Connect with us

Lampung Selatan

Hari Pertama Jadi Pjs, Sulpakar Silaturahmi Dengan Forkopimda & Jajaran

Published

on

Hanuang.com – Memulai hari pertama kerja sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Lampung Selatan, Drs. H. Sulpakar, MM melakukan silaturahmi dengan jajaran anggota Forkopimda dan pejabat eselon II, Senin (28/9/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Rajabasa, kantor bupati setempat itu, turut dihadiri Pelaksana tugas (Plt) Asisten Bidang Administrasi Umum Pemerintah Provinsi Lampung, Minhairin mewakili Gubernur Lampung, Ir. Arinal Djunaidi.

Hadir juga Plt Ketua TP PKK Lampung Selatan, Pori Karlia Sulpakar beserta jajaran pengurus serta Ketua DWP Lampung Selatan Yani Thamrin beserta jajaran pengurus.

Mengawali sambutannya, Pjs Bupati Lampung Selatan, Sulpkar mengatakan bahwa walaupun diberikan amanah tidak terlalu lama, dirinya berkomitmen untuk menjalankan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

“Dalam waktu yang relatif singkat, kita harus melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Karena keberlangsungan pemerintahan dan pembangnan di Kabupaten Lampung Selatan ditentukan pada masa tahapan Pilkada yang akan kita laksanakan,” ujar Sulpakar.

Sulpakar menyebut, selama menjabat Pjs Bupati Lampung Selatan, terdapat dua agenda penting yang sangat mendesak yang menjadi fokusnya. Pertama, mengawal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 serta penanganan pandemi Covid-19.

“Saya berharap kita semua bersama-sama secara tertib sesuai peraturan perundang-undangan untuk ikut membantu KPU sebagai penyelenggara Pilkada. Sehingga terlaksana dengan baik dan menghasilkan pemimpin yang baik,” imbuhnya.

Terkait Pilkada, ia menekankan bahwa netralitas para Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah sebuah kemestian dan wajib dijalankan. Dia meminta seluruh ASN dapat memposisikan diri untuk mendukung Pilkada Serentak 2020 dapat terlaksana dengan baik.

“Berdasarkan undang-undang ASN harus netral. Kita jaga profesionalitas dan netralitas kita sebagai ASN. Saya paham dan mengerti tentang loyalitas. Tetapi dalam konteks Pilkada ini menuntut netralitas pegawai negeri yang sesungguhnya,” tukasnya.

Sedangkan terkait pencegahan Covid-19, secara tegas Sulpakar meminta semua jajaran OPD dilingkup Pemkab Lampung Selatan bahu-membahu bersama jajaran Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat untuk menegakan disipilin protokol kesehatan.

“Pekerjaan besar disamping menyukseskan Pilkada, kita dihadapkan dengan situasional pandemi Covid-19. Karena potensi penyebaran Covid-19 bisa terjadi saat Pilkada. Pemerintah berharap kita bisa menjadi garda terdepan supaya tidak terjadi kluster baru di Pilkada. Dan kita pastikan Lampung Selatan tidak boleh terjadi,” katanya.

Mantan Penjabat Walikota Bandar Lampug ini pun berkomitmen untuk menggalakkan dan mendisiplinkan protokol kesehatan 4M ditengah-tengah masyarakat. Hal itu sebagai salah satu upaya guna pencegahan penyebaran COVID-19 tersebut.

“Upaya (4M) memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan harus terus disampaikan kepada masyarakat. Walaupun semua sudah tahu, tetapi disiplin untuk melaksanakan ini sangat jauh. Maka setiap tahapan Pilkada ini kita harus pastikan protokol kesehatan harus berjalan,” tandasnya.

Sementara, mewakili Gubernur Lampung, Minhairin mengatakan, selama menjalankan tugas, Pjs Bupati mempunyai tugas dan wewenang yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018.

Yakni tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 74 Tahun 2016 Tentang Cuti Di Luar Tanggungan Negara Bagi Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Serta Wali Kota Dan Wakil Wali Kota.

Pertama, memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Kemudian, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati yang definitif.

Selanjutnya, menjaga netralitas Pegawai Negeri Sipil dan melakukan pembahasan rancangan Peraturan Daerah dan dapat menandatangani Peraturan Daerah setelah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri.

Serta, melakukan pengisian pejabat berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan setelah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri.

“Dalam melaksanakan tugas dan wewenang tersebut Pjs Bupati bertanggung jawab dan wajib menyampaikan laporan pelaksanaan tugas kepada Menteri Dalam Negeri,” tuturnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Pjs Bupati Lampung Selatan, Drs. H. Sulpakar juga melanjutkan silaturahmi dengan para pejabat eselon III, yakni Kepala Bagian dan Camat dilingkungan Pemkab Lampung Selatan pada, Senin siang (28/9/2020). (Aziz)

 786 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Ops Yustisi Disiplin Prokes Covid-19, Dandim Lamsel Terjun Langsung di Lokasi

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421/LS, Letkol Inf Enrico SN, S.sos.M.tr (Han), bersama anggota gabungan dalam operasi Yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan, turun langsung di lapangan untuk memberikan himbauan kepada masyarakat yang sedang berlibur dilokasi areal wisata Pantai Kabupaten Pesawaran, Kamis, (29/20/20).

Operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan yang tengah dilakukan sekaligus melakukan pengamanan obyek – obyek wisata diwilayah sekitar pantai Kabupaten Lamsel, bertujuan untuk memberikan rasa aman dan memberikan kesadaran yang kuat pada masyarakat agar protokol kesehatan tetap diterapkan disemua kegiatan dan aktivitasnya sehari – hari.

“Kami meminta tumbuhkanlah rasa kesadaran yang kuat kepada segenap lapisan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan ini, karena untuk menjaga keselatan dan keamanan diri kita dari ancaman penyebaran pandemi Covid-19, dikarenakan wabah ini belum juga berakhir hingga saat ini, sehingga saya mengajak mari kita bersama – sama berperan serta dalam menerapkan protokol kesehatan dengan 3M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, serta menjaga jarak” pungkasnya.

“Manfaatkanlah waktu libur bersama kekuarga maupun bersama teman – teman, tapi ingat jaga keselamatan dan keamanan diri masing – masing, bila adanya sesuatu yang terjadi bisa langsung laporkan kepada petugas yang berada dilapangan, sekali lagi jangan lupa lakukan protokol kesehatan ini” pesannya. (*)

 540 total views,  540 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Terjun Ke Jalanan, Bawaslu Gelar Sosialisasi Partisipatif Pilkada Lamsel 2020

Published

on

By

Hanuang.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) melalui Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) menggelar Sosialisasi Partisipatif Pilkada Lamsel Tahun 2020.

Dengan terjun langsung ke jalanan, anggota Panwaslu Kecamatan Kalianda menyapa para pengendara baik roda dua ataupun roda empat dengan membagikan berbagai souvernir dan himbauan terkait politik uang di Kelurahan Way Urang, tepatnya di perempatan Hotel Kalianda.

Mewakili Bawaslu Lamsel, Muhammad Fauzi selaku Ketua Panwaslu Kecamatan Kalianda menjelaskan bahwa, pihaknya mengingatkan kembali kepada masyarakat agar menyalurkan hak pilihnya sesuai hati nurani.

“Kami menghimbau kepada masyarakat, untuk dapat mengingat kembali Pilkada 2020 yang jatuh pada tanggal 9 Desember ini, jangan sampai golput, ayo salurkan hak suara kita dengan mencoblos pilihan sesuai hati nurani” jelasnya.

“Tolak Poltik uang, Jangan sampai hanya karena uang yang tidak seberapa, kita menyerahkan nasib Lampung Selatan ini, karena pilihan kita menentukan nasib Lamsel untuk 5 tahun kedepan nanti” tambahnya.

Dirinya juga mengajak masyarakat Lamsel untuk memberantas politik uang dengan cara tolak dan laporkan.

Karena menjanjikan, memberikan, atau menerima uang atau materi lainnya yang mempengaruhi pilihan kepada calon tertentu dianggap perbuatan melawan hukum.

Yang diancam dengan UU No. 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota, dengan ancaman pidana 6 Tahun penjara, dan denda hingga 1 milyar rupiah.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, hari ini Bawaslu Lamsel melakukan Sosialisasi Partisipatif dengan terjun ke jalan di tiga Kecamatan yang ada di Lamsel, diantaranya yakni, Kecamatan Kalianda, Sidomulyo, dan Way Panji. (*)

 793 total views,  793 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Di Lamsel, Sulpakar Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Published

on

By

Hanuang.com – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Lampung Selatan, Drs. H. Sulpakar, MM memimpin upacara peringatan hari Sumpah Pemuda yang diadakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lampung Selatan di Halaman Sekretariat Kwarcab setempat, Rabu pagi (28/10/2020).

Upacara yang diikuti Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka serta anggota Pramuka se-Kabupaten Lampung Selatan tersebut, sekaligus disatukan dengan Apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli Bencana, Kwarab Gerakan Pramuka Lampung Selatan.Hadir juga Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan, Sukadi beserta sejumlah pejabat utama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam amanatnya, Sulpakar mengtakan, momentum peringatan hari Sumpah Pemuda harus dapat dijadikan sebagai semangat persatuan dan kesatuan para pemuda dalam memperjuangkan cita-cita dan masa depan.

Menurutnya, para pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus mampu menjawab tantangan zaman yang semakin komplek ini.

“Hal ini sesuai dengan tema Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020 yaitu ‘Semangat Bersatu dan Bangkit’. Tema ini mempunyai kesan tegas sebagai salah satu sifat pemuda yang energik dan aktif,” ujar Sulpakar saat menyampaikan sambutan sebagai pembina upacara tersebut.

Disela-sela upacara itu, juga dilakukan penandatangan Kesepakatan Bersama antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan dengan Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan mengenai komitmen bersama dalam penanggulangan bencana alam dan non alam di daerah setempat.

Pjs Bupati Lampung Selatan, juga sempat memberikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa helm, face shield, dan sepatu boot secara simbolis kepada dua orang anggota Gerakan Pramuka Lampung Selatan.

Terkait penanggulangan bencana, Sulpakar mengajak seluruh peserta khususnya adik-adik anggota pramuka dan BPBD agar dapat saling bersinergi dan bekerjasama dalam menghadapi perubahan iklim dan fenomena alam yang dapat menimbulkan bencana dan menelan korban jiwa di daerah setempat.

Untuk itu, Sulpakar juga mengingatkan, semangat gotong royong harus dikedepankan dalam menghadapi setiap persoalan. Karena kata dia, seberat apa pun masalah, jika dilakukan dengan fokus dan bersatu akan diselesaikan dengan baik.

“Termasuk dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri kita. Oleh karena itu kita harus tumbuhkan semangat persatuan dan gotong royong. Kita harus berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti Gerakan Pramuka termasuk dengan para pemuda dan elemen masyarakat lainnya,” tandasnya. (Aziz)

 1,339 total views,  719 views today

Continue Reading

Trending Topic