Connect with us

Bandar Lampung

Dandim Lamsel Ikuti Vicon TMMD Ke-41 Bertemakan Pengabdian Untuk Negeri

Published

on

Hanuang.com, Bandar Lampung – Bertempat di ruang rapat Ahmad Yani Makorem 043/Gatam, Jalan Tengku Umar, Kelurahan Penengahan, Bandar Lampung, Komandan Kodim 0421/ Lamsel Dandim 0421/Lamsel, Letkol Inf Enrico SN, S.Sos, M.tr (Han), mengikuti rapat Paripurna TMMD ke-41 Tahun Anggaran 2020, Senin, (30/11/20).

Kegiatan Vidio Telecoference ini dibuka secara terpusat oleh Asisten Teritorial Kasad, Mayjen TNI Nurchahyanto, M.S.c.dengan Thema ‘TMMD Pengabdian Untuk Negeri’ Langsung dari Markas Besar TNI-AD Jakarta, yang di ikuti oleh para Kasdam, Danrem, Kapendam, Para Dandim, Bupati, Ketua DPRD dan Kepala Bappeda Kabupaten/Kota.

Dalam sambutannya Aster Kasad menyampaikan, Mengawali sambutan ini marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, karena dapat hadir dalam kegiatan Rapurna TMMD ke- 41 tahun 2020 dan dalam keadaan sehat walafiat.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh Pimpinan lembaga terkait dan khususnya kepada Para Bupati dan Walikota program TMMD T.A. 2020 dan yang akan dilaksanakan nanti pada tahun 2021” ujarnya.

Kehadiran program TMMD di tengah masyarakat bukan sekedar bangunan fisik semata, bukan juga sekedar tambah sarana dan prasarana Desa akan tetapi yang lebih penting lagi adalah terbangunnya semangat gotong royong semangat kebersamaan membangun Desa sebagai basis ketahanan Nasional dan terjalinnya komunikasi yang baik antara TNI/Polri, Kementerian dan lembaga Pemerintahan non Kementerian, Pemerintah Daerah dan seluruh Komponen Bangsa ikut memberikan solusi Pembangunan Daerah khususnya di Pedesaan daerah terpencil serta daerah terkena dampak bencana alam.

“Kehadiran kita di tengah masyarakat harus dapat memberikan kontribusi yang positif dalam upaya membangun Ketahanan Nasional yang dimulai dari wilayah utamanya adalah hal ini sangat diperlukan dalam menghadapi ancaman nyata yang saat ini sudah masuk ke semua lini kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara diantaranya adalah Narkoba, Terorisme, Radikalisme dan sebagainya” bebernya.

Sebagaimana hasil laporan dari pengawasan dan evaluasi secara umum penyelenggaraan TMMD ke- 107, 108, 109 T.A 2020 dapat berjalan dengan baik aman dan lancar, meskipun secara umum pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya masih ditemukan adanya permasalahan yang perlu mendapat perhatian sama, permasalahan tersebut diantaranya adalah perubahan dukungan anggaran dari Pemda Kab/Kota dari yang telah direncanakan sebelumnya justru berubah pada saat mendekati pelaksanaan kegiatan dan perubahan, ini tentunya berdampak pada perubahan secara fisik sebagaimana telah disepakati sebelumnya, hal ini juga akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas sasaran dan terkait dengan hal tersebut kami berharap agar para Dansatgas Kab/Kota dapat lebih aktif melaksanakan koordinasi yang baik sehingga tidak terjadi lagi perubahan susunan anggaran yang telah ditetapkan.

Hal yang menonjol pada pelaksanaan TMMD tahun 2020 yakni adanya Pandemi Covid- 19 sehingga berpengaruh terhadap keberadaan dan pelibatan masyarakat pada kegiatan fisik maupun nonfisik namun hal ini dapat diatasi dengan cara menyiapkan tempat tersendiri untuk ditempati para peserta dengan menggunakan Protkes dan Physical Distancing Prajurit serta Masyarakat yang terlibat dalam kegiatan sehari-hari untuk memutus rantai penyebaran.

Pelaksanaan kegiatan non fisik secara umum telah berjalan dengan baik kerjasama lintas instansi yang makin erat, tersampaikannya pesan dengan baik dan bertambahnya pendapatan masyarakat di pedesaan pekerjaan fisik dan non fisik dan tentunya telah banyak memberikan dampak positif di wilayah demikian pula sinergitas kegiatan dengan Kementerian atau lembaga Pemerintah non Kementerian sudah berjalan dengan baik tetapi masih perlu ditingkatkan agar dapat lebih optimal kedepannya seiring dengan makin berkembangnya dinamika sosial masyarakat.

Turut hadir dan mendampingi Danrem 043/Gatam, Para Dandim jajaran Korem 043/Gatam, Para Perwakilan Bupati se-Provinsi Lampung, Para Perwakilan Ketua DPRD se-Lampung. (*)

 8,627 total views,  3 views today

Bandar Lampung

Dispora Lampung dan Korem 043/Gatam Gelar Kejuaraan Woodball

Published

on

By

Hanuang.com – Dispora Provinsi Lampung dan Danrem Cup 2021 menggelar kejuaraan Woodball yang digelar di lapangan satuan logistik (Satlog) jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Way Halim Permai, Kecamatan Way Halim Bandar Lampung, Senin, (29/03/21).

Woodball adalah olahraga yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat seperti palu ke dalam lubang.Sedikitnya ada 14 Tim Woodball dari beberapa satuan di jajaran Korem 043/Gatam yang ikut berlaga dalam kejuaraan Danrem Cup dan piala bergilir yang digelar.

Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Toto jumariono mengatakan, acara pembukaan turnamen Woodball ini dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Lampung yang ke 75 Tahun.

“Organisasi olahraga ini yang diawali oleh anggota militer khususnya angkatan darat, dan inipun akan kita kenalkan kepada masyarakat umum agar olah raga ini bisa memasyarakat” ujarnya.

“Turnamen ini langsung di bawahi oleh Dispora Provinsi Lampung, jadi para peserta bertandinglah dengan penuh semangat juga sportif untuk menjadi sang juara, ingat didalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat, jadikan momen ini untuk membina fisik dan juga menambah silahturahmi dan kekeluargaan” tambahnya.

Terpisah, Dandim 0421 Lamsel, Letkol Inf. Enrico SN, menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan tim Woodball dari satuan Kodim setempat.

“Minimal setelah mengikuti ajang kejuaraan Woodball ini, olahraga Woodball bisa lebih dikembangkan disatuan, dan kedepannya akan kita perkenalkan pada masyarakat” tutupnya. (*)

 1,909 total views,  41 views today

Continue Reading

Bandar Lampung

Idul Fitri 2021, Kartu Vaksinasi Covid-19 Jadi Syarat Masuk Kota Bandarlampung

Published

on

By

Hanuang.com – mengingat tingginya angka penularan dan kematian akibat Covid-19, Pemerintah mengeluarkan Larangan mudik Idul Fitri Tahun 2021.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, yang menjelaskan bahwa larangan mudik tersebut akan diberlakukan mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021.

Ia menjelaskan bahwa keputusan larangan mudik lebaran tersebut ditetapkan berdasarkan hasil rapat tingkat menteri.

Terpisah, di Provinsi yang berjuluk Sai Bumi Ruwa Jurai, ada cara tersendiri dalam mengatasi kegiatan tahunan dari lonjakan pemudik yang ingin masuk di wilayah Lampung.

Walikota Bandarlampung, Hj. Eva Dwiana, Menjelaskan akan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat untuk masuk ke wilayah kota Tapis Berseri itu, Sabtu, (27/03/21).

Dirinya merasa hawatir meski pemerintah telah mengumumkan larangan mudik lebaran 2021, Wilayah Provinsi tetangga tetap dapat masuk, mengingat Lampung merupakan salah satu akses jalur darat di pulau Andalas tersebut.

Hasil Tes PCR dan Swab saja tak cukup untuk masuk ke Kota Tapis Berseri, melainkan wajib memiliki kartu Vaksinasi Covid-19.

“Karena kebanyakan masyarakat hanya lihat hasil tes PCR atau swab. Kalau di Bandarlampung harus punya kartu vaksin,” tandasnya. (*)

 2,853 total views,  41 views today

Continue Reading

Bandar Lampung

DPRD Kota Bandar Lampung Gelar Paripurna Penetapan Calon Walikota dan Wakilnya

Published

on

By

Hanuang.com – Setelah menerima dokumen penetapan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota terpilih dari KPU Kota Bandar Lampung, DPRD Kota Bandar Lampung menggelar sidang paripurna di gedung semergou, Kamis, 18/2/2021 siang.

Sidang paripurna dipimpin Ketua DPRD Kota Bandar Lampung, H. Wiyadi. SP. MM didampingi para Wakil Ketua, Aderly Imelia Sari, ST.MT, Aep Saripudin. SP dan H. Edison Hadjar, SE.

Agenda sidang paripurna adalah Pengumuman hasil penetapan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampung Terpilih hasil Pilkada 2020.

Sebelumnya, bertempat di ballroom Swiss-Belhotel, KPU Kota Bandar Lampung telah menggelar rapat pleno terbuka dan menetapkan pasangan Hj. Eva Dwiana, SE dan Deddy Amarullah sebagai Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampung terpilih.

Wiyadi menjelaskan, sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 273/478/SJ dinyatakan sebelum disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri, untuk pengesahan pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota terpilih, maka DPRD harus mengumumkan terlebih dahulu Walikota dan Wakil Walikota terpilih dalam sidang paripurna.

Dokumen pengumuman ini menjadi lampiran dalam pengusulan pengesahan pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota terpilih kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Lampung, jelas Wiyadi

Sidang paripurna dihadiri oleh Plh. Walikota Bandar Lampung, Badri Tamam, jajaran forkopimda, KPU, Bawaslu dan Pasangan Walikota dan Wakil Walikota terpilih, Hj. Eva Dwiana dan Deddy Amarullah (*)

 5,750 total views,  41 views today

Continue Reading

Trending Topic