Connect with us

Lampung Selatan

Ini Klarifikasi PT. AMP Terkait Dugaan Mal Administrasi Tenaga Kerja

Published

on

Hanuang.com – Polemik tenaga kerja dibawah naungan PT. Aulia Mandiri Persada (AMP) selaku vendor penyedia jasa tenaga kerja di PT. Ciomas Adisatwa selaku user (pengguna jasa), berakhir anti klimaks.

Pasalnya, hal ini terungkap setelah direktur PT. AMP, Yudi Suprayoga, menyambangi sekretariat Komunitas Jurnalis Harian Selatan (KJHLS) untuk menyampaikan klarifikasi sekaligus hak jawab kepada awak media, Selasa sore (11/08/20).

Secara berurutan dan sistematis Yudi menyampaikan, bahwa pemberitaan tempo kemarin yang bermula dari konferensi pers oleh mantan pekerja PT. AMP atas nama Iqbal Aulia Rahman, di sekretariat KJHLS perlu diluruskan supaya obyektif dan berimbang.

Perihal tudingan ketiadaan kontrak kerja antara perusahaan dengan pekerja yang sempat tersiar, Yudi menerangkan bahwa kontrak kerja tersebut wajib ada baik untuk pekerja borongan tetap maupun pekerja borongan kontrak waktu tertentu.

“Dasar hukum kami untuk mempekerjakan para pekerja adalah ditanda tanganinya perjanjian kontrak kerja antara perusahaan dengan para pekerja,” terang Yudi sambil menunjukan surat kontrak kerja kepada awak media.

Yudi melanjutkan, terkait hak-hak pekerja sesuai UU No.13 Tahun 2003 tentang Tenaga Kerja, ia tengah berusaha memenuhi ketentuan tersebut termasuk sudah mengurus pengajuan BPJS ketenagakerjaan sejak 2 Juli 2020 lalu.

“Kami memprioritaskan pengurusan BPJS ketenagakerjaan yang mencakup jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM),” tukas Yudi.

Sembari menunggu penyelesaian proses kepengurusan BPJS ketenagakerjaan, Yudi menyebut bahwa andaikata terjadi insiden kecelakaan kerja maka jaminan kecelakaan kerja tetap akan dibayarkan dan ditanggung sepenuhnya oleh PT. Ciomas Adisatwa selaku user.

Terkait pemberhentian Iqbal Aulia Rahman, Yudi menjelaskan bahwa hal tersebut sudah dilakukan melalui prosedur yang panjang dan tidak asal-asalan.

“sebelum pekerja diberhentikan, harus melalui penerbitan Surat Peringatan (SP) 1 dan SP 2, ditanda tangani oleh yang bersangkutan,” imbuh Yudi sembari menunjukan surat.

Ia juga merinci, PT. Ciomas Adisatwa memberlakukan sistem jam kerja shift bagi para pekerja, yakni shift 1 shift 2 dan jam lembur bagi pekerja yang masih harus bekerja melebihi jam shift nya.

“semua tertuang dan dirinci dalam lembaran rincian perolehan gaji para kerja dari PT. Ciomas. Lembar itu, bisa dilihat oleh seluruh pekerja ketika pengambilan gaji,” tegas Yudi.

Diberitakan sebelumnya, mantan pekerja di PT. Ciomas Adisatwa, Iqbal Aulia Rachman menggelar jumpa pers di Sekretariat KJHLS kemarin (10/8/2020).

Dalam keterangannya, Iqbal menduga perusahaan melakukan mal administrasi terkait urusan tenaga kerja di PT. Ciomas Adisatwa yang berada Desa Talang Baru, Kecamatan Sidomulyo. Diketahui, di perusahaan itu terdapat sekitar kurang lebih 200 orang pekerja.

Sejumlah poin dugaan mal administrasi tersebut, yakni tidak adanya kontrak kerja dengan pekerja atau Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT) maupun Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT)

PT. AMP dan PT. Ciomas Adisatwa mempekerjakan buruh dengan waktu yang tidak wajar. Setiap harinya, buruh dituntut untuk bekerja lebih dari 10 jam. Tanpa ada hitungan waktu lembur.

Kemudian, perusahaan juga tak menjamin keselamatan dan kesejahteraan pekerja. Baik itu tunjangan sakit, kecelakaan ataupun mati. Selain itu, para pekerja juga tidak diberikan hak BPJS Ketenagakerjaan.

Sejumlah poin itu diduga bertentangan dengan amanat Undang-Undang nomor 13 tahun 2003 tentang tenaga kerja. (Han/Arya)

 1,604 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Desa Palas Bumiasih Gelar Musrenbangdes 2021

Published

on

By

Hanuang.com – Desa Bumiasih, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2021.

Giat yang digelar di balai desa setempat tersebut dalam rangka Pembahasan dan Rencana Kegiatan serta Pembangunan di Tahun 2022, Jum’at, (24/09/21).

Hadir dalam acara tersebut, Camat Palas, Rika Wati, Kapolsek Palas, Iptu Efi Suhadi, Danramil 421-08/Palas Kapten lnf Imron Nata, dan tamu undangan lainnya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Tim dari Kecamatan Palas sudah hadir. Melaporkan bahwa Musdus, Musdes sudah dilaksanakan sehingga hari ini dilanjutkan pelaksanaan Musrenbangdes Desa Bumiasih dan penyerahan keranda ke KAUM” ujar Poniran selaku Kades setempat.

Hal senada diungkapkan Camat Palas, Rika Wati, yang menjelaskan bahwa Musrenbangdes merupakan tindak lanjut Musdus, Musdes yang sudah dilaksanakan di Desa Bumiasih, Kecamatan Palas Tentang Penggunaan Dana Desa Tahun 2022, Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Yaitu Penanggulangan Kemiskinan, Peningkatan Kapasitas Bumdes, dan Pembangunan Pengembangan Usaha Produktif. Tiap desa harus mempunyai 3 (tiga) Fasilitas yg harus ada di tiap – tiap desa.
Diantaranya kolam, kebun dan kandang.
Penggunaan Dana Desa untuk Stunting agar masyarakat hidup sehat dan sejahtera terwujud.” bebernya.

Danramil 08/Palas, Kapten Inf Imron Nata juga menyampaikan kekompakan semua pihak harus dijaga dan ditingkatkan dalam Pembangunan Desa.

“Anggaran untuk tunjangan perangkat desa sangatlah besar harapannya agar tunjangan Linmas benar-benar diperhatikan diwujudkan, tingkatkan honor/gaji dan perlengkapan lain-lainnya untuk mensejahterakan anggota Linmas Dan diberikan Pelatihan Linmas,karna linmas adalah mata dan telinga bagi perangkat desa, Babinsa dan babinkamtibmas. Pembangunan Pos Ronda dan pembangunan rumah yg tidak layak huni lebih tepat sasaran, Pengadaan kombat lebih untuk kepentingan masyarakat Mari kita bersama sama untuk kemajuan di desa harus tepat lokasi, dan manfaatkan linmas dibantu warga, kalau pun desa kita aman kondusif sudah pasti kesejahteraan masyarakat meningkat.
Alhamdulillah Lamsel tentang Covid-19 sudah PPKM level 2 (zona kuning), agar tetap jangan kendor jalankan protokol kesehatan” tutupnya. (*)

 7 total views,  7 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

GML Kota Metro Kembali Gelontorkan Bantuan Sembako di Tiga Kelurahan

Published

on

By

Hanuang.com – GML Kota Metro kembali menggeruduk warga kurang mampu yang berada di Kota Metro, Jum’at, (24/09/21).

Sedikitnya ada tiga Kelurahan yang dikunjungi yakni diantaranya, Imopuro, Iringmulyo, dan Hadimulyo Timur. 

Jajaran Pengurus DPD GML Kota Metro terpantau langsung menuju  kerumah-rumah Warga fakir miskin yang sudah di survey dan di data oleh Divisi bidang Sosial Kemasyarakatan.

“Alhamdulillah Jum’at berkah kali ini seperti biasa kami membagikan bingkisan paket sembako Berupa Mi instan, Minyak Goreng, Tepung Terigu, Gula dan beras 5kg kepada warga semuanya kondisi Rumahnya Geribik terbuat dari Bambu, kami selalu berupaya keberadaan GML semoga semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” beber Slamet Riyadi selaku Ketua DPD GML Metro.

“Kita fokuskan kepada yang belum terjangkau oleh pemerintah Kota Metro, dan GML Kota Metro akan selalu konsisten membantu warga kurang mampu” tambahnya.

Senada Menurut Jafar Sidiq selaku Divisi Sosial kemasyarakatan mengatakan bahwa Penerima paket sembako Jum’at Berkah Peduli telah melalui seleksi dan pendataan yang tepat.

“Mereka diantaranya Siti Zulaiha RT/RW 008/004 Iringmulyo, Ristinah RT/RW 008/004 Iringmulyo, Romi setiawan RT/RW 011/002 Imopuro, Basuki RT/RW 011/004 Imopuro, Trisnawati RT/RW 038/008 Hadimulyo Timur Kecamatan Metro Pusat” jelasnya.

Trisnawati selaku warga penerima paket sembako mengucapkan terimakasih kepada Ormas GML Kota Metro yang sudah menyambanginya dan memberikan paket sembako.

“Ini sangat bermanfaat, semoga Allah SWT membalas kebaikan dan dipermudah segala urusannya” jelasnya.

“Terimakasih banyak atas kepeduliannya, saya sangat bersyukur semoga mendapatkan keberkahan dan dimurahkan selalu Rizkinya” ujar penerima lainnya. (*)

 51 total views,  51 views today

Continue Reading

Kriminalitas

Polsek Tanjung Bintang Amankan Pelaku Pembobol Toko dan Penggelapan Motor

Published

on

By

Hanuang.com – Dalam satu hari Jajaran Kepolisian dari Polsek Tanjung Bintang, berhasil mengamankan dua pelaku tindak pidana yang berbeda.

Kedua pelaku yang berhasil diamankan oleh Tim Unit Reskrim Polsek Tanjung Bintang Bintang masing-masing, Sah (32) pelaku tindak pidana pencurian di toko milik Tatang Iskandar (46) yang beralamat di Jl. Ryacudu depan Pom Bensin Itera, Desa Way Galih, Kecamatan Tanjung Bintang.

Pelaku diamankan warga dan Anggota Polsek Tanjung Bintang, Kamis (23/9/2021) sekitar pukul 02.00 wib di Jalan Ryacudu Way Galih Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan, setelah sebelumnya melakukan percobaan pencurian ditoko milik Tatang Iskandar (46) warga Kampung Sawah Brebes Teluk Betung Bandarlampung.

Sah (32) dalam menjalankan aksinya, pelaku bersama rekanya naik tembok dan merusak atap Asbes dan merusak plapon ditoko milik korban, namun aksinya diketahui oleh warga dan berhasil menangkapnya, sedangkan rekan pelaku berhasil melarikan diri.

Sedangkan Ran (36) ditangkap di desa Tanjungan, Kecamatan Katibung Lampung Selatan, Kamis (23/9/2021) sekitar pukul 01.30 WIB.

Pelaku ditangkap petugas setelah sebelumnya melakukan penggelapan satu unit sepeda motor jenis Honda Beat dengan Nomor Polisi BE 2967 ES warna Biru milik korban Evi Maryati warga Serdang Tanjung Bintang.

Modus yang digunakan pelaku saat beraksi yakni pada hari Senin (6/9/2021) pelaku meminjam sepeda motor milik korban dan berpura-pura akan berbelanja ke Alfamart , sambil membonceng anak korban, Namun sesampainya di tempat anak korban diturunkan, dan sepeda motor korban dibawa kabur, atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp. 16 juta, dan melaporkan ke Mapolsek Tanjung Bintang.

Kapolsek Tanjung Bintang AKP Feria Arista, S.Kom, SIK mewakili Kapolres Lamsel AKBP Edwin , SIK, SH, MSi, Kamis (23/9/2021) membenarkan bahwa dalam satu hari, (hari ini red*) pihaknya telah melakukan penangkapan terhadap dua orang pelaku tindak pidana yang berbeda dan dilokasi yang berbeda pula.

Sah (32) ditangkap pada, Kamis (23/9/2021) sekitar pukul 02.00 wib di Jl Ryacudu Depan Pom Bensin Itera desa Way Galih Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.

“Pelaku ditangkap setelah melakukan tindak pidana percobaan pencurian di toko milik korban Tatang Iskandar (46) warga Kampung Sawah Brebes Teluk Betung Bandarlampung. Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHPidana” Ucap Kapolsek Tanjung Bintang.

Sedangkan Ran (36) ditangkap dirumahnya, Kamis (23/9/2021) sekitar pukul 01.30 wib dini hari, didesa Tanjungan Kecamatan Katibung Lampung Selatan.

Pelaku diamankan petugas, setelah sebelumnya, Senin (6/9/2021) melakukan penggelapan satu unit sepeda motor jenis Honda Beat warna biru, dengan nomor polisi BE 2967 ES.

Dalam aksinya, pelaku pinjam sepeda motor milik korban Evi Maryanti, warga desa Serdang Kecamatan Tanjung Bintang, dengan modus berpura-pura akan belanja di Alfa dengan membonceng Delkis anak korban. Namun saat sampai ditujuan, anak korban diturunkan sedangkan sepeda motornya langsung dibawa kabur.

“Pelaku pinjam motor korban, dengan alasan mau belanja di Alfa, dengan bonceng Delkis anak korban, namun sampai ditujuan Delkis diturunkan sedangkan sepeda motornya dibawa kabur” bebernya.

Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian Rp.16 juta dan melaporkan ke Polsek Tanjung Bintang.

Saat ini pelaku yang akan dijerat dengan pasal 378 jo pasal 372 KUH Pidana ini, sudah diamankan diruang tahanan Polsek Tanjung Bintang guna penyidikan lebih lanjut. (*)

 1,063 total views,  377 views today

Continue Reading

Trending Topic