Connect with us

Pesisir Barat

Hadiri Kegiatan Temu Lapang, Agus Istiqlal Tanam Padi Perdana MT Rendeng

Published

on

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar) melalui Dinas Pertanian, menggelar kegiatan Temu Lapang sekaligus tanam padi perdana MT Rendeng Kabupaten Pesibar dalam rangka mewujudkan Swasembada pangan berkelanjutan UPSUD Padi, Jagung dan Kedelai Tahun 2018.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Pesibar, Agus Istiqlal, Kepala BPTPH Dinas Pertanian Provinsi Lampung, Bagio Warsito,  Kapolres Lampung Barat -Pesisir Barat. AKBP. Doni Wahyudi, Pabung Kodim Lampung Barat, Ihsa Swuarsa, Kacabjari Liwa di Krui, M Indra Gunawan, Anggota DPRD Pesibar, Kepala Dinas Pertanian, Jalaludin, perwakilan OPD Pesibar,  dan seluruh Forkopimda Pesibar serta para penyuluh pertanian pesibar, yang dipusatkan di Pekon Mon, Kecamatan Ngambur, Selasa (27/11/18).

Sementara dalam sambutan Bupati Pesibar, Agus Istiqlal menyampaikan bahwa potensi sumberdaya lahan pertanian di Kabupaten Pesisir Barat cukup srategis yaitu mencapai 224.681 Ha, dimana luas lahan sawah 8.778 Ha, sedangkan luas lahan kering yang dapat digunakan untuk pertanian tanaman pangan seluas 20.886 Ha.

Selanjutnya peruntukan lahan pertanian lainnya antara lain untuk perkebunan, perikanan, hutan rakyat, dan lainnya.

Apabila sumber daya ini terus kita kelola dengan baik ditambah dengan masukan teknologi budidaya yang sempurna, maka target pemerintah untuk terus meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten pesisir barat insya allah akan tercapai.
Berdasarkan data statistik pertanian tahun 2017 rata-rata produktivitas padi di Kabupaten Pesibar adalah 5,28 ton/Ha.

Hasil ini tentunya mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan Tahun 2016 yaitu 5,13 ton/Ha.

“Produktivitas ini terus kita tingkatkan dengan berbagai upaya. adapun salah satu upaya yang dilakukan pemerintah kabupaten pesisir barat pada Tahun 2018 ini adalah dengan memberikan bantuan benih padi seluas 9.961 ha yang diberikan kepada 150 kelompok tani,” jelas Bupati.

Selanjutnya, pihaknya menyampaikan ketersedianya semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan harus didukung pula oleh sumberdaya manusia yang handal, yaitu unsur  teknis dari dinas pertanian serta penyuluh pertanian lapangan (PPL) dalam rangka membimbing dan membina petani.

“Saya berharap kepada semua petani yang ada di kabupaten pesisir barat untuk terus berpacu dalam usaha pertaniannya, ikuti petunjuk yang diberikan penyuluh pertanian lapangan dan jalin hubungan komunikasi yang baik. Dengan harapan pelaksanaan tanam padi bersama terlaksana dengan baik dan dapat tercapai target produksi 2018,” pungkas Bupati Agus. (Rilis)

 1,434 total views,  3 views today

Advertorial

Datang Ke Pesibar, Nuril Anwar : “Jangan Pernah Berurusan Dengan Narkoba”

Published

on

By

Hanuang.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Dapil IV (Lampung Barat, Pesisir Barat, Tanggamus) Nuril Anwar melangsungkan giat sosialisasi peraturan daerah nomor 1 tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan zat adiktif lainnya di Pesisir Barat, Sabtu, (11/7/20).

Dalam sosper tersebut, Aleg Komisi I DPRD Lampung ini mengingatkan kepada masyarakat khususnya para anak muda untuk selalu membentengi diri dengan keimanan agar terhindar dari hal-hal negatif seperti narkoba.

“Narkoba ini membahayakan, karena merusak generasi bangsa. Sebagai sesama kaum milenial, saya mengingatkan kepada para anak muda untuk jauhi narkoba dan jangan sekali-sekali mencoba mengkonsumsi ataupun mengedarkan, karena bakal berurusan sama aparat penegak hukum,” jelas Udo Nuril, sapaan akrabnya.

Untuk itu, ia berpesan kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama memerangi narkoba, agar Pesisir Barat terbebas dari peredaran barang haram yang bernama narkoba.

Diketahui, selain menggelar Sosper, Nuril Anwar juga mengunjungi beberapa peratin, seperti peratin Tanjung Rejo Bengkunat, Peratin Ulok Manik Kecamatan Pesisir Selatan, Peratin Way Jambu Pesisir Selatan dalam rangka menyambung silaturahmi, dan tak lupa juga selalu mengingatkan tentang protokol kesehatan walaupun sudah penerapan new normal. (*)

 166 total views,  1 views today

Continue Reading

Trending Topic