Connect with us

Lampung Selatan

Jadikan Masyarakat Lamsel Produktif, Disparbud Gelar Pelatihan Ekonomi Kreatif

Published

on

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan, menggelar kegiatan bimbingan dan pelatihan ekonomi kreatif di aula sebuku rumah dinas bupati setempat, Senin (26/7/2021).

Kegiatan yang digelar hingga tanggal 27 Juli 2021 tersebut, mengusung tema Menjadikan Masyarakat Lampung Selatan Yang Produktif, Inovatif, Maju, dan Berdaya Saing.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan, Rini Ariasih, mengatakan kegiatan bimbingan dan pelatihan ekonomi kreatif merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kreatifitas masyarakat.

Dimana, hal tersebut akan berdampak pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para pelaku ekonomi kreatif dalam mendukung citra pariwisata Lampung Selatan.

“Maksud dilaksanakannya kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif adalah memberikan pemahaman ekonomi kreatif bagi masyarakat yang ada di kabupaten Lampung Selatan,” katanya.

Untuk mencapai hal tersebut, lanjut Rini, Pemkab Lampung Selatan mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan batik ecoprint, dengan pertimbangan proses pembuatan yang ramah lingkungan serta tidak mengakibatkan pencemaran air dan udara.

“Dalam hal ini kita akan melaksanakan pelatihan pembuatan batik ecoprint, pembuatannya dengan mencetak menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar, baik itu untuk kain, pewarna dan pembuatan pola motifnya,” jelasnya.

Sementara, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Lampung Selatan, Supriyanto, mengatakan dengan diselenggarakannya kegiatan bimbingan dan pelatihan ekonomi kreatif, diharapkan masyarakat mampu mengolah dan memanfaatkan potensi alam dengan baik.

“Dalam rangka mendukung program pemerintah dan mendorong ekonomi kreatif, perlu adanya kreatifitas dan peningkatan kapasitas masyarakat dengan memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekitar,” ungkapnya mewakili Bupati Lampung Selatan.

Salah satu bentuk kreatifitas yang memanfaatkan potensi alam tanpa menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan, kata Supriyanto, yakni pembuatan batik ecoprint yang memanfaatkan tanaman sekitar.

“Tetap alam dijaga, limbah atau pencemaran dan lain sebagainya, karena kita memanfaatkan tanaman,” ungkapnya lebih lanjut.

Dengan diadakannya pelatihan pembuatan batik ecoprint, Supriyanto berharap dapat memberikan banyak peluang usaha dengan mengoptimalkan potensi alam, sehingga mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat Lampung Selatan.

“Kedepan produk ecoprint yang dihasilkan dapat dipasarkan melalui media online maupun media cetak, saya harap kegiatan pelatihan ini dapat memberikan banyak peluang usaha dalam memajukan dan mengembangkan potensi usaha yang ada di Lampung Selatan,” jelasnya.

Diketahui, dalam kegiatan bimbingan dan pelatihan tersebut menampilkan tiga narasumber sekigus, yang pertama Ketua Dekranasda Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) dari Dinas Pariwisata dan Ekraf Provinsi Lampung, Hellen Veranica serta Mentor Pelatihan Pembuatan Batik Ecoprint, Anggraeni. (ptm)

 562 total views,  3 views today

Lampung Selatan

GML Kota Metro Kembali Gelontorkan Bantuan Sembako di Tiga Kelurahan

Published

on

By

Hanuang.com – GML Kota Metro kembali menggeruduk warga kurang mampu yang berada di Kota Metro, Jum’at, (24/09/21).

Sedikitnya ada tiga Kelurahan yang dikunjungi yakni diantaranya, Imopuro, Iringmulyo, dan Hadimulyo Timur. 

Jajaran Pengurus DPD GML Kota Metro terpantau langsung menuju  kerumah-rumah Warga fakir miskin yang sudah di survey dan di data oleh Divisi bidang Sosial Kemasyarakatan.

“Alhamdulillah Jum’at berkah kali ini seperti biasa kami membagikan bingkisan paket sembako Berupa Mi instan, Minyak Goreng, Tepung Terigu, Gula dan beras 5kg kepada warga semuanya kondisi Rumahnya Geribik terbuat dari Bambu, kami selalu berupaya keberadaan GML semoga semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” beber Slamet Riyadi selaku Ketua DPD GML Metro.

“Kita fokuskan kepada yang belum terjangkau oleh pemerintah Kota Metro, dan GML Kota Metro akan selalu konsisten membantu warga kurang mampu” tambahnya.

Senada Menurut Jafar Sidiq selaku Divisi Sosial kemasyarakatan mengatakan bahwa Penerima paket sembako Jum’at Berkah Peduli telah melalui seleksi dan pendataan yang tepat.

“Mereka diantaranya Siti Zulaiha RT/RW 008/004 Iringmulyo, Ristinah RT/RW 008/004 Iringmulyo, Romi setiawan RT/RW 011/002 Imopuro, Basuki RT/RW 011/004 Imopuro, Trisnawati RT/RW 038/008 Hadimulyo Timur Kecamatan Metro Pusat” jelasnya.

Trisnawati selaku warga penerima paket sembako mengucapkan terimakasih kepada Ormas GML Kota Metro yang sudah menyambanginya dan memberikan paket sembako.

“Ini sangat bermanfaat, semoga Allah SWT membalas kebaikan dan dipermudah segala urusannya” jelasnya.

“Terimakasih banyak atas kepeduliannya, saya sangat bersyukur semoga mendapatkan keberkahan dan dimurahkan selalu Rizkinya” ujar penerima lainnya. (*)

 10 total views,  10 views today

Continue Reading

Kriminalitas

Polsek Tanjung Bintang Amankan Pelaku Pembobol Toko dan Penggelapan Motor

Published

on

By

Hanuang.com – Dalam satu hari Jajaran Kepolisian dari Polsek Tanjung Bintang, berhasil mengamankan dua pelaku tindak pidana yang berbeda.

Kedua pelaku yang berhasil diamankan oleh Tim Unit Reskrim Polsek Tanjung Bintang Bintang masing-masing, Sah (32) pelaku tindak pidana pencurian di toko milik Tatang Iskandar (46) yang beralamat di Jl. Ryacudu depan Pom Bensin Itera, Desa Way Galih, Kecamatan Tanjung Bintang.

Pelaku diamankan warga dan Anggota Polsek Tanjung Bintang, Kamis (23/9/2021) sekitar pukul 02.00 wib di Jalan Ryacudu Way Galih Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan, setelah sebelumnya melakukan percobaan pencurian ditoko milik Tatang Iskandar (46) warga Kampung Sawah Brebes Teluk Betung Bandarlampung.

Sah (32) dalam menjalankan aksinya, pelaku bersama rekanya naik tembok dan merusak atap Asbes dan merusak plapon ditoko milik korban, namun aksinya diketahui oleh warga dan berhasil menangkapnya, sedangkan rekan pelaku berhasil melarikan diri.

Sedangkan Ran (36) ditangkap di desa Tanjungan, Kecamatan Katibung Lampung Selatan, Kamis (23/9/2021) sekitar pukul 01.30 WIB.

Pelaku ditangkap petugas setelah sebelumnya melakukan penggelapan satu unit sepeda motor jenis Honda Beat dengan Nomor Polisi BE 2967 ES warna Biru milik korban Evi Maryati warga Serdang Tanjung Bintang.

Modus yang digunakan pelaku saat beraksi yakni pada hari Senin (6/9/2021) pelaku meminjam sepeda motor milik korban dan berpura-pura akan berbelanja ke Alfamart , sambil membonceng anak korban, Namun sesampainya di tempat anak korban diturunkan, dan sepeda motor korban dibawa kabur, atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp. 16 juta, dan melaporkan ke Mapolsek Tanjung Bintang.

Kapolsek Tanjung Bintang AKP Feria Arista, S.Kom, SIK mewakili Kapolres Lamsel AKBP Edwin , SIK, SH, MSi, Kamis (23/9/2021) membenarkan bahwa dalam satu hari, (hari ini red*) pihaknya telah melakukan penangkapan terhadap dua orang pelaku tindak pidana yang berbeda dan dilokasi yang berbeda pula.

Sah (32) ditangkap pada, Kamis (23/9/2021) sekitar pukul 02.00 wib di Jl Ryacudu Depan Pom Bensin Itera desa Way Galih Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.

“Pelaku ditangkap setelah melakukan tindak pidana percobaan pencurian di toko milik korban Tatang Iskandar (46) warga Kampung Sawah Brebes Teluk Betung Bandarlampung. Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHPidana” Ucap Kapolsek Tanjung Bintang.

Sedangkan Ran (36) ditangkap dirumahnya, Kamis (23/9/2021) sekitar pukul 01.30 wib dini hari, didesa Tanjungan Kecamatan Katibung Lampung Selatan.

Pelaku diamankan petugas, setelah sebelumnya, Senin (6/9/2021) melakukan penggelapan satu unit sepeda motor jenis Honda Beat warna biru, dengan nomor polisi BE 2967 ES.

Dalam aksinya, pelaku pinjam sepeda motor milik korban Evi Maryanti, warga desa Serdang Kecamatan Tanjung Bintang, dengan modus berpura-pura akan belanja di Alfa dengan membonceng Delkis anak korban. Namun saat sampai ditujuan, anak korban diturunkan sedangkan sepeda motornya langsung dibawa kabur.

“Pelaku pinjam motor korban, dengan alasan mau belanja di Alfa, dengan bonceng Delkis anak korban, namun sampai ditujuan Delkis diturunkan sedangkan sepeda motornya dibawa kabur” bebernya.

Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian Rp.16 juta dan melaporkan ke Polsek Tanjung Bintang.

Saat ini pelaku yang akan dijerat dengan pasal 378 jo pasal 372 KUH Pidana ini, sudah diamankan diruang tahanan Polsek Tanjung Bintang guna penyidikan lebih lanjut. (*)

 1,024 total views,  338 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Peringati HUT TNI Ke-76, Personel Kodim Lamsel Gelar Bhaksos Donor Darah

Published

on

By

Hanuang.com – Kodim 0421 Lampung Selatan (Lamsel), menggelar donor darah dalam rangka HUT TNI ke-76 Tahun, Kamis, (23/09/21).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapten Inf Nurdin selaku Pasiter Kodim bersama anggota PMI dan lainnya.

Sebanyak 80 orang anggota Kodim menggelar donor darah, Kapten Inf M. Nurdin, menyampaikan ucapan terimakasih atas keikutsertaan dalam kegiatan donor darah yang diselenggarakan di satuan Kodim 0421/LS.

“Kegiatan donor darah ini, adalah dalam rangka memperingati hari HUT TNI, dimana dibeberapa instansi TNI juga ikut melaksanakan kegiatan bakti sosial donor darah ini” ujarnya.

“Saya berpesan bagi anggota ataupun personel lainnnya yang akan melaksanakan donor darah, agar dicek terlebih dahulu kesehatannya dan ikuti prosedur yang telah diatur oleh petugas” tutupnya. (*)

 1,269 total views,  312 views today

Continue Reading

Trending Topic