AD langsung dipimpin oleh Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, serta didampingi oleh Dirlat Kodiklatad Brigjen TNl Haryanto, Pabanopslat Sdirlat Kodiklatad Kolonel Inf. Suparlan Purwo Utomo, Asrendam Jaya Kolonel Inf. Erwin, Danbrigif PR-17/K/1 Kostrad Kolonel Inf.Marwan Supriyanto, Kasmin Dankodiklatad Mayor Arh. Ahmad Yani serta Kasiops Brigif PR-17/K/1 Kostrad Kapten Inf. Maulana.

Beberapa orang pejabat yang ikut menyambut kedatangan rombongan Dankodiklat TNI AD di VIP Room Bandara raden intan II diantaranya Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf. Dwi Endrosasongko, Kasiops Rem 043/Gatam Kolonel Inf. Selamet Winarto, Dandim 0421/LS Letkol Inf. Enrico Setiyo Nugroho, serta Danramil 421-06/Natar Kapten Inf. Yudi Ardi.

Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putanto, beserta rombongan, selanjutnya meninggalkan VIP Room Bandara Internasional Raden Inten ll Lampung menuju Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan guna melaksanakan serangkaian kunjungan kerjanya. (*)

 130 total views,  130 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Indahnya Ramadhan, Koramil Sidomulyo Bagikan Takjil dan Masker Kepada Pengendara

Published

on

By

Hanuang.com – Koramil 421-07/Sidomulyo melakukan Bakti Sosial Ramadhan berbagi, dengan melakukan pemberian takjil dan pembagian masker kepada masyarakat yang melintas dijalan raya Sidomulyo – Candipuro, Jum’at (16/04/21).

Tak ketinggalan ibu-ibu Persit Kartika Candra Kirana Ranting 6 Ramil 421-07/SDM, juga ikut turun kejalan dan terlibat dengan ramahnya mereka berbagi kepada masyarakat.

Terkesan sangat humanis saat Personel beserta persit KCK Ranting 6 melakukan kegiatannya, masyarakat yang melintas di jalan raya Sidomulyo – Candipuro sangat menikmati atas Bakti Sosial yang dilakukan saat ini dalam rangka ramadhan berbagi.

“Kegiatan ini yang pertama adalah untuk memberikan rasa kesadaran bagi masyarakat, dalam mematuhi protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19, sehingga kita bersama membagikan masker kepada masyarakat yang melintas dijalur jalan ini, dengan adanya kegiatan pembagian masker kami berharap di bulan suci ramadhan ini selain kita selain kita menjalankan ibadah puasa, namun juga kita harus bisa sehat, aman dari ancaman pandemi covid 19” ujar Serka Sarino.

Menurutnya, hal ini bertujuan untuk memperkuat rasa kerukunan diantara sesama, dimana indahnya berbagi, demi meningkatkan rasa persaudaraan.

“Kami turut mengucapkan selamat berbuka puasa dan selamat menjalankan ibadah puasa 1442 H, mudah mudahan segala amal ibadah kita diterima oleh allah SWT, dan kita semua diberikan kesehatan serta segera dibebaskan dari semua ujian yang sekarang ini kita sedang hadapi bersama” tutupnya. (*)

 136 total views,  136 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Beredar Kabar Akan Digelar Pengukuhan Pengurus HIMALS, Tio Alim Fatwa : ‘Itu Bukan Kami, Melainkan Oknum’

Published

on

By

Keterangan Foto : Pengukuhan BPH HIMALS Periode 2021-2023 Oleh Supriyanto Selaku Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Lamsel

Hanuang.com – Tio Alim Fatwa, selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Lampung Selatan (HIMALS) Periode 2021-2023 angkat bicara terkait akan digelarnya pengukuhan kepengurusan Himals di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kalianda yang ditenggarai abal-abal atau tidak sah.

Dirinya menegaskan bahwa sebelumnya HIMALS telah melakukan pelantikan Badan Pengurus Harian (BPH) secara resmi dan sah tertanggal 18 Maret 2021 yang digelar di Aula Sebuku, Rumah Dinas Bupati Lamsel.

“Kami tegaskan dan beritahukan kepada seluruh elemen baik Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan maupun masyarakat serta rekan-rekan mahasiswa/i Lampung Selatan, bahwasanya HIMPUNAN MAHASISWA LAMPUNG SELATAN (HIMALS) sudah melakukan pelantikan Badan Pengurus Harian HIMALS Periode 2021-2023” ujarnya, Jum’at, (17/04/21).

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://hanuang.com/bph-himals-periode-2021-2023-resmi-dilantik/&ved=2ahUKEwjglb2X44PwAhWrgUsFHeZvAZgQFjAAegQIBBAC&usg=AOvVaw1q0KjOcD37Wq-BNAGUgS-L

Ia pun menjelaskan jika ada oknum mengatasnamakan HIMALS serta melakukan kegiatan diluar sepengetahuannya. Agar berhati-hati dan melakukan konfirmasi kepada dirinya ataupun pengurus HIMALS yang sah.

“Apabila ada oknum-oknum yang melakukan kegiatan mengatasnamakan HIMALS, diluar sepengetahuan dan tanggung jawab dari kami selaku BPH HIMALS yang sah, kami jelaskan bahwa itu bukan bagian dari pada kami dan kami tidak bertanggung jawab atas berjalannya kegiatan tersebut dan dianggap ilegal” bebernya.

Menurutnya sebagai seorang mahasiswa, harus dapat menunjukkan dan memberikan contoh yang baik dan benar sebagai insan akademik, insan cita, dan insan perubahan sebagaimana sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Sangat disayangkan bahwasanya citra kita sebagai mahasiswa dirusak dan dipandang arogansi oleh oknum-oknum yang mementingkan kepentingan pribadi dan kelompok tertentu yang mengatasnamakan Himpunan Mahasiswa Lampung Selatan (HIMALS)” tutupnya. (*)

 1,971 total views,  605 views today

Continue Reading

Trending Topic