Connect with us

Lampung Selatan

DWP Lamsel Sosialisasi Parenting Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Dalam Keluarga

Published

on

Hanuang.com – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Selatan mengadakan Sosialisasi Parenting Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Dalam Keluarga. Kegiatan itu berlangsung di Aula Rajabasa, kantor bupati setempat, Selasa (27/10/2020).

Acara yang dibuka oleh Penasehat DWP Kabupaten Lampung Selatan, Pori Karlia Sulpakar diikuti pengurus beserta anggota DWP dari unsur sekretariat/badan/dinas/bagian dan kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan.

Hadir juga Ketua DWP Kabupaten Lampung Selatan, Yani Thamrin beserta Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Lampung Selatan, Anasrullah.

“Jumlah peserta pelatihan sebanyak 150 orang. Terdiri dari sekretariat/badan/dinas/bagian sebanyak 86 orang, kecamatan 34 orang, dan pengurus DWP sebanyak 30 orang,” tutur Ketua Penyelenggara, Reni Samsurijal.

Ketua Bidang Pendidikan DWP Lampung Selatan ini menambahkan, maksud diselenggarakannya kegiatan itu adalah untuk melaksanakan program kerja bidang pendidikan DWP Kabupaten Lampung SelatanTahun Anggaran 2020.

“Adapun tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu pengurus dan anggota DWP Kabupaten Lampung Selatan sebagai orang tua dalam pencegahan kekerasan terhadap anak dalam keluarga,” kata Reni Samsurijal.

Sementara, Penasehat DWP Kabupaten Lampung Selatan, Pori Karlia Sulpakar sangat mengapresiasi dengan diselenggarakannya kegiatan sosialisasi tersebut.

Dirinya berharap, para peserta sosialisasi dapat memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam mendidik anak-anaknya. Sebab menurutnya, sebagai orang tua, anggota DWP harus mampu memberikan pendidikan yang baik bagi anak-anak.

“Jangan sampai kita sebagai orang tua mendidik anak dengan cara yang keras. Didiklah anak-anak kita dengan menerapkan pola didik berkarakter akhlakul kharimah. Agar anak-anak mempunyai filter yang kuat dalam menerima informasi yang diperolehnya dari gadget dan dunia maya,” ujarnya.

Selain itu, istri Pjs Bupati Lampung Selatan ini juga berharap, agar para peserta sosialisasi dapat memahami pola asuh anak yang tepat tanpa kekerasan. Hal tersebut sesuai dengan tema yang diusung dalam sosialisasi yaitu, “Kita Tingkatkan Pengetahuan Orang Tua Dalam Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Dalam Keluarga”.

Dengan sosialisasi itu, dia mengajak seluruh peserta agar meningkatkan pengetahuan dalam pencegahan kekerasan terhadap anak dalam keluarga.

“Berikan perlindungan bagi anak yang menjadi korban kekerasan. Karena keluarga adalah sebaik-baiknya perlindungan bagi anak. Tanamkan sifat keterbukaan dalam keluarga dengan komunikasi yang baik. Tampung semua aspirasi anak, berikan solusi terhadap keluhan-keluhan mereka dan arahkan mereka dalam pergaulan positif,” imbuhnya.

Disamping itu, Pori Karlia juga meminta kepada seluruh peserta agar dapat menyosialisasikan ilmu pengetahuan yang peroleh dalam kegiatan sosialisasi tersebut serta dapat diterapkan ketika mendidik anak dalam keluarga.

“Pesan saya, asuh dan didiklah anak dengan cara yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. Aar kita dapat mencegah kekerasan terhadap anak dalam lingkungan keluarga,” tukasnya.

Sementara itu, kegiatan sosialisasi parenting tersebut menghadirkan dua narasumber.

Narasumber pertama yaitu, Aira Darmayanti Duarsa, SH yang merupakan Tim Profesi UPTD PPA Provinsi Lampung.

Dalam materinya, dia menyampaikan ilmu mengenai ESKA (eksploitasi seksual kekerasan anak) dan upaya pencegahannya.

Narasumber kedua yaitu, Cindani Trika Kusuma, S.Psi, M.Psi yang merupakan Psikolog Klinis-Public Speaker sekaligus Psikolog UPTD PPA Provinsi Lampung.

Dalam penyampaiannya, Dosen Psikologi UIN Raden Intan Lampung ini banyak berbicara tentang pola asuh anak dalam keluarga. (Aziz)

 1,696 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Antisipasi Banjir di Musim Penghujan, Babinsa dan Warga Bersihkan Parit

Published

on

By

Hanuang.com – Serda Hariansyah, anggota Babinsa Koramil 421-09/Tanjung Bintang, mengajak masyarakat melakukan kegiatan gotong-royong melakukan penggalian tanah yang telah menutupi dan menimbun aliran parit di Dusun Budi Jaya, Desa Budi Lestari, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Minggu, (11/04/21).

Setidaknya hampir ratusan orang masyarakat, dalam aksi kegiatan gotong-royong terjun di lokasi menormalkan kembali saluran parit yang telah lama tertimbun, sehingga bisa normal kembali.

Kadus setempat mengucapkan terimakasih kepada babinsa dan seluruh masyarakat atas kerjasamanya melakukan gotong-royong.

“Memang gotong-royong ini adalah untuk membersihkan tanah yang telah banyak menimbun parit, dan berakibat terjadinya penyumbatan saluran air sehingga harus segera kita bersihkan” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Serda Heriansyah, yang mengatakan kegiatan gotong-royong ini tentunya akan sangat bermanfaat khususnya bagi masyarakat Dusun Budi Jaya.

“Sehingga saluran parit yang selama ini tidak lancar mengalir dapat kembali normal, karena saat ini kita juga masih menghadapi musim penghujan, sudah barang tentu kita harus bersiap dalam menghadapi sesuatu yang mungkin akan timbul dan terjadi, terutama terjadinya banjir” ucapnya.

“Saya berharap agar semangat gotong-royong ini tetap kita lestarikan, karena gotong-royong merupakan warisan para pendahulu bangsa, yang harus terus menerus kita lestarikan. Dan TNI akan selalu dekat dengan rakyat dalam semua upaya kegiatan untuk mendorong kemajuan pembangunan yang dijalankan” tutupnya. (*)

 285 total views,  285 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Bentuk Karya Bakti TNI, Koramil Kalianda Bersihkan Jalan Desa Canti

Published

on

By

Hanuang.com – Jalan rabat beton sepanjang 1 KM yang berlokasi di Dusun Belajung, RT 11, Desa Canti, Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), merupakan jalan poros dusun yang telah dibangun dengan menggunakan dana desa beberapa tahun yang lalu.

Hingga kini jalan tersebut masih dalam kondisi baik dan biasa dilalui masyarakat untuk beraktivitas pada sektor pertanian serta sarana silaturahmi.

Namun demikian beberapa tanaman gulma juga ikut mewarnai, sehingga perlu adanya pembersihan dan perawatan jalan, agar kondisi jalanan tersebut tetap awet dan dapat digunakan oleh masyarakat dalam jangka waktu yang lama.

Untuk mengatasi hal tersebut, Personel Koramil 421-04/Kalianda yang dipimpin oleh Peltu Kuncoro serta 7 orang anggota, bersama masyarakat melakukan gotong-royong pembersihan lokasi jalan, melalui kegiatan karya bakti TNI, Sabtu, (10/04/21).

“Kegiatan karya bakti ini, memang kami pusatkan di Dusun Belajung, mengingat jalan dusun ini memang perlu sama-sama kita bersihkan dari tanaman gulma yang sudah banyak tumbuh ditempat ini, agar kondisi jalan ini bisa nampak bersih dan terawat” ujarnya.

“Kami dari Koramil 421-04/Kalianda, sebelumnya telah berkoordinasi serta berencana dengan aparatur pemerintahan desa untuk bersama sama melakukan gotong royong pembersihan jalan, dan kebetulan hari ini bisa terlaksana” tambahnya.

Pihaknya berharap kepada lapisan masyarakat, agar ikut berperan serta dalam merawat dan membangun semua fasilitas umum yang telah ada.

“Sehingga apa yang telah diwujudkan dalam program pembangunan tetap terjaga dan terawat secara baik” tutupnya. (*)

 2,288 total views,  741 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Winarni Pimpin Pengukuhan Mabiran Way Sulan

Published

on

By

Hanuang.com, WAY SULAN – Anggota Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto Pimpinan Upacara Pengukuhan Pengurus Kamabiran, Kwaran, LPK, Mabisaka Bakti Husada, Mabisaka Widya Budaya Bakti Kwartir Ranting Way Sulan Masa Bakti 2021-2024, Selasa (6/4/2021).

Hadir dalam Pelantikan dan Pengukuhan tersebut Ketua Kwarcab Lampung Selatan Kakak Sukadi, Ketua Kwaran Se-Lampung Selatan, Ketua Kamabiran Way Sulan dan Unsur Mabiran, Kamabigus Kwaran se-Way Sulan.

Dalam arahannya Winarni mengatakan, “tantangan yang dihadapi Pengurus Gerakan Pramuka seiring dengan perkembangan zaman semakin berat. Oleh karena itu dibutuhkan kepengurusan yang tangkas dan cerdas agar bisa menyelesaikan semua tantangan dan rintangan. Kwartir Ranting mempunyai tugas memimpin dan mengendalikan Gerakan Pramuka dan kegiatan kepramukaan yang ada pada Tingkat Kecamatan”, ujarnya.

“Harapan saya, kepada Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran), Kwartir Ranting (Kwaran), Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK), Majelis Pembimbing Satuan Karya (Mabisaka) Bakti Husada, Mabisaka Widya Budaya yang baru dilantik ini, agar segera melakukan konsolidasi kepada Camat dan Forkopimcam setempat dalam melakukan kegiatan kepramukaan dan harus melibatkan semua pihak yang terkait”, Winarni berharap.

“Kita harus bangga dengan Gerakan Pramuka. Banyak hal yang dapat dipetik manfaatnya dari Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka membantu dan mempermudahkan tugas, salah satunya di dunia pendidikan. Bukan Pramuka yang butuh kita, tapi kita yang butuh Pramuka. Karakter, Kepribadian Unggul, dan Sikap Yang Baik lainnya dapat dibentuk dalam Gerakan Pramuka”, ungkap Winarni.

“Mari kita jadikan Majelis Pembimbing Satuan Karya (Mabisaka) Bakti Husada dan Mabisaka Widya Budaya Bakti sebagai Gerakan Pramuka yang sangat potensial menjadi mitra jajaran Kesehatan dalam menggerakkan masyarakat sehat dan pendidikan yang cerdas di Kecamatan Way Sulan”, ajak Winarni. (*)

 2,895 total views,  730 views today

Continue Reading

Trending Topic