Connect with us

Lampung Selatan

Dengan Sigap, Damkar Lamsel Dibantu Kota & Water Canon Brimob Padamkan Kebakaran

Published

on

Hanuang.com – Pihak Pemadam Kebakaran dari Satpol PP & Damkar Lampung Selatan (Lamsel) memberikan penjelasan terkait terjadi kebakaran di Pasar Natar, Lamsel, Sabtu malam, (02/03/19).

Menurut Kabid Damkar Sat Pol PP Lamsel, Rully Fikriansyah mengatakan bahwa dugaan sementara berasal dari Korsleting arus listrik.

“Ya untuk dugaan sementara bahwa api berasal dari Korsleting listrik” ungkapnya.
Diketahui kebakaran yang terjadi pukul 22:30 WIB menyebabkan rumah yang berada berdekatan dengan komplek pasar Natar hangus terbakar.

Rumah Toko (Ruko) milik Firman berada pada bagian depan Pasar Natar itu digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan ringan (Snack_red).

Hal tersebut dibenarkan oleh Camat Natar, Koharuddin mengatakan bahwa jarak ruko yang terbakar berdekatan dengan pasar Natar.

“Rumah yang memilik 2 unit ruko atas nama Firman usia kurang lebih 50 tahun tersebut berdekatan dengan komplek pasar Natar dan digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan ringan/chiki”, katanya.

Plt. Bupati Lamsel, Nanang Ermanto yang tiba dilokasi kejadian pukul 23:30 WIB memerintahkan Damkar, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadis Perindag), Qorinilwan dan Camat Natar, Koharuddin bertindak cepat memadamkan api agar tidak meluas.

“Cepat padamkan agar tidak meluas dan selesaikan hingga tuntas,” ujar Nanang.

Nanang juga mengatakan akan menambah armada Damkar untuk Kecamatan Natar, “nanti akan kita tambah unit pemadam kebakaran di Natar, setidaknya ada 3 (tiga) unit untuk antisipasi,” jelas Nanang.

Ia juga meminta kepada semua unsur Pemerintahan baik Kecamatan, Polsek dan Koramil hingga Desa selalu siaga menhadapi situasi tak terduga.

“Musibah ini jadikan pembelajaran agar semua pihak, baik itu Uspika maupun Desa agar selalu siaga,” kata Nanang pada Camat Natar.

Kadis Perindag Lamsel, Qorinilwan mengatakan, api berhasil dijinakkan sekitar pukul 24:00 WIB.

“Berkat kesigapan petugas serta gotong-royong masyarakat mengatasi kebakaran ini api berhasil dijinakkan dan tidak meluas ke area lain, saat ini pihak Damkar terus melakukan pendinginan terhadap lokasi kebakaran” jelas Qorinilwan.

Damkar Lamsel sedikitnya menerjunkan 2 unit Armada pemadam yang dibantu oleh Armada pemadam milik Kota Bandar Lampung, dan kendaraan taktis Water Canon milik Brimob Natar. (Arya)

 2,560 total views,  3 views today

Kriminalitas

Miliki Sabu-Sabu, Warga Kecamatan Way Panji Diamankan Polisi

Published

on

By

Hanuang.com, WAY PANJI – Satuan Reserse (Sat Res) Narkoba Polres Lampung Selatan (Lamsel), berhasil menangkap S (30) alias R pelaku tindak pidana penyalahgunaan Narkotika golongan I jenis sabu.

S diamankan petugas karena kedapatan memiliki satu bungkus plastik bening berisi kristal putih yang diduga sabu.

Menurut informasi, S masih tercatat sebagai warga Desa Sidoharjo, Kecamatan Way Panji, Lamsel.

Mewakili Kapolres Lamsel AKBP Edwin, Kasat Res Narkoba AKP Abadi membenarkan penangkapan yang dilakukan oleh jajarannya.

“Inisial S alias R diamankan petugas hari Kamis (17/6/2021) kemarin, sekira pukul 11.00 WIB,” terang Kasat Res Narkoba, Jum’at (18/6/2021) siang.

Ditenggarai, lokasi penangkapan masih sama dengan tempat tinggal si pelaku yakni di Desa Sidoharjo, Kecamatan Way Panji.

Dan, AKP Abadi sendiri tak menampik akan kebenaran hal itu.

“Memang benar. Tempat kejadian perkara (TKP, red.) masih sama dengan alamat tinggal si pelaku,” lanjut AKP Abadi.

Singkat cerita, petugas di lapangan yang kala itu melihat gelagat mencurigakan si pelaku dan menaruh curiga. Kemudian, menghampiri pelaku dan melakukan penggeledahan.

Benar saja, dari hasil penggeledahan itu petugas menemukan 1 paket kecil Narkotika jenis sabu yang dibawa oleh pelaku.

“Pelaku kemudian mengakui, bahwa Narkotika jenis sabu tersebut adalah miliknya,” imbuh mantan Kasat Res Narkoba Polres Lamtim itu.

Guna keperluan proses penyidikan dan penyelidikan lebih lanjut, S bersama barang bukti berupa 1 buah bungkus plastik bening berisikan kristal putih diduga sabu dan 1 unit handphone merk Nokia warna Hitam, dibawa ke Mapolres Lamsel.

“Pelaku dipersangkakan melanggar Pasal 114 dan Pasal 112 UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika,” tegas AKP Abadi sembari mengakhiri. (*)

 861 total views,  139 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Resmi Ditutup, Ini Daftar Calon Pilkades Kecamatan Kalianda 2021

Published

on

By

Hanuang.com, Kalianda – Pendaftaran Pilkades Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Lampung Selatan resmi ditutup, Jum’at, (18/06/21).

Diketahui bahwa ada 84 Desa yang akan menggelar pemilihan serentak Kepala Desa tersebut. Mengerucut ke Kecamatan Kalianda, berikut daftar tabel lengkap calon Pilkades tersebut :

Dikarenakan banyaknya antusias calon Kades di desa Munjuk Sampurna mempunyai calon terbanyak dengan 6 calon.

Berdasarkan Peraturan Bupati Lampung Selatan Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan/Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa dijelaskan dalam paragraf lima terkait penjaringan bakal calon Pasal 33 ayat 9 berbunyi.

‘Apabila terdapat calon kepala desa lebih dari 5 orang yang lulus penelitian berkas persyaratan administrasi, maka panitia pemilihan kabupaten melakukan seleksi tambahan untuk mendapatkan bakal calon sebanyak 5 orang paling lama 3 hari’.

Hal tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Camat Kalianda, Iwan AR, yang menjelaskan nantinya para calon akan menjalani seleksi tambahan dengan kriteria yang ada.

“Yakni diantaranya, Pengalaman bekerja di lembaga pemerintahan, tingkat pendidikan, usia, dan hasil tes tertulis sesuai dalam Pasal 34 ayat 1 dan 2” bebernya. (Arya)

 872 total views,  117 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Tinggal di Hunian 2×3 Meter, GML Sragi Berikan Bantuan Sembako Kepada Nenek Kartinem

Published

on

By

Hanuang.com – Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) Ormas GML Sragi, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) berikan bantuan sembako terhadap fakir miskin dan anak terlantar, Jum’at, (18/06/21).

Hal itu dibenarkan oleh Andi selaku Ketua DPK GML Sragi yang menjelaskan bahwa sembako tersebut diberikan kepada penerima di Dusun Fajar Bakti dan Simpang Sari, Desa Baktirasa.

“Alhamdulillah kita bisa membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang memang sangat membutuhkan” ujarnya.

Yang lebih mengharukan lagi, Ormas dengan ciri khas warna merah berani ini menemukan warga yang tinggal ditempat kurang layak huni.

Yakni nenek Kartinem (60), seorang janda tua yang hidup sendirian dibangunan tak layak huni berukuran 2×3 Meter persegi, dengan alas tanah dan dinding geribik.

“Mungkin karena ibu itu tak ada KTP atau KK sama sekali, jadi tak tersentuh bantuan apapun” bebernya.

Menanggapi hal itu, Ketua Divisi Sosial DPP GML Indonesia, Ustad Sofyan, memberikan apresiasi terhadap tindakan yang telah dilakukan oleh GML DPK Sragi.

“Mari bekerja Ikhlas, biar masyarakat yang menilai kinerja kita, biar orang lain diluar sana tahu bahwa ormas itu bukan hanya bisanya mengawal proyek sebagai lembaga kontrol sosial saja” jelasnya.

“Inilah fungsinya kita hadir ditengah masyarakat, yakni membantu saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan. Sedikitnya rizki yang kita berikan mungkin sangat berharga bagi mereka” tutupnya. (*)

 972 total views,  117 views today

Continue Reading

Trending Topic