Connect with us

Lampung Selatan

Kunjungi Kunjir & Way Muli, Jokowi Siapkan 2 Hektar Lahan Tuk Bangun Rumah Korban Tsunami

Published

on

Hanuang.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi lokasi terdampak tsunami di Desa Kunjir dan Desa Way Muli Timur, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Rabu (2/1/2019).

Dua desa itu merupakan daerah terparah yang terkena dampak tsunami Selat Sunda beberapa hari lalu. Desa kunjir menjadi lokasi pertama yang di kunjungi Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi yang didampingi Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto juga mengunjungi Desa Way Muli Timur.

Tiba di Desa Way Muli Timur sekitar pukul 11.42 Wib, Jokowi sudah ditunggu ratusan warga yang ingin melihat langsung orang nomor satu di Indonesia itu.

Usai menyapa ratusan warga korban tsunami, Jokowi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto sempat berkeliling meninjau pemukiman warga yang sudah rata dengan tanah.

Menurut Jokowi, rumah warga yang hancur diterjang tsunami akan segera dibangun. Akan tetapi kata dia, lokasinya harus berjarak 400 meter dari bibir pantai, yang lahannya sudah disediakan seluas 2 hektare.

“Setelah masa evakuasi, selanjutnya kita masuk ke tahap rekonstruksi. Ini (rumah) akan langsung dibangun tidak ada hunian sementara, dan harus direlokasi karena disini sangat rawan tsunami,” ujar Jokowi saat diwawancarai awak media.

Jokowi menambahkan, lokasi pemukiman yang berada di bibir pantai merupakan daerah yang sangat rawan tsunami. Sehingga menurutnya, pemerintah perlu melakukan penataan ruang kembali.

“Kita tidak berbicara hari ini, 5-10 tahun, tapi yang kita pikirkan hingga 30-50 tahun kedepan, maka kita perlu tata kembali ruang-ruang yang berada di daerah rawan bencana, terutama tsunami,” kata Jokowi.

Setelah mengunjungi dua desa itu, Jokowi beserta rombongan menuju RSUD Bob Bazar Kalinda untuk melihat kondisi warga yang masih dirawat. Jokowi juga menyambangi ratusan pengungsi yang ada di Lapangan Tenis Indoor, Kalianda. (Arya/Kmf)

 3,181 total views,  4 views today

Lampung Selatan

Rombongan Pengedar Sabu Di Jambi Berhasil Diringkus Ditresnarkoba

Published

on

By

Hanuang.com, Jambi – Ditresnarkoba Polda Jambi menangkap 5 tersangka pengedar shabu seberat 553, 133 gram berasal dari Tanjung Jabung barat/Tungkal, Selasa, (24/09/20).

Direktur Resnarkoba Polda Jambi, Kombes Pol Dewa Putu Gede Artha menuturkan bahwa shabu sebenarnya total keseluruhan 1 Kg, tetapi sebagian sudah diedarkan oleh tersangka di Muaro Jambi dan Bayung Lencir.

Lanjutnya, dari kelima tersangka itu ada pemesan, penyimpan dan kurir yang dimana tersangka di tangkap di mayang magurai Kecamatan Kota baru.

Selain itu pihaknya mengamankan Narkotika jenis Shabu, 7 unit HP android, 1 unit mobil Daihatsu Xenia warna abu-abu NO. POL B 1011 GKL, 1 buah tas belanja warna hijau, 1 buah timbangan, 1 buah dompet berisi uang Rp. 2.000.000, beberapa plastik kosong dan 1 buah pipet plastik, 1 buah potongan pipa pralon plastik

Identitas pelaku yaitu, MK 34 tahun laki-laki, SR 40 tahun laki-laki, HR 38 tahun laki-laki, BB 51 tahun laki-laki, RZ 42 tahun laki-laki.

Dalam kasus ini, mereka dijerat dengan pasal 114 AYAT 2 DAN ATAU PASAL 112 AYAT 2 JO PASAL 132 AYAT 1 UU NO. 35 TAHUN 2009 TENTANG NARKOTIKA DENGAN ANCAMAN PIDANA SEUMUR HIDUP. (*)

 366 total views,  366 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Silaturahmi di Ketapang, Nanang Bawa Berbagai Bantuan Untuk Warga

Published

on

By

Hanuang.com – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto melakukan silaturahmi dengan masyarakat Desa Karangsari, Kecamatan Ketapang, Kamis (24/9/2020).

Nanang Ermanto yang datang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin beserta sejumlah pejabat utama setempat, menyerahkan berbagai bantuan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19.

Bertempat di Balai Desa Karangsari, Nanang Ermanto menyerahkan bantuan dana stimulus kepada 206 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang terdampak Covid-19 secara simbolis.

Masing-masing pelaku UMKM mendapat dana stimulus sebesar Rp. 2 juta. Selain itu Nanang juga menyerahkan bantuan 15 kilogram beras kepada keluarga penerima manfaat (KPM) secara simbolis. Bantuan beras ini diberikan kepada 53.998 KPM yang tersebar di 17 kecamatan.

Kemudian ada juga bantuan untuk renovasi rumah ibadah sebesar Rp. 5 juta. Bantuan ini dikucurkan bagi 260 rumah ibadah dari berbagai agama yang tersebar di 17 kecamatan. Total bantuan renovasi rumah ibadah ini mencapai Rp. 1,3 miliar.

Terkait dengan bantuan-bantuan tersebut, Nanang mengatakan hal itu merupakan bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak musibah diluar bencana alam.

“Mudah-mudahan bantuan stimulus ini bisa bermanfaat untuk melanjutkan perekonomian masyarakat. Khususnya untuk membantu perekonomian dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga penerima manfaat,” ujar Nanang saat memberikan sambutan.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, I Ketut Sukerta menjelaskan, bantuan stimulus bagi UMKM diberikan kepada 1.000 pelaku UMKM yang tersebar di 17 kecamatan.

“Hari ini diberikan kepada 206 pelaku UMKM dari Kecamatan Ketapang, Sragi, Bakauheni, dan Penengahan,” ujar Ketut saat menyampaikan laporan.

Ketut menambahkan, bantuan dana stimulus yang bersumber dari APBD Kabupaten Lampung Selatan itu, diharapkan dapat dipergunakan dengan sebaik-sebaiknya oleh para pelaku UMKM.

“Nanti setelah pulang dari acara ini bapak ibu bisa langsung cek ke rekening masing-masing. Sudah langsung di payroll (transfer) semua,” kata Ketut. (Aziz)

 360 total views,  360 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

HUT DWP Lamsel Ke-21, Winarni Berbagi Sembako Di Kecamatan Natar

Published

on

By

Hanuang.com – Peringati Hari Ulang Tahun (HUT), Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), gelar Bhakti Sosial, Kamis, (24/09/20).

Bhakti Sosial dalam rangka memperingati HUT DWP Ke – 21 Lamsel tersebut dilaksanakan di dua tempat berbeda, pada pagi hari Bhakti Sosial dilaksanakan di Panti Asuhan Miftahul Huda, Desa Bhakti Rasa, Kecamatan Sragi, selanjutnya Bhakti Sosial juga digelar di El Karim, Desa Rulung Raya, Kecamatan Natar.

Hadir dalam giat tersebut, Penasehat DWP Lamsel, Hj. Winarni Nanang Ermanto, Ketua DWP, Yani Thamrin, Camat Sragi, Hipni beserta Ketua DWP Kecamatan, Camat Natar, Eko Irawan beserta Ketua DWP Kecamatan, para Pengurus DWP Kabupaten dan Kecamatan.

“Bhakti Sosial ini merupakan rangkaian kegiatan Peringatan HUT DWP Kabupaten Lampung Selatan yang Ke 21” ujar Winarni.

“Melihat situasi Pandemi COVID-19 saat ini, DWP Lamsel mengadakan Bhakti Sosial di Panti Asuhan Miftahul Huda Kecamatan Sragi dan Panti Asuhan El Karim Kecamatan Natar”, ujar Winarni.

“Sudah seharusnya kita saling berbagi kepada yang membutuhkan, meningkatkan Budaya Gotong-Royong dalam suasana Pandemi COVID-19 saat ini, saya yakin kita semua khususnya masyarakat Lampung Selatan mampu menghadapi persoalan yang berada di tengah-tengah kita” lanjut Winarni.

Winarni juga mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan dengan menerapkan Pola hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Saya juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dengan mematuhi Protokol Kesehatan buang telah ditetapkan Pemerintah. Seperti memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak fisik dengan orang lain, rajin cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, menjaga lingkungan tetap bersih, makan makanan dengan gizi seimbang dan beristirahat yang cukup”, jelas Winarni.

“Saya yakin, bila kita semua mematuhi Protokol Kesehatan, kita bisa melewati Pandemi COVID-19 tanpa harus ada korban jiwa” imbuhnya.
“Mudah-mudahan Bhakti Sosial ini dapat sedikit meringankan masyarakat khususnya Panti Asuhan Miftahul Huda Kecamatan Sragi dan Panti Asuhan El Karim Kecamatan Natar”, pungkas Winarni.

Usai kegiatan Bhakti Sosial tersebut Winarni juga diminta masyarakat setempat untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Babusaallam Desa Rulung Raya Kecamatan Natar. (*)

 345 total views,  345 views today

Continue Reading

Trending Topic