Connect with us

Lampung Selatan

Ketua Paguyuban & Narasumber Bantah Pemberitaan Di Salah Satu Media Online

Published

on

Hanuang.com – Ketua Paguyuban Nahkoda Kapal Pulau Sebesi-Canti-Krakatau Sarmani, membantah keras pemberitaan di salah satu media online terkait para pengungsi yang harus membayar dengan biaya sendiri untuk kembali Ke Pulau Sebesi maupun Pulau Sebuku.

Berita tersebut mengutip pemberitaan wartawan rilis.id M. Amir Syaripudin yang menyebut para pengungsi di Lapangan Tenis Indoor Kalianda, terpaksa merogoh kocek sendiri untuk kembali ke kampung halaman mereka di Pulau Sebesi dan Sebuku.

Kepada tim Diskominfo Lamsel, Sarmani menceritakan, permasalahan itu diketahui setelah ia dimintai keterangan oleh Dinas Perhubungan Lampung Selatan melalui sambungan telepon, pada Minggu (6/1/2019) sekitar pukul 22.00 WIB.

“Saya di telepon oleh Staf Dinas Perhubungan, katanya kami meminta bayaran kepada pengungsi yang ingin pulang. Itu tidak benar, saya juga sudah cek semua ABK tidak ada yang begitu. Spontan mereka pun geram, sudah niat baik membantu pengungsi malah diberitakan ngak benar,” cetus Sarmani dikediamannya, Minggu (6/1/2019).

Sarmani menceritakan, pada hari itu (Minggu), Pemkab Lampung Selatan sudah menyewa 8 Kapal Motor yang ada dibawah naungannya, bukan 6 kapal seperti yang diberitakan media online tersebut.

“Pak Anas (Kadishub Lamsel) yang sewa sama saya, hari itu juga langsung dibayar tunai. Sampai saya harus pulang lagi ke Pelabuhan Canti, karena ABK minta dibayar hari itu juga,” ujar Sarmani.

Lebih lanjut Sarmani mengatakan, para pengungsi yang dimintai bayaran itu mungkin pengungsi yang bukan (manifes) terdata dari Lapangan Tenis Indoor, dan naik kapal umum diluar kapal yang sudah disewa oleh Pemkab setempat.

“Saya pulang ke Sebesi ikut kapal yang terakhir yang disewa sama pemda, jam 12 baru sampai. Kalau ada pengungsi yang naik diluar kapal yang sudah disewa, itu diluar tanggungjawab kami, karena kami sudah dibayar lunas oleh Pemda” kata dia.

“Bisa jadi pengungsi itu menginap di rumah saudaranya bukan pengungsi yang dari Lapangan Tenis Indoor. Begitu dengar ada yang pulang, mereka mau pulang juga. Sedangkan kapal kami sudah istirahat di Pulau Sebesi dan kembali lagi ke Pelabuhan Canti esoknya, jadi mereka naik kapal yang bukan disewa pemda,” tambahnya.

Terkait hal itu, Sarmani pun meminta kepada tim ini untuk mengklarifikasi pemberitaan tersebut. Sebab, dia tidak ingin kerjasama yang baik dengan Pemkab Lamsel selama ini terjalin baik, rusak hanya karena kesalahpahaman.

“Tolong pak, kalau begini caranya kepercayaan masyarakat kepada Paguyuban kami, khususnya Pemda bisa hilang. Kami ga mau itu terjadi apalagi banyak wisatawan yang sewa kapal datang kesini,” keluh Sarmani.

Sebelum tim ini izin kembali ke penginapan, Sarmani sempat menanyakan keberadaan wartawan yang menulis berita tersebut. “Memangnya dia itu (Amir_red) orang mana pak?,” tanya Sarmani.

Hal senada diungkapkan oleh narasumber, yakni Zulkifli (31), warga pulau Sebesi yang membenarkan bahwa dirinya tak menyebutkan bayar untuk kepulangan para Pengungsi di pulau Sebesi pada hari Minggu lalu.

“Gak bener itu, kalau pulang hari Minggu itu gratis, udah dibayarin Ama Pemda, dan saya juga gak pernah kasih keterangan dengan Amir waktu hari Minggu itu, karena saya lagi berada di pulau Jawa” ungkapnya. (Arya)

 3,336 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Taman Wisata Malang Sari dan Gunung Batu Srikaton Dapat Apresiasi Dari Bupati Lamsel

Published

on

By

Hanuang.com – Bupati Lampung Selatan (Lamsel), H. Nanang Ermanto, mengapresiasi dan memberikan motivasi kepada Aparat Desa serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa Malang Sari, Kecamatan Tanjung Sari, Lamsel, Sabtu, (17/04/21).

Hal itu disampaikan saat dirinya mengunjungi Taman Wisata Desa Malang Sari dan Wisata Gunung Batu yang terletak di Desa Srikaton, Tanjung Sari.

“Meski saat ini dalam kondisi Covid-19-19, akan tetapi kita tak boleh putus asa dengan keadaan, teruslah berinovasi mempunyai semangat, bagaimana ketahanan pangan, ekonomi masyarakat menjadi Desa maju, nah ini terutama dari aparat desanya, ini sudah bagus ini” ujarnya.

“Saya mengajak rakan-rekan, ada pak Kadis Pertanian, DLH, Perijinan, dan Asisten Ekobang, serta Kabag Organisasi ke Malang Sari untuk meninjau, sengaja saya tidak memberitahu, tapi saya disini disambut dengan pakaian merah-merah” tambahnya.

Nanang juga berharap kepada aparatur desa agar berkreaktif dan berinovasi untuk terus mengembangkan desanya dengan potensi yang dimiliki.

“Saya berharap desa wisata ini jangan hanya dimiliki oleh satu desa saja, tapi seluruh desa dapat kreaktif dan berinovasi mengembangkan desanya menjadi desa wisata dan desa yang maju” tutupnya. (*)

 905 total views,  905 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Ramadhan Penuh Berkah, Lapas Kalianda Bagikan Sembako Kepada Warga Desa Negeri Pandan

Published

on

By

Hanuang.com – Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kalianda melakukan Bhakti Sosial membagi-bagikan Sembako di Desa Negeri Pandan, Kalianda, Jumat (16/4). Kegiatan Bhakti Sosial dilakukan dalam Memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke – 57.

Dalam kegiatan, Kepala Lapas Kalianda, Dr. Tetra Destorie yang turut melaksanakan Bhakti Sosial mengatakan bahwa Sembako yang dibagikan merupakan Sumbangan yang dikumpulkan dari Petugas Lapas Kalianda.

“Dalam memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke 57, ini, sumbangan yang diberikan merupakan sumbangan dari Seluruh Petugas Lapas Kalianda. Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang menerima,” ucap Kepala Lapas Kalianda.

Dengan melakukan Derma di Bulan Ramadhan, dirinya meyakini bahwa, Ia bersama rekan-rekan Petugas Lapas Kalianda yang beragama Islam akan mendapat pahala berlipat ganda.

“Saya percaya, apabila kita melakukan kebaikan dengan melakukan Derma di Bulan Ramadhan Niscaya pahala kita akan berlipat ganda,” tutup Dr. Tetra Destorie. (Humas)

 526 total views,  526 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Dankodiklat TNI AD Sambangi Provinsi Sai Bumi Ruwa Jurai

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421/LS, Letkol Inf. Enrico SN, menyambut kedatangan Dankodiklat TNI AD, Letjen TNI AM. Putranto beserta rombongan di bandara Internasional Raden Intan II Branti Natar Lamsel, Sabtu, (17/04/21).

Kedatangan Dankodiklat TNI AD beserta rombongan ke wilayah Provinsi Lampung adalah dalam rangka melakukan kunjungan kerja peninjauan medan Latma Garuda Shield 15/2021, antara TNI AD dengan AD Amerika Serikat, yang akan dipusatkan di Pusat latihan tempur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan.

Tim peninjauan medan dari Kodiklat TNI AD langsung dipimpin oleh Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, serta didampingi oleh Dirlat Kodiklatad Brigjen TNl Haryanto, Pabanopslat Sdirlat Kodiklatad Kolonel Inf. Suparlan Purwo Utomo, Asrendam Jaya Kolonel Inf. Erwin, Danbrigif PR-17/K/1 Kostrad Kolonel Inf.Marwan Supriyanto, Kasmin Dankodiklatad Mayor Arh. Ahmad Yani serta Kasiops Brigif PR-17/K/1 Kostrad Kapten Inf. Maulana.

Beberapa orang pejabat yang ikut menyambut kedatangan rombongan Dankodiklat TNI AD di VIP Room Bandara raden intan II diantaranya Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf. Dwi Endrosasongko, Kasiops Rem 043/Gatam Kolonel Inf. Selamet Winarto, Dandim 0421/LS Letkol Inf. Enrico Setiyo Nugroho, serta Danramil 421-06/Natar Kapten Inf. Yudi Ardi.

Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putanto, beserta rombongan, selanjutnya meninggalkan VIP Room Bandara Internasional Raden Inten ll Lampung menuju Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan guna melaksanakan serangkaian kunjungan kerjanya. (*)

 658 total views,  658 views today

Continue Reading

Trending Topic