Connect with us

Lampung Selatan

Lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan, Swasembada Gizi Jadi Inovasi Unggulan Kabupaten Lamsel

Published

on

Hanuang.com – Tim Penilai Provinsi Lampung melakukan penilaian terhadap Desa Taman Baru, Kecamatan Kalianda, Rabu (4/12/2019).

Desa Taman Agung terpilih mewakili Kabupaten Lampung Selatan dalam lomba Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, serta Kesehatan (Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan) tahun 2019.

“Dari lima desa Kampung KB yang ada stunting-nya, kami turun langsung dan melakukan penilaian. Sehingga terpilihlah Desa Taman Agung untuk mengikuti lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan ini,” ujar Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni.

Winarni menjelaskan, dalam lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan tingkat Provinsi Lampung tahun 2019, swasembada gizi menjadi inovasi unggulan Kabupaten Lampung Selatan.

Dimana kata dia, swasembada gizi merupakan kesatuan gerak dalam upaya pencegahan dan penanggulangan stunting dengan mendorong kualitas pelayanan pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat dalam pemenuhan gizi secara mandiri menuju sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

“Kegiatan Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan dan lomba kegiatan-kegiatan PKK inovasinya adalah penyelenggaraan program swasembada gizi. Tema ini juga merupakan program prioritas Kabupaten Lampung Selatan dalam penanganan dan penanggulangan serta penghapusan stunting,” ujar Winarni saat menyampaikan laporan dalam penilaian lomba tersebut.

Lebih lanjut Winarni menjelaskan, pelaksanaan kegiatan Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan juga merupakan bentuk nyata terintegrasinya dan konvergennya dalam mendukung program prioritas pemerintah daerah, yaitu swasembada gizi untuk menurunkan dan mengurangi angka stunting serta prioritas pemerintah pusat dalam menciptakan SDM unggul.

“Target dari swasembada gizi adalah turunnya angka stunting di Kabupaten Lampung Selatan pada tahun 2024 termasuk Desa Taman Agung mencapai 0%. Sehingga tidak ada lagi penyandang status sunting di Kabupaten Lampung Selatan,” katanya.

Winarni menyatakan, melalui Kegiatan Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan dan lomba kegiatan-kegiatan PKK terdapat kenaikan cakupan dan pencapaian yang sangat signifikan pada target pencapaian kegiatan bidang pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga KB dan kesehatan.

“Sebagai contoh, pada saat ditetapkan sebagai desa stunting di tahun 2018, Desa Taman Agung terdapat 56% penederita stunting. Namun pada bulan November 2019, jumlah penderita stunting tinggal 16%,” ungkap Winarni.

Diakhir, Winarni menyampaikan, sasaran dari kegiatan tersbeut adalah memastikan lima layanan tersedia di masyarakat. Diantaranya, layanan KIA, layanan gizi, layanan air bersih dan sanitasi, layanan Paud dan dan layanan sosial.

“Kerja bersama antara pemerintah dan masyarakat mampu menyelesaikan dan mengurangi permasalahan-pemasalahan yang dihadapi masyarakat, serta meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Provinsi Lampung, Syaiful Dharmawan, SH, MM menyampaikan, melalui pelaksanaan kegiatan itu, upaya pencegahan terjadinya kasus stunting tumbuh kerdil disetiap keluarga dan masyarakat dapat di intensifkan dengan baik.

“Kegiatan ini merupakan wahana yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi kerja pihak-pihak yang berkepentingan. Sehingga terpacu untuk lebih intensif mencapai sasaran program menjelang berakhirnya tahun kegiatan,” kata dia.

Selain dihadiri Plt Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, hadiri juga dalam kegiatan itu, anggota Forkopimda Lampung Selatan, para pejabat utama, Kepala OPD, para camat se-Kabupaten Lampung Selatan, serta Kepala Desa se-Kecamatan Kalianda. (Arya/Aziz)

 2,440 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Winarni Percantik Kebun Edukasi Dengan Tanaman Bunga

Published

on

By

Hanuang.com – Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) lakukan penanaman bunga di Kebun Edukasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamsel, Jum’at (22/1/2021).

Hj. Winarni Nanang Ermanto selaku Ketua TP PKK Lamsel dengan didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lamsel, Yani Thamrin dan Sekretaris Yayasan Jantung Indonesia Cabang Lamsel, Rosdiana Ariswandi melakukan Penanaman Bunga di Kebun Edukasi Pemkab Lamsel.

Guna mempercantik Kebun Edukasi Pemkab Lamsel, Hj. Winarni Nanang Ermanto bersama Yani Thamrin, Rosdiana dan jajaran, usai melakukan senam bersama di Gedung Olahraga Wai Handak (GWH) melakukan Penanaman Bunga Perdana di Kebun Edukasi Pemkab Lamsel yang terletak di samping Rumah Dinas Bupati.

Pada kesempatan itu Winarni Nanang Ermanto berharap kebun edukasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh pelajar dan masyarakat sebagai tempat rekreasi dan belajar bercocok tanam dengan baik.

“Selain mendukung Program Kerja Bupati Lampung Selatan dengan mempercantik Kebun Edukasi, Tim Penggerak PKK, DWP dan YJI juga berencana untuk membuat kebun Tanaman Obat Keluarga (TOGA)”, kata Winarni.

“Mudah-mudahan apa yang kami lakukan dapat menjadi contoh baik bagi TP PKK, DWP dan YJI yang berada di Kecamatan-kecamatan”, ujar Winarni. (Kmf)

 1,611 total views,  277 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati, Koramil Sidomulyo Ajak Warga Bersihkan Sampah

Published

on

By

Hanuang.com – Sertu Zulkarnaen, anggota babinsa koramil 421-07/Sidomulyo, bersama Kades Seloretno, Ahmad Subari dan juga masyarakat melakukan gotong-royong pembersihan sampah yang ada disekitar poros jalan Dusun Way Pelus, Desa Seloretno, Kecamatan Way Panji, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Jum’at, (22/01/2021).

Gotong-royong pembersihan sampah yang dikerjakan saat ini, adalah untuk mengantisipasi tibanya musim penghujan agar tidak menimbulkan wabah-wabah penyakit yang dapat berdampak buruk bagi kehidupan sosial masyarakat serta menjaga lingkungan agar tetap bersih indah dan rapi.

“Kami sengaja mengajak Babinsa, Kadus Way Pelus dan juga masyarakat untuk bersama-sama melakukan kegiatan gotong-royong ini, dimana kita tahu musim sekarang ini sudah memasuki musim penghujan, selain mengantisipasi permasalahan itu, kita juga akan menerapkan sadar kebersihan lingkungan khususnya bagi masyarakat desa Seloretno, agar kebersihan dan keasrian lingkungan desa tetap terjaga secara baik” ungkap Kades.

Hal senada diungkapkan ertu Zulkarnain yang mengucapkan terimakasih kepada Kades dan masyarakat Dusun Way Pelus atas kerjasama dalam bergotong-royong ini.

“Mudah-mudahan kita semua akan lebih perduli terhadap lingkungan kita masing-masing” ujarnya.

“Saya juga tetap mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak bosan-bosan menerapkan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19, dengan selalu memakai masker, mencuci tangan, dengan dan tetap menjaga jarak. Mari kita sama-sama perangi Covid-19 ini, agar pandemi ini bisa cepat berakhir dan aktivitas kita semua kembali normal” tutupnya. (*)

 1,695 total views,  259 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Pemkab Lamsel Hibahkan Tanah Kepada MAN 1 & MTsN 1 Kalianda

Published

on

By

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) menyerahkan hibah barang milik daerah kepada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lamsel dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Lamsel.

Hibah barang tersebut berupa tanah seluas 12.600 meter persergi diberikan kepada MAN 1 Lamsel yang terletak di Jalan Soekarno Hatta Jati Way Urang Kalianda dan tanah seluas 10.750 meter persegi yang terletak di Jalan Soekarno Hatta Ds Simpur Jaya Kecamatan Kalianda Lamsel.

Hibah aset pemerintah daerah tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Bupati Lamsel No. B/18/V.03/HK/2020 dan No. B/17/V.03/HK/2021 tanggal 4 Januari 2021 tentang penetapan Hibah Barang Milik Pemkab Lamsel kepada MAN 1 Lamsel dan MTsN 1 Lamsel.

Berita acara serah terima hibah itu, ditandatangani langsung oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dengan Kepala MAN 1 Lamsel, Ahmad Musopa, S.Pd.I dan Kepala MTsN 1 Lamsel, Dr. Yayuk Dwi Wahyuni, M.Ag. di ruang kerja Bupati Lamsel, Kamis (21/1/2021).

Turut hadir menyaksikan serah terima hibah aset pemkab tersebut, Kepala kantor Kementerian Agama Lamsel, H. Ashari, SE, N.Pd.I, Sekdakab Lamsel, Thamrin, S.Sos, MM, Asisten Bidang Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat, Supriyanto, S.Sos, MM, Kadis Pendidikan Lamsel, Thomas Amirico, S.STP, MH, dan OPD terkait lainnya.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto berharap dengan diberikannya hibah tanah tersebut proses belajar mengajar mejadi lebih baik dan putra/putri lamsel lebih berprestasi.

“Saya berharap kepada MAN dan MTsN Lamsel, supaya aset pemerintah yang telah di hibahkan ini dapat dipergunakan sebagai mestinya dengan baik, sehingga kedapan siswa/siswi lampung selatan lebih berprestasi lagi menjadi kebanggaan daerah kita lampung selatan,” Ucapnya.

Pada pertemuan itu, Kakan Kemenag Lamsel, Ashari menyampaikan ucapan terima kasihnya atas hibah tanah yang diberikan.

“Tanah itu saya kira lebih tepatnya untuk masyarakat lamsel, oleh karena itu dengan rasa bangga, bahagia, kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dan pak bupati,”Ucapnya.

“Mudah mudahan niat baik dari semua unsur pemerintahan dapat menjadi amal jariah karena niat hati kita untuk agama,” Ujarnya. (*)

 3,762 total views,  259 views today

Continue Reading

Trending Topic