Connect with us

Lampung Selatan

Hunian Tetap Korban Tsunami Akan Dibangun Di Desa Kedaton

Published

on

Pemkab Lamsel & Stakeholder Terkait Saat Melakukan Rapat Perencanaan Pembangunan Hunian Korban Tsunami Lampung Selatan

Hanuang.com – (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) bersama Stakeholder terkait menggelar rapat koordinasi (Rakor) calon lokasi hunian tetap korban bencana tsunami Selat Sunda di Lamsel, Kamis (3/1/2019).

Rapat itu, menindaklanjuti hasil kunjungan Presiden RI Joko Widodo, pada tanggal 2 Januari, ke sejumlah lokasi terdampak tsunami di Lamsel.

Rapat yang digelar di Rumah Dinas Bupati Lamsel, dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lamsel Nanang Ermanto, Sekretaris Daerah Lamsel Fredy SM, Kepala BBWS Mesuji Sekampung selaku Kepala Satgas Bencana Tsunami Provinsi Lampung, Direktur Rumah Khusus Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, dan BNPB Pusat.

Dari hasil rapat itu, Pemkab Lamsel mengusulkan lokasi hunian tetap di Desa Kedaton, Kecamatan Kalianda. Rencannya, di lahan seluas 6 hektare milik Pemkab Lamsel itu, akan dibangun rumah-rumah warga yang terdampak tsunami Selat Sunda.

Plt. Bupati Lamsel, Nanang Ermanto mengatakan, pemindahan lokasi hunian tetap itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, berdasarkan hasil survei tim di lapangan, lokasi hunian tetap yang sebelumnya diusulkan di Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, kondisinya cukup curam dengan perbedaan ketinggian sebesar 24 meter.

Selain itu, setelah memperhatikan kondisi lahan tersebut diperlukan pematangan lahan dengan cost yang cukup tinggi.

“Kalau dibangun ditempat yang sama, itu sama saja kita merencanakan pembunuhan. Makanya kita cari lokasi yang aman, karena bencana ini tidak bisa kita duga,” ujar Nanang dalam Rakor tersebut.

Lebih lanjut Nanang mengatakan, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 15 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Lampung Selatan tahun 2011-2031 pasal 29 ayat 4 tentang Kawasan Rawan Bencana, Kecamatan Rajabasa masuk kedalam Kawasan Rawan Longsor.

“Saya minta Pak Camat dan Kepala Desa, ini (Perda, red) disosialisasikan ke masyarakat yang terkena dampak tsunami. Kasih penjelasan, jangan sampai terjadi permasalahan. Nanti Bappeda juga pasang baner-baner sosialisasi,” imbuh Nanang.

Dari pantauann, nampak hadir juga Kepala Dinas PU Lamsel, Kepala Bappeda Lamsel, Kepala Dinas Perkim Lamsel, Kepala BPBD Lamsel, Koordinator Satker Cipta Karya Provinsi Lampung, Kepala Satker SNVT Perumahan Provinsi Lampung, Kepala Satker PBL Provinsi Lampung, Camat Rajabasa, serta Kepala Desa Way Muli. (Arya/Kmf)

4,250 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Lampung Selatan

51 Pelajar MI Kota Guring, Ikuti Persami

Published

on

By

Hanuang.com – Sebanyak 51 pelajar tingkat Madrasah ibtidaiyah al-khairiyah (MI) Kota Guring, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), melaksanakan perkemahan sabtu dan minggu (Persami), Sabtu, (19/10/19).

Dari pantauan wartawan di lapangan, puluhan pelajar dengan hikmatnya mengikuti upacara pembukaan, perkemahan yang digelar di area sekolahan tersebut.

Hadir dalam pembukaan, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, serta para pengurus pramuka yang ada di Kecamatan Rajabasa.

Kamabigus pramuka Madrasah Ibtidaiyah Al-Khairiyah Kota Guring kecamatan rajabasa Ratna Juwita, memaparkan dalam acara perkemahan ini, guna untuk melatih kemandirian serta kedisiplinan pelajar yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah, Kota Guring.

“Dalam kegiatan perkemahan ini, kita mengajarkan anak-anak untuk dapat disiplin baik saat di sekolahan maupun saat mereka di rumah, serta tak luput juga untuk melatih jiwa kepemimpinan serta mengajarkan untuk mengenal lebih dekat tentang alam” ungkapnya.

“Saya mewakili dewan guru juga berharap kepada instansi terkait agar bisa melihat langsung ke sekolahan ini, karena banyak fasilitas yang belum kita miliki,” tutupnya. (Arya)

934 kali dilihat, 694 kali dilihat hari ini

Continue Reading

Lampung Selatan

Hanuang : “Terima Kasih Ketum GML”

Published

on

By

Hanuang.com – Owner media online hanuang.com beserta jajaran mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas bantuan Ketua Umum Ormas GML Lampung.

Ungkapan terima kasih tersebut atas bantuan dari Ketum GML kepada keluarga besar hanuang, yang mana telah menyumbangkan atau mendonorkan darah juangnya untuk kesembuhan ibunda dari owner hanuang.

“Saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada ketum GML atas apa yang telah diberikan” ungkap Farihan, SH, selaku owner hanuang.com.

Terpisah, Rizal Anwar, selaku Ketum GML mengucapkan bahwa bantuan yang diberikan merupakan tulus dan ikhlas untuk membantu sesama.

“Kita mencoba berbuat baik sebelum kita mati, apalah artinya kita tanpa ada bantuan dan membantu sesama” ucapnya.

Berdasarkan data yang berhasil, selain kepada Pimpinan Ormas GML, keluarga besar owner hanuang juga mengucapkan terima kasih kepada RSUD dr. Bob Bazar, SKM, dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) atas bantuannya. (Arya)

2,167 kali dilihat, 748 kali dilihat hari ini

Continue Reading

Lampung Selatan

Jalan Tol Kembali Telan Korban, 4 Orang Sekaligus Meninggal Dunia Di KM 96 Natar

Published

on

By

Hanuang.com – Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) kembali menelan korban jiwa. Kali ini empat orang tewas di ruas tol Bakauheni – Terbanggi Besar, KM 96 Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Sabtu, (19/10/19).

Pihak kepolisian dari Satuan Lalu Lintas Polres Lamsel masih melakukan penyelidikan terkait kecelakaan yang merenggut nyawa empat orang tersebut.

Diduga kejadian bermula ketika sebuah kendaraan jenis sedan yang mana sang pengemudi mengantuk, dan menabrak sebuah kendaraan jenis truk, yang dengan sekejap kendaraan jenis sedan terbakar.

IMG-20191019-WA0043-1024x768 Jalan Tol Kembali Telan Korban, 4 Orang Sekaligus Meninggal Dunia Di KM 96 Natar
(Korban Selamat yang dilarikan ke RSU Mardi Waluyo Metro)

Berikut data korban berdasarkan data satlantas Polres Lamsel dibawah pimpinan AKBP. Kasyfi Mahardika :

  1. Mikail (7), Keterangan : Meninggal Dunia
  2. Kris (42), Keterangan : Meninggal Dunia
  3. Hadi Prayitno (40), Keterangan : Meninggal Dunia
  4. Elisabet Yora (37), Keterangan : Meninggal Dunia
  5. Vania (2), Keterangan : Luka-luka
  6. Pricilla (9), Keterangan : Luka-luka

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, keempat korban yang meninggal dunia, telah dilarikan ke RSU Bhayangkara. Sedangkan dua anak korban luka, dilarikan ke RSU Mardi Waluyo, Metro.

Selain itu, sopir truk bernama Dani Ismanto, warga Kota Baru, Kecamatan Padang Ratu, Kabupaten Lampung Tengah, telah diamankan oleh pihak berwajib, guna penyelidikan lebih lanjut. (Arya)

2,491 kali dilihat, 656 kali dilihat hari ini

Continue Reading

Trending