Connect with us

Mesuji

Jokowi : “Ini Ruas Tol Terpanjang Yang Pernah Saya Resmikan”

Published

on

Hanuang.com – Dari gerbang tol di kilometer 240 Kabupaten Mesuji, Lampung, siang ini, Presiden RI, Ir. Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol trans-Sumatra ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Menurut Jokowi, dari semua ruas tol yang ada, inilah ruas tol terpanjang yang diiresmikan olehnya.

“Inilah ruas tol terpanjang yang pernah saya resmikan. Panjang totalnya 189,2 kilometer, dan merupakan bagian dari tol trans-Sumatra sepanjang 2.974 kilometer dari Lampung sampai Aceh” ungkapnya, Jum’at, (15/11/19).

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun. Dengan tersambungnya ruas tol ini, waktu tempuh dari Bakauheni-Palembang sepanjang 365 kilometer akan lebih singkat, menjadi 4-6 jam dari sebelumnya 10-12 jam.

“Sekarang, bola di tangan pemerintah daerah. Para gubernur, bupati, dan wali kota, silakan menyambungkan jalan tol ini ke kawasan-kawasan wisata, ke sentra-sentra produksi perikanan, perkebunan, pertanian atau zona-zona industri. Dengan begitu, akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru” tutupnya. (Arya)

 1,691 total views,  3 views today

Bandar Lampung

Hasil Kesepakatan Bersama, Tahun Ini Salat Ied Berjamaah di Masjid dan di Lapangan Ditiadakan

Published

on

By

Keterangan Foto : Gambar Merupakan Ilustrasi Salat Ied Yang Diambil Dari Google

Hanuang.com – Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah di Provinsi Lampung disepakati bersama untuk tidak dilakukan secara berjamaah di masjid atau tanah lapang melainkan di rumah masing-masing.

Hal tersebut sesuai kesepakatan bersama antara Gubernur, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lampung, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung, Rektor UIN Lampung dan Pengurus Majelis Ulama Indonesia Lampung.

Berdasarkan surat ‘Kesepakatan Bersama’ tersebut, menyatakan bahwa Gubernur Lampung, Kementerian Agama Provinsi Lampung, hingga bupati serta wali kota se-Provinsi Lampung, sepakat pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 Hijriah dilaksanakan di rumah.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengatakan, dengan memperhatikan kecenderungan peningkatan pandemi Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir, diperlukan upaya tegas dan konsisten dalam pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat. Termasuk dalam pembatasan kegiatan ibadah berjamaah di rumah ibadah dan di tanah lapang.

“Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah tidak dilaksanakan secara berjemaah di masjid atau di tanah lapang. Tetapi masyarakat dapat menunaikan salat Idul Fitri di rumah masing-masing,” kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi kepada awak media, Senin (26/4/2021).

Kesepakatan tersebut dibuat mengingat salat Idul Fitri hukumnya sunnah, sehingga pelaksanaannya dapat disesuaikan untuk meminimalisir penularan akibat virus COVID-19 yang sangat membahayakan.

Disamping itu, dalam Surat Edaran dengan Nomor 045.2/1604/V.02/2021 Gubernur juga meminta Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung untuk melakukan Pengetatan Protokol Kesehatan di Pasar Tradisonal, Arus Mudik dan Percepatan Vaksinasi Pada Pelayan Publik. (*)

 8,941 total views,  11 views today

Continue Reading

Advertorial

Tiba Di Mesuji, Budi Yuhanda Sosialisasikan Perda No. 9 Tahun 2015

Published

on

By

Hanuang.com – Anggota DPRD Provinsi Lampung Fraksi NasDem Daerah Pemilihan VI (Tulang Bawang, Tulangbawang Barat, Mesuji), Budi Yuhanda sosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) No 9 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Kepelabuhanan.

Dalam pemaparannya, Budi Yuhanda berharap Kabupaten Mesuji bisa menghidupkan kembali mimpi untuk memiliki Pelabuhan dan Kawasan Industri.

Sebab, Kabupaten Mesuji merupakan kawasan sungai yang bisa mendukung adanya pelabuhan regional.

“Saya sangat berharap melalui Perda ini, pemerintah bisa menjadikan sungai yang ada di Mesuji untuk dibuatkan terminal. Dibuatkan regulasi yang bisa dikelola, dan menjadi suatu keharusan kapal-kapal yang melintasi sungai Mesuji, agar kedepan bisa diperoleh PAD dari sungai tersebut,” jelas Budi, Sabtu (11/7/2020).

Di akhir acara, legislator dua periode itu membagikan nasi kotak, serta santunan kepada masyarakat sekitar. (*)

 2,467 total views,  1 views today

Continue Reading

Trending Topic