Connect with us

Luar Daerah

Jelang Natal & Tahun Baru, Provinsi Lampung Masuk Prioritas Keamanan Polri

Published

on

Keterangan Gambar : Gambar Diambil Dari Google

Hanuang.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak menggelar kegiatan konvoi kendaraan pada saat perayaan libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru_red).

Menurut Polri, kegiatan tersebut dapat berpotensi mengganggu ketertiban umum. Himbauan ini disampaikan Polri melalui Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono di Mabes Polri, Kamis, (12/12/19).

“Kalau itu menggangu ketertiban umum, lebih baik tidak. Nanti semua kita koordinasikan dengan Pemda dan kepolsian daerah,” kata Argo.

Ia juga menjelaskan bahwa sejauh ini pihaknya belum menerima informasi mengenai adanya rencana konvoi tersebut. Namun polisi akan berkordinasi dengan Pemerintahan Daerah setempat guna mengantisipasi kegiatan tersebut.

“Hingga saat ini di kota-kota lain belum mendapatkan (informasi) namun semua tetap termonitor dan diawasi oleh Polda untuk kegiatan akhir tahun ini,” paparnya.

Sebelumnya Agro juga menyatakan, jelang Natal dan Tahun Baru 2020, ada beberapa daerah yang menjadi prioritas keamanan seperti Jawa, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Papua dan Papua Barat. (*)

Sumber : https://kabarpolisi.com/berita-utama/polri-himbau-masyarakat-tidak-konvoi-kendaraan-saat-perayaan-nataru-2020.html

 14,655 total views,  54 views today

Luar Daerah

Polisi Ini Berikan Tauladan, Rela Batalkan Pernikahannya Ditengah Wabah Covid-19

Published

on

By

Hanuang.com – Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Rote Barat Daya, Polres Rote Ndao, Polda Nusa Tenggara Timur (NTT), Brigadir Marsel BW Henuk ikhlas membatalkan acara pernikahannya yang rencananya digelar pada 24 Maret 2020.

Brigadir Marsel rela membatalkan hari bahagianya itu agar tidak menggelar acara keramaian di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19, yang saat itu sudah mewabah di NTT.

“Seharusnya menikah tanggal 24 Maret 2020. Namun, saya menunda pernikahan saya atas saran dari Bapak Kapolres selaku pimpinan saya,” kata Brigadir Marsel kepada wartawan, Kamis (2/4/2020).

Ia juga mengaku sengaja membatalkan acara penikahannya, demi keselamatan dirinya dan keluarganya. “Ini juga merupakan kebijakan dari pemerintah pusat, Presiden RI Bapak Joko Widodo, yaitu psychal distancing,” sambungnya.

Menanggapi keputusan Brigadir Marsel tersebut, Kapolres Rote Ndao AKBP Bambang H. Wibowo menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada anak buahnya tersebut.

“Mengingat situasi saat ini sedang mewabah virus Corona, tentunya apa yang dilaksanakan oleh Brigadir Marsel sangat saya apresiasi. Saya juga mengimbau kepada anggota yang lain agar meniru apa yang dilakukan Brigadir Marsel,” kata Bambang.
Ia pun menilai tindakan Brigadir Marsel sebagai bentuk mengorbankan kepentingan pribadi untuk kepentingan yang lebih besar, sehingga penyebaran virus Corona tidak semakin meluas.

“Sekaligus saya imbau, yang kita lakukan saat ini merupakan bentuk nyata bahwa kita juga melakukan apa yang diperintahkan dan menjadi kebijakan pemerintah pusat, Presiden RI Joko Bapak Ir. Widodo,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kapolsek Kembangan, Kompol Fahrul Sudiana dimutasi dari jabatannya, lantaran melanggar Maklumat Kapolri Jenderal Idham Azis terkait virus corona (Covid-19), yang melarang adanya acara kerumunan massa.

Fahrul Sudiana malah menggelar pesta pernikahan di tengah merebaknya corona. Dia langsung dicopot dari jabatannya sebagai kapolsek dan dimutasi ke Polda Metro Jaya sebagai analis kebijakan.

Diketahui, Fahrul menggelar resepsi pernikahan di sebuah hotel mewah di Jakarta pada 21 Maret 2020. Pesta tersebut kemudian viral di media sosial karena dilaksanakan saat wabah corona. (Arya)

 525 total views,  179 views today

Continue Reading

Luar Daerah

Periset Di Indonesia Jelaskan Kulit Jeruk Dapat Menangkal Covid-19

Published

on

By

Hanuang.com – Para pakar peneliti atau periset di tanah air melakukan uji coba terhadap berbagai senyawa yang dianggap berpotensi dapat melawan virus Corona (Covid-19).

“Senyawa tersebut golongan flavonoid yaitu salah satunya hesperidin. Hesperidin ini disinyalir bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus. Kita bisa dapat senyawa ini? Banyak ditemukan di kulit buah jeruk,” kata Guru Besar IPB University, juga Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), Prof. Irmanida Batubara, yang dirilis oleh website IPB University, Sabtu, (28/03/2020).

Ada pun beberapa peneliti tersebut diantaranya Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University dan Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University, yang melakukan penelitian bioinformatika untuk menemukan senyawa yang berpotensi melawan COVID-19.

Saat ini, Pemerintah terus menghimbau dan menggencarkan warga untuk melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) beserta Lingkungan Bersih Sehat (LBS) dengan sering-sering mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak sosial, berdiam diri di rumah dan lainnya.

“Selama berdiam di rumah, kita dapat membuat jus jeruk dan jangan lupa untuk ditambah sedikit kulit jeruk yang sudah dicuci bersih. Memang akan terasa sedikit pahit. Nah tahanlah sedikit rasa pahit, karena hesperidin ada di dalamnya,” ujar Prof Irmanida.

Terus bagaimana terhadap sebagian orang yang tidak biasa meminum rasa pahit? Prof. Irmanida jelaskan solusinya dengan membuat infus water dari jeruk yang sudah dicuci bersih.

“Semua jenis jeruk mengandung hesperidin.Tidak harus jeruk buah, kita juga bisa memanfaatkan kulit jeruk nipis, jeruk lemon dan varietas jeruk lain,” tuturnya.(Arya)

 1,647 total views,  51 views today

Continue Reading

Luar Daerah

Dirlantas Polda Metro Jaya Pimpin Apel Penyemprotan Disinfektan

Published

on

By

Hanuang.com – Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo, S.I.K., M.T.C.P. memimpin Apel dan Penyemprotan Disinfektan kepada Mobil dan Motor Dinas Ditlantas Polda Metro Jaya serta Satlantas Jajaran Polda Metro Jaya.

Penyemprotan Disinfektan dilakukan di Lapangan Promoter Ditlantas Polda Metro Jaya, Sabtu, (28/3/2020).

Kegiatan tersebut adalah upaya Polri dalam menjaga kebersihan dan sterilisasi kendaraan Dinas ditengah Wabah Virus Corona (COVID-19).

Bersamaan dengan itu Ditlantas Polda Metro Jaya juga menyampaikan hal ini untuk menjaga kesehatan petugas dan masyarakat yang dilayani.

Ditlantas PMJ menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD) untuk digunakan anggota dalam penanganan masyarakat yang diduga terkena Virus Corona. (Rilis)

 1,065 total views,  55 views today

Continue Reading

Trending Topic