Connect with us

Lampung Selatan

Kunjungi Lamsel, Kepala BNPB Tinjau Lokasi Pengungsian & Terdampak Tsunami

Published

on

Hanuang.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo mengunjungi sejumlah lokasi terdampak tsunami di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Minggu (13/1/2019).

Setibanya di Lamsel, sekitar pukul 08.10 WIB Kepala BNPB yang baru dilantik Presiden Joko Widodo ini langsung meninjau penampungan pengungsi di Wisma Atlet dan eks Hotel 56 Kalianda.

IMG-20190113-WA0066-1024x682 Kunjungi Lamsel, Kepala BNPB Tinjau Lokasi Pengungsian & Terdampak Tsunami

Dalam kunjungannya, Doni yang didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lamsel Nanang Ermanto dan Sekretaris Daerah Fredy SM, sempat berdialog dan menampung aspirasi pengungsi di Wisma Atlet yang mayoritas warga Pulau Sebesi.

Bahkan Doni pun berjanji akan memfasilitasi dan  membantu para pengungsi yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan.

“Pak Bupati nanti segera buatkan proposalnya, biar kami (BNPB) bisa bantu perlengkapan untuk melautnya. Seperti perahu, jaring, pancing dan lainnya,” ujar Doni disela-sela kunjungannya.

IMG-20190113-WA0067-1024x682 Kunjungi Lamsel, Kepala BNPB Tinjau Lokasi Pengungsian & Terdampak Tsunami

Usai meninjau Wisma Atlet dan eks Hotel 56, Doni beserta rombongan bertolak ke Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa. Desa ini merupakan salah satu daerah terparah yang terdampak tsunami Selat Sunda.

Di desa ini, Kepala BNPB dan Plt. Bupati Lamsel melakukan penanaman pohon kelapa, sebagai tanaman yang berfungsi sebagai penahan gelombang tsunami.

“Bila ombak pasang atau terjadi tsunami, air yang membawa sampah akan terhalang, kecepatan air pun jadi berkurang. Dengan ini (pohon) mudah-mudahan kedepannya bisa mengurangi korban jiwa maupun mateti,” kata mantan Danpaspamres ini.

IMG-20190113-WA0068-1024x682 Kunjungi Lamsel, Kepala BNPB Tinjau Lokasi Pengungsian & Terdampak Tsunami

Doni menambahkan, sudah seharusnya daerah pesisir pantai Kalianda tidak dibangun pemukiman penduduk,  mengingat wilayah tersebut termasuk daerah rawan becana tsunami dan Longsor.

“Penanaman pohon merupakan pembangunan Infrastuktur alam jangka panjang untuk daerah pesisir. Kita bisa pilih jenis pohon yang cocok dengan endemik setempat. Penanaman pohon untuk dibibir pantai bisa dianggarkan dengan menggunakan Dana Desa,” katanya. (Arya/Kmf)

 1,124 total views,  5 views today

Lampung Selatan

Atasi Ekonomi Akibat COVID-19, Tim Polres Lamsel Bagikan Ratusan Sembako

Published

on

By

Hanuang.com – Polres Lampung Selatan (Lamsel) melakukan langkah preventif guna mengantisipasi dampak ekonomi masyarakat yang terjadi akibat mewabahnya Corona Virus Desease (Covid-19).

Dalam giat rersebut, Polres Lamsel membagi dalam 5 tim untuk turun ke masyarakat, Sabtu (4/4/2020). Langkah-langkahnya yakni memperhatikan kesehatan masyarakat dan memberikan paket sembako.

Kapolres Lamsel AKBP Edi Purnomo, SH, SIK, MM mengatakan, dalam giatnya tersebut menyasar sejumlah kelompok masyarakat. Diantaranya, 9 komunitas ojek, 1 kelompok buruh dan 3 kelompok pedagang kaki lima.

“Selain sejumlah kelompok masyarakat, kita juga mengunjungi beberapa kelompok fakir miskin, pegawai honorer dan marbot masjid,” terangnya kepada wartawan.

Ia mengatakan, dalam giat ini pihaknya membagikan paket sembako sekitar 150 paket. Isinya adalah, beras, gula, teh, kopi dan mie instan.

“Ini sebagai langkah mengantisipasi adanya pengaruh ekonomi akibat wabah Covid-19. Meski nilainya tidak seberapa, namun diharapkan dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat,” tukasnya. (Arya)

 1,133 total views,  501 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Antisipasi COVID-19, Kecamatan Tanjung Bintang Bertabur Sabun Antiseptik Perindo

Published

on

By

Hanuang.com – Pembagian sabun antiseptik yang dilakukan DPD Perindo Lampung Selatan (Lamsel) berlanjut ke Kecamatan Tanjung Bintang, Sabtu, (4/4/2020).

Aksi sosial yang dimotori oleh Ketua DPD Perindo Lamsel, Aribun Sayunis menyisir pasar Tanjung Bintang. Dilokasi itu, sekitar 5.000 sabun antiseptik yang dibagikan gratis kepada masyarakat.

Bersamaan dengan itu, Aribun juga membagikan stiker terkait langkah pencegahan penyebaran virus corona. Ia juga mengajak, agar masyarakat untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat guna menangkal serangan virus berbahaya itu.

“Kita terus bergerilya membagikan sabun antiseptik kepada masyarakat. Agar, masyarakat dapat menjaga pola hidup bersih dan sehat,” kata Aribun disela-sela kegiatannya.

Aribun Sayunis mengungkapkan, pihaknya menerjunkan 3 armada untuk mengangkut sabun antiseptik yang akan dibagikan di Kecamatan Jati Agung hingga Tanjung Bintang.

“Ada armada Kartini Perindo, armada rescue dan UMKM Perindo Lamsel. Selain itu, tim Sahabat Aribun juga turut membantu membagikan sabun antiseptik kepada masyarakat,” ungkap Aribun disela-sela kegiatannya di Desa Margodadi.

Diketahui, aksi kemanusiaan dalam bentuk membagikan sabun antiseptik oleh Aribun Sayunis ini telah dilakukan di 14 Kecamatan di Lamsel.

“Sampai selesai di 17 kecamatan di Lamsel. Kita akan bagikan sabun antiseptik ini secara menyeluruh disetiap rumah warga,” pungkasnya. (Arya)

 1,107 total views,  481 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Di Bali Nuraga, Water Canon Polres Lamsel Semprotkan Disinfektan Disejumlah Pura

Published

on

By

Hanuang.com – Armada Water Canon (AWC) Polres Lampung Selatan (Lamsel) kembali diterjunkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Kali ini, giliran Desa Bali Nuraga, Kecamatan Way Panji, yang seraya dihujani cairan pembasmi virus tersebut.

Langkah pencegahan penyebaran virus korona (Covid-19) itu, dilakukan jajaran Polres Lamsel, bersama Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika) Way Panji, Jum’at (3/4/2020) siang tadi.

Dalam kegiatan itu, turut hadir Camat Way Panji, Isro’Abdi, Kapolsek Sidomulyo, IPTU Edi Iskandar, S. Pd beserta Kanit Binmas, Ka SPK dan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sidomulyo.

Selain itu, nampak hadir juga Kasat Sabhara Polres Lamsel, IPTU Feriyantoni, SH, MH, Sekretaris BPBD Lamsel, Afendi, SE, Kades Bali Nuraga, Made Suwide, Tokoh Masyarakat, Mangku Gambar dan Putu Murah.

Kapolsek Sidomulyo, IPTU Edi Iskandar mendampingi Kapolres Lamsel AKBP Edi Purnomo, SH, SIK, MM mengungkapkan, kegiatan penyemprotan disinfektan itu menyisir seluruh wilayah di Desa Bali Nuraga, Way Panji.

”Sepanjang jalan Desa Sidoharjo sampai Desa Bali Nuraga, Way Panji. Kemudian Balai Desa, Pure dan SDN Desa Bali Nuraga,” ujarnya.

IPTU Edi juga mengatakan, selain AWC, Polres Lamsel juga menurunkan 1 unit mobil Penmas, guna menghimbau masyarakat terkait pencegahan yang harus dilakukan.

“Kita juga ingatkan kepada masyarakat Way Panji agar senantiasa mematuhi arahan dari pemerintah. Melakukan langkah pencegahan dan termasuk menghindari kerumunan orang,” tukasnya.

Berdasarkan pantauan, Piksel Sidomulyo mengawal kegiatan ini hingga selesai. Bahkan, mobil patroli juga selalu berada di paling depan untuk memandu penyemprotan disinfektan di Desa Bali Nuraga, Way Panji. (Arya)

 1,803 total views,  397 views today

Continue Reading

Trending Topic