Connect with us

Lampung Selatan

Ini Sosok Bhayangkari Lamsel Yang Bantu Selamatkan Pelaku Dari Beringasnya Amukan Massa

Published

on

Hanuang.com, SIDOMULYO – Cupu Manik Astagina yang terdapat dalam lambang Bhayangkari, kini benar-benar menunjukkan sinarnya.

Cerminan lambang itu, dinyatakan oleh salah seorang anggota Bhayangkari dari ranting Sidomulyo, Cabang Lampung Selatan (Lamsel), yakni Ny. Evi Surahmawati.

Perempuan kelahiran 20 November 1982 ini, bahkan viral dan menjadi sorotan publik, mulai dari daerah hingga nasional. Hari ini tepatnya, senin (22/06/20) perempuan berhijab itu terus mendapatkan pujian mulia dari para pengguna media sosial.

Bagaimana tidak, Evi yang merupakan istri dari Bripka Masruri Rahman ini dengan berani mendampingi sang suami melerai amukan massa, saat adanya dua pelaku pencurian yang tertangkap NN (45) dan SH (40), dua hari lalu (19/06/20).

Suara lantangnya Evi memohon kepada massa untuk mengehentikan kekerasan yang dilampiaskan kepada dua pelaku pencurian itu.

Bersyukur, berkat pertolongan Allah SWT dan tekad pasangan Bhayangkara dan Bhayangkari ini mampu meredupkan sulutan emosi warga. Mereka akhirnya berhasil menyelamatkan nyawa kedua pelaku pencurian itu dan membawanya ke Mapolres Lamsel.

Ibu dari dua anak ini bahkan seolah tidak lagi memikirkan keselamatannya saat menyelamatkan nyawa dari dua pelaku pencurian tersebut.

“Waktu itu saya sudah tidak lagi memikirkan keselamatan saya dan suami, yang ada adalah bagaimana bisa menyelamatkan nyawa kedua pelaku dari amukan massa yang jumlahnya sangat banyak,” Tutur Evi Surahmawati, kepada wartawan.

Evi bercerita, sebelumnya ia dan suami turut melakukan pengejaran terhadap dua pelaku pencurian ini dan berhasil menghentikannya. Ia dan suami kemudian meringkus pelaku dan memasukkannya kedalam mobil pribadinya.

“Namun ketika kendaraan saya akan berjalan, massa menggedor kendaraan dari samping dan meminta agar kedua pelakunya diturunkan atau dikeluarkan dari mobil. Ketika saya turun dengan maksud memberikan pemahaman agar masa tidak main hakim sendiri,  justru salah satu warga berhasil membuka pintu belakang dan menurunkan dua pelaku itu,” tuturnya lagi.

Saat itulah, dua sejoli ini berada ditengah-tengah sulutan amarah warga Sidomulyo. Dari mulai pukulan hingga terjangan kaki seolah menghujani kedua pelaku itu. Namun, tekad mereka tak surut, mereka berdua terus berjuang untuk menyelamatkan dua nyawa itu. Hingga akhirnya, mereka bisa kembali memasukan dua pelaku itu kedalam mobil.

Tak hanya sampai disitu, setelah dimasukan kedalam mobil, Evi langsung mengambil kemudi mobil tersebut. Sementara, suaminya Bripka Masruri masih mencoba untuk menenangkan masa yang terus mencoba untuk mengahajar pelaku.

Tak sadar, ancaman besar justru dialami Evi. Sebab, didalam mobil itu, Evi sendirian yang tengah membawa dua pelaku pencuri tanpa ada suaminya. Namun, dalam benak Evi bukan ketakutan akan ancaman itu, melainkan lebih prioritas untuk menyelamatkan dua nyawa manusia itu.

Evi mengambil kemudi, langsung memutar balik kendaraan. Setelah sedikit memiliki jarak dengan kerumunan masa, Evi kemudian menghentikan mobilnya dan suami langsung menghampiri dan ikut naik ke mobil bersama Evi.

“Saya dan suami terus melindungi kedua tersangka dan tidak memikirkan keselamatan saya sendiri sehingga akhirnya berhasil membawanya ke Mapolres Lampung Selatan untuk diamankan, ” pungkasnya.

Sekadar mengingatkan, kedua pelaku itu NN (45) dan SH (40), melakukan pencurian kalung emas milik Nenek Sajem (90), di Dusun Ringin Agung Gg.Karyawan Desa Sidododi, Sidomulyo.

Kedua pelaku yang merupakan warga Jagabaya Bandar Lampung itu awalnya menghampiri Nenek Sajem yang tengah duduk di Teras rumahnya. Kedua pelaku itu kemudian berpura pura menawarkan cek kesehatan (Pijat Refleksi).

Saat berpura pura melakukan cek kesehatan, saat itulah pelaku melepas kalung emas milik korban seberat 10 gram. Lalu, merasa kalungnya di lepas pelaku, korban sontak berteriak.

Cucunya Yudi (37) yang berada di dapur rumah keluar mendatangi korban, pelaku sempat mengembalikan kalung yang di duga telah di tukar dengan kalung imitasi dan kabur meninggalkan korban. Yudi cucu korban seketika berteriak minta tolong dan mengejar pelaku.

Saat dilakukan pengejaran, Bripka Masruri Rahman beserta istrinya Evi Surahmawati melintas dan melihat adanya aksi pengejaran pelaku jambret. Saat itu juga, tanpa pikir panjang, Bripka Masruri Rahman dan istri ikut mengejar pelaku, dengan mengendarai mobil miliknya.

Sesampainya di Jalinsum Desa Kotadalam, Bripka Rahman berhasil menghentikan pelaku dengan cara memepet laju speda motor pelaku. Tak lama, massa kemudian datang dan menghakimi kedua pelaku itu. (Humas)

 1,490 total views,  4 views today

Lampung Selatan

Berkeliling Desa, Kartini Perindo Berikan Pelatihan UMKM Di Kecamatan Way Sulan

Published

on

By

Hanuang.com – Ketua Kartini Perindo Lampung Selatan (Lamsel) Hj. Dariati Aribun Sayunis terus berkeliling desa, melakukan pembinaan ketrampilan UMKM kepada kaum ibu-ibu di kabupaten itu.

Hari ini, (11/7/2020), Kartini bersama Ketua DPD Perindo Lamsel, H Aribun Sayunis mengunjungi Kecamatan Way Sulan. Dalam pelatihan UMKM yang dilakukan di Desa Purwodadi itu, melibatkan 8 desa.

Yakni, Desa Banjarsari, Karang Pucung, Mekar Sari, Pamulihan, Purwodadi, Sukamaju, Sumber Agung dan Desa Talang Way Sulan. Pelatihan yang diberikan, masih seputar pembuatan sabun antiseptik untuk cuci tangan dan piring.

Ketua Kartini Perindo Lamsel, Hj. Dariati Aribun mengatakan, pelatihan pengembangan UMKM ini bakal ditargetkan kesemua ibu-ibu yang ada di Lamsel. Sehingga, semua kalangan kartini dapat memiliki ketrampilan untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui UMKM.

“Setiap kali pelatihan, sengaja kita ambil perkecamatan dengan melibatkan 3-4 ibu-ibu perdesanya. Tapi, bukan hanya sampai disini saja, nantinya akan kita lakukan terus menerus hingga merata. Agar semua ibu-ibu dapat mendapatkan pelatihan ini,” Ujarnya.

Ibu dari tiga anak ini juga mengungkapkan, sesuai dengan arahan Ketua Umum Kartini Perindo, bahwa pelatihan UMKM bukan hanya seputaran produksi sabun. Rencananya, Kartini Perindo juga akan melatih ibu-ibu untuk pengolahan ikan.

“Ketua umumnya adalah istrinya Ketua APCI pusat. Dalam programnya, terdapat pelatihan 30 jenis pengolahan ikan untuk pengembangan UMKM,” Tambahnya.

Tak hanya itu, Kartini juga melakukan pembinaan kepada kaum hawa tersebut terkait pemasaran hasil produksi UMKM. Sehingga diharapkan, dari pelatihan dan pembinaan ini dapat selalu dirasakan manfaatnya untuk masyarakat Lamsel.

“Hal ini juga dalam rangka menuju Lampung Selatan sehat, cerdas dan sejahtera. Semoga, pelatihan ini dapat diterima dan dirasakan manfaatnya untuk para ibu rumah tangga di Lamsel,” Harapnya.

Seperti diketahui, pelatihan UMKM ini dilakukan secara terus-menerus oleh Kartini Perindo Lamsel. Sejak dua bulan lalu, Kartini bergerilya memberikan pembinaan ke desa-desa. (Doy/Arya)

 122 total views,  122 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Bersama Danrem, Kapolda Jambi Ikuti Panen Raya

Published

on

By

Hanuang.com – Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Santyabudi bersama Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI. Zulkifli mengikuti acara Panen Raya secara Serentak dan Penaburan Benih Ikan dalam rangka Program Kampung Tangguh Nusantara melalui vicon di Desa Sri Agung, Batang Asam, Tanjab Barat, Jambi, Kamis (9/7/2020).

Acara Vicon Panen Raya dan Launching Program Kampung Tangguh Nusantara ini dipimpin langsung Kapolri, Jenderal Pol Idham Azis dan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Tangerang, Banten.

Turut hadir dalam acara vicon tersebut, Staf Ahli Gubernur Jambi, Asisten 1 Bupati Tanjab Barat, Dirreskrimsus, Kombes Pol Edi Faryadi, Dirbinmas, Kombes Pol Abdul Gani, Dirpolairud, Kombes Pol Arif Budi Winova, Dansat Brimob, Kombes Pol Noor Hudaya,Kabid Humas, Kombes Pol Kuswayudi Tresnadi dan Kapolres Tanjab Barat, AKBP Guntur Saputro.

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi mengatakan Panen raya dan launching Program Kampung Tangguh Nusantara ini dipimpin langsung Kapolri, Jenderal Pol Idham Azis dan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

” Ini merupakan program serentak seluruh Indonesia untuk ketahanan pangan di masa pandemi covid 19,” jelas Kabid Humas.

Alumni Akpol 1994 ini menambahkan, selain launching Kampung Tangguh Nusantara Secara Serentak juga dilakukan Panen Raya dan Penebaran benih ikan. (*)

 1,278 total views,  665 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Kembali Sambangi Nelayan, Sat Sabhara Polres Lamsel Bagikan Sembako

Published

on

By

Hanuang.com – Satuan Sabhara Polres Lampung Selatan (Lamsel) kembali menyambangi Nelayan di Dusun Haringin, Desa Merak Belantung, Kalianda, Lamsel, Jum’at, (10/07/20).

Berkah ini bagi-bagi baksos, dipimpin langsung oleh, Iptu Feriyantoni, selaku Kasat Sabhara Polres Lamsel yang didampingi, Ipda Zikri, Aiptu Yanuar dan Aipda Dany.

Dalam giat ini Bhayangkari dan Sat Sabhara Polres Lamsel membagikan
Baksos kepada warga Nelayan yang terdampak Pandemi Covid-19.

“Saya berharap kepada bapak dan ibu yang menerima bantuan ini, semoga bermanfaat serta dapat sedikit meringankan beban kebutuhan sembako bagi para nelayan yang terdampak Covid-19, serta bentuk rasa silaturahmi antara kepolisian bersama warga untuk saling bersinergritas dalam perihal menjaga Kamtibmas di wilayah Desa Merak Belantung,” Harapnya Iptu. Feriyantoni, SH, MH,
Kasat Sabhara Polres Lamsel.

Pembagian Baksos Jumat Berkah dari Sat Sabhara dan Bhayangkari Polres Lamsel tersebut, juga dihadiri oleh Ketua Kerukunan Nelayan Merak Belantung Rustam dan Ketua Koordinator Pelaksana Efrizal (Kanjeng Doso) serta Tokoh masyarakat Nelayan setempat.

Adapun bentuk Paket Sembako yang dibagikan kepada Nelayan berupa, Beras 5 kg, Minyak Goreng 1 kg, Gula 1 kg, Indomie instan 10 Bungkus, Kopi 1 Bungkus, Kue Roma Sandwich 2 Bungkus, Susu Cair Frisian Flag 1 Kaleng, Sarden ABC 2 Kaleng.

Paket bantuan tersebut di berikan kepada warga Nelayan yang terdampak Covid-19 atas nama Saudara, Usman (47) th, Saroji (66) th, Kamre (65) th, dan Saudari Macita (62) th, serta Nurnia (41) th.

“Alhamdulilah Selama kegiatan situasi dalam keadaan aman dan kondusif, Kami atas nama nelayan Merak Belantung sangat berterima kasih kepada Sat Sabhara serta Bhayangkari Polres Lamsel, yang telah mau menyambangi serta bersilaturahmi bertatap muka bersama kami nelayan,” Terang Efrizal Selaku Koordinator Nelayan Merak Belantung, yang sering di sapa Kanjeng Doso ini.

Iptu Feriyantoni, SH, MH,
Kasat Sabhara polres Lamsel, tidak lupa juga menghimbau dan memberikan pesan-pesan Kamtibmas dalam rangka untuk menjaga situasi yang aman, damai dan sejuk menjelang Pilkada Kabupaten Lampung Selatan serta tetap mentaati protokol Kesehatan Pemerintah. (Arya)

 1,350 total views,  680 views today

Continue Reading

Trending Topic